Tekno

9 Kekurangan Smartphone Iphone X yang Tidak Setara dengan Harganya Sebagai Ponsel Termahal di Dunia

Kekurangan Smartphone Iphone X – Hello sobat Klik Mania semua. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah smartphone besutan vendor terkemuka yang tidak pernah menjual smartphone kelas rendah yaitu Apple.

Smartphone yang dibanderol setara dengan harga motor Naked Bike ini memang sukses mencuri perhatian banyak orang dengan konsep kemewahan yang menjadi prioritas mereka.

Meskipun disebut – sebut sebagai “Smartphone Apple Tercanggih” ini memang kelihatan sempurna, ternyata banyak sekali kelemahan yang menjadi bahan cacian para netizen.

Nah, berikut 9 kekurangan Smartphone Iphone X yang Bikin Rugi :

1. Harga smartphone Iphone X yang mahal

kekurangan Smartphone Iphone X
via ENGADGET

Jika kita berbicara masalah harga dari berbagai produk keluaran vendor Apple maka kita tidak akan menemukan harga yang terjangkau. Perusahaan raksasa ini memang memiliki fokus pada penjualan yang memperoleh keuntungan yang besar. Oleh karena itu, mereka tidak mengelurkan banyak produk setiap tahunnya.

Iphone X menjadi flagship untuk sektor smartphone dari perusahaan asal California yang memang patut diacungi jempol. Dengan membawa konsep smartphone mewah, berhasil menarik perhatian banyak orang dengan balutan kaca disekujur tubuhnya.

Tidak ketinggalan berbagai teknologi dan fitur terbaru seperti teknologi dual camera, face lock dan bezelles smartphone tentu saja menjadi poin – poin bintang yang tidak dimiliki oleh semua smartphone.

Perusahaan Apple hanya meluncurkan kelas luxury phone dalam dua pilihan. Perbedaan dari kedua versi tersebut hanya terletak pada selisih kapasitas penyimpanan memori internal saja.

Loading...

Smartphone Iphone X yang berkapasitas memori internal 64 GB dibanderol dibawah 20 jutaan, sedangkan yang ukuran 256 GB berharga di kisaran 30 jutaan.

Harga yang memang terbilang mahal untuk sebuah smartphone bikin orang – orang mengurungkan niatnya untuk membeli. Padahal setelah dibongkar isi dalam dari smartphone Iphone X hanya menggunakan mesin dapur pacu seharga lima jutaan saja.

BacaiPhone X, Smartphone Mahal dengan Biaya Pembuatan Rendah

Jika dilihat dari selisih harga modal pembuatan dan harga jual dipasaran tentu menjadikan kekurangan Smartphone Iphone X yang terkesan sangat mewah.

2. Menggunakan material kaca untuk backcase

kekurangan Smartphone Iphone X
via CNBC

Balutan material kaca yang berkualitas menyelimuti 90% fisik dari Iphone X tentu saja menambah kesan ‘mewah’ karena bagian depan yang full kaca menggunakan teknologi bezelles. Dan tidak ketinggalan bagian belakang juga terbuat dari material kaca yang shiny ketika terkena cahaya.

Mungkin poin plus penerapan material kaca untuk case Iphone X lebih terlihat mewah. Namun, material kaca akan lebih rentan rusak seperti pecah karena benturan atau terjatuh dari genggaman kita. Tidak hanya rentan pecah, material kaca smartphone Iphone X juga rentan tergores akibat gesekan benda tajam disekitar kita.

Dengan kata lain, anda harus memasang case tambahan dan tempered glass untuk melindungi smartphone ini jika tidak ingin mengambil resiko. Hal ini menjadikan alasan sebagai kekurangan Smartphone iPhone X.

Memang perusahaan asal California ini menjamin kualitas material kaca yang mereka gunakan. Akan tetapi, anda harus menjadi ekstra waspada karena smartphone seharga 20 jutaan ini bisa saja terjatuh dan terpecah berkeping – keping.

3. Teknologi Face ID sebagai prioritas keamanan user

kekurangan Smartphone Iphone X
via Apple

Teknologi Face ID sebenarnya bukanlah sebuah teknologi baru untuk sebuah smartphone. Pada awalnya pihak Apple ingin menyematkan teknologi finger print dibalik layar sentuh smartphone Iphone X.

Namun, vendor Apple tampaknya lebih memilih menggunakan Face ID sebagai pengganti teknologi fingerprint yang banyak digunakan oleh smartphone saat ini.

Teknologi Face ID yang dijadikan sebagai prioritas keamanan utama Iphone X menjadikan muka penggunanya sebagai kunci untuk membuka smartphone. Akan tetapi, pemilihan sensor wajah untuk membuka smartphone ini terbilang tidak efektif untuk digunakan secara harian.

Hal ini diungkap berdasarkan beberapa pengalaman para penggemar smartphone yang telah mencoba smartphone Iphone X secara langsung. Smartphone memang tidak akan bisa diakses oleh orang lain karena ponsel cerdas ini hanya bisa dibuka oleh penggunannya saja.

Pada dasarnya hal ini memang sangat menguntungkan karena jaminan keamanan lebih maksimal. Akan tetapi, anda akan kerepotan jika membutuhkan orang lain untuk membukanya apabila lupa membawanya. Inilah alasan kekurangan Smartphone iPhone X yang dinilai terlalu ribet.

Meskipun vendor Apple mengklaim bahwa teknologi Face ID berasal dari teknologi masa depan, teknologi pengenal wajah dari Apple ini terkadang juga mengalami masalah dikarenakan terkena air atau bahkan terlalu sering beroperasi.

Dengan kata lain, anda harus mencoba mengulang membuka kuncinya dengan menekan tombol kembali. Ini menjadi salah satu dari beberapa kekurangan Iphone X.

4. Smartphone Iphone pertama tanpa Home Button

kekurangan Smartphone Iphone X
via mobile syrup

Sejak pertama kali Iphone X diperkenalkan didunia, orang – orang sudah mengenal smartphone besutan Apple dengan ciri khas Home Button dibagian bawah.

Namun, vendor Apple tampaknya ingin mengimbangi vendor saingannya yaitu Samsung galaxy S8 series sebagai flagship terbaru dari perusahaan asal Korea Selatan yang membawa teknologi bezelless yang minim bezel untuk layar sentuhnya.

Iphone X yang fokus kepada ‘Smartphone Premium’ ini juga hadir tanpa bezel untuk layar sentuhnya. Meskipun demikian, tombol home yang menjadi ciri khas smartphone Iphone harus dihilangkan.

Dengan kata lain, teknologi Touch ID untuk membuka Iphone X pun harus digantikan dengan hadirnya Face ID karena tidak ada Home Button. Untuk ukuran 5.8” yang lebar untuk sebuah smartphone, teknologi minim bezel in tidak menyisakan tempat untuk Home Button.

Nah, untuk menggantikan fungsi tombol home, pengguna hanya perlu menyentuh layar untuk membangunkan iPhone X. Sementara untuk kembali ke layar home, pengguna harus menyapukan jari dari bagian bawah layar keatas layar.

5. Masih banyak kekurangan smartphone iPhone X dari segi spesifikasi

kekurangan Smartphone Iphone X
via CNET

Mungkin pepatah “Harga tidak akan membohongi Kualitas” tidak sepenuhnya berlaku untuk sebuah ponsel flagship besutan Apple. Iphone X terlihat glamour saat digenggam ternyata masih memiliki banyak kekurangan dalam segi spesifikasi yang dibawanya.

Bayangkan saja body Iphone X yang hampir 90% fisiknya diselimuti kaca ini sama sekali tidak dilengkapi dengan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass menjadi kekurangan Smartphone iPhone X.

Akan tetapi, pihak mereka mengklaim menggunakan kaca yang berkualitas yang tahan terhadap goresan dan benturan benda luar. Tentu saja penggunaan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass akan semakin menjanjikan untuk para penggunanya.

Tidak ada slot microSD

Tampaknya perusahaan asal California ini kembali mengulang sebuah kelemahan besar mereka yaitu tidak menyediakan slot microSD untuk ponsel mereka. Smartphone yang termasuk kedalam daftar lima smartphone termahal didunia ini sama sekali tidak dilengkapi dengan ruang pendukung slot microSD.

Memang kapasitas memori internal dari smartphone tersebut terbilang besar yang terdiri atas dua pilihan yaitu berkapasitas 64 GB dan 256 GB. Akan tetapi, kebanyakan aplikasi dan game saat ini selalu mendapatkan update yang otomatis menambah kebutuhan kapasitas dari sebuah smartphone.

Ditambah dengan gaya hidup masyarakat saat ini yang hobi menyimpan banyak lagu, berfoto dan membuat video. Tentu saja akan kerepotan jika kapasitas memori internal smartphone penuh dan tidak ada slot untuk kartu memori microSD.

Tipe Non – removable

Smartphone Iphone X juga mengikuti perkembangan jaman yang menggunakan bateri bertipe Non – removable atau biasa kita sebut baterai tanam. Mungkin ini bukanlah sebuah kekurangan Smartphone Iphone X yang utama. Karena kebanyakan smartphone terbaru sekarang juga mengadopsi teknologi tersebut.

Alasan dipilihnya baterai jenis Non – removable adalah lebih memiliki daya tahan yang lama dibandingkan jenis removable battery.

Akan tetapi, menurut review para penggemar smartphone menunjukkan bahwa smartphone Iphone X cenderung lebih mudah panas dan terkadang menyebabkan lag. Tentu saja sang pengguna tidak dapat melakukan apapun jika terjadi lag karena baterainya tidak dapat dicabut.

6. Kamera depan yang belum dilengkapi dengan LED Flash

kekurangan Smartphone Iphone X
via iMore

Tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai smartphone besutan perusahaan Apple memiliki keunggulan untuk sektor kamera yang dibawanya.

Hasil potret dari kamera belakang smartphone Iphone 4 disebut – sebut sebagai hasil foto terbaik menggunakan sebuah smartphone pada masa kejayaannya. Ditambah lagi mode penerangan untuk kamera seperti Tone Flash.

Sebelumnya mari kita lihat dahulu poin plus dalam sektor kamera-nya.

Kamera belakang Iphone X membawa teknologi dual camera yang masing – masing beresolusi 12 MP. Tentu saja hasil potret dari kamera tersebut akan bokeh layaknya menggunakan sebuah kamera DSLR. Dan bahkan hasil rekaman video berkualitas HD dengan resolusi hingga 2160p yang sangat tajam.

Tetapi pihak Apple hanya membekali kamera belakang smartphone Iphone X dengan resolusi 7 MP yang memang dirasa tidak pantas untuk sebuah smartphone berkelas “high – end smartphone”.

Meskipun kamera depan beresolusi 7 MP saja, pihak Apple tidak tanggung – tanggung memberikan sample foto selfie yang tajam dengan background blur. Namun menurut review kebanyakan Youtuber Gadget menunjukkan hasil foto selfie dengan Iphone X tidak sepenuhnya seperti sample foto pada iklan.

Tidak hanya kamera depan dengan resolusi yang rendah saja, bahkan kamera pun tidak didukung oleh LED Flash. Dengan begitu anda tidak akan bisa menghasilkan foto selfie yang bagus pada daerah yang minim meskipun kamera depan telah mengadopsi teknologi low light.

7. Hilangnya tombol home sebagai kontrol navigasi

kekurangan Smartphone Iphone X
via Apple

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa Smartphone Iphone X yang berukuran 5.8” hadir dengan konsep tanpa bezel. Oleh sebab itu, iPhone X menjadi smartphone Iphone pertama yang meluncur tanpa tombol home yang merupakan ciri khas dari Apple.

Pada dasarnya tombol home yang diterapkan untuk smartphone Iphone terdahulu diletakkan pada bezel bawah. Dengan penerapan konsep smartphone bezelles maka tidak memungkinkan adanya sebuah tombol home.

Sebagai poin plus dari kebijakan Apple adalah menambah kesan smartphone yang glamour karena hanya dipenuhi oleh layar sentuh yang lebar.

Namun, banyak juga orang yang menjadi kesulitan untuk mengontrol iPhone X karena fungsi utama dari sebuah tombol home adalah sebagai navigasi.

Pengguna tidak dapat lagi menikmati sensor sidik jari Touch ID untuk membuka atau login kedalam smartphone yang terkenal memudahkan pengguna. Dimana sensor Touch ID disematkan pada tombol home dari smartphone Iphone sebelumnya.

Pengguna mungkin akan sedikit kerepotan karena untuk mengganti peran tombol home harus menyentuh layar untuk mengaktifkan sensor Face ID. Selain itu, ketika pengguna ingin kembali ke layar utama dari sebuah aplikasi maka harus menyapukan jari dari bagian bawah layar hingga keatas.

8. Spesifikasi yang hampir serupa dengan Iphone 8

kekurangan Smartphone Iphone X
via The Verge

Alasan kekurangan Smartphone iPhone X selanjutnya adalah spesifikasi dapur pacu jenis smartphone flagship termahal ini hampir serupa dengan iPhone 8.

Berdasarkan spesfikasi kedua smartphone besutan Apple ini membawa dapur pacu yang sama. Perbedaan spesifikasi hanya terletak pada desain dan kamera yang diusungnya.

Desain smartphone iPhone X tampil lebih modern dengan konsep yang mengadopsi teknologi bezelles alias layar sentuh tanpa bezel sedikitpun. Sedangkan Iphone 8 meluncur dengan desain khas Iphone terdahulu.

Selain pada desain, kedua smartphone ini hanya memiliki perbedaan dalam sektor kamera yang diusungnya. Dimana iPhone X telah dibekali dengan dual camera pada kamera belakang yang beresolusi 12 MP dengan quad LED tone Flash.

Sedangkan Iphone 8 hanya membawa kamera tunggal untuk kamera belakang beresolusi 12 MP quad LED tone Flash. Sementara itu, untuk kamera depan membawa kamera dengan resolusi yang sama yaitu 7 MP.

Secara garis besar spesifikasi kedua smartphone ini tergolong sama, dimana kedua ponsel besutan Apple ini dapat merekam video beresolusi 4K dengan 60 fps. Dan pilihan kapasitas memori internal juga sama dengan iPhone 8 yang maksimal-nya adalah 256 GB.

Ditambah lagi dengan chipset yang diusung oleh keduanya, yaitu A11 Bionic andalan Apple Iphone X yang juga dibawa oleh Iphone 8 dan smartphone Iphone 8 Plus.

9. Kapasitas baterai yang kecil untuk Flagship Smartphone

kekurangan Smartphone Iphone X
via Apple

iPhone X yang dibanderol hingga 20 jutaan ini hanya membawa baterai berjenis Non – removable li – Ion dengan kapasitas 2716 mAh. Banyak netizen yang kecewa dengan kapasitas smartphone kelas flagship ini.

Kebanyakan aplikasi dan game sekarang lebih boros daya dan dapat menyebabkan panas pada baterai menjadikan kekurangan Smartphone iPhone X pada sisi baterai.

Kebanyakan smartphone flagship saingan Apple seperti Samsung, Xiaomi, HTC dan Meizu hadir dengan baterai diatas kapasitas 3000 mAh. Pihak Apple sendiri mengklaim bahwa mereka ingin kesan mewah untuk smartphone Iphone X agar lebih kental.



Loading...

Baca selengkapnya

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *