Adsense Di Youtube

Ini Lho, Kategori Video yang Bagus untuk Youtube

Kategori Video yang bagus untuk Youtube – Saat ini banyak sekali penikmat Youtube yang menilai sebuah video dari sebuah pandangan awam. Adanya pandangan sebelah mata ini membuat banyak sekali fenomena haters yang semakin berkembang.

Jelas munculnya fenomena ini merugikan content creator atau yang sering di sebut dengan Youtubers. So di postingan kali ini saya akan membedah kategori video yang bagus untuk Youtube dari beberapa sisi.

Langsung saja kita ke TKP!


Video JELEK? Tunggu dulu…

“Wah videonya jelek banget. Nggak bisa buat video ya lu?”

Ini adalah salah satu contoh ucapan yang menilai video dari sebelah mata. Dimana sebuah video langsung di Judge jelek. Pada dasarnya setiap konten yang dibuat memiliki beberapa sisi untuk di nilai.

Jika di nilai, sebuah video tidak bisa di lihat secara keseluruhan. Dikarenakan untuk mengambil sebuah sudut pandang dari keseluruhan video jelaslah sulit. Bahkan Youtubers yang sudah memiliki banyak subscribers juga tidak semuanya memiliki konten sempurna.

Baca juga : 6 Kamera yang Sering Digunakan YouTubers Untuk Membuat Vlog

Apa saja video yang bagus untuk Youtube sesuai kategori?

Untuk sebuah video semuanya memiliki beberapa bagian yang dapat dilihat. Semisal sebuah video tutorial Agung Hapsah editing Premiere Pro.

Jika kita lihat secara keseluruhan ini adalah sebuah video yang dibuat oleh Agung hapsah yang menjelaskan tentang cara editing menggunakan aplikasi Premiere Pro.

Namun jika kita melihat dari sisi yang lebih dalam lagi, dalam satu video bisa di bedah menjadi beberapa bagian.

Visual video

Bagian ini adalah bagian yang mecakup Cinematography (cara pengambilan angle). Dimana ini yang menjadi bagian kedua dari inti sebuah video yang dibuat. Sebenarnya pergerakan kamera tidak terlalu banyak berpengaruh ke dalam isi konten.

Kecuali memang pergerakan kamera menjadi sebuah contoh pendukung dari isi konten. Misalnya seorang Youtubers menjelaskan sebuah pergerakan slow motion itu seperti apa. Didukung dengan pergerakan visual.

Editing

Editing bisa di katakan menjadi sebuah inti dalam video. Karena jika kita video yang bagus untuk Youtube tanpa melewati proses editing. Sepertinya hanya menjadi sebuah video dokumentasi biasa.

Peran editing ini tidak hanya menjadi bagian akhir dalam proses pembuatan video. Melainkan Editing juga menjadi sebuah ‘Pemanis’ dimana pemanis ini menjadi sebuah penyempurnaan dalam sebuah konten video.

Penyempurnaan ini bisa di contohkan seperti, video yang kelebihan cahaya atau sering disebut dengan over eksplosure. Dengan ditambah editing kalian bisa meminimalisir cahaya yang berlebihan ini.

Otomatis kualitas video yang kalian buat akan menjadi lebih baik dengan tambahan bantuan editing ini.

Baca : Aplikasi Edit Video untuk Youtubers Pemula

Di sisi lain editing juga bisa membantu dalam memperbaiki kualitas audio kalian. Karena permasalahan terbesar Youtubers baru adalah kualitas audio. Bisa di katakan bahwa audio ini 50:50 dengan visual dan konten. Jika visual dan isi konten kalian sudah baik namun audio kacau. PERCUMA!

Bahkan teman saya seorang Youtubers pernah mengatakan. Lebih baik menonton video [email protected] dengan kualitas suara yang baik namun gambar jelek dibanding dengan menonton video [email protected] dengan kualitas gambar HD namun suara kresek-kresek gak jelas seperti suasana pasar ikan.

Bukannya baik malah ngerusak telinga. Malah dosa nambah lagi. Eh ini jadi bahas video [email protected] jadinya. Oke skip. Lanjut.

Jadi, jika memang audio kalian tidak baik. Buatlah sebaik mungkin. Cari cara meminimalisir audio tersebut. Saya berikan contoh. Semisal kalian membuat video dukumentasi dengan suara seperti pasar ikan tadi.

Dikarenakan video dokumentasi lebih dominan ke arah visual. Maka dari itu cara mengakalinya adalah dengan menghilangkan suara video (mute) diganti dengan backsound instrumental atau lagu.

Jika kalian ingin video yang bagus untuk Youtube sebagai dokumentasi, saya sarankan bisa pakai lagu instrumental yang ada di Youtube sendiri. Itu free dan bebas dari copy right.

Lanjut….

Kualitas isi konten

Visual kalian di rekam dengan kamera ber resolusi 2 mp alias 3.gp? Tidak masalah asalkan kalian bisa mengimbangi dengan isi konten yang bagus.

Isi konten yang bagus saya sarankan yang memang di butuhkan banyak orang namun belum ada di Youtube. Contohnya apa? Ya cari sendiri 😀 memang susah untuk menemukan konten yang seperti ini.

Oke.. oke! Jika kalian memang penasaran saya bocorkan. Konten video yang bagus untuk Youtube yang banyak di cari? Bisa kalian buat video review barang, dengan catatan barang tersebut sudah kalian miliki terlebih dahulu.

Misalnya ada pre order, kalian pesan, pas barang datang jelas dong masih sedikit yang punya? Dan dari sekian banyak orang tersebut jelas tidak semuanya akan langsung membuat video di Youtube? Ini menjadi kesempatan kalian.

Sebenarnya masih ada cara lain untuk mengakali permasalahan video dengan resolusi rendah. Saya biasa sebut dengan video dengan kualitas ‘b*kep amatir’ ini hanya istilah pergaulan saja ya sobat. Bercanda doang.

Maka dari itu jika konten kalian sudah berisi tidak masalah. Kalian bisa menekankan inti video di isi konten. Apakah video kalian jelek? Jelas tidak! Karena dari sisi konten kalian dikatakan bagus. Meski dari segi visual memang tidak mendukung.

Jangan takut dikatakan video jelek. Karena kemungkinan besar mereka belum menonton video di Yotube saya atau tidak membaca postingan dari Klik Mania ini.

Penyebab terbesar video dikatakan jelek

Apa penyebab terbesar video dikatakan ‘JELEK!’ ? Jelas semua ditentukan oleh KEBUTUHAN! Semakin butuh seseorang dengan konten kalian maka kalian semakin jauh dari kata jelek. Namun masih ada catatan untuk kalian.

Catatannya adalah jadilah yang pertama. Dengan menjadi yang pertama atau menjadi pelopor video yang bagus untuk Youtube. Penonton tidak bisa membandingkan video kalian dengan si A atau si B jadi pesan yang kalian sampaikan merupakan sebuah informasi yang benar-benar baru di pikiran mereka.

Andaikan jika ada video lain yang seperti punya kalian. Mereka sudah tidak akan membandingkan karena informasi yang di dapatkan sudah kalian sampaikan terlebih dahulu. Sebagus apapun video baru itu.

Kalian juga bisa membuat konten bagus dengan membuat video yang sudah ada namun di sempurnakan lagi dengan pengetahuan dan cara baru yang lebih simple, mudah dan work it.

Saya ilustrasikan misal kalian membuat tutorial cara memasak air. Jika orang menonton video ini jelas kemungkinan besar dalam pikiran mereka akan mengatakan.

“Apaan sih ini. Ya elah masak aer doang mah gue bisa. Buat konten sampah banget sih!!!”

Iya kan? Namun jika kalian bisa memodifikasi konten tersebut menjadi lebih keren maka akan berbeda tanggapannya.

Contoh…

Kalian membuat cara memasak air tanpa api hanya dalam 5 detik. Wah pasti orang akan terheran heran dan mengakui bahwa itu keren. Dengan catatan memang apa yang kalian berikan itu benar terjadi.

Bukan sebuah judul dengan kedok jebakan click bait biar adsense kalian nambah! Tidak. Jangan pernah melakukan hal tersebut.

Jika kalian ingin melihat postingan ini dengan versi video bisa di tonton di bawah. Ini adalah channel saya. Jangan lupa subscribe. Biar ilmunya nambah. Karena saya juga akan memberikan ide-ide dan informasi baru di dalam channel saya.

Pastinya akan berbeda pesan yang di sampaikan dari video jika di samakan dengan membaca. Visual dan membaca jelas berbeda. Jika ada pertanyaan bisa langsung di comment. Selamat menonton.

Semoga postingan mengenai video yang bagus untuk Youtube ini bisa membantu kalian. Dan bisa merubah pola pikir ‘Haters’ yang merugikan konten creator. Ok! See you on next post. Me Richard Goodboy always inspiring and you always think smart.

Bye sobat klik mania.

Autors:

-Richard Goodboy (Think Smart Channel – YT)


Loading...
Baca selengkapnya

Mahasiswa yang hobi menulis :) Find me: Instagram : Chardsonz Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close