Karir di Bidang Teknologi

10 Karir di Bidang Teknologi dengan Tanggung Jawab Paling Besar

Perkembangan teknologi berperan besar pada perkembangan gaya hidup manusia. Maka tidak heran jika karir di bidang teknologi akan terus meningkat, dan tanggung jawabnya akan semakin besar.

Beberapa institusi sudah melakukan survei untuk menilai tingkat tanggung jawab dari berbagai posisi karir di bidang teknologi. Mereka menilai berdasarkan jenis tugas, waktu kerja, tuntutan fisik, perjalanan, dan kepemimpinan.

Anda yang tertarik memiliki karir di bidang teknologi atau sekadar ingin tahu lebih banyak tentang beban tanggung jawab pekerjaan tersebut perlu membaca artikel ini.

Baca jugaInilah 7 Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia

10 Karir di Bidang Teknologi dengan Tanggung Jawab Besar

Karir di Bidang Teknologi

Dilansir dari thebalance.com, inilah karir di bidang teknologi dengan tanggung jawab paling besar, berdasarkan survei yang diadakan oleh CareerCast dan Emerson Network Power:

1. Spesialis Keamanan Teknologi Informasi (IT Security Specialists)

Spesialis keamanan IT bertanggung jawab langsung atas keamanan jaringan perusahaan. Dan kesuksesan spesialis keamanan IT bergantung pada hal-hal yang terjadi di luar kendali mereka.

Survei yang diadakan oleh Emerson Network Power menyebut bahwa spesialis keamanan IT adalah pekerjaan dengan tuntutan paling tinggi. Karena spesialis keamanan IT harus bisa membuat keputusan penting saat itu juga.

Loading...

2. Chief Information Officers (CIO)

Tugas utama Chief Information Officer (CIO) adalah membangun departemen IT yang kuat dan memotivasi karyawan.

CIO merupakan karir di bidang teknologi profesional IT teratas di sebagian besar organisasi, yang diharapkan untuk selalu bisa menangani keadaan darurat. Karena itu CIO dituntut untuk tersedia setiap saat, bahkan di akhir pekan dan hari libur.

3. Direktur IT & Manajer IT

Direktur dan manajer di bidang IT umumnya harus kerja lebih dari 50 jam setiap minggu. Walaupun sebenarnya jadwal kerja mereka sama dengan yang lain, yaitu dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, tapi sering kali mereka harus lembur.

Karena pemindahan software atau pemeliharaan peralatan sering dilakukan pada akhir pekan atau pada malam hari. Manajer IT bertanggung jawab untuk memastikan tak ada masalah pada hasil pekerjaan.

Manajer IT juga bertanggung jawab besar dalam sebagian besar perencanaan perusahaan dan dalam mengatur anggaran IT perusahaan. Tidak heran karir di bidang teknologi ini sering mengadakan rapat anggaran hingga larut malam.

4. Pengembang Web (Web Developer)

CareerCast menyebut web developer sebagai pekerjaan dengan tingkat stress paling tinggi di bidang teknologi. Walau begitu, lebih dari 80 persen web developer mengaku bahwa mereka senang dengan pekerjaan mereka.

Web developer memang dituntut untuk mengerjakan berbagai proyek pada saat yang sama. Tapi imbalan yang mereka dapat seimbang dengan usaha yang mereka berikan.

karir di bidang teknologi sebagai web developer diperkirakan akan terus meningkat, sehingga web developer perlu terus meningkatkan keahlian untuk bisa bertahan memenuhi permintaan kerja.

5. Insinyur Perangkat Lunak (Software Engineers)

Karir insinyur perangkat lunak diperkirakan akan terus berkembang karena semakin bertambahnya kebutuhan gaya hidup digital.

Insinyur perangkat lunak memiliki tekanan besar dalam memenuhi harapan perusahaan dan klien untuk menyediakan layanan produk baru.

Selain itu, insinyur perangkat lunak biasanya dituntut untuk bisa menyelesaikan proyek dalam tenggat waktu yang ketat.

6. Teknisi / Spesialis / Analis (Operations Specialists)

Sebutan mereka bisa berbeda-beda di tiap perusahaan, tapi tugas mereka sama, yaitu: menjadi spesialis operasi. Karir di bidang teknologi ini bertanggung jawab dalam keseharian operasional IT.

Satu kesalahan kecil saja bisa menyebabkan ribuan orang tidak memiliki akses ke data yang mereka butuhkan dari perusahaan. Sistem operasional IT dalam perusahaan harus berjalan sepanjang waktu, sehingga deadline mereka sangat ketat.

7. Spesialis Pengadaan IT (IT Procurement Specialists)

Perannya beragam, mulai dari membeli, mengawasi, menganalisa, hingga menjadi konsultan. Dengan perannya yang banyak itu, mereka dituntut untuk memenuhi kebutuhan klien.

Jadwal kerja mereka juga harus bisa menyesuaikan dengan jadwal klien. Dan itu tidak mudah. Sering kali, jadwal kerja yang ketat membuat mereka kesulitan untuk meneliti teknologi terbaru.

8. Pengembang Perangkat Lunak / Aplikasi (Application/Software Developers)

Pengembang software dan pengembang aplikasi biasa bekerja lebih dari 40 jam setiap minggu untuk memenuhi tuntutan kerja. Tugas mereka bukan hanya mendesain software atau aplikasi.

Mereka juga dituntut untuk memastikan software berfungsi sebagaimana mestinya tanpa ada kesalahan.

Banyak dari pengembang mengaku bahwa jadwal kerja mereka sangat ketat sampai mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan pekerjaan.

Dan sering kali keterbatasan waktu membuat mereka tidak mampu menghasilkan kualitas kerja yang baik.

9. Manajer Database

Manajer database sering merasa bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk menganalisa tugas atau menghasilkan kualitas kerja terbaik.

Itu karena manajer database harus bisa menyelesaikan proyek-proyek dalam tenggat waktu yang ketat. Mereka juga ditekan untuk bisa menyelesaikan masalah secepat mungkin.

Maka tidak heran jika karir di bidang teknologi sebagai manajer database harus mengerjakan beberapa tugas sekaligus, dan harus selalu siap sedia saat dipanggil. Seperti itulah keseharian manajer database untuk memenuhi tuntutan pekerjaan mereka.

10. Network Administrator

Administrator jaringan harus memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik untuk menyampaikan informasi ke tim lain.

Karir di bidang teknologi ini dituntut untuk bisa melakukan banyak tugas di waktu yang sama, dan siap sedia setiap waktu supaya bisa menangani masalah darurat.

Sistem jaringan perusahaan akan terus tumbuh dan makin kompleks seiring dengan perkembangan bisnis. Perusahaan yang ingin memiliki sistem lebih baik membutuhkan network admin yang ahli di bidangnya.

Karena itu, karir administrator jaringan diperkirakan akan terus meningkat dan semakin penuh tuntutan.

Penutup:

Tanggung jawab karir di bidang teknologi memang besar. Tapi mereka terus bertahan dan berkembang karena penghargaan yang mereka dapat juga terus meningkat.

Kebanyakan dari mereka bahkan mengaku bahwa tantangan yang harus dihadapi saat bekerja adalah daya tarik tersendiri dalam karir mereka.

Jadi, kembali pada anda. Apakah anda berminat bekerja di bidang teknologi dan siap menghadapi tuntutan pekerjaan yang berat?



Loading...


Bagikan

Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *