Bisnis Online

Kartu Kredit Indonesia “Pengertian, Pilihan, & Mekanisme Pengajuan”

Kartu Kredit Indonesia – Mungkin postingan ini merupakan late posts bagi beberapa pembaca Klik Mania. Tapi, saya masih meyakini bahwa masih ada sebagian pembaca Klik Mania yang memang masih membutuhkan informasi dalam postingan ini.

Nah, bagi anda yang sudah mengetahui dan berpengalaman menggunakan kartu kredit, anda bisa skip artikel ini.

Tapi, jika ini adalah kali pertama anda berencana untuk memiliki kartu kredit (credit card), pastikan anda dalam posisi santai untuk membaca postingan ini hingga selesai.

Setelah mendengar, mengetahui kemudahan dan kenyamanan yang diperoleh oleh beberapa keluarga, atau rekan kerja di kantor anda.

Sekarang, mungkin bayangan buruk tentang kartu kredit (credit card) yang anda pahami selama ini, sudah benar-benar hilang dari benak anda.

Anda mulai tertarik dengan kartu plastik ini, dan ingin mengetahui seluruh informasi mengenai kartu kredit secara lengkap, sehingga dapat memudahkan anda dalam memutuskan kartu kredit yang mana, yang harus anda pilih atau miliki, yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda saat ini.

Informasi mengenai kartu kredit akan disajikan secara lengkap melalui postingan ini.

Di sini anda akan mendapatkan informasi mulai dari mengetahui pengertian kartu kredit, fungsi dan manfaat kartu kredit, dan daftar pilihan bank penerbit kartu kredit Indonesia.

Loading...

Tidak hanya itu, jenis-jenis kartu kredit terbaik yang ditawarkan oleh masing-masing bank di Indonesia juga dibahas di sini.

Anda juga akan mengetahui bagaimana mekanisme dan persyaratan mengajukan permohonan kepemilikan kartu kredit baru.

Kartu Kredit “Pengertian, Fungsi & Manfaat, Perbedaan”

kartu-kredit-indonesia-pengertian-pilihan-mekanisme-pengajuan

Apa Pengertian dan Definisi Kartu Kredit ?

Agar dapat memahami pengertian atau mendefinisikan apa itu kartu kredit dengan baik dan benar secara lengkap. Kita bisa menggunakan beberapa pendapat dari para ahli atau berdasarkan informasi dari sumber-sumber terpercaya.

Pengertian dan Definisi Kartu Kredit Menurut Para Ahli

Menurut Munir Fuady, dalam bukunya yang berjudul “Hukum tentang Pembiayaan dalam Teori dan Praktik“. Kartu kredit adalah suatu kartu yang pada umumnya dibuat dari plastik dengan dibubuhkan identitas dari pemegang, dan penerbit (card issuer) yang memberikan hak terhadap siapa kartu kredit diterbitkan, untuk menandatangani tanda pelunasan pembayaran harga dari jasa atau barang yang dibeli dari tempat-tempat tertentu seperti toko, hotel, restoran, penjual tiket pengangkutan dan lain-lain.

Menurut Muhammad Djumhana, dalam bukunya yang berjudul “Hukum Perbankan di Indonesia”. Pengertian dan definisi kartu kredit adalah, adalah alat pembayaran pengganti uang tunai.

Menurut Prayogo S. Dan Djoko Prakoso, dalam bukunya yang berjudul “Surat Berharga alat Pembayaran dalam masyarakat Modern”. Pengertian dan definisi kartu kredit adalah, “Suatu jenis alat pembayaran sebagai pengganti uang tunai, dimana kita sewaktu-waktu dapat menukarkan apa saja yang kita inginkan yakni ditempat-tempat dimana saja ada cabang yang dapat menerima credit card dari bank, atau perusahaan yang mengeluarkan atau dapat juga menguangkan kepada bank yang mengeluarkan atau pada cabang yang mengeluarkan.”

Pengertian dan Definisi Kartu Kredit Berdasarkan KBBI, Peraturan BI & Wikipedia

Pengertian dan definisi kartu kredit berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kartu kredit adalah kartu kecil yang dikeluarkan oleh bank yang menjamin pemegangnya untuk dapat berbelanja tanpa membayar secara kontan dan akan diperhitungkan dalam rekening pemilik kartu tersebut.

Pengertian dan definisi kartu kredit berdasarkan peraturan Bank Indonesia Nomor 7/52/PBI/2005 tentang “Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu”, kartu kredit adalah alat pembayaran yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban dari kegiatan ekonomi, termasuk transaksi belanja dan atau tarik tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit dan pemegang kartu berkewajiban melunasi pembayaran tersebut pada waktu yang telah disepakati, baik secara kontan maupun angsuran.

Berdasarkan Wikipedia dalam penjelasan sistem kartu kredit, pengertian dan definisi kartu kredit adalah, kartu yang memiliki ukuran dan bentuk yang sama sesuai standard ISO 7810, berbeda dengan kartu debit, dimana penerbit kartu kredit meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening.

Pengertian dan Definisi Kartu Kredit menurut Klik Mania

Nah berdasarkan pengertian dan definisi kartu kredit menurut para ahli dan sumber-sumber terpercaya di atas, maka Klik Mania dapat menyimpulkan bahwa, kartu kredit adalah kartu hutang dari bahan plastik berukuran standar ISO 7810, tidak berisi saldo rekening.

Kartu kredit disediakan dan diterbitkan oleh pihak bank dan perusahaan terkait dengan persyaratan tertentu, yang dapat dimiliki dan digunakan oleh setiap nasabah atau masyarakat umum yang sudah memenuhi persyaratan dan kriteria,.

Kartu kredit sebagai alat transaksi pengganti uang tunai untuk melakukan penarikan uang dan berbelanja berbagai macam kebutuhan baik secara offline dan online tanpa membayar secara kontan, di tempat atau lokasi tertentu.

Fungsi Kartu Kredit Bagi Pemiliknya

Kartu kredit dimana di dalamnya terdapat dana limit, secara umum berfungsi sebagai alat untuk memudahkan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan.

Seperti untuk keperluan belanja kebutuhan baik secara offline dan online, maupun untuk keperluan menarik uang tunai melalui mesin ATM dalam jumlah yang telah ditetapkan oleh penerbit kartu kredit.

Selain itu kartu kredit juga dapat berfungsi sebagai alat pembayaran untuk kebutuhan penting yang sifatnya mendesak (emergency).

Ditengah anda belum memiliki cukup biaya untuk melakukan operasi mendadak, atau melaksanakan persalinan, kartu kredit benar-benar berfungsi secara optimal pada kondisi ini.

Kartu kredit juga dapat berfungsi sebagai dana oppurtunity, yang memungkinkan anda dapat mengambil bagian lebih dulu ketika ada promosi bisnis baru terbatas, atau mengambil produk lebih dulu ketika suplier melakukan promo terbaru dengan harga murah.

Bahkan ketika dana cash anda tidak cukup untuk membayar seluruh belanjaan anda, kartu kredit dapat menutupi kekurangan biaya belanjaan tersebut.

Referensi lain : Panduan Pembelian Handphone di Blibli.com

Manfaat atau Kuntungan dari Kartu Kredit Bagi Pemiliknya

Ketika anda memilih untuk selalu menggunakan kartu kredit untuk segala urusan transaksi anda dibandingkan dengan menggunakan uang tunai, maka anda akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya adalah :

Tingkat Kredibilitas BI Checking anda dapat meningkat

Manfaat atau keuntungan menggunakan kartu kredit dalam kehidupan sehari-hari ternyata mampu meningkatkan BI Checking anda.

Penggunaan kartu kredit yang baik serta pembayaran tagihan kartu kredit selalu tepat waktu, akan menjadi rekam jejak anda yang dapat berguna setiap waktu.

Setiap nasabah dengan BI Checking yang baik, memungkinkan pinjaman nasabah tersebut dapat disetujui dengan mudah, dan bahkan bunga pinjaman pun lebih rendah.

Mudah dan Cepat

Pengguna atau pemilik kartu kredit dapat melakukan transaksi dengan cepat dan mudah. Terutama ketika melakukan pembayaran transaksi yang jumlah uangnya mencapai puluhan juta.

Sementara untuk transaksi normal, kecepatan dan kemudahan transaksi, dapat juga anda rasakan.

Anda cukup gesek kartu pada merchant terdaftar, tanpa direpotkan karena harus menunggu, menghitung uang kembalian, seperti yang biasa anda alami ketika melakukan transaksi dengan uang tunai.

Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit

Kartu kredit memang tidak sama dengan kartu debit. Dimanakah letak perbedaannya ? Apakah anda tertarik untuk mengetahuinya ?.

Berikut perbedaan antara kartu kredit dengan kartu debit berdasarkan beberapa segi, diantaranya :

Dari segi bentuk fisik

Meski sama sama berbentuk segi empat dan dari bahan plastik, namun faktanya keduanya berbada. Kartu kredit yang diterbitkan pihak bank selalu dan pasti dibubuhi dengan nama pemegang di bagian depan kartu. Sementara kartu debit tetap bisa diterbitkan pihak bank walaupun tanpa dibubuhi nama di bagian depan.

Dari segi mekanisme pengajuan

Untuk mengajukan permohonan penerbitan kartu kredit Indonesia pada suatu bank, pemohon tidak berkewajiban membuka dan memiliki rekening pada bank yang dipilih tersebut. Sementara kartu debit, wajib memiliki rekening pada bank yang menerbitkan kartu debit tersebut.

Dari segi penggunaan uang

Setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit, maka uang yang digunakan adalah uang bank dengan limit yang telah ditentukan. Sementara transaksi yang dilakukan dengan kartu debit, akan memotong atau menggunakan uang yang berada dalam rekening pemilik kartu debit itu sendiri.

Daftar Bank Penerbit Kartu Kredit Indonesia

NoDaftar Pilihan Bank
1BANK ANZ INDONESIA
2BANK BUKOPIN
3BANK ICB BUMIPUTERA, Tbk
4BANK CENTRAL ASIA Tbk
5BANK CIMB NIAGA Tbk
6BANK DANAMON INDONESIA Tbk
7BANK ICBC INDONESIA
8BANK INTERNASIONAL INDONESIA Tbk
9BANK MANDIRI (Persero) Tbk
10BANK MEGA Tbk
11BANK NEGARA INDONESIA 1946
12PAN INDONESIA BANK LTD. Tbk
13BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk
14BANK PERMATA Tbk
15CITIBANK
16THE HONGKONG & SHANGHAI BANK CORP
17BANK OCBC NISP Tbk
18STANDARD CHARTERED BANK
19BANK UOB INDONESIA
20BNI SYARIAH
21BANK SINARMAS
22MNC Bank
23Bank BTN
24Bank BNP

Kartu Kredit ANZ

Kartu Kredit Indonesia

Bank ANZ merupakan salah satu penerbit kartu kredit Indonesia. Kartu kredit ANZ memberikan banyak keuntungan bagi pemegangnya. ANZ memiliki jaringan kerjasama dengan berbagai restoran dan hotel terkemuka di Indonesia.

Kartu kredit ANZ juga menawarkan akses gratis dan tanpa batasan jumlah kunjungan per tahun di executive airport lounge dan nikmati juga fasilitas starbucks airport treats.

Kartu Kredit Bukopin

Kartu Kredit Indonesia

Bukopin merupakan salah satu bank yang menyediakan kartu kredit Indonesia. Kartu kredit bank Bukopin menawarkan banyak fasilitas diantaranya Cicilan Tanpa Bunga dari merchant-merchant partner Bank Bukopin, Purchase Protection Insurance, dan masih banyak lagi fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit bukopin ini.

Kartu Kredit BCA

kartu-kredit-bca

BCA atau Bank Central Asia adalah penyedia kartu kredit terbesar di Indonesia. BCA telah menerbitkan lebih dari 10 Jenis kartu kredit. Pengguna kartu kredit akan di cover dengan pelayanan Asuransi dari BCA credit Life.

Kartu kredit BCA memiliki suku bunga yang kompetitif serta jaringan layanan terluas. Kartu kredit BCA selalu menawarkan promo-promo menarik.

Kartu Kredit CIMB

kartu-kredit-cimb

CIMB Niaga menyediakan beberapa jenis kartu kredit Indonesia. Kartu kredit CIMB Niaga juga memberikan free airport lounge dan perlindungan asuransi. Kartu kredit CIMB Niaga juga menawarkan program menarik seperti Quick pay, yaitu pembayaran tagihan rutin tanpa perlu antri.

Program Otopay agar menentukan jumlah pembayaran Kartu Kredit setiap bulannya dengan melakukan transfer otomatis dari tabungan anda.

Kartu Kredit Danamon

kartu-kredit-danamon

Bank Danamon menawarkan 4 jenis kartu kredit, yaitu Kartu Kredit Danamon, Kartu Manchester United, World Card, Kartu Danamon American Express®. Kartu kredit Danamon memberikan fitur family pack yang memudahkan untuk mengatur kebutuhan transaksi setiap anggota keluarga. Fasilitas lainnya yang ditawarkan oleh kartu kredit Danamon adalah Mobile Reload untuk mempermudah anda mengisi ulang otomatis secara regular hanya dengan melakukan 1 kali pendaftaran.

Kartu Kredit BII (Maybank)

kartu-kredit-maybank

Maybank mengeluarkan beberapa jenis kartu kredit Indonesia. Kartu kredit Maybank menawarkan fasilitas executive lounge airport lounge untuk anda yang berpergian dengan menggunakan pesawat terbang dan asuransi perjalanan untuk segala jenis tiket perjalanan pribadi anda.

Maybank juga menawarkan program platinum golf, yang memberikan banyak penawaran khusus di berbagai golf club ternama di Indonesia. Dan banyak lagi keuntungannya termasuk shopping and dining untuk lifestyle anda.

Kartu Kredit Mandiri

Kartu Kredit Indonesia

Bank Mandiri ini telah memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia dan juga tersebar di luar negeri. Kini nasabahnya dapat menikmati berbagai pilihan kartu kredit Mandiri yang telah disesuaikan dengan gaya hidup nasabahnya. Tiap kartu kredit memiliki kelebihan yang berbeda. Salah satu keuntungannya adalah, mendapatkan free airport lounge dan juga travel accident insurance dari Skyz card.

Kartu Kredit Mega

Kartu Kredit Indonesia

Dengan kartu kredit Mega, nikmati Mega pay 0% atau bunga ringan untuk transaksi di Metro Dept Store dan berbagai merchant lain. Nikmati juga Free Airport Lounge, Travel Accident Insurance, Emergency Medical Insurance, dan lainnya.

Nikmati juga fasilitas Mega Reward Point untuk seluruh transaksi penawaran spesial di berbagai restoran spesial. Kartu kredit Mega ini sangat cocok bagi anda penjajal restoran, karena memiliki banyak penawaran dan keuntungan dari restoran-restoran.

Kartu Kredit BNI

kartu-kredit-bni

Sebagai bank terbesar  ke-4 di Indonesia, Bank BNI memberikan kelebihan kepada nasabahnya melalui kemudahan untuk memperoleh kartu kredit BNI. Kartu kredit BNI ini dapat digunakan di ATM diseluruh Bank di dunia yang berlogo CIRRUS/PLUS. Tak hanya itu saja, kini BNI telah mengeluarkan kartu kredit terbarunya yang bertanda JCB.

Kartu Kredit Panin (PAN INDONESIA BANK LTD. Tbk)

kartu-kredit-panin

Kartu kredit Panin menawarkan cicilan lebih hemat dari pembayaran penuh di katalog belanja. Kartu kredit Panin ini juga menawarkan cicilan ringan hingga 24 bulan. Pemegang kartu kredit Panin juga mendapatkan Panin Credit Life, untuk perlindungan tambahan bagi anda dan ahli waris anda. Anda juga dapat menikmati fasilitas Cash Advance dengan bunga khusus.

Kartu Kredit BRI

kartu-kredit-bri

Bank BRI merupakan bank pemerintah terbesar di Indoensia yang telah memiliki banyak cabang dan tersebar hampir di pelosok daerah. Salah satu andalannya adalah, suku bunga yang ditawarkan dalam kartu kredit BRI lebih murah. Kartu kredit BRI dapat diterima di hampir seluruh ATM berlogo Cirrus.

Kartu kredit BRI juga memberikan fasilitas tambahan untuk semua jenis tipe kartu kreditnya. Dan banyak juga program promo untuk pemegang kartu kredit BRI.

Kartu Kredit Permata

kartu-kredit-permata

Semua kartu kredit Permata didukung dengan fitur Permata SMS navigator yang membuat transaksi kartu kredit anda (termasuk kartu tambahan) akan dikirim melalui notifikasi SMS langsung di ponsel Anda. Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh semua jenis kartu kredit Permata adalah, program simple pay 0% 3 bulan dan cicilan dengan bunga tetap yang rendah untuk bulan berikutnya.

Kartu Kredit Citi

kartu-kredit-citi

Setiap kartu kredit Citibank, menggunakan PIN Kartu kredit Citi yang memberikan keamanan dan kenyamanan bertransaksi. Keuntungan lainnya adalah Eazypay, belanja Anda dapat diubah menjadi cicilan tetap dengan bunga ringan hingga 36 bulan.

Citibank juga menawarkan Citibank 1Bill yang bermaksud 1 tagihan untuk semua tagihan kartu kredit Citi anda.

Kartu Kredit HSBC (THE HONGKONG & SHANGHAI BANK CORP)

kartu-kredit-hsbc

HSBC merupakan bank terbesar di HongKong. HSBC mengeluarkan beberapa tipe kartu kredit. Keuntungan dari kartu kredit HSBC adalah Internet banking yang sangat berguna untuk berbelanja online dan keperluan banking lainnya hanya melalu internet.

Kartu kredit HSBC juga menyediakan SMS Service yang merupakan servis notifikasi SMS pada tiap saat pemakaian kartu kredit. Dan banyak lagi keuntungan yang ditawarkan oleh kartu Kredit HSBC dalam promo, shopping, travel, dining, online shopping dan lainnya.

Kartu Kredit OCBC

kartu-kredit-ocbc

Bank OCBC NISP merupakan bank yang mengeluarkan kartu kredit yang diterima di seluruh dunia, dan akses tunai di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kartu kredit OCBC NISP menawarkan sistem pembayaran tagihan yang fleskibel, yaitu pembayaran minimum 10% dari total tagihan atau IDR 50 Ribu.

Kartu kredit OCBC NISP menawarkan fasilitas Credit Shield, Anda akan terlindungi dari tagihan kartu kredit Anda, hanya dengan membayar premi sebesar 0,26% dari total tagihan Anda setiap bulannya.

Kartu Kredit Standard Chartered

kartu-kredit-standard-chartered

 

Kartu kredit Standard Chartered menawarkan SteadyPay yang mempermudah anda untuk membeli gadget terbaru dan perangkat lainnya dengan cicilan bunga rendah. Kartu kredit Standard Chartered ini juga menawarkan fasilitas Airport Lounge untuk anda yang berpergian dengan menggunakan pesawat terbang.

Kartu Kredit UOB

kartu-kredit-uob

Kartu kredit UOB juga menawarkan fasilitas UOB FlexiPay, yaitu cicilan bunga rendah dengan jangka waktu hingga 12 bulan. Ada juga UOB AutoPay untuk mempermudah pembayaran tagihan bulanan secara autodebit ke kartu kredit anda.

Kartu kredit bank UOB juga memungkinkan nasabahnya menikmati nilai tukar kurs yang rendah yang menguntungkan untuk anda yang sering berpergian ke luar negeri.

Kartu Kredit Sinarmas

kartu-kredit-sinarmas

Kartu kredit Bank Sinarmas menggunakan lisensi atau brand dari Visa International, MasterCard International, dan Union Pay. Kartu kredit Bank Sinarmas dikenal memiliki fitur-fitur yang spektakuler seperti gratis iuran tahunan seumur hidup, cashback 0,5%, fasilitas autodebit dan full payment, serta dapat digunakan untuk kartu diskon/promosi di lebih dari 30 ribu gerai rekanan yang memiliki logo Sinarmas.

Kartu Kredit AEON

kartu-kredit-aeon

PT. AEON Credit Service Indonesia merupakan anak perusahaan dari AEON Financial Service Co., Ltd., yang saat ini beroperasi di Jepang dan 12 negara lain di Asia, dan merupakan bagian dari AEON Group, retailer terbesar di Jepang. PT. AEON Credit Service menawarkan kartu kredit yang dapat membantu transaksi Anda baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Mekanisme dan Persyaratan Pengajuan Kartu Kredit di Indonesia

Mekanisme dan persyaratan untuk mengajukan permohonan penerbitan kepemilikan kartu kredit pada dasarnya sangat mudah. Anda dapat melakukan pengajuan kartu kredit dengan dua mekanisme. Yaitu mekanisme pengajuan kartu kredit secara offline, dan mekanisme pengajuan kredit secara online.

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi setiap pemohon kartu kredit Indonesia (baru), diantaranya sebagai berikut :

  • Mengisi Formulir pengajuan Kartu Kredit
  • Minimal berumur 21 tahun
  • Memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan
  • Menyerahkan Fotokopi KTP
  • Menyerahkan Fotokopi slip gaji atau surat keterangan penghasilan 3 bulan terakhir
  • Menyerahkan Fotokopi NPWP
  • Menyerahkan Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir

Istilah-istilah dalam Kartu Kredit

Pagu

Pagu atau credit adalah istilah dalam kartu kredit berupa batasan dana yang diberikan oleh bank kepada pemegang kartu kredit.

Annual Fee

Ini adalah biaya iuran tahunan yang dibebankan kepada pemilik kartu sebagai biaya kepemilikan kartu kredit. Biaya tahunan ini berbeda dan memiliki tingkatan untuk tiap level kartu, Classic, Gold, Platinum, dan lainnya.

Cash Advance

Cash advance adalah fasilitas penarikan uang tunai dengan memotong limit kartu kredit. Penarikan uang dapat dilakukan melalui ATM atau bank penerbit kartu kredit Indonesia. Beberapa bank menerapkan bunga yang berbeda untuk fasilitas ini.

Cicilan 0%

Fasilitas cicilan tanpa bunga dengan jangka waktu tertentu.

Credit Shield

Credit shield fasilitas bagi pemegang kartu kredit untuk terbebas dari kewajiban membayar tagihan kartu kredit seandainya si pemegang kartu mengalami musibah kecelakaan, yang mengakibatkan cacat hingga meninggal dunia.

Minimum Payment

Jumlah minimal pembayaran tagihan kartu kredit, umumnya senilai 10% dari total tagihan.

Due Date

Adalah tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit.

EDC (Electronic Data Capture)

EDC Merchant adalah Mesin gesek kartu yang dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit.

Cara dan Mekanisme Pembayaran Tagihan Kartu Kredit

Cara pembayaran tagihan kartu kredit

Pembayaran tagihan kartu kredit Indonesia dapat dilakukan dengan empat cara, diantaranya :

  1. Pembayaran minimum (minimum payment)
  2. Pembayaran Penuh (full payment)
  3. Pembayaran di atas jumlah minimum dan di bawah jumlah total tagihan baru
  4. Pembayaran cicilan tetap (fixed installment)

Mekanisme pembayaran kartu kredit

Sementara mekanisme pembayaran tagiahan kartu kredit Indonesia dapat dilakukan melalui beberapa jalur diantaranya adalah melalui :

  1. Kantor bank penerbit kartu
  2. ATM, SMS banking, internet banking
  3. Auto debit
  4. Melalui Drop Box

Kelemahan dari kartu kredit

Meski menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi, fasilitas dan promo yang menarik. Namun kartu kredit Indonesia juga tetap memiliki kelemahan, diantaranya sebagai berikut :

  • Besar bunga berbanding lurus dengan besarnya transaksi yang anda lakukan
  • Rentan terhadap kejahatan perbankan
  • Keterlambatan pembayaran tagihan dapat mengakibatkan bunga terus bertambah
  • Tidak semua bonus reward dapat ditebus oleh pemilik kartu kredit
  • Bunga dari setiap penarikan melalui ATM, lebih tinggi dari bunga kartu kredit

Jenis-jenis Kartu Kredit

Masing-masing bank biasanya menawarkan lebih dari satu jenis kartu kredit untuk setiap nasabah atau calon konsumennya. Banyaknya jenis kartu kredit yang disediakan oleh pihak bank ini, bertujuan untuk mempermudah setiap calon pemilik atau pengguna katu kredit dalam menentukan pilihan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan budget yang mereka miliki.

Di Indonesia sendiri tiap bank umumnya menawarkan 3 jenis kartu kredit, diantaranya adalah :

Kartu Kredit Premium, ini adalah jenis kartu kredit dengan tingkat limit paling tinggi bisa mencapai ratusan juta rupiah. Jenis kartu kredit ini direkomendasikan untuk anda yang memiliki penghasilan bulanan di atas Rp. 10.000.000/bulan.

Kartu Kredit Gold, kartu kredit ini memiliki tingkat limit menengah, diantara 5 sampai 20 juta. Untuk dapat memiliki kartu kredit jenis gold, setiap pemohonnya harus memiliki pendapatan perbulan minimal 5 juta perbulan dan maksimal 10 juta perbulan.

Kartu Kredit Silver, pemohon dengan penghasilan 3 sampai dengan 5 juta perbulan sangat direkomendasi untuk memiliki kartu kredit silver. Batas limit kartu ini maksimal 5 juta tiap bulannya.

Penutup

Itulah sekilas informasi tentang kartu kredit Indonesia yang bisa saya sampaikan. Semoga ini dapat membantu anda dengan mudah menentukan pilihan bank yang mana dan jenis kartu apa yang paling cocok dengan anda.

Dengan memilih bank yang tepat, jeli melihat promo yang ditawarkan masing-masing bank, pintar merencanakan pembayaran tagihan, bukan tidak mungkin kartu kredit akan menjadi teman hidup anda dalam menyelesaikan semua urusan finansial anda.



Loading...