Internet

Kecepatan Internet di RI Ada pada Kota Sorong dan Kupang

Pembangunan internet di Indonesia, khususnya pembangunan internet di wilayah timur mulai menunjukkan hasil positif karena baru-baru ini telah muncul sebuah penelitian bahwasanya internet tercepat di RI datang dari wilayah timur.

Penelitian tersebut datang dari OpenSignal. Dalam laporannya, dua kota dari wilayah timur berhasil mempecundangi kota-kota besar yang ada di wilayah RI, dan dua kota yang dimaksud adalah kota Sorong dan juga kota Kupang.

Baca juga: 10 Negara dengan Internet Terlemot di Dunia Tahun 2019, Indonesia Termasuk?

Kecepatan Internet di Sorong dan Kupang

Dilansir dari Telset, (16/3/2020), OpenSignal telah membuat dua kategori dalam penelitiannya. Dua kategori yang telah dibuat OpenSignal adalah kategori daftar kota dengan pengalaman kecepatan pengunduhan tertinggi dan daftar kota dengan pengalaman kecepatan pengunggahan tertinggi.

Untuk kategori daftar kota dengan pengalaman kecepatan pengunduhan tertinggi, kota Sorong berhasil keluar sebagai juaranya. Dalam laporan disebutkan bahwa kecepatan pengunduhan di sana mencapai 19,2 Mbps.

Adapun di urutan kedua, posisi masih ditempati kota dari wilayah timur lainnya, yaitu kota Ambon dengan kecepatan 17,9 Mbps. Selanjutnya di posisi ketiga, keempat, dan kelima ditempati oleh kota Jayapura, Tarakan, dan Palu.

Adapun untuk kategori kedua, yaitu daftar kota dengan pengalaman kecepatan pengunggahan tertinggi, posisi puncak berhasil ditempati oleh kota Kupang. Dalam laporan OpenSignal, kecepatan kota Kupang mencapai 8,3 Mbps.

Adapun untuk posisi kedua ditempati oleh Palangka Raya dengan kecepatan 7,1 Mbps. Adapun untuk posisi ketiga, keempat, dan kelima, ada nama kota Balikpapan, kota Denpasar, dan juga kota Banjarmasin.

Baca juga: Negara dengan Paket Data Internet Termurah di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Menurut pihak OpenSignal penelitian yang sudah mereka buat ini adalah sebuah bukti jika operator-operator seluler yang ada di Indonesia telah berhasil melakukan peningkatan secara substansial dari segi pengalaman kecepatan unduhan dan pengalaman kecepatan unggahan di seluruh kota yang ada di Indonesia.

Apa yang disampaikan oleh pihak OpenSignal ini bukan tanpa alasan karena pada tahun lalu, kecepatan unduhan di RI yang paling tinggi hanya sekitar 12 Mbps saja. Namun di tahun ini, kecepatan unduhan di RI mengalami peningkatan di angka 19,2 Mbps.

Selain kecepatan unduhan yang mengalami peningkatan, kecepatan unggahan pun juga mengalami peningkatan. Sebelumnya, kecepatan unggahan di RI hanya 5,9 Mbps saja, namun kali ini telah naik menjadi 8,3 Mbps. Penelitian OpenSignal sendiri mencakup 44 wilayah yang ada di Indonesia yang dilakukan sepanjang 1 November 2019 hingga 30 Januari 2020.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close