Waspadai! 10 Kebiasaan Buruk yang Berbahaya Bagi Karier Anda

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia pasti memiliki sebuah kebiasaan. Kebiasaan tersebut ada banyak macamnya, dan berbeda pula dampak bagi mereka yang memilikinya. Terlebih jika hal tersebut dikategorikan sebagai kebiasaan buruk yang berbahaya terutama bagi karier.

Sebuah kebiasaan dapat dikatakan buruk, apabila kebiasaan tersebut berpotensi membuat hidup anda semakin sengsara dikemudian hari (dalam konteks ini adalah karier anda).

Sayangnya, manusia selalu saja tanpa sadar melakukan kebiasaan buruk mereka, sehingga berusaha untuk berhenti tidak akan menjadi sebuah hal yang mudah.

Kebiasaan buruk yang dilakukan dalam dunia pekerjaan, akan membuahkan kesengsaraan karena hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya bagi kelangsungan karier anda.

Namun, karena sering kali kita tidak menyadari akan kebiasaan buruk yang berbahaya tersebut, maka mengetahuinya sejak dini merupakan hal yang sangat penting.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai apa-apa saja yang masuk ke dalam kategori kebiasaan buruk, yang harus diketahui dan diperhatikan sejak dini. Agar kelak tidak menimbulkan bahaya bagi karier kita dalam bisnis maupun pekerjaan lain.

10 Kebiasaan Buruk yang Berbahaya Bagi Karier Anda

Kebiasaan Buruk yang berbahaya

1. Selalu menunda pekerjaan

Jangan bohong! Kalian pasti pernah menunda suatu tugas atau pekerjaan yang diberikan oleh atasan kan. Menunda pekerjaan menjadi kebiasaan buruk yang berbahaya yang harus kita ketahui dan hindari, terutama dalam dunia pekerjaan seperti ini.

Kebiasaan ini sudah jelas sekali sangat merugikan diri sendiri, anda yang menunda pekerjaan di hari ini sudah pasti akan menanggung beban pekerjaan yang lebih berat lagi di kemudian hari. Pekerjaan-pekerjaan tersebut akan terus menumpuk dan siap membuat anda kelabakan nantinya.

Tidak hanya merugikan diri sendiri, menunda pekerjaan juga sangat berbahaya bagi kelangsungan karier orang lain. Contoh dalam kasus ini adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan kerjasama tim.

Bayangkan jika anda menunda pekerjaan anda, yang seharusnya bisa diselesaikan dengan cepat agar tim anda dapat melakukan tugasnya. Jika anda saja malas-malasan, tentu rekan satu tim anda tidak akan dapat berbuat banyak hingga akhirnya kebiasaan tersebut juga berpotensi membuat karier seluruh anggota tim musnah.

Jika anda sudah memahami akan bahaya dari kebiasaan menunda pekerjaan seperti ini, maka anda harus berusaha melatih kebiasaan tersebut agar tidak terulang dan membahayakan diri anda sendiri dan orang lain.

Anda dapat menghilangkan kebiasaan buruk menunda pekerjaan, dengan melatih kedisiplinan diri anda sendiri, dan mengedepankan tugas anda sebagi kewajiban yang harus diselesaikan dengan cepat. Jika anda berhasil lolos dari kebiasaan buruk ini, bukan tidak mungkin jika karier anda akan cemerlang suatu hari nanti.

2. Berbohong dan mementingkan diri sendiri

Kebiasaan Buruk yang berbahaya

Kebiasaan buruk yang berbahaya ini pastinya pernah atau bahkan sering kali kalian lakukan. Ada banyak macam dari berbohong yang semuanya dapat membahayakan karier anda, seperti tindakan menipu yang bertujuan untuk mementingkan diri sendiri.

Contoh dari kebiasaan berbohong ini, ketika anda menipu konsumen dengan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan produk. Dengan tujuan agar konsumen tersebut membeli produk yang anda tawarkan.

Dari contoh di atas, sudah jelas sekali anda berbohong untuk meraup keuntungan pribadi. Memang awalnya menyenangkan, tapi siapa sangka bahwa keuntungan tersebut tidaklah bertahan lama. Pasalnya konsumen akan merasa dibodohi dan bisa saja menuntut usaha anda, sehingga pada akhirnya diri anda sendirilah yang akan dirugikan.

Atau contoh lain, ketika anda bekerja sebagai karyawan kantoran yang suka berbohong dengan memalsukan data absen, jam lembur, atau paling berbahaya memalsukan data keuangan (Korupsi). Kebiasaan tersebut tentu sangat buruk, dan justru hanya akan memperburuk karier yang hendak ada bangun.

Oleh karena itu, biasakanlah memiliki sifat mementingkan orang lain, mementingkan perusahaan, dan mementingkan kepuasan konsumen. Biasakan juga untuk bertindak jujur atas apapun yang dipercayakan kepada anda agar suatu saat nanti kebaikan terebut membuahkan hasil yang baik pula bagi kehidupan dan karier anda.

3. Tidak disiplin waktu, dan suka terlambat datang ke kantor

Tidak memiliki disiplin akan waktu juga menjadi kebiasaan buruk yang berbahaya yang harus dihindari oleh anda yang ingin membangun sebuah karier yang cemerlang.

Kebiasaan buruk ini sangat berbahaya, karena dapat menghilangkan kepercayaan orang lain atas diri dan kinerja anda sebagai seorang pekerja. Bayangkan saja jika anda selalu datang terlamat ke kantor, tentu anda akan diberikan teguran oleh atasan dan berakhir dipecat jika anda tidak berusaha merubah kebiasaan buruk tersebut.

Sebenarnya, mengubah kebiasaan buruk yang satu ini tidak hanya berperan penting bagi kemajuan karier. Melainkan sangat berguna juga bagi kehidupan sehari-hari anda.

Oleh karena itu, cara paling mudah untuk merubah kebiasaan buruk yang berbahaya seperti ini adalah dengan membuat sebuah catatan rencana kegiatan. Sebisa mungkin memacu diri sendiri agar mau mematuhi rencana yang dibuat tadi. Dengan begitu otak akan terbiasa hidup teratur dan tidak menyia-nyiakan waktu.

Jika anda sudah dapat menghargai sebuah waktu, maka dapat dipastikan anda akan senantiasa mendapatkan kehidupan yang menyenangkan. Dan apapun yang anda kerjakan baik kehidupan sehari-hari maupun karier pekerjaan akan berjalan sesuai dengan rencana dan berujung indah.

4. Memiliki pemikiran yang selalu negatif

Pemikiran negativ atau Negative thinking merupakan pola memikiran yang lebih mengarah ke sisi negatifnya ketimbang sisi positif. Mereka yang memilliki pemikiran seperti ini dapat terlihat dari keyakinan dan cara pandang, serta sikap dan perilaku mereka.

Mereka yang berpikiran negatif biasanya memiliki prasangka buruk yang tinggi, tidak percaya kepada orang lain. Selain itu selalu memiliki kecurigaan yang tinggi atas apa yang hendak dilakukan orang lain.

Jika anda merasa memiliki salah satu ciri di atas, maka kini saatnya anda merubah kebiasaan buruk tersebut karena jika terus dibiarkan dapat berbahaya bagi kehidupan yang sedang anda jalankan.

Contoh nyata ketika kebiasaan buruk yang berbahaya seperti ini tetap dipelihara dalam dunia pekerjaan. Seperti tidak diseganinya anda oleh rekan satu tim karena sikap anda yang lebih mementingkan diri sendiri dan tidak percaya dengan keputusan yang dibuat oleh tim. Karena anda selalu beranggapan bahwa ada maksud terselubung dari kesepakatan yang dibuat oleh orang lain.

Kebiasaan buruk yang berbahaya seperti ini sangat perlu dihindari, karena pada akhirnya hanya akan membuat anda berjalan di tempat, dan tidak akan pernah meraih apapun yang anda cita-citakan.

Biasakanlah untuk memikirkan hal-hal yang positif, serta percaya akan keputusan orang lain yang telah disepakati bersama. Hal ini akan membuat anda terlihat lebih ramah dan mampu menarik kepercayaan orang lain kepada diri anda. Pemikiran yang positif pada akhirnya akan mampu membawakan apapun yang anda inginkan dalam hidup anda.

5. Tidak fokus dalam menyelesaikan tugas yang diberikan

Kebiasaan Buruk yang berbahaya

Jika anda sering mengalami kesulitan untuk berfokus dalam menyelesaikan tugas, maka ini menjadi sebuah kebiasaan buruk yang wajib anda hilangkan agar tidak membahayakan karier anda.

Tidak fokus dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan menjadi hal tidak boleh terus-menerus anda lakukan. Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki peraturan dan kewajiban tersendiri bagi karyawan mereka. Jika anda tidak bisa menyesuakian diri, maka anda akan dianggap tidak layak untuk sebuah pekerjaan dan berakhir pemberhentian secara tidak terhormat.

Maka dari itu, fokus terhadap sesuatu terutama tugas yang diberikan oleh atasan menjadi hal yang mutlak bagi setiap karyawan. Jangan hanya kerja karena mengejar gaji tinggi semata, apabila anda diberikan sebuah pekerjaan maka selesaikanlah pekerjaan tersebut sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Selain itu, fokus akan pekerjaan juga memberikan kesempatan agar pekerjaan tersebut selesai sebelum waktunya. Anda akan memiliki banyak waktu santai sebelum akhirnya siap untuk mengerjakan tugas yang akan diberikan selanjutnya.

Tapi, jika anda tidak pernah mau fokus, bukan tidak mungkin kalau pekerjaan akan tertumpuk-tumpuk dan akhirnya akan membebani dan merugikan anda sendiri.

6. Tata bahasa yang buruk

Kebiasaan buruk yang datang dari ketidak mampuan seseorang dalam menggunakan bahasa yang baik dan benar, akan sangat mengganggu dan membahayakan kelangsungan karier anda. Terutama jika lingkungan pekerjaan anda menuntut komunikasi yang baik dengan klien.

Berkata-kata dengan tata bahasa yang buruk akan menimbulkan kesan bahwa anda adalah orang yang tidak sopan dan tidak berpendidikan. Maka dari itu, ketahuilah posisi anda sebelum memulai sebuah percakapan.

Jika anda sedang berada di lingkungan pergaulan penggunaan bahasa santai dapat dilakukan. Tetapi jika pembicaraan tersebut dilakukan pada lingkungan pekerjaan maka tata bahasa yang formal adalah pilihan mutlak.

Belajarlah komunikasi yang baik sejak dari sekarang, sehingga anda akan disegani baik oleh atasan maupun klien. Mereka akan menghormati dan menyadari bahwa anda adalah orang yang berpendidikan.

Memiliki tata bahasa yang baik juga sangat berperan penting apabila suatu saat nanti anda memutuskan untuk menciptakan sebuah perusahaan sendiri. Kemampuan yang baik dalam berbicara akan membawakan kemudahan bagi anda, terutama pada masa awal merintis usaha.

Anda akan merasakan kemudahan dalam bidang promosi, dan konsumen andapun akan dengan mudah mengetahui maksud baik anda.

7. Bahasa tubuh yang buruk

Kebiasaan Buruk yang berbahaya

Sama seperti tata bahasa, penggunaan bahasa tubuh juga sangat penting dalam mencerminkan sikap anda yang sesungguhnya. Tapi jangan sampai bahasa tubuh tersebut malah menunjukkan sifat buruk yang anda miliki.

Penggunaan bahasa tubuh sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Manusia sebenarnya dapat mengetahui bagimana sifat seseorang hanya dari menilai perilakunya dan memperhatikan gerak-gerik mereka. Penggunaan bahasa tubuh juga sangat penting untuk diperhatikan.

Jangan sampai orang menilai kita buruk hanya karena kebiasaan penggunaan bahasa tubuh yang sebenarnya tanpa kita sadari sudah salah dilakukan.

Cara paling mudah untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang berbahaya ini adalah dengan mencari informasi mengenai bahasa tubuh yang buruk. Anda dapat mengetahui mana-mana saja bahasa tubuh yang sering anda lakukan, dan sebisa mungkin untuk berlatih menghindari penggunaan bahasa tubuh yang salah.

8. Memelihara sikap individualis

Jika anda adalah seorang yang individualis, maka poin ini sangat cocok untuk anda. Memelihara sikap individualis merupakan salah satu kebiasaan buruk yang berbahaya dan tidak baik dilakukan terutama dalam ruang lingkup pekerjaan.

Meskipun alasan anda bersikap sendiri-sendiri seperti ini adalah agar mudah berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Tetapi pada dasarnya manusia merupakan makluk sosial yang sebenarnya tidak mampu jika dipaksakan untuk hidup secara individual.

Hal yang mungkin terjadi, adalah ketika anda diberikan tugas yang membutuhkaan kerja sama tim didalamnya. Tentu saja alasan anda ingin sendiri agar mudah dalam berkonsentrasi sudah tidak lagi relevan. Karena kerja sama tim sebenarnya menuntut pribadi yang terbuka agar mudah dalam menyepakati strategi guna menyelesaikan pekerjaan terebut.

Selain itu, sikap individualis anda juga dapat membut diri anda dijauhi oleh orang-orang sekitar, membuat anda tidak nyaman dalam melakukan pekerjaan dikantor. Dan bukan tidak mungkin apabila atasan anda mulai mempertimbangkan untuk mengganti posisi anda dengan orang lain.

9. Memiliki kecanduan terhadap sosial media

Kebiasaan Buruk yang berbahaya

Menggunakan sosial media sebenarnya sangat wajar, terutama karena kita memang hidup di jaman teknologi yang sudah maju sangat pesat seperti sekarang ini. Akan tetapi hal itu menjadi sesuatu yang tidak lagi wajar, apabila penggunaanya tidak terkontrol dan diluar batas hingga memicu rasa kencanduan.

Kencanduan sosial media merupakan kebiasaan buruk yang berbahaya sekali. Hal ini akan menempatkan pekerjaan anda dalam bahaya besar karena bukan tidak mungkin anda akan mengesampingkan kewajiban perusahaan hanya untuk mendapatkan kesenangan dari sosial media anda.

Apabila anda anda menggunakan media sosial lebih dari 20 kali dalam 8 jam, maka sudah dapat dipastikan apabila kinerja anda dalam menyelesaikan tugas perusahaan akan terganggu oleh aktivitas membuka sosial media.

Baca : Dampak buruk Facebook dalam Berbagai Segi yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Bahkan, kecanduan sosial media juga dapat merugikan perusahaan. Karena bisa saja anda mengakses sosial media tersebut melalui komputer dan akses internet yang diberikan oleh perusahaan. Padahal sebenarnya perusahaan memberikan fasilitas tersebut untuk membantu menyelesaikan tugas pekerjaan, dan bukan untuk sarana memenuhi kesenangan karyawan.

Bijaksanalah dalam menggunakan sosial media, fokuslah akan pekerjaan yang harus anda selesaikan agar pekerjaan tersebut dapat terselesaikan sesuai dengan batas waktu yang diberikan oleh atasan. Usahakan agar pekerjaan anda tidak “diracuni” oleh hal-hal yang hanya bernampak buruk bagi kelangsungan karier.

10. Tidak memiliki tata krama

Manusia pada dasarnya ingin dihargi, maka dari itu mengethui tentang perbedaan antara yang baik dan yang buruk menjdi sangt penting untuk dilakukan.

Dalam hal ini, kebiasaan buruk seseorang yang dapat berbahaya bagi kelangsungan karier adalah perilakunya Karena tidak menunjukkan sopan santun dalam dunia pekerjaan, alias tidak memiliki tata krama.

Padahal kita semua tahu, bahwa sikap yang santun membuat orang lain senang, dan anda akan disenangi oleh siapapun dalam lingkungan apapun. Dalam dunia kerja, peran etika dan sopan satun ini sangat penting, karena hal tersebut akan berperan sebagai kunci dan panduan profesionalisme dalan bekerja.

Pada akhirnya selesai juga bahasan kita mengenai kebiasaan buruk yang berbahaya dan perlu dihindari apabila anda ingin karier berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Memiliki kebiasaan yang baik, akan membuat anda senantiasa disenangi oleh banyak orang bahkan atasan andapun akan ikut menyukai anda.

Apapun yang anda kerjakan nantinya akan membuahkan sesuatu yang baik pula bagi anda.

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares