target kata kunci

Kata Kunci Perlu Diketahui Seluk Beluknya Oleh Blogger Pemula

Kata Kunci Perlu Dikenali Para Newbie – Kata Kunci ?Apa Itu ..? Anda suka ngeblog, bagaimana Ranking Blog Anda, setelah sekian lama aktifitas itu Anda lakukan ?

Masih sepi pengunjung kah? Jika iya, benahi isi blog dengan membidik kata kunci atau sering disebut keyword, mulailah riset dengan benar.

Jika ingin Blog Anda ramai pengunjung serta memiliki ranking tinggi di mesin pencari Google misalnya, hal pertama dan utama yang harus anda lakukan adalah menentukan keyword.

Bidik Keyword Utama Untuk Blog Utama Anda

Ini penting untuk Anda ketahui dan sadari dengan jelas, kata kunci apa yang akan anda bidik untuk mengarah ke blog Anda.

Walaupun jutaan yang bisa Anda temukan dengan perangkat pencari atau riset kata kunci, tetap saja Anda tidak bisa miliki semuanya. Jadi bidiklah kata kunci utama untuk kunjungan dan ranking blog Anda.

Pilih beberapa keyword atau kata kunci saja di awal Anda membangun blog Anda.

Fakta Di Lapangan Berkenaan Dengan Keyword

Banyak sekali atau mungkin kebanyakan para pengguna online, baik sebagai blogger atau yang bertujuan usaha online, tidak tahu tentang riset kata kunci. Sehingga apa yang mereka buat terkesan asal, karena tidak ada bidikan.

Loading...

Dengan mengetahui tentang riset kata kunci, secara tidak langsung kita telah meraih 50% keberhasilan dalam mengejar ranking. Bahkan ke hasil nyata, dengan meningkatnya pendapatan dari penjualan barang misalnya.

Contoh Konkrit Tentang Bahasan Keyword

Konkritnya seperti ini kurang lebih, ketika Anda akan membuat sebuah website atau Blog, Anda harus bertanya dulu kepada diri sendiri.

Berisi tentang apa blog yang saya buat ? Apa yang menjadi tujuan utamanya ? Misalkan menjual produk sendiri, tentukan juga siapa yang menjadi target pasarnya ?.

Temukan Habit Pengguna Internet

Untuk kata kunci, apa kira-kira yang akan diketikkan pengunjung internet di mesin pencari yang nyambung dengan barang saya ?

Studi Kasus Kata Kunci Bidikan Anda

Riset kata kunci

Misalkan Anda bermaksud membuka privat computer aplikasi Microsoft Office, berarti dari sini Anda sudah mulai bisa menentukan target kata kunci Anda.

Contoh target pasar, kaitkan dengan Keyword

Anak Sekolah, Mahasiswa, Karyawan Baru di Perusahaan atau Instansi Pemerintah, Guru yang belum mengenal lebih jauh tentang aplikasi office dan kalangan masyarakat lainnya.

Kaitkanlah pasar tersebut dengan keyword Anda.

Mulailah dengan kata Kunci Panjang (Long Tail Keyword)

Jika Anda pemula dalam urusan SEO, ketika Anda melakukan riset kata kunci, akan menemukan banyak kata kunci super kompetitif yang biasanya terdiri dari 1 kata, 2 kata atau 3 kata.

Gabungkanlah kata kunci tersebut menggunakan tehnik longtail keyword, untuk memahami penggabungan kata kunci panjang silahkan baca Cara menggunakan long tail keywords untuk judul posting.

Buatlah Dari Yang Mudah

Memang, kata kunci pendek itu jumlah pencarinya sangatlah menggiurkan, sampai ratusan ribu bahkan jutaan. Tetapi ingat, bukan hanya Anda yang melakukan ini, orang lain pun sama, buatlah dari yang mudah dengan kata kunci yang panjang.

Cari Kata Kunci dengan Persaingan LOW dan Kembangkanlah

Bagi Anda yang pemula, Membidik Kata Kunci “Privat Komputer”, misalnya. Bukannya tidak boleh, hanya saja kata kunci “privat komputer “persaingannya tinggi.

Cobalah mulai dengan 6 kata dulu, misalnya “Privat Komputer Murah di Bandung Timur”.

Tingkat persaingannya pun akan berbeda, jika yang 2 kata High, yang 6 kata biasanya LOW, ambillah yang Low dulu, meskipun target utamanya adalah yang High misalnya.

Buatlah Long Tail Keyword Yang Saling Menopang Satu Sama Lain

Contohnya Seperti ini..

Jika Anda mengejar target “Privat Komputer”, maka buatlah beberapa konten artikel yang mengandung banyak Long Tail Keyword di dalamnya.

Contoh Kongkrit Long Tail Keyword Penopang

Buat Artikel yang memuat keyword “Privat Komputer Microsoft Office Di Bandung Timur”,

Dalam artikel ini, sisipkan keyword “Privat Komputer Microsoft Office di Bandung”, Anda perhatikan, yang pertama Bandung timur dan yang kedua Bandung.

Buat Long Tail Keyword Turunan

Selanjutnya, pada Artikel dengan keyword “Privat Komputer Microsoft Office di Bandung”, sisipkan di dalamnya keyword “Privat Komputer Microsoft Office”, begitu seterusnya.

Anda bisa kembangkan sendiri, sampai pada akhirnya muaranya adalah di “Privat Komputer”.

Kunjungan Yang Bermanfaat Untuk Sang Pemula

Dengan menggunakan Long tail keyword di awal, Anda tidak akan putus asa di tengah jalan.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu mengejar kata kunci pendek dengan jumlah persaingan tinggi, tapi ranking blog tetap kecil dan kunjungan blog pun nihil alias super sepi.

Fokus Pada Kunjungan Blog

Selain itu, dari long tail keyword itu pula, blog Anda akan berpotensi memenangkan pencarian di Google.

Blog Anda mulai didatangi pengunjung, walaupun mungkin jumlahnya masih sedikit.

Sekali lagi ingatlah, jangan tergiur dulu pada jumlah pencarian yang banyak, tapi fokuslah pada kunjungan ke blog atau website Anda.

Jangan Anggap Remeh Kunjungan Kecil Ke Website Anda

Perlu dipahami, ketika misalnya Anda menawarkan Privat Komputer Office, kemudian dengan long tail keyword yang Anda terapkan, website Anda mendapat kunjungan 10 orang, ternyata terjadi deal transaksi alias mendaftar, apakah Anda tidak merasa berhasil ?.

Buatlah Konten yang Berkualitas

Intinya, buatlah konten blog berkualitas, walaupun anda membidik pasar masih dengan keyword yang panjang. Jadi hargailah kata kunci panjang yang Anda bangun, karena dari sinilah keyword utama bisa didapat.

Baca10 Teknik Dalam Menyusun Konten Blog Berkualitas

Tools Untuk Riset kata kunci

Setelah panjang lebar kita bahas seluk beluk seputar kata kunci, lantas dengan apa kita bisa menentukannya ?.

Banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan untuk mencari keyword, yang umum digunakan oleh para Blogger pemula adalah Google Keyword Planner.

Untuk menggunakannya, Anda harus login ke akun Google Adwords, dan bisa buka tool Keyword Planner

Keyword Planner cocok untuk pemula, disana Anda bisa temukan kata apa yang diketikkan pengunjung internet pada mesin pencari google, jumlah pencarinya bahkan sampai tingkat persaingannya pun bisa Anda dapatkan.

Baca : Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Selain keyword planner, Anda juga bisa riset keyword menggunakan tool Keyword Revealer’s . Pada dasarnya tool ini berbayar, tetapi Anda bisa mencoba versi gratis untuk pencarian 10 kata kunci.

Contoh Nyata Di Klik Mania

Silakan Anda masuk ke Google dan ketikan Jualan Online Tanpa Modal di Market Place Komunitas, disana Anda akan menemukan tulisan kami di Klik Mania.

Dan pada tulisan itu pun, kami menyisipkan keyword Belanjaqu Paytren yang disambungkan dengan Blog kami yaitu bibinira.com, dari sini Anda bisa mendapatkan pelajaran tentang ulasan diatas ?.

Ikuti Alurnya dan Pahami

Kami yakin Anda mulai terbuka pemahaman tentang seluk beluk keyword. Selamat menentukannya untuk Blog Anda, mulai ramai pengunjung dan Ranking blog pun meningkat.

Jangan Terburu-buru Menentukan Keyword

Ini sangat penting, lebih baik lelah diawal, tapi pada akhirnya Anda menemukan keyword utama.

Mulailah Menenukan Keyword Utama, lanjutkan dengan turunannya.

Kembangkan Keyword Turunan

Setelah ada keyword turunan dibawah keyword utama, turunkan lagi.

Muaranya adalah keyword utama.

Yang terpenting, sekali lagi adalah jumlah kunjungan ke blog Anda.

Penutup

Mulailah Dari sekarang juga.

Semoga berguna


Loading...

Bagikan

Tata Nugraha

Penulis

Blogger DepoJabar Senang Berbagi Informasi Positif dan Belajar Menulis

Komentar

    Avatar

    Blogger OPS

    ( - 11:28)

    Terima kasi materi ini sangat bermanfaat terkait kata kunci bagi pemula, saya adalah blogger pemula, berkat dari situs ini maka saya sedikit demi sedkit bisa

    Avatar

    astrealina

    ( - 22:36)

    Masukan:

    Tulisan banyak yang typo. Cek lagi sebelum diterbitkan.

      Jesica Putri

      Jesica Putri

      ( - 02:23)

      Setelah saya cek kembali, hanya ada satu kesalahan Typo, terimakasih masukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *