15 Kebiasaan Buruk Blogger yang Wajib Anda Hindari

Untuk pemula, terkadang sulit rasanya untuk membuat blog yang dikelola menjadi terkenal, dan mampu membawakan kesuksesan untuknya. Dan sadar atau tidak, seringkali kita menyepelekan kebiasaan buruk blogger yang menjadi salah satu penyebab lambatnya perkembangan blog ini.

Kebiasaan buruk adalah perilaku berdampak tidak baik, yang tanpa disadari sering dilakukan secara berulang-ulang.

Kebiasaan buruk tidak hanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam kegiatan blogging pun, sering sekali secara tanpa sadar, kita melakukan kebiasaan buruk yang justru hanya melambat perkembangan blog.

Akan tetapi, dikarenakan kebiasaan buruk tersebut sering dilakukan secara tanpa sadar, maka kita harus mengetahui dulu apa saja yang termasuk dalam kebiasaan buruk tersebut. Jika telah mengetahui apa saja yang termasuk dalam kebiasaan buruk blogger, selanjutnya tinggal berlatih agar dapat menghidari dan tidak lagi melakukan kegiatan buruk tersebut.

Apa pentingnya mengetahui kebiasaan buruk blogger?

Apa pentingnya mengetahui kebiasaan buruk blogger?

Sangat penting . . .

Banyangkan, bila blog yang anda kelola seharusnya mampu berkembang dan sukses dalam waktu 5 bulan, namun karena melakukan kebiasaan-kebiasaan yang justru memperburuk keadaan blog, maka waktu yang dibutuhkan bertambah menjadi 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, atau tidak terhitung lagi ( Blog tidak pernah berkembang ).

Selain bertujuan untuk perkembangan blog. Mengetahui dan menghindari kebiasaan buruk blogger, juga dapat dilakukan untuk membangun citra yang baik dalam blog anda.Citra yang baik tersebut dinilai bukan hanya oleh para pengunjung saja, tetapi dinilai juga oleh mesin pencari, dan kalangan sesama blogger.

Jadi . ..  .

Mengetahui dan menhindari kebiasaan buruk blogger, merupakan hal yang wajib deh 🙂

Baca Juga : Belajar Menulis Artikel SEO yang Disukai Pengunjung

15 Kebiasaan Buruk Blogger yang Wajib Anda Hindari

15 Kebiasaan Buruk Blogger yang Wajib Anda Hindari

1# Malas dan tidak konsisten

Jelas sekali. .

Malas merupakan kegiatan atau kebiasaan yang benar-benar buruk. Kita juga perlu berhati-hati, karena rasa malas ini bersifat mempengaruhi dan menjalar.

Rasa malas ini, merupakan salah satu kebiasaan buruk yang mampu membuat blogger kehilangan konsistensi dalam mengelola blog, terutama buat mereka yang dari awal niatnya setengah-setengah.

Awalnya sih, malas ngetik, kemudian malas berfikir, dilanjutkan malas ngurus blog, dan akhirnya blog tidak terurus lagi lalu ditinggalkan deh.

2# Maunya yang instan alias tidak mau berjuang

Di dunia ini tidak ada yang instan, termasuk mie instan.

Jadi tidak ada ceritanya, hari ini buat blog, besoknya sudah terkenal dan bisa menghasilkan.

Bahkan kalau mau berkata jujur, semua blogger sukses diluar sana, pastinya pernah mengalami masa-masa dimana blognya tidak ada yang mengunjungi. Namun, mereka tetap yakin, serta mau berjuang untuk memajukan blog yang dikelolanya, sehingga mampu menghasilkan untuk mereka.

Ya, karena ngeblog ini penuh cobaan. Maka, pastikan anda sudah siap untuk mengorbankan waktu, tenaga, serta pikiran, dengan menguatkan keyakinan bahwa kedepannya blog yang dikelola akan sukses, dan mampu menghasilkan untuk anda.

3# Tidak punya target pencapaian

Target kesuksesan dalam mengelola blog

Sedikit mirip dengan poin ke 2. Kalau mau blog cepat sukses, ya harus punya target pencapaian dong.

Target pencapaian ini tidak hanya berlaku untuk karir ngeblog saja, tetapi dalam setiap usaha yang dilakukan juga, usahakan untuk membuat target pencapaiannya masing masing.

Kebiasaan blogger pemula, biasanya selalu pasrah saja, dalam menunggu waktu kesuksesan tersebut tiba. Padalah, dengan membuat target pencapaian, maka blog yang dikelola akan cepat untuk terkenal dan berkembang.

Target pencapaian juga dapat berfungsi sebagai dorongan untuk terus konsisten dalam memajukan blog yang anda kelola

Istilahnya, kapan sukses itu mau datang kalau tidak dijemput . .

Contohnya, dalam mengelola blog, anda dapat membuat target dalam 5 bulan sudah harus terkenal dan menghasilkan, atau dalam 1 tahun sudah dapat beli rumah dari penghasilan adsense.

4# Suka “kejar setoran” dalam mempublikasi artikel baru

Oke, mungkin anda memang memiliki kemampuan berfikir dan ide-ide yang tidak ada batasnya. .

Namun, dalam mempublikasi artikel baru, setidaknya janganlah terlalu terburu-buru seperti sales yang sedang kejar setoran. Sebaiknya, dalam mempublikasi artikel, anda mempertimbangkan waktu yang tepat, waktu-waktu dimana lalu lintas internet sedang ramai-ramainya.

Saya pernah membaca e-book, yang mengatakan waktu terbaik dalam mempublikasi artikel, yakni pada pagi hari dan sore hari. Selain itu, mempublikasi artikel 2 kali sehari saja sudah cukup, karena jika berlebihan, takutnya mesin pencari beranggapan bahwa blog yang anda kelola sebagai blog tidak wajar, alias blog spam.

5# Suka copas dan menerbitkan artikel orang lain tanpa menyertakan sumber

Kalau kebiasaan buruk yang ini sih, bukan hanya merugikan blog anda, tetapi berakibat blog anda dimasukkan kedalam kotak pasir milik google ( Google Sandbox ).

Sedangkan, pemilik tulisan yang aslih sih bakalan dirugikan, plus jengkel dan marah terhadap kebiasaan buruk anda itu. Bayangkan saja, sudah berpikir dan menulis dengan meguras tenaga, eeh ternyata di copas sama situ. . .

Maka dari itu, belajarlah membuat konten atau artikel yang original, atau kalau memang terpaksa copy paste, pastikan anda meminta ijin terlebih dulu kepada pemilik tulisan, serta menyertakan link aktif ke halaman asli sebagai sumber tulisan tersebut.

6# Kebiasaan mengelola blog hanya untuk mendapatkan uang

Kebiasaan mengelola blog hanya untuk mendapatkan uang

Wah, gambarnya bikin dompet gelisah saja ya .. hehe 😀

Nah, meskipun uang merupakan kebutuhan hidup manusia, dan siapa juga yang betah melakukan sesuatu kalau tidak mendapatkan uang, termasuk mengelola blog.

Kebiasaan yang salah, bila anda mengelola blog, hanya karena iming-iming uang yang bisa didapatkan dari blog tersebut. Karena dalam mengelola blog yang baik dan benar, seharusnya anda tidak fokus terhadap uang melainkan fokus terhadap konten berkualitas, serta kenyamanan pengunjung blog.

Baca : Blogging Sebagai Hobi Merupakan Cara Untuk Membangun Blog Sukses

Jadi, untuk anda yang memiliki tipe seperti ini, saya sarankan untuk mengubah pola pikir anda. Jalani saja kegiatan blogging ini seperti sebuah hobi, dan uang yang akan didapatkan merupakan “Hadiah” atas apa yang telah anda bagikan selama ini.

7# Terlalu banyak memuat iklan pada halaman blog

Dapat dimaklumi bila hal ini terjadi, karena uang lagi-lagi menjadi alasan mengapa seseorang memuat iklan pada blog yang dikelolanya.

Akan tetapi, dalam memuat iklan, janganlah sampai memenuhi atau menghalangi pengunjung dalam membaca artikel yang anda sajikan. Karena, kalau pengunjung sampai merasa tidak nyaman dan memutuskan pergi, siapa dong yang akan melihat iklan tersebut.

Oleh karenanya, pastikan anda tidak memasang iklan secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan pasti ujung-ujungya tidak baik, kan.

8# Promosi malah dijadikan ajang menebar spam

Promosi malah dijadikan ajang menebar spam

Siapa sih yang mau blognya terkenal . .

Sehingga, melakukan promosi adalah cara terampuh dalam meningkatkan kunjungan, serta meningkatkan daya saing blog yang dikelola.

Hanya saja, kebanyakan mereka yang tidak mengerti, malah menjadikan promosi sebagai ajang tebar spam di sana sini. Kegiatan promosi spam tersebut biasa dilakukan dengan meletakkan link pada kotak komentar blog seseorang.

Yang menjengkelkannya lagi, mereka yang memiliki kebiasaan seperti ini, biasanya akan berkomentar spam tanpa membaca isi artikel sama-sekali, sehingga isi komentar benar-benar tidak relevan dengan isi artikel.

Kalau dipikir-pikir sih, kegiatan promosi semacam ini justru tidak akan berguna sama-sekali. Orang saja sudah tidak terlalu suka terhadap hal-hal yang berbau promosi, apa lagi teknik promosi ini malah berbau spam. . duh cape deh.

9# Tidak pernah update postingan

Kebiasaan buruk yang ini, sepertinya menjadi kebalikan dari kebiasaan mempublikasi artikel berlebihan yang terkesan “kejar setoran”.

Entah apa yang dipikirkan oleh mereka yang memiliki kebiasaan seperti ini. Atau bisa saja mereka tidak pernah update postingan, dikarenakan kehabisan ide dalam menulis artikel baru.

Oleh karena itu, biasakan anda meluangkan waktu untuk belajar menulis, dan juga untuk sekedar mencari refrensi dengan membaca buku, koran, atau blog orang lain. Tetapi ingat, hanya sebatas mencari refrensi, bukan mencari bahan untuk di copy paste 🙂

10# Kebiasaan menghapus credit link template orang lain

Credit link seakan membuat tampilan blog menjadi kurang afdol, namun hal tersebut bukan menjadi alasan untuk menhapus, atau bahkan mengubah credit link yang terdapat pada template orang lain.

Kegiatan seperti ini bukan hanya dapat merugikan blog anda, tetapi anda juga akan dibenci oleh kalangan sesama blogger. Wajar saja bila anda dibenci, karena kebiasaan anda yang tidak menghargai karya orang lain, atau malah mengakui template tersebut sebagai karya anda sendiri.

Saran terbaik, lebih baik anda biarkan saja credit link tersebut. Lagipula, ada juga manfaat dari credit link yang tetap terpasang untuk blog baru.

Tapi, kalau tetap risih dengan credit link, silahkan saja untuk mengeluarkan modal dengan membeli template versi premium, yang dijamin tidak terpasang credit link manapun.

11# Tidak mau membaca dan membalas komentar

Tidak mau membaca dan membalas komentar

Terlepas dari komentar berbau spam, tetap saja ada beberapa blogger yang tidak mau membalas, atau sekedar membaca komentar yang masuk pada artikel blognya.

Padahal, komentar merupakan suatu hal yang penting juga untuk menaikkan ranking, serta membangun citra yang baik bagi para pembaca setianya.

Yah, aneh saja ya.

Di satu sisi, blogger pemula sangat ingin mendapatkan kunjungan dan komentar untuk blognya, namun di sisi lain, adanya blogger yang memiliki trafik cukup malah mentelantarkan pengunjung setianya.

Ada juga blog yang kunjungannya tidak terlalu banyak, tetapi mentelantarkan pengunjung yang memberikan komentar serius di blognya. . Aneh kan. 😀

12# Keseringan gonta-ganti template blog

Saya yakin banget deh, ada banyak sekali blogger yang memiliki kebiasaan buruk seperti ini.

Keseringan gonta-ganti template, biasanya disebabkan oleh kurangnya fitur yang terdapat pada template lama, atau bisa juga dikarenakan memang senang gonta-ganti dan termotivasi untuk mencoba seluruh template yang ada di internet.

Kalau saya baca-baca, ternyata cukup banyak hal buruk yang disebabkan oleh kebiasaan mengganti template, seperti kode yang rusak dan lain sebagainya.

Terlepas dari itu semua. Saya rasa, kegiata gonta-ganti template ini, justru hanya membuat anda kehilangan waktu untuk fokus terhadap konten, karena dengan mengganti template, pasti anda akan disibukkan oleh kode-kode dan hal-hal yang akan menyita waktu anda.

13# Terlalu sibuk dengan urusan SEO

Mengelola dan melakukan pengoptimalan SEO bukanlah menjadi kegiatan yang berdampak buruk. Tetapi, bila dilakukan secara terus-menerus, bahkan sampai tidak memiliki waktu untuk memperbarui artikel, ya tidak ada gunanya.

SEO memang penting untuk blog, tetapi konten lebih penting lagi . .

Jadi, jika waktu anda terus tersita oleh pengoptimalan SEO, kapan dong mau memikirkan ide-ide dan menuangkan ide tersebut kedalam postingan baru.

14# Kebiasaan pamer penghasilan secara berlebihan

Kebiasaan pamer penghasilan secara berlebihan

Gajian di sana, pamer . . .  Gajian di sini, pamer   . . .

Payout di sana, pamer  . . .  Payout di sini, pamer . . .

Setuju deh, kalau pamer merupakan kegiatan buruk yang menggelikan. Biasanya blogger akan melakukan pamer pada saat mereka berhasil mendapatkan penghasilan dari Adsense, maupun program internet lainnya.

Pamernyapun beragam, ada yang memamerkan bukti payout dengan menjadikannya sebagai artikel blog, ada juga yang pamer di segala sosial media yang dia miliki.

Yah, pamer sih boleh saja, asalkan mau mengajari yang lain juga, tapi kalau maunya pamer doang tanpa mau mengajari, mendingan jangan gitu guys, masih ada master yang tidak pamer meskipun penghasilan mereka sudah berpuluh kali lipat dari anda kok. 🙂

15# Kebiasaan menerbitkan artikel hoax

Kebiasaan buruk blogger paling fatal, yakni keseringan menerbitkan artikel yang tidak terbukti kebenarannya, alias artikel hoax. apakah Anda salah satunya?

Biasanya mereka yang memiliki kebiasaan seperti ini, yang ada dalam pikirannya hanya cara untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Dan benar saja, dengan artikel hoax, biasanya pengunjung akan tertarik untuk membaca, apalagi kalau topiknya berbau kontroversi.

Namun artikel hoax tersebut, bisa saja menjadi boomerang untuk anda, apabila ternyata pengunjung yang didapatkan tersebut tidak merasa puas akan kebenaran yang terkandung dalam artikel anda.

Terlebih, bila artikel anda memang berbau kontroversi yang dapat menyulut persinggungan dan kemarahan antar golongan. . Wah, bisa kacah nih.

16# Kurangnya menyeleksi informasi yang menjadi refrensi

Kebiasaan buruk blogger ini merupakan kebiasaan yang umum terjadi.

Biasanya mereka yang mengalami kebiasaan ini, akan langusng menerbitkan artikel tanpa menyeleksi terlebih dahulu informasi yang mereka jadikan refrensi.

Kegiatan seperti ini, justru akan membawa dampak buruk, apabila artikel yang anda buat ternyata terbukti hoax ( seperti pada poin 15 ). Bukan hanya itu, anda yang merupakan penerbit artikel, bisa juga akan mendapat cibiran, dan kritik pedas dari para pembaca artikel anda.

17# Tidak mau melakukan inovasi baru untuk blog yang kelola

Inovasi baru pada blog

Kebiasaan buruk blogger yang terakhir ini, cukup banyak yang memilikinya.

Seperti yang diketahui, sekarang ini terdapat banyak sekali blog dengan konten dan topik yang mirip, sehingga hanya yang berbedalah yang dapat menjadi pemenangnya.

Meskipun memiliki kesamaan topik, bukan berarti isi konten yang anda sajikan harus selalu sama dengan blog pesaing anda. Anda dapat menyisipkan ide-ide baru, yang dapat menjadikan blog anda memiliki ciri khasnya sendiri, dan hal ini juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan ketertarikan pengunjung.

Inovasi baru, tidak selalu berartian memiliki perbedaan dalam artikel yang disajikan. Karena, tampilan blog serta teknik berpromosi juga dapat dikemas secara berbeda, dengan bantuan inovasi terbaru yang dapat anda ciptakan.

Oleh karena ini, yuk kita berantas kebiasaan buruk blogger . . demgam menciptakan inovasi baru, serta menjadikan blog kita berbeda dan semakin berkembang.

Baca Juga : Yuk, Ketahui 10 Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Dalam Menulis Artikel

Di atas, merupakan kebiasaan buruk blogger yang dapat anda ketahui, serta hindari dalam kegiatan meengelola blog. Bila kebiasaan buruk tersebut dapat dikendalikan dan dihindari, maka blog anda akan semakin terjamin dalam perkembangannya, serta menjamin anda bisa meraih kesuksesan dalam kegiatan blogging. Semoga bermanfaat untuk anda semua 🙂

Bagikan

Related Posts

About The Author

7 Comments

    • ganisebastian

Add Comment

shares