InternetReview ProdukTekno

Berkat Kecerdasan AI Chipset Kirin 970, Ponsel Ini Bisa Mengendarai Mobil

Kecerdasan AI Chipset Kirin 970 – Halo bagaimana kabar anda pembaca setia Klik Mania? Semoga selalu membuka website Klik Mania. Saya berharap anda selalu membaca artikel yang sudah dibuat oleh kontributor yang terus semangat membuat tulisan menarik.

Baik disini saya akan mengulas mengenai perkembangan teknlogi Artificial Intelligence (AI). Saat ini banyak digunakan pada perangkat-perangkat elektronik dan termasuk juga pada smartphone masa kini.

Kecanggihan teknologi dari masa ke masa terus berkembang semakin pesat. Perusahaan-perusahaan elektronik di dunia terus melakukan inovasi dan membuat suatu penemuan teknologi yang belum ada sebelumnya.

Saat ini berbagai vendor smartphone di dunia tengah sibuk-sibuknya membuat smartphone bisa mengendarai mobil sendiri. Emangnya sobat Klik Mania percaya ada ponsel yang bisa mengendalikan mobil?

Bagian belakang Mate 10 Pro via droidpoin.com

Ternyata perusahaan-perusahaan elektronik di dunia mengembangkan penemuan itu dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi ini akan membuat gadget bisa mengarahkan mobil ke kanan atau kiri, mengerem secara mendadak, hingga berhenti.

Lalu, apakah sobat klik mania tau apa itu Artificial intelligence? Kecerdasan buatan merupakah sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasaan layaknya manusia.

Akan tetapi, yang namanya teknologi pasti tidak sesempurna ciptaan Tuhan. Begitu pula dengan teknologi AI yang memiliki kekurangan seperti hanya bisa mengolah informasi yang ada pada sistemnya.

Nah, sampai saat ini sudah terdapat tiga vendor yang sudah membuat chip berbasis AI yaitu A11 milik Apple, Exynos 9819 milik Samsung dan Kirin 970 milik Huawei.

Loading...

Diantara produk AI tersebut teryata Huawei lah yang sudah berhasil membuktikan bahwa smartphonenya bisa mengendarai mobil secara otonom.

Ujicoba chipset Kirin 970 menggunakan Porche Panamera

Mobil Porche Panamera sebagai testing chipset Kirin 970

Penemuan ini diperkenalkan di Mobile World Congress (MWC) 2018 lalu. Terlebih dahulu dilakukan ujicoba dengan menggunakan mobil Porche Panamera yang sudah dilengkapi prosesor Mate 10 Pro.

Sementara itu smartphone yang digunakan ialah Huawei Mate 10 Pro yang masing-masingnya sudah dilengkapi chipset Kirin 970.

Dengan begitu sebuah perangkat android jika ditanamkan chipset Kirin 970 akan mampu menyalakan mobil dan mengendalikannya. Apakah anda percaya?

Membutuhkan waktu hanya 5 mingguan

Huawei Mate  10 Pro sedang mengendalikan Porche Panemera via merdeka.com

Dikutip dari merdeka.com, Huawei menguji coba penemuan terbarunya ini menggunakan smartphone Mate 10 pro yang sudah dirilis tahun lalu.

Dibalik itu semua penelitian yang dilakukan oleh perusahaan asal Negeri Tirai Bambu tersebut cuma membutuhkan waktu kurang lebih 5 minggu saja.

Setelah diteliti ternyata Huawei Mate 10 Pro ternyata bisa mengendalikan mobil Porsche Panamera.

Dengan memanfaatkan kamera ponsel dan teknologi pengenalan objek sehingga membuat ponsel flagship itu mampu mengenali tiap hambatan di jalan dan bermanuver di jalanan.

Lalu, bagaimana sih spesifikasi Huawei Mate 10 Pro sehingga bisa mengendarai mobil?

Spesifikasi lengkap Huawei Mate 10 Pro

Dual kamera buatan Leica yang sudah berbasi AI via droidpoin.com

Dikutip dari tekno.kompas.com , Huawei Mate 10 Pro ditenagai oleh prosesor Kirin 970 yang diklaim lebih baik dibandingkan prosesor buatan Qualcomn Snapdragon 835.

Smartphone dengan RAM 4 GB ini telah mendukung kecerdasan buatan AI dalam urusan peningkatan pemrosesan foto, pemindai wajah atau Face Unlock. Kemudian teknologi juga bekerja di Mate 10 Pro sebagai penjadwalan tugas serta beban saat membaca data.

Kesimpulan

Dengan adanya penemuan terbaru ini pastinya terdapat kekurangan dan kelebihannya. Adanya penemuan ini bisa Huawei telah membantu manusia agar tidak perlu menyetir mobil atau yang tidak bisa mengendarai mobil bisa menyetir sendiri.

Kelemahannya jika smartphonenya error, pastinya akan menyebabkan hal yang sangat fatal dengan mobil dan juga keselamatan penumpang akan terancam.



Loading...

Baca selengkapnya

Berbagi pengetahuan melalui sebuah tulisan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *