Internet

Asyiknya Liburan Sambil Belajar Di Kampung Inggris Pare Kediri

Kampung Inggris Pare berada pada arah timur laut dari kota Kediri, jaraknya sekitar 23 Km. Perjalanan bisa ditempuh kurang lebih 30 menit dari pusat kota Kediri. Lokasi tepatnya berada di desa Tulungrejo kecamatan Pare. Suasana desa sangat asri dan udaranya sejuk karena berada di areal persawahan, air sungainya pun masih jernih dan dingin.

Rute ke Kampung Inggris Pare Kediri

Dari pusat kota Kediri

  • Ada dua bus yang bisa di gunakan sebagai alat transportasi menuju kampung Inggris Pare.

Bus jurusan Kediri-Malang    

  • Dalam perjalanan, kita akan melintas pada pabrik Gudang Garam dan Monumen Simpang Lima Gumul. Bus ini akan melewati jalan utama kampung Pare di jln. Brawijaya.

Bus kecil jurusan Kediri-Terminal Pare

  • Bus ini beroperasi sejak subuh, namun tidak masuk ke dalam kampung Pare. Memasuki kota Pare, kita bisa turun di jln Dr. Sutomo,  pintu gerbang kampung Inggris Pare.

Setiap tahun bersamaan dengan liburan sekolah, kampung ini selalu dikunjungi ribuan pelajar dari seluruh penjuru tanah air. Sebagian besar adalah para mahasiswa yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris.

Kita bisa berjumpa dengan teman-teman dari berbagai propinsi di Indonesia. Karena banyak sekali pelajar yang datang dari Kalimantan, Sulawesi, Papua dan beberapa kota di pulau Jawa.

Namun jika bukan waktu liburan sekolah, kampung Pare tidak begitu ramai. Bagi pelajar dari luar pulau Jawa, lebih baik mendaftar via internet agar tidak terlambat masa pendaftaran.

Namun akan semakin baik jika bisa datang sebelum tanggal 10 atau 25 untuk melakukan pendaftaran langsung. Sehingga bisa leluasa untuk memilih tempat kursus dan tempat kost.

Ratusan lebih tempat kursus

Ada ratusan lebih tempat kursus yang bisa kita gunakan untuk belajar bahasa Inggris. Kita bisa mengambil satu atau dua tempat kursus sekaligus dalam belajar setiap hari. Lebih baik memilih belajar pada 2 tempat kursus agar waktu tidak terlalu banyak yang terbuang. Selain itu agar ilmu bahasa Inggris bisa cepat dikuasai.

Namun banyak juga yang cuma mengambil satu tempat kursus saja, karena memang hanya ingin menghabiskan waktu liburan sambil belajar di kampung Inggris Pare. Suasana belajar lebih nyaman dan rileks, karena berada ditengah persawahan yang jauh dari hiruk-pikuk kota.

Selain itu, bisa belajar bersama dengan teman-teman baru yang juga dari jauh dan bisa mengenal lebih dekat kepada mereka.

Program kursus yang disediakan yaitu paket belajar 2 minggu dan paket belajar 1 bulan. Kegiatan belajar di mulai setiap tanggal 10 dan 25 sepanjang tahun.

Program belajar yang bisa dipilih di Kampung Inggris Pare Kediri

  • Pronouncation
  • Speaking
  • Listening
  • Grammar
  • Vocabulary
  • TOEFL
  • IELTS
  • Writing

Rata-rata biaya paket belajar 2 minggu sekitar Rp.150ribu, sedangkan paket belajar 1 bulan sekitar Rp.250ribu. Kegiatan belajar umumnya dilaksanakan pada hari senin sampai jum’at. Sedangkan hari sabtu, hanya sebagian kecil saja tempat kursus yang masih ada kegiatan belajar. Hari Minggu semua tempat kursus Libur.

Biaya Kost

Banyak sekali tempat kursus yang juga menyediakan rumah kost, biasa disebut Camp English Area. Jika kita memilih kost di camp area, maka ada peraturan untuk berbicara dengan bahasa Inggris. Untuk satu kamar biasanya dihuni 2 orang, dengan biaya kurang lebih Rp.250ribu untuk 2 minggu dan Rp.500ribu untuk 1 bulan dengan kamar mandi luar.

Jika mau memilih kost yang lebih murah, maka kita bisa mencari tempat kost biasa atau kost milik warga setempat. Kita bisa menemukan tempat kost dengan harga yang jauh lebih murah di sekitar jalan Anyelir.

Harga yg di tawarkan kurang lebih Rp.150ribu untuk 2 minggu dan Rp.300ribu untuk 1 bulan. Satu kamar untuk 1 atau 2 orang, dengan kamar mandi luar.

Biaya makan dan minum

Harga makanan di kampung inggris Pare masih tergolong murah. Kita bisa makan nasi dengan lauk tempe-tahu serta segelas air putih, cukup dengan uang Rp.6000,-.

Selain itu, kita bisa memilih warung makan prasmanan. Disana kita bisa makan nasi dan bebas memilih sayur dan lauk yang kita sukai, plus segelas air putih dengan harga Rp.10ribu.

Banyak sekali warung makan prasmanan di sepanjang jalan utama di jln. Brawijaya. Warung prasmanan selalu jadi kesukaan para pelajar, sehingga selalu penuh pada saat jam-jam makan.

Menyewa sepeda

kampung inggris
Sewa sepeda kampung inggris via http://kampung-inggris.co.id

Karena kampung Inggris Pare sangat luas, sehingga kita perlu menyewa alat transportasi. Banyak sekali warga setempat yang menyewakan sepeda. Harga sewa yang ditawarkan berbeda-beda, tergantung model sepeda.

  • Untuk sepeda yg kondisinya masih baru, bisa di sewa dengan harga sekitar Rp. 80ribu untuk 2 minggu dan Rp.150ribu untuk 1 bulan.
  • Jika kita ingin menyewa yang lebih murah, tentu saja mengambil sepeda tipe lama. Harga sewanya kurang lebih Rp.50 ribu untuk 2 minggu dan Rp.100 ribu untuk 1 bulan.

Hari minggu Liburan ke kota Batu

Biasanya dihari minggu para pelajar lebih suka liburan pergi ke kota Batu, Malang. Karena jarak antara kampung Pare dan kota Batu terhitung sangat dekat, hanya sekitar 60 Km. Bisa di tempuh kurang dari 2 jam, dengan kendaraan bermotor.

Kita bisa menggunakan angkutan Bus lokal dari terminal Pare. Harga tiketnya pun sangat murah, hanya sekitar Rp.15 ribu.

Banyak pula para pelajar yang patungan menyewa mobil untuk pergi ke sana. Agar lebih ramai bersama-sama dalam satu mobil dan bisa mengenal lebih akrab satu sama lain.

Monumen Simpang Lima Gumul

Tempat indah lain yang biasa dikunjungi para pelajar adalah, Monumen Simpang Lima Gumul. Monumen ini hampir menyerupai bangunan bersejarah L’Arc de Triomphe yang ada di Paris, Prancis. Jarak monumen dengan kampung Pare sangatlah dekat, sekitar 5 Km ke arah kota Kediri.

Banyak para pelajar yg menggunakan sepeda untuk pergi kesana. Walaupun capek, tapi kalau rame-rame capeknya tidak begitu terasa. Meskipun setelah pulang ke tempat kost, kedua kaki terasa pegal semua 😀

Pantai Tulungagung

Destinasi wisata lainnya adalah pantai-pantai di kota Tulungagung, yang berjarak sekitar 60Km dari kampung Pare. Bisa ditempuh dalam waktu 2 jam lebih dengan kendaraan bermotor. Banyak sekali pantai di Tulungagung yang masih bersih nan indah serta belum dikunjungi wisatawan.

Pantai-pantainya yg terkenal di antaranya yaitu pantai Sioro, pantai Coro, pantai Sanggar dan masih banyak pantai lainnya.

Pantai-pantai di Tulungagung masih sepi pengunjungnya, karena ruas jalan ke pantai kurang bagus dan banyak jalan yang rusak. Lebih mudah untuk di lewati dengan sepeda motor daripada menggunakan mobil.

Liburan sambil belajar di kampung Inggris Pare memang terlalu indah. Banyak kenangan manis yang sulit untuk dilupakan. Kita bisa bertemu dengan saudara-saudara sebangsa dari seluruh penjuru tanah air. Kita belajar bersama, makan serta jalan-jalan bareng ibarat teman yang sudah lama kenal.

Kita bisa mengenal lebih dekat dengan teman-teman dari berbagai propinsi di tanah air. Walaupun kebersamaan kita cuma sebentar, namun kampung Pare telah mempersatukan ribuan pemuda dan pemudi dari belahan Nusantara. Untuk berkumpul dalam satu kampung dengan hal yang positif dalam suasana riang gembira.

Terima kasih Kampung Inggris Pare


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

2 Comments

  1. apa memang di setiap provinsi di adakan kampung bahasa inggris ya?

    keren juga tuh yang danai..

    siapakah yang mendanai?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close