Dunia InternetTekno

Jangan Salah !! Kapasitas RAM di Smartphone Lebih Besar, Bukan Jaminan Jadi Lebih Cepat

Biasanya saya menulis artikel bertemakan PC/PC Gaming, namun dengan news yang beredar baru – baru ini bahwa kapasitas RAM di smartphone sekarang sudah mencapai 6 GB, bahkan 8 GB..Wow!!

I am like what!? 4GB aja lebih dari cukup apalagi sampai 8GB. Hmm, menurut saya RAM 8GB tergolong berlebihan.

Dan dari kebanyakan orang akan menyarankan agar membeli smartphone yang berkapasitas RAM/MEMORY sebesar 4GB dan menganggap 2GB itu sudah tidak cukup.

Baca disini yang lagai ramai : 

Kapasitas RAM Dianggap Semakin Penting, 3 Smartphone Xiaomi RAM 6 GB ini Banyak Diburu Pengguna Gadget

Karena hey! Lebih besar berarti lebih bagus kan? Apakah klaim tersebut benar? Jawabanya hampir benar.

Dengan berkembangnya teknologi smartphone, aplikasi, dan ROM (sistem operasi smartphone e.g ios/android) memang makin lama makin membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar.

Akan tetapi bukan berarti mempunyai RAM 4 sampai 8GB akan membuat smartphone kamu lebih cepat.

Loading...

Dan sekarang kamu pasti berfikir, Ya saya sudah tau..karena performa smartphone juga tergantung CPU, ROM dan faktor lainya juga kan?

Betul sekali, namun saya tidak akan membahas itu di artikel ini. Melainkan saya akan membahas RAM.

Haruskah kalian punya kapasitas RAM di Smartphone sampai 4GB?

Apa yang terjadi jika kalian kekurangan RAM?

Apa benar RAM bisa ditambah?

Kenapa harus ada RAM?

Pengertian Singkat RAM/MEMORY

RAM di Smartphone
Source: www.Engadget.com

RAM (Random access memory) atau sering disebut Memory di ibaratkan Ruang tunggu (temporary place), Task (tugas) akan di masukan antrian di Ram yang selanjutnya akan di proses oleh Cpu kalian.

Contoh seperti ruang tunggu di Puskesmas dan si dokter adalah CPU.

Lebih besar ruang tunggunya maka lebih banyak orang yang bisa ditampung. Kalau di smartphone ya lebih banyak applikasi/tugas yang bisa di tampung/buka nantinya.

Haruskah kalian punya RAM di Smartphone dengan kapasitas sampai 4GB?

kapasitas RAM di Smartphone
Source: Gsmarena

Perlu kalian ketahui RAM hanyalah ruang tunggu, Mempunyai kapasitas RAM di smartphone 4 sampai 8GB tidak akan membuat smartphone kamu lebih cepat jika ruangan tersebut tidak terpakai sepenuh nya.

Tetapi jika kalian kekurangan RAM maka hal-hal aneh akan terjadi 😀 , Ok silahkan lanjutkan membaca.

Apa yang terjadi jika kekurangan RAM?

kapasitas RAM di Smartphone
Source: mine

Jika komputer/laptop kalian kekurangan RAM, maka secara otomatis sistem akan menggunakan Hard disk/SSD kalian sebagai RAM yang di sebut dengan Page File

Namun karena Hard disk/SSD itu jauh lebih lambat, maka akan membuat komputer/laptop kalian terasa lemot.

Berbeda dengan smartphone yang menggunakan Nand Flash (sejenis penyimpanan data/internal storage) yang umurnya akan berkurang jika kalian sering menyimpan/menulis data.

Jika smartphone melakukan hal yang sama maka akan memperpendek umur nand flash kalian dan membuat smartphone kalian makin pendek umurnya, Wow Gawat kan?

So apa yang di lakukan smartphone?

Jika kapasitas RAM di Smartphone hampir penuh dan aplikasi yang kalian buka membutuhkan RAM yang lebih banyak dari yang tersisa (contoh tersisa 100mb dan app kalian membutuhkan 200mb)

Maka secara otomatis jika terdapat aplikasi/proses yang prioritas nya lebih tinggi [Di background] dari app yang anda buka (contoh jika app yang prioritasnya lebih tinggi itu di close maka sistem akan crash).

Maka app yang kamu buka akan di close/tutup secara otomatis oleh sistem untuk menghindari crash.

Di versi Rom yang bagus, sistem akan melakukan hal tersebut tapi di versi Rom yang jelek maka biasanya sistem/app akan crash, jadi selalu update Rom kamu ya guys 🙂

Apa benar RAM bisa ditambah?!

kapasitas RAM di Smartphone
Source: Wikipedia

Jika di artikan secara harfiah maka kapasitas RAM di smartphone tidak bisa ditambah, karena RAM adalah sebuah Hardware bukan Software.

Kalau di komputer jika kalian ingin menambah RAM… ya harus beli RAM lagi.
Akan tetapi RAM memang bisa di tambah menggunakan Virtual Memory

Virtual Memory akan menggunakan SD Card kamu sebagai RAM, Namun karena SD Card itu kecepatanya tidak secepat Ram aslinya maka smartphone kamu akan terasa lebih lambat.

Walaupun hasilnya lebih lambat, kamu jadi bisa membuka aplikasi walaupun RAM asli kalian sudah penuh tanpa adanya error/crash.

Tapi kalau Smartphone aku ga support SD Card gimana dong? Maka sistem akan menggunakan Nand Flash kamu.

Dan perlu di ingat, Nand Flash akan memendek umur nya di sering digunakan untuk menyimpan/menulis data.
Jadi untuk jaga-jaga belilah smartphone yang support SD CARD.

Baca disiniSering Menulis Data/Defrag akan Beresiko Memperpendek Umur SSD

Namun jangan tertipu dengan download aplikasi RAM ya guys?

RAM tidak bisa di download dan jika kamu ingin menambah RAM maka gunakanlah aplikasi virtual memory yang bisa kalian download di Playstore.

Kenapa harus ada RAM?

MEMORY
Source: www.CN5135.com

Contoh kalian itu Kereta, Dan Terminal itu adalah RAM. Jika tidak ada terminal maka si kereta harus menjemput penumpang satu per satu.

Paham? Jika belum, Maka lebih jelasnya begini.

CPU di smartphone itu sangat cepat dalam memproses intruksi. CPU juga membutuhkan asisten yang cepat untuk mengimbangi kinerja si Cpu.

Jika asisten terlalu lambat (Contoh SD Card) maka kinerja CPU akan terhambat dan itu di sebut dengan Bottleneck (Komponen di suatu sistem yang menghambat kinerja komponen lain yang lebih cepat)

Maka dari itu RAM di buat untuk mengimbangi kinerja si CPU.

Memang RAM tidak seberapa kapasitasnya, namun kecepatanya itu sangat cepat (Secepat Ms/Milisecond, No 2 setelah Cache di Cpu yg secepat Ns/Nanosecond) akan tetapi Data di RAM akan hilang jika smartphone/sistem dimatikan.

Itu karena RAM sifatnya Volatile (tidak bisa menyimpan data jika power di matikan) berbeda dengan SD Card/Hard disk/Ssd yang sifatnya Non Volatile

Kesimpulan

Now you know the truth, jadi itu alasan mengapa RAM yang lebih besar tidak akan membuat smartphone kalian lebih cepat. Akan tetapi jika kekurangan RAM maka akan membuat smartphone anda menjadi lambat.

Kesimpulan nya “Lebih baik mempunyai kapasitas RAM yang lebih daripada kekurangan Ram”

Tapi berapa kapasitas RAM di Smartphone yang ideal untuk sekarang?

Itu tergantung si pemakai juga, jika kalian sering menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu maka RAM 4GB di anggap titik aman.

Tapi jika kalian hanya menggunakan aplikasi seperlunya saja maka kapasitas RAM di smartphone dengan ukuran 2GB pun sudah cukup.

Namun jika harga smartphone yang RAM  nya lebih besar (contoh 4GB) tidak jauh beda dengan yang lebih kecil (contoh 2GB), maka belilah yang 4GB.

Karena pada prinsipnya adalah”Lebih baik mempunyai kapasitas RAM di smartphone yang lebih besar daripada kekurangan RAM”

Sekian dari saya Terima kasih.



Loading...

Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :)

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *