Karier Terbaik untuk Lulusan Fakultas Matematika

10 Pilihan Karier Terbaik untuk Lulusan Fakultas Matematika

Pernahkah kalian bertanya, pekerjaan apa saja yang bisa jadi pilihan karier bagi ahli matematika? Selain guru matematika, pilihan karier apa lagi yang terbaik bagi lulusan fakultas matematika?

Sebelum menguraikan daftar karier yang bisa dipilih oleh para lulusan fakultas matematika, saya ingin menyampaikan sedikit tentang keahlian yang dimiliki oleh matematikawan:

Keahlian Jurusan Matematika

Mahasiswa fakultas matematika belajar berpikir analitis, dan menggunakan data kuantitatif untuk memecahkan masalah. Mereka diajarkan untuk bisa mengenali pola dan membedakan antara data relevan dengan data asing.

Lulusan fakultas matematika sangat diminati di berbagai industri. Karena umumnya ahli matematika memiliki disiplin dan tekun memecahkan masalah kompleks sampai bisa menemukan solusi.

Baca juga10 Pekerjaan Bergaji Tinggi dengan Tingkat Stress Rendah

10 Pekerjaan Terbaik untuk Jurusan Matematika

Riset pemasaran, keuangan, bioteknologi, teknik komputer, dan penelitian ilmiah memiliki dasar yang kuat dalam matematika. Dengan keahlian seperti itu, ada banyak pilihan karier terbuka untuk jurusan matematika, terutama di sektor ekonomi.

1. Analis Bisnis

Analis bisnis harus pandai menjelaskan, dan sering menggunakan alat-alat yang berkaitan dengan jurusan matematika seperti spreadsheet, bagan, dan grafik sebagai sarana untuk menyampaikan presentasi mereka.

Analis Bisnis biasanya bekerja untuk perusahaan konsultan yang disewa oleh perusahaan lain untuk memberi solusi permasalahan atau memberi rekomendasi bagi peningkatan operasional bisnis.

Loading...

Selain mempelajari masalah dan mengusulkan solusi, banyak pula analis bisnis mengevaluasi cara teknologi komputer diterapkan pada berbagai bisnis, dan membuat rekomendasi untuk penggunaan teknologi alternatif.

2. Analis Riset Pasar

Lulusan fakultas matematika bisa menjadi Analis Riset Pasar yang bekerja di perusahaan produk dan layanan konsumen, perusahaan konsultan khusus atau agen periklanan.

Mereka membantu perusahaan mengambil keputusan dalam hal rilis produk baru.

Analis Riset Pasar menilai kelayakan produk dan layanan, memodifikasi produk, serta memperluas pembuatan produk atau penawaran layanan.

Analis Riset Pasar melakukan analisis data kualitatif dan kuantitatif, merancang model penelitian untuk kumpulkan data dan simulasikan respons konsumen terhadap produk atau survei. Lalu sajikan temuannya kepada manajer pemasaran.

3. Akuntan

Tugas akuntan adalah mengatur banyak hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, termasuk analisis laporan keuangan, perpajakan, audit, dan lainnya. Lulusan fakultas matematika cocok menjadi Akuntan, karena harus pandai matematika, karena dituntut untuk  bisa berpikir dalam angka.

Kombinasi pendidikan matematika dan akuntansi bisnis dibutuhkan untuk menjadi seorang akuntan yang baik. Dengan itu, akuntan diharapkan mampu mengambil analisis keuangan yang kompleks dan posisi kepemimpinan dalam bisnis.

4. Analis Keuangan

Analis Keuangan sering menerapkan model matematika yang rumit untuk membuat perkiraan pendapatan, penilaian, dan perkiraan tren pasar di masa depan.

Analis Keuangan membantu perusahaan untuk memecahkan masalah keuangan dan mengumpulkan data keuangan penting untuk pengambilan keputusan tentang operasional perusahaan.

Tapi tugas utama Analis Keuangan adalah meneliti industri, perusahaan, saham, obligasi, dan sarana investasi lain untuk kepentingan perusahaan keuangan seperti bank, perusahaan asuransi, dan perusahaan investasi.

5. Analis Riset Operasi

Analis Riset Operasi mengumpulkan data dari basis data, karyawan, pengamatan operasional, dan berbagai sumber lain. Tujuannya untuk mempelajari area operasi seperti produksi, logistik, penjualan, dan lainnya.

Data ini digunakan untuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Analis Riset Operasi kemudian menyampaikan hasil temuan untuk membantu manajer tingkatkan kinerja, pecahkan masalah, dan ciptakan efisiensi di perusahaan.

6. Ahli statistik

Lulusan fakultas matematika penting bagi ahli statistik, karena mereka harus mampu memecahkan masalah menggunakan angka. Ahli statistik merancang survei dan instrumen penelitian lain untuk menghasilkan set data yang andal dan valid.

Data statistik yang terkumpul lalu disampaikan kepada pengusaha, lembaga pemerintah, ilmuwan, atau pihak lain yang membutuhkan data. Supaya mereka bisa membuat keputusan baik berdasarkan data statistik yang ada.

7. Aktuaris

Aktuaris memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk menentukan probabilitas peristiwa yang bisa dijamin asuransi seperti penyakit, kematian, kegagalan bisnis, dan kebakaran. Karena itu, aktuaris berperan penting di industri asuransi.

Aktuaris harus mempertimbangkan berbagai faktor kompleks untuk merumuskan struktur dan menetapkan harga polis asuransi. Jadi intinya, aktuaris harus pandai matematika.

Dalam melakukan pekerjaannya, aktuaris sering menggunakan bagan, spreadsheet, software statistik, dan grafik untuk menyampaikan hasil analisis mereka kepada para pemimpin perusahaan asuransi.

8. Penjamin Asuransi (Insurance Underwriter)

Pekerjaan penjamin asuransi adalah memahami dan menjelaskan data aktuaria, mengevaluasi aplikasi asuransi dan menilai faktor risiko yang diberikan oleh klien. Kemudian, memberikan hasil penilaian ke agen penjual polis asuransi.

Penjamin asuransi harus bisa mengukur tingkat risiko yang diwakili oleh profil klien, menghitung premi, serta menentukan tingkat pertanggungan yang sesuai dengan faktor risiko dan kemampuan klien untuk membayar.

9. Analis Digital (Digital Analysts)

Tugas Analis Digital adalah membantu perusahaan dan klien dalam mengoptimalkan media web untuk memperluas dampak organisasi melalui internet. Dengan cara melakukan penelitian aktivitas dan tren situs web.

Analis digital menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif untuk membuat penilaian dan rekomendasi tentang strategi peningkatan operasi internet. Tujuan akhirnya untuk promosi produk dan jasa kepada kelompok yang ditargetkan.

10. Guru Matematika

Profesi yang sudah banyak diketahui orang. Bahkan, kalau kalian lulusan Fakultas Matematika dan tinggal di kampung atau kota kecil, kalian pasti ditawari jadi guru di sekolah setempat. Setidaknya itulah pengalaman pribadi saya.

Guru pengajar matematika di tingkat sekolah menengah lebih banyak dicari daripada pengajar disiplin ilmu lainnya. Alasannya karena ilmu matematika sulit dipelajari, tapi sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Menjadi guru adalah profesi baik dan terpuji, walau gajinya tidak sebesar profesi lain. Dengan menjadi guru matematika, kalian bisa menerapkan semua ilmu matematika yang dulu dipelajari waktu sekolah dan kuliah.

Baca jugaTips Sukses Berkarier Di Perbankan Ala Maqin Norhadi CEO Bank Mandiri

Soal memilih pekerjaan dan karier, memang hak kalian. Tapi besarnya peluang kerja bagi lulusan Fakultas Matematika, harusnya bisa membuat kalian jadi lebih semangat belajar matematika.



Loading...

Bagikan

Penulis

Reha Wijaya
Reha Wijaya
Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.
Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *