Internet

Keindahan Bawah laut Pulo Dua Sulawesi Tengah

Kabupaten banggai sulawesi tengah suguhkan keindahan bawah laut dan darat yang mempesona. Keindahan bawah laut pulo dua di kecamatan balantak, kabupaten banggal, sulawesi tengah, bisa menjadi pilihan Anda yang menyukai wisata air untuk menghabiskan libur akhir tahun.

Terumbu karang dan fauna laut yang masih asri bakal membuat Anda betah. Satu fauna endemik dari banggai yakni cardinal fish.

Keistemewaan ikan berpopulasi kecil ini bahkan telah dibukukan Dr Alejandro A Vagelli lewat judul ” The Banggai Cardinalfish: Natural history, Convervation and Culture of Pterapogon Kauderni” seharga USD 145 atau sekitar 1,5 juta.

Banggai kepulauan terdiri dari gugusan atau rangkaian pula-pulau berukuran sedang dan kecil sejumlah 121, lima diantaranya berukuran sedang, sisanya kecil-kecil, bahkan ada yang berwujud batu karang, mencuat ke permukaan.

Keindahan bawah laut pulo dua yang mengelilingi merajut tebaran pulau itu menjadi satu gugusan yang disebut banggai kepulauan. Luas hamparan laut diwilayah ini lima kali lipat dibandingkan luas daratannya.

Tak mudah memang menjangkau banggau kepulauan. Ada tiga alternatif yang bisa dipilih, itu pun membutuhkan waktu perjalanan yang cukup lama.

Rute pertama

Melalui rute jakarta- makassar-luwuk dan yang kedua menempuh rute jakarta-palu-luwuk. Rute kedua ini membutuhkan waktu lebih lama dari rute yang pertama.

Rute kedua

Berangkat dari bandara cengkareng jakarta ke bandara mutiara palu tanpa transit, kenudian dari palu menuju ibukota kabupaten banggai luwuk ditempuh melalui jalan darat (bus atau kendaraan carteran)

Pulau luwuk berjarak sekitar 350 kilometer atau harus ditempuh lewat jalur darat selama sekitar 16 jam. Selanjutnya dari luwuk ke pulau peling, salakan, ditempuh menggunakan KMP cakalang kurang lebih 6-8 jam.

Jika ditempuh dengan menggunakan kapal kayu, waktu tempuh menjadi 8-12 jam.  Perjalanan naik KM sinabung bisa ditempuh dari tanjung priok, jakarta, sepekan sekali menyinggahi banggai.

Keindahan Bawah laut Pulo Dua, Banggai Sulawesi tengah

 

Pulo Dua
Keindahan Bawah laut Pulo Dua via http://pulau2banggaisulteng.blogspot.com

Pulo Dua

Selain pulo dua, Kabupaten banggai juga memiliki wisata pantai di desa kampangar yang merupakan pintu akses yang terdekat dengan obyek wisata pulo dua balantak. Dari pantai yang masih natural dan memiliki keindahan bawah laut ini, pulo dua bisa dijangkau dalam waktu 10 sampai 15 menit.

Jangan lewatkan pula upacara adat tumpe di kecamatan batui. Upacara yang biasa digelar di minggu pertama bulan desember ini berupa penghantaran telur burung maleo. Upacara ini merupakan wujud syukur warga atas panen telur burung maleo.

Konon, burung yang dibawa dari jawa ini tak bisa hidup di banggai tapi ternyata bisa. Dan diyakini, orang banggai tak akan bisa mengkonsumsi telur burung ini tanpa melalui ritual adat tersebut.

Referensi lain : Surga Kecil, Pantai Pelang Di Kabupaten Trenggalek


Loading...
Baca selengkapnya

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close