Tekno

Kalahkan Samsung, iPhone 11 Jadi Ponsel Terlaris di Dunia

Samsung dan Apple adalah dua pabrikan ponsel yang saat ini menguasai dunia. Berdasarkan hasil beberapa lembaga riset, Samsung berada di posisi pertama, kemudian diikuti oleh Apple dan juga Huawei di posisi kedua dan ketiga.

Meski Samsung dan Apple dikepung oleh pabrikan ponsel asal China, keduanya tetap memiliki pangsa pasarnya sendiri, bahkan sebagian pengguna setianya ada yang tidak mempedulikan merek lain, meski merek lain itu memberikan harga yang murah dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Baca juga: Dikeroyok China, Samsung Kuasai Pasar Ponsel 5G

IPhone 11 Jadi Ponsel Terlaris Dunia

Seperti yang sudah diketahui, tiap kali masuk pergantian tahun, persaingan antara satu merek ponsel dengan merek yang lain akan diukur. Dalam mengukur persaingan ini, lembaga-lembaga riset memilih untuk mengukurnya per kuartal.

Omdia, sebagai salah satu lembaga riset yang ada di dunia saat ini juga sudah membuat risetnya terkait persaingan bisnis ponsel yang mereka beri tajuk “Smartphone Model Market Tracker Q120.” Dalam laporannya ini, Omdia menghitung persaingan per kuartal, yakni pada kuartal pertama tahun 2020.

Dalam laporannya, Omdia mengungkapkan bahwasanya iPhone 11 berhasil mengirimkan 19,5 juta unit perangkatnya di pasaran. Pengiriman iPhone 11 ini mengalahkan pengiriman iPhone XR di periode yang sama, yakni Q1 2019, di mana saat itu iPhone XR hanya terkirim 6 juta unit saja.

“Selama lebih dari lima tahun, bahkan di tengah perubahan kondisi di pasar nirkabel dan ekonomi global, satu hal tetap konsisten dalam bisnis smartphone

adalah Apple tetap berada di peringkat pertama dan kedua dalam ranking pengiriman global Omdia,” ucap Direktur Riset Smartphone Omdia Jusy Hong seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia (1/6/2020).

“Keberhasilan Apple ini adalah buah dari strategi menawarkan pengguna dengan sedikit model smartphone. Ini memungkinkan perusahaan memfokuskan usahanya menjual sejumlah kecil produk menarik ke banyak konsumen sehingga volume penjualan menjadi sangat tinggi,” tambah Jusy Hong.

Baca juga: 5 Smartphone iPhone Terbaik dan Paling Laris Tahun 2020

Samsung Ada di Posisi Kedua

Keberhasilan iPhone 11 ini tidak hanya mengungguli raihan iPhone XR di kuartal pertama tahun 2019 lalu, namun perangkat tersebut juga mampu membawa Apple untuk mengalahkan Samsung sebagai pesaing utama mereka.

Berdasarkan laporan Omdia, Samsung hanya berhasil mengirimkan Galaxy A51 sebanyak 6,8 juta saja. Berdasarkan data tersebut, maka selisih pengiriman antara iPhone 11 dengan Galaxy A51 sebesar 12,7 juta.

Galaxy A51 sendiri berhasil menjadi ponsel terlaris kedua di dunia. Adapun untuk ponsel terlaris ketiga dunia berhasil ditempati oleh merek China, yaitu ponsel keluaran Xiaomi. Perangkat Xiaomi yang menjadi ponsel terlaris ketiga di dunia adalah Redmi Note 8 dengan 6,6 juta pengiriman.

Baca juga: Samsung Galaxy A51 Jadi Smartphone Android Terlaris di Q1 2020

Bukan hanya mengirimkan Redmi Note 8 saja sebagai ponsel terlaris ketiga di dunia, namun Xiaomi juga mengirimkan Redmi Note 8 Pro sebagai ponsel terlaris keempat di dunia dengan pengiriman sebanyak 6,1 juta.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close