Bisnis Online

Jenis Kampanye Digital Marketing yang Paling Banyak Digunakan di Tahun 2017

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan hal yang sangat meningkat tajam perkembangannya di Indonesia. Penyebab utamanya ialah karena hampir semua bidang sekarang sudah go online. Jadi siapapun yang ingin membuat laris produk buatannya, maka melakukan kampanye digital marketing adalah keharusan.

Potensi digital marketing di Indonesia berkembang begitu pesat. Namun yang menjadi masalah, karena banyaknya pebisnis online yang mempromosikan produk mereka karena harga marketing yang semakin murah, maka banyak sekali iklan iklan tak terkendali. Bahkan hal itu sangat menganggu banyak orang. Baik iklan jasa ataupun sistem referal biasa sering sekali ditemui saat ini.

Namun dibalik banyaknya perilaku orang Indonesia yang memanfaatkan digital marketing, ada segolongan pihak yang begitu mendapatkan manfaatnya. Misalnya mereka dari pihak media sosial. Mereka mendapatkan banyak keuntungan dari banyaknya kampanye digital marketing yang sekarang ini begitu melonjak.

Nah baru baru ini, GetCraft, sebuah layanan content marketplace melaporkan sebuah perkembangan dari praktik digital marketing di Indonesia. Perkembangan tren digital marketing pun selalu berubah ubah dari waktu ke waktu.

Hal itu tergantung dari bagaimana fluktuasi dinamika pemasaran digital terjadi. Untuk itu, berbagai jenis jenis kampanye digital marketing kali ini, setidaknya mampu memberikan manfaat untuk acuan anda semua dalam berkampanye secara digital nantinya.

Kampanye Digital Marketing

Berbagai platform dari berbagai kategori ini dikumpulkan dari data berdasarkan perhitungan GetCraft. Posisi ini bisa saja sewaktu waktu berubah tergantung tren. Namun dalam pengamatan, untuk beberapa waktu ini di tahun 2017 tidak akan terjadi pergeseran peringkat yang begitu berarti. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

  1. Sosial media
  2. Sosial media ads
  3. Paid Search Marketing
  4. Content Marketing
  5. Influencer Marketing
  6. Search Engine Optimation (SEO)
  7. Konten bersponsor
  8. Email marketing
  9. Iklan langsung
  10. Webinar dan Podcast

Peringkat ini didasarkan pada berapa banyaknya pengguna dalam masing masing chanel/kategori tersebut. Sistem digital marketing yang dimaksud juga berada dalam lingkup B2B atau (business to business) dan juga B2C (busines to consument).

Perlu anda tahu, untuk wilayah Indonesia ini masih banyak sekali ruang untuk beriklan. Jadi anda bisa berkesplorasi sesuka hati dalam hal ini. Berdasarkan data dari GetCraft ini, dapat diketahui sebagai berikut:

  • Total populasi: 262 juta orang
  • Pengguna Internet: 132,7 juta orang
  • Pengguna aktif sosial media yang: 106 juta orang
  • Pengguna aktif mobile internet: 123.3 juta orang
  • Jumlah pengguna internet: 47%.

Selain itu, peringkat di atas juga dihitung berdasarkan efektivitas dan kemudahannya. Maka dari itulah banyak pengguna yang memilihnya. Untuk mengetahui secara rinci, berikut penjabarannya untuk anda.

1. Sosial media

Jika kita lihat dari data di atas yang menunjukan bahwa pengguna aktif sosial media di Indonesia adalah 106 juta. Tentunya dengan jumlah sebesar ini datang dari segala penjuru. Seperti halnya dari facebook, instagram, google plus, twitter, pinterest, path, linkedin, tumblr, dan masih banyak lainnya. Namun sosial media yag merajai adalah facebook.

Perkembangan sosial media dari waktu ke waktu meamang terus menerus meningkat. Hal ini karena sosial media seakan menjadi “kebutuhan wajib” bagi setiap orang. Bahkan banyak orang yang kecanduan akan sosial media sehingga saat mereka tidak menggunakan sosial media satu hari saja mereka merasakan kondisi mental dan fisik yang begitu tidak nyaman.

Karena saking banyaknya pengguna, sosial media pun menjadi ajang kampanye digital yang dilakukan oleh banyak orang. Mereka memanfaatkan seperti halaman, grup, ataupun beranda pribadi untuk memposting kehidupan mereka sekaligus menyisipkan promo promo jualan. Hal ini akan sangat efektif dilakukan bila telah memiliki jumlah teman ataupun follower yang banyak. Bahkan tak jarang, mereka menggunakan endorse pada artis untuk memaksimalkan jualannya.

Di sosial media seringkali ditemukan berbagai orang yang melakukan spam saat jualan. Biasanya mereka melakukan spam untuk mendapatkan referal dari para pengguna sosial media lainnya. Selain itu, banyak sekali dari mereka para reseller dan juga dropshiper yang menggunakan sosial media sebagai sarana mengiklankan produk mereka.

Mereka biasanya baru memulai dan minim modal. Jadi mereka tidak mengandalkan periklanan sosial media. Mereka hanya spam sana sini dan terkesan begitu mengganggu pandangan. Namun tak jarang juga banyak orang yang berpromosi dengan bijak disosial media dengan tidak menganggu orang lain.

2. Periklanan sosial media

kampanye digital marketing

Jika kita lihat, periklanan sosial media yang saat ini sedang tumbuh begitu pesat adalah Facebook ads. Dibelakangnya ada instagram yang mulai agak tambah sering menjejalkan iklan. Alasan periklanan sosial media menjadi jenis kampanye digital marketing yang begitu banyak digunakan oleh orang ialah karena efektivitas. Hal ini karena para pengiklan bisa mengatur periklanan mereka dengan target yang begitu luas.

Namun ada teknik-teknik tersendiri yang harus diperhatikan dalam beriklan di sosial media. Diantaranya adalah dengan pandai mengatur relevansi antara konten iklan dengan minat pengguna. Tak hanya itu, penambahan kalimat dengan copywrting juga akan sangat menentukan daya jual. Dan kampanye digital akan dianggap berhasil apabila ROI (Return of Investment) atau pengembalian modal lebih besar daripada modal yang telah dikeluarkan.

Indonesia dengan pengguna internet sebanyak ini tentunya menjadi target yang sangat potensial di asia tenggara untuk memasarkan produknya. Maka dari itu, banyak yang memanfaatkan pasar menjanjikan Indonesia dari orang asing. Mereka sengaja mengatur target di Indonesia dalam berkampanye padahal mereka jauh di luar negeri sana. Ini seringkali saya temui.

Periklanan melalui sosial media akan terus berkembang

Perkembangan dunia periklanan di sosial media kedepannya diperkirakan akan terus berkembang. Hal ini dikarenakan semakin kedepannya, semakin banyak perusahaan maupun individu yang melihat potensi besar dari pemasaran konten di sosial media. Jadi semakin banyak yang melek terhadap potensi ini, maka pertumbuhan akan sosial media terus menerus pesat.

Saya sendiri pernah menggunakan Facebook ads sebagai sarana untuk mengiklankan suatu produk. Tapi hasil yang didapat kurang memuaskan, bahkan ROI pun belum tercapai. Tapi dilain waktu, sebaliknya. Jadi menggunakan FB ads pun tentunya butuh belajar bagaimana memikat hati banyak orang untuk mendatangkan sebanyak mungkin pengunjung dari sosial media. Sehingga hal ini akan meningkatkan peluang untum terjadinya penjualan.

Jika anda pemula sekalipun, saya sarankan untuk meningkatkan personal branding dengan cepat adalah menggunakan sosial media ads. Daripada anda harus spam sana sini dan melelahkan tapi tidak efektif, maka gunakan saja FB ads. Ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan konversi penjualan.

Baca : 10 Cara Beriklan Paling Efektif Di Berbagai Media Sosial Untuk Produk Anda

3. Paid Search Marketing

kampanye digital marketing

Paid search marketing atau pemasaran menggunakan sistem pencarian berbayar ini menempati peringkat ketiga karena efektif. Biasanya pengiklan menggunakan google sebagai media untuk paid search marketing, namun untuk yahoo dan bing pun tetap ada yang memanfaatkan.

Google memiliki peringkat pertama dalam situs web di seluruh dunia dan Indonesia. Sementara Yahoo menempati peringkat ke 10. Anda bisa melihat daftar ini dalam artikel mengenai situs dengan pengunjung terbanyak di Indonesia.

Baca : AdWords Express : Solusi Beriklan Di Google Untuk UKM Dengan Biaya Murah

Jenis periklanan satu ini begitu efektif dan tertarget. Karena para pengunjungnya ini datang berdasarkan minat dari mereka masing masing. Dan hal ini akan mengakibatkan peluang terjadinya penjualan produk yang lebih besar. Jadi mereka para peminat jika mengklik tautan anda di search engine, maka akan langsung diarahkan ke halaman web anda. Dan disitulah penentuan terjadinya penjualan atau tidak.

Jadi, anda tidak hanya mengandalkan mesin pencari saja, melainkan harus memiliki konten yang begitu memikat hati pengunjung yang telah digiring dari mesin pencari. Hal ini bisa anda pelajari mengenai copywriting. Karena semakin banyak pengujung dan semakin banyak yang tertarik akan produk itu, akan membuat potensi penjualan yang lebih besar. Omset anda pun akan segera naik.

4. Content Marketing

Konten marketing adalah suatu strategi marketing dengan cara membuat perencanaan, pembuatan, dan juga pendistribusian konten ke target yang tepat sasaran untuk meraih tujuan tertentu.

Secara umum, ada tujuan utama kenapa orang melakukan konten marketing, diantaranya adalah:

A. Menjadikan orang tahu mengenai brand anda
B. Menjadikan orang menjadi pelanggan anda

Lalu dimanakah kita bisa melakukan konten marketing?

Sebenarnya, konten marketing ini dibuat untuk mengatasi masyarakat yang sudah begitu muak melihat promosi konten di internet. Namun bukan berarti dalam praktiknya konten marketing ini tidak bisa diterapkan dengan teknik advertising. Jadi konten marketing bisa dilakukan dimana saja, baik di blog, di sosial media, ataupun dengan iklan.

Anda bisa mengisi blog atau media sosial tersebut dengan konten bermanfaat yang selalu diupdate secara rutin. Diharapkan follower akan terus menerus meningkat dan membuat anda semakin memiliki customers loyal.

Baca : Strategi Konten Marketing Yang Ampuh Meledakan Trafik Dan Penjualan

Konten marketing ini menjadikan pemasaran ke arah yang berbeda. Kalau biasanya secara konvensional orang beriklan itu memasarkan produk, kalau ini memasarkan konten yang bermanfaat bagi pengguna. Misalnya dengan orang lain tahu mengenai manfaat suatu hal, ia jadi tertarik untuk membeli produk yang berkaitan. Menurut riset, konversi penjualan dari strategi konten marketing lebih besar daripada periklanan biasa.

Selain itu, kampanye digital marketing satu ini memiliki potensi jangka panjang yang lebih baik. Jadi kalau anda mungkin mengiklankan suatu produk jika iklannya dihentikan maka penjualan akan menyusut, bahkan kembali ke 0 lagi. Namun apabila anda menggunakan teknik ini, maka semakin banyak anda memiliki follower lalu semakin banyak yang mengenal dan merekomendasikan bisnis anda. Dan penjualan pun akan meningkat.

5. Influencer Marketing

Biasanya, jenis kampanye digital marketing satu ini banyak digunakan oleh brand-brand atau perusahaan besar dan bermodal tebal. Karena tentunya untuk menjalankan teknik pemasaran satu ini, kita butuh modal yang tak sedikit, mulai dari jutaan hingga milyaran. Tapi walaupun begitu, teknik ini sangat ampuh dalam menjangkau hati konsumen.

Influencer marketing merupakan teknik pemasaran yang menggunakan orang yang memiliki keahlian, popularitas, dan juga banyak penggemar atau bisa dibilang orang yang memiliki pengaruh. Biasanya dengan menjadikan orang berpengaruh tersebut untuk menjadi duta untuk brand yang dimaksud. Dia bertugas untuk mempengaruhi, membujuk, mengajak dan mengenalkan mengenai sebuah brand baik secara langsung atau melalui iklan.

Jadi ini bukan semacam teknik endorse di sosial media. Kalau endorse, si orang / artis tersebut hanya bertugas untuk mereview lalu memposting di sosial medianya dan tugas selesai. Jika influencer marketing, tugasnya lebih banyak, misalnya mengikuti setiap event, harus sering mengenalkan kepada followernya dan sebagainya.

Sebagai contoh produk smartphone menggandeng artis atau penyanyi terkenal yang memiliki popularitas dan fans yang banyak untuk mengiklankan produknya. Ini secara langsung akan membuat si fans dari penyanyi tersebut untuk tertarik membeli produk tersebut. Namun tentunya hal ini dilakukan dengan penuh pertimbangan. Jangan sampai ada heaters dari tokoh tersebut yang justru menjadi sandungan dalam pemasaran produk tersebut.

6. Search Engine Optimation (SEO)

Peminat SEO dari tahun ke tahun semakin menurun. Hal ini diakibatkan karena mesin pencari tidak stabil dalam memberikan hasil penelusurannya. Jadi banyak yang sudah mengeluarkan banyak uang untuk SEO tapi setelah terjadi update algoritma peringkatnya turun drastis. Maka dari itu, banyak pelaku usaha lebih memilih iklan menggunakan paid search marketing daripada menggunakan SEO.

Sebenarnya SEO itu ilmu pasti, namun karena begitu banyak faktor yang mempengaruhi SEO, jadi banyak menimbulkan ketidakpastian. Jadi siapapun tidak ada yang bisa menjamin agar bisa berada di halaman pertama mesin mencari. Karena jika keyword yang dibidik memiliki ribuan pesaing, tentunya akan sangat sulit untuk bisa bersaing.

Sebenarnya jenis kampanye digital marketing satu ini sangat efektif untuk menjaring konsumen. Karena antara terms yang dicari pengujung dengan apa yang ditampilkan sangat relevan. Jadi CTR atau peluang terjadinya klik ke situs web yang dituju lebih besar.

Jika anda ingin menggunakan SEO untuk menjual produk, saya sarankan untuk membuat sebuah halaman khusus yang berisikan artikel copywriting yang berisikan konten persuasif. Hal ini akan membuatnya semakin efektif.

7. Konten bersponsor

Konten bersponsor ini biasa dilakukan dengan menitipkan konten yang kita miliki di web orang lain. Dengan ini, diharapkan mereka akan tertarik ke konten tersebut lalu terjadi proses penjualan.

Memang, kampanye digital satu ini bisa dibilang membutuhkan biaya yang banyak. Namun hasil yang didapat tentunya tidak main-main. Anda bisa melakukannya di web portal berita seperti detik, kapanlagi, dan situs lainnya yang menerima pemasangan iklan jenis konten bersponsor.

8. Email marketing

Salah satu hal yang sulit dari email marketing adalah mendapatkan orang untuk masuk ke list email marketing kita. Karena cara kerja email marketing in adalah dengan mengirimkan konten promosi kita ke mereka yang telah berlangganan email kita.

Namun dibalik sulitnya mendapatkan pelanggan email, anda akan mendapatkan penjualan yang melimpah. Ini dikarenakan kampanye digital marketing satu ini memiliki keterbacaan yang lebih tinggi. Namun yang menjadi masalah lagi, email promosi ini seringkali masuk folder spam sehingga tidak akan terbaca oleh para pelanggan.

9. Iklan langsung

Iklan ini ialah dengan cara menghubungi pemilik web lalu anda memasang baner atau link disana. Walau sekarang sudah agak berkurang pemakai cara ini, namun masih tetap efektif sampai kapanpun.

Ada tips tersendiri jika anda ingin menggunakan kampanye digital marketing satu ini. Diantaranya adalah penempatan iklan, relevansi antara niche web dengan produk yang diiklankan, dan satu lagi yaitu isi dari iklan tersebut.

Jika anda ingin harga yang lebih murah, jangan gunakan situs-situs besar untuk beriklan. Tapi gunakan situs / blog yang telah memiliki trafik tapi belum lama berdiri. Ini akan mengurangi pengeluaran biaya untuk iklan.

10. Webinar dan Podcast

Webinar gampangnya diartikan sebagai seminar online. Jadi orang yang akan mengikuti seminar akan berkumpul dalam suatu wadah di internet. Jadi mereka tidak berkumpul langsung. Sedangkan podcast ini bisa dikatakan sebagai pembelajaran dalam aplikasi podcast yang dilakukan secara online. Podcast ini bisa dibilang mirip dengan radio online atau tv online yang dikategorikan dalam banyak sekali jenis.

Webinar dan podcast menduduki peringkat terakhir dalam kampanye digital marketing yang paling banyak digunakan saat ini. Jika kita lihat di lapangan, kebanyakan periklanan satu ini digunakan oleh mereka yang memiliki produk berupa jasa, rekruitmen keanggotaan atau kursus tertentu. Yang perlu diingat, tidak semua jenis produk dan jasa cocok dilakukan dengan cara ini.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis kampanye digital yang paling banyak digunakan di Indonesia. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Sampai jumpa diartikel berikutnya. Terima kasih.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close