Blogging

10 Kelebihan Blog Niche dibandingkan Blog Multi Niche

Apa itu blog niche dan apa saja kelebihan blog niche? – Mungkin Anda seorang blogger sudah paham mengenai niche blog dan juga multi niche blog? Perbedaan niche blog (blog satu tema;blog khusus;blog satu topik) adalah blog yang memiliki 1 jenis materi pembahasan secara menyeluruh.

Misalnya membahas tentang Android maka semuanya akan membahas tentang Android juga. Apabila blog multi niche atau blog gado-gado adalah blog yang memiliki banyak tema pembahasan didalamnya. Misalnya membahas tentang teknologi, mobil, kesehatan, pendidikan, ekonomi, internet, blogging, forex, bisnis online, tutorial kecantikan, kewanitaan, dan masih banyak lagi. Jadi 1 blog berisikan banyak sekali tema didalamnya.

Alasan seseorang membuat blog niche dan blog gado-gado atau multi niche selalu berbeda-beda. Mereka memiliki tujuan masing-masing dalam pembuatannya, sehingga mereka dapat mengelola sesuai dengan keinginan dan pengetahuan yang dimilikinya.

Namun dari kebanyakan alasan seseorang membuat blog multi niche ialah agar mereka dapat membuat berbagai jenis artikel tanpa kesulitan dalam mendapatkan ide. Sehingga bila terlintas ide dipikirannya, maka langsung ditulis dan terciptalah sebuah artikel, mereka lebih produktif daripada para blogger yang memiliki blog 1 jenis tema saja.

Kelebihan dan dari masing-masing niche

Kelebihan Blog Niche
Road street sign way via https://www.pexels.com

Sebenarnya ada kelebihan dan juga kekurangan dari masing-masing jenis blog tersebut, diantaranya ialah dari segi earning / penghasilan yang dibuat, apabila blog itu memiliki pengunjung setia dan trafik banyak, maka penghasilan pun akan semakin menanjak setiap waktunya. Jadi kembali lagi kepada sesuatu yang berasal dari blog itu sendiri.

Apabila blog bagus dan berisi informasi bermanfaat dan dicari pengunjung serta tidak mengecewakan, maka penghasilan pun akan banyak, namun beda dengan blog yang amburadul, baik itu jenisnya blog niche ataupun blog multi niche, tetap saja gak akan memberikan keuntungan bila isinya mengecewakan pengunjung yang datang ke blognya.

Menentukan tema blog

Jika ingin membuat blog, tentukan blog seperti apa yang ingin kalian buat, tema apa yang akan dipilih, tapi disarankan sesuai dengan pengetahuan serta pengalaman Anda juga. jika ingin membuat blog gado-gado maka pilihlah berbagai tema yang tidak asing bagi kalian.

Jangan dipaksakan untuk tetap bersikukuh membuat blog yang tidak paham tentang temanya sama sekali, seperti membuat blog dengan penargetan CPC tinggi, karena mereka anggap dengan itu penghasilan akan melimpah. Namun bila tidak bisa membuat artikel yang selalu update secara dinamis, maka kalian akan menjadikan blog tersebut nganggur dan tak terurus lagi kedepannya.

Loading...

Jadi setelah kalian menemukan ide tentang apa saja untuk dijadikan tema blognya, selanjutnya adalah merawat blog tersebut dan mengisinya dengan artikel secara konsisten. Buatlah artikel menarik sehingga tidak mengecewakan pengunjung yang datang ke blog Anda.

Ya setidaknya harus bisa memuaskan mereka gitu. Jadikan motto “kepuasan pengunjung merupakan kebahagiaan kami” menjadi motto yang melekat dihati sanubari kalian. Jika ini sudah benar-benar dipahami, maka kalian akan selalu membuat artikel dengan konten berkualitas tinggi, unik, menarik serta dahsyat.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sedikit gambaran, tips dan informasi kepada kalian mengenai kelebihan blog niche, semoga membuat kalian lebih paham seperti apa kelebihan blog niche itu sendiri. Jika saat ini Anda bingung memilih blog niche atau blog gado-gado, maka beberapa pembahasan dibawah ini bisa sedikit mengurangi kebimbangan diri Anda.

Untuk mengetahui tentang 10 kelebihan blog niche dibandingkan Blog gado-gado, silakan simak saja pembahasan dibawah ini ya…

Kelebihan Blog Niche

Kelebihan Blog Niche
Target market via https://www.linkedin.com

Ini adalah beberapa gambaran tentang kelebihan blog niche dibandingkan dengan blog gado-gado secara umum, jadi ini merupakan beberapa hal yang sering dialami oleh para blogger. Beberapa hal ini mungkin tidak sesuai untuk blog Anda, atau blog Anda itu khusus dan tidak sama dengan lainnya. Silakan langsung saja simak pembahasannya dibawah ini ya…

1. Memiliki pengunjung royal

Kelebihan blog niche yang pertama adalah memiliki tipe pengunjung yang royal atau setia dibandingkan dengan tipe pengunjung lainnya, karena berbasis minat atau hobi dan kebutuhan dari seseorang yang selalu memiliki solusinya di blog tersebut.

Saat seseorang memiliki masalah dalam dirinya terkait apa yang menjadi hobinya, maka ia akan ingat blog itu dan akan mencari informasi terkait solusinya untuk memecahkan masalah disana. Mereka akan selalu mengingat ingat blognya atau membookmark-nya agar bisa datang lagi dan berkunjung lagi kedepannya.

Misal ada seseorang memiliki hobi untuk memelihara berbagai jenis burung, burung apa saja disukai terlebih yang bisa berkicau dengan indah dan merdu. Lalu tiba-tiba burungnya hari ini tidak mau berkicau dan kelihatan lesu. Untuk mengetahui apakah dia sakit atau tidak maka ia bisa mengunjungi blog yang memiliki tema tentang burung dan perawatannya.

Kelebihan Blog Niche
Colourful birds Via https://www.pexels.com

Lalu jika dia tertarik dengan berbagai artikel yang disajikan di blognya, maka ia juga akan selalu mengingat alamat blog tersebut. Jadi apabila dilain waktu ia memiliki masalah lain, maka ia bisa mengunjungi blog tersebut untuk memenuhi masalahnya. Sehingga ia terus menerus membutuhkan blog tersebut dan jadi pengunjung royal.

Ya itulah kelebihan blog niche, yaitu mampu membuat pengunjung selalu membutuhkan blog Anda dan lama kelamaan menjadi pengunjung setia blog Anda. Jadi apabila ada banyak pengunjung setia yang sama memiliki minat dengan pengunjung blog Anda, maka hal itu akan menjadikan keuntungan tersendiri. Salah satunya ialah adanya blog selalu ramai, aktif, dan banyak penjualan yang memiliki konversi lebih tinggi.

Misal Anda sambil jualan pakan burung, obat-obatan yang diberikan kepada burung saat sakit, suplemen untuk meningkatkan suara kicauan burung agar lebih merdu dan cetar membahana saat berkicau. Karena si pengunjung memang butuh secara naluri bukan karena paksaan atau karena ketertarikan karena hal lainnya seperti dari iklan itu sendiri, maka pengunjung pun akan sekali ingin membelinya.

Berikan layanan terbaik

Nahh… dari sinilah Anda harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengunjungnya, agar ia juga tidak merasa rugi untuk menjadi pengunjung setia blog Anda. Karena blog ini lebih berpotensi menguntungkan dibandingkan blog gado-gado yang sulit mendapatkan pengunjung setia, maka kalian harus bisa memaksimalkan potensi ini. Jangan sampai disia-siakan begitu saja.

Dari pengalaman saya, untuk mendapatkan pengunjung setia itu butuh proses dan waktu yang gak sebentar. Jadi manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya apabila kalian memang sudah punya pengunjung setia, karena itu adalah aset dari blog itu tersendiri yang wajib di jaga.

2. Tingkat penjualan tinggi

Selanjutnya adalah dengan memiliki blog satu tema akan memiliki manfaat terhadap konversi penjualan produk seperti yang telah saya bahas sebelumnya di poin pertama diatas. Kelebihan blog niche dalam segi penjualan memang besar apabila produk yang terkait juga memiliki tingkat relevansi tinggi.

Ya bagaimanapun segala sesuatu itu datang dari ketertarikan pada awalnya, jika dia memang menemukan penjelasan bahwa produk itu memang berkualitas, maka itu akan terjadi penjualan. Nah semakin banyak penjualan terjadi, maka kalian semakin untung. Jadi blog itu bukan soal adsense saja sebagai alat untuk mencari uang, tapi menjual produk sendiri juga penting.

Kelebihan Blog Niche
wedding grooms via https://pixabay.com

Kelebihan blog niche memang tidak bisa kalian pungkiri lagi hasilnya nantinya, yang kalian dapatkan juga akan begitu banyak. Sekarang banyak orang yang berjualan produk sendiri dari blog dan hasilnya juga lebih mantap daripada yang lainnya.

Keuntungan lain dibidang marketing

Misalnya punya bakat dalam segi marketing, karena Anda adalah lulusan sarjana marketing manajemen diluar negeri, dan Anda pun sekarang jadi marketing manager di perusahaan ternama. Anda juga memiliki beberapa prestasi dan penghargaan dari itu semua.

Dari sinilah Anda bisa membuat blog yang berhubungan dengan dunia marketing. Dan Anda membahasnya secara detail dan lengkap disertai beberapa analisis data yang mudah dipahami oleh newbie.

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari ilmu yang kalian miliki dengan berbagai cara misalnya membuat ebook tentang materi cara internet marketing yang dahsyat, cara pemasaran yang pasti laku, langkah mudah belajar Internet marketing, atau gunakan berbagai jenis sumber penghasilan lainnya seperti mengelola pengajaran bisnis online. Jadi buat blog tetapi ada aktivitas member.

Jadi mereka bisa masuk ke blog Anda apabila mereka pernah mendaftar sebagai member. Cara ini juga banyak yang sudah menerapkannya seperti edu bisnis atau seperti strategi manejemen yang menjual berbagai ebook lewat internet sehingga ia sudah bisa menghasilkan milyaran dari blognya dan masih banyak blog lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Ini sangat berbeda dengan blog multi niche alias gado-gado yang mana akan sangat sulit untuk mendapatkan penjualan dari produk yang ditawarkan. penyebabnya karena faktor nomor 1 diatas tadi, yaitu tidak ada pengunjung setia yang datang berdasarkan minat atau hobi.

Mereka datang juga karena satu artikel itu saja, selebihnya tidak terjadi apa-apa disana. Jadi kalau Anda dari awal ingin menjadikan blog sebagai salah satu alat penjualan produk atau produk reseller, maka buatlah blog dengan niche yang sama, dengan begitu akan lebih cepat terjadi konversi penjualan.

3. Banyak orang ingin beriklan

Salah satu kelebihan blog niche adalah mampu dengan cepat menarik perhatian para pengiklan. Ya ini tentu masih ada hubungannya dengan nomor satu dan dua diatas. Karena para advertiser bisa melihat peluang jauh lebih banyak lagi untuk bisa beriklan di blog tersebut.

Mereka juga yakin akan ada keuntungan penjualan produk tersebut dibandingkan dengan biaya untuk beriklan. Mereka lebih memilih blog sebagai tempat promosi daripada menggunakan periklanan jenis lainnya seperti FB ads, adword, dan lainnya karena didalam blog terjadi penjualan lebih banyak. Ya mereka tentu punya alasan lain mengapa mereka lebih memilih beriklan di blog dari pada beriklan di tempat lain.

Kelebihan Blog Niche

Jika banyak orang ingin memasang Banner di blog Anda, maka jangan dikasih murah. Beri harga yang pantas untuk trafik blog. Misal pengunjung blog Anda 10.000-25000 pengunjung per harinya, maka harga 500.000 perbaner setiap bulan sudah lumayan hasilnya.

Tapi kalau Anda ingin mendapatkan lebih, harga 1 juta lebih pun gak apa-apa asalkan pihak pengiklan juga setuju. Biasanya sih kalo saya liat kebanyakan blog yang menyediakan slot untuk seseorang pemasang baner, harganya antara 300.000 hingga 500.000 rupiah per slot di sidebar. Kalau di artikel harganya antara 400.000 hingga 1.200.000 didalam artikel dengan trafik harian seperti di atas. Kalian bisa menentukan sendiri sesuai dengan harga yang patut dan wajar.

Popularitas blog

Kita tahu bahwa kelebihan blog niche menang soal harga apabila trafik dan kualitas blog juga memadai. Karena para advertiser juga pandai-pandai memilih blog untuk pemasangan iklannya agar mereka tidak rugi. Kriteria yang sering diajukan adalah jumlah index google, Trafik blog, Alexa rank, PA/DA, umur blog, popularitas, tampilan blog, dan masih banyak lagi yang mereka jadikan kriteria pemilihan blog.

Kelebihan blog niche merupakan salah satu dari sekian banyak alat penjaring minat seorang advertiser untuk mau mengiklankan produknya di blog milik kita.

Mulai sekarang kalau blog niche punya kalian ingin menghasilkan uang yang lebih banyak lagi dari iklan, maka naikkan trafik, kualitas blog, dan popularitas. Kalo nantinya semakin banyak dari mereka (advertiser) yang ingin mengiklankan produk di blog Anda, maka kalian boleh melakukan lelang seperti halnya Google AdWords. Agar hanya mereka yang berani membayar mahal saja yang ditampilkan iklannya di blog kalian.

Ini akan lebih menguntungkan bukan?. Namun apabila blog kalian belum memiliki para advertiser langganan, maka blog Anda belum memenuhi kriteria di atas, terutama tingkat popularitasnya.

4. Lebih banyak dapat Page View

Kelebihan blog niche yang keempat ialah dapat meningkatkan Page View blog itu sendiri. Hal ini karena minat pengunjung untuk mencari tahu mengenai artikel yang berkaitan dengan artikel tersebut besar. Jadi Kalian perlu membuat related post di bawah artikel agar mereka bisa mencari artikel lain yang sesuai dan ada hubungannya dengan artikel yang sedang kalian baca.

Kelebihan Blog Niche

 

Ini akan meningkatkan Page View sehingga penghasilan iklan seperti iklan CPM atau iklan CPC juga bisa lebih maksimal. Karena apabila judul artikel yang kalian buat unik, artikel berkaitan erat dan saling melengkapi, serta navigasinya jelas, maka PV akan cepat naik.

Sebagai referensi

Misalnya kalian punya blog tentang tekno, kalian memiliki artikel yang berjudul “daftar laptop murah dibawah 2 juta”, lalu ada artikel yang berkaitan dibawah artikel tersebut yang judulnya “rekomendasi laptop murah terbaik”. Maka pengunjung pun ingin tahu lebih lanjut mengenai apa sajakah laptop laptop yang murah.

Mereka juga butuh referensi banyak sebelum memutuskan untuk membeli laptop. Hal ini tentunya karena mereka tidak ingin kecewa nantinya saat telah membeli laptop tersebut. Uang mereka yang pas-pasan agar bisa dapat laptop yang handal, mereka jadi buka dari satu halaman artikel ke artikel lain yang terkait dengan artikel yang sedang dibaca.

Tentunya dalam memang related post juga harus pas, ya 5 sampai 7 sudah cukup. Jangan terlalu banyak, karena akan mengganggu tampilan juga nantinya.

Selain bisa mendapatkan lebih banyak Page View, ini juga ada hubungannya dengan mendapatkan lebih sedikit bounce rate-nya. Ya bounce ratenya ya setidaknya tidak mencapai 70-80%. Dibawah 50% itu sudah dikatagorikan bounce rate yang bagus . Karena bounce ini juga menjadi suatu ukuran tentang seberapa tingkat kepuasan pengunjung terhadap artikel yang sedang dibacanya. Jika semakin cepat pengunjung meninggalkan blog, maka itu menandakan mereka kurang puas dengan artikel blog Anda. Sebaliknya kalo kalian selalu mendapatkan bounce rate Kecil, artinya pengunjung betah berlama-lama di blog Anda. Hal ini salah satunya juga disebabkan karena antara artikel yang satu dengan yang lainnya saing berkaitan, sehingga mereka membaca lebih banyak artikel, sehingga tidak cepat keluar blog.

5. CPC iklan lebih tinggi

Kelebihan blog niche juga mampu meningkatkan CPC atau BPK dari iklan adsense. CPC atau BPK ini merupakan biaya perklik yang ditawarkan oleh adsense dan advertiser sendiri, dan mahal tidaknya harga iklan ditentukan oleh banyak hal.

Jika memiliki blog yang di monetisasi dengan adsense, maka pilihlah blog niche jangan blog gado-gado agar penghasilan lebih besar. Apabila blog itu memiliki 1 topik iklan juga akan terpusat pada topik itu sendiri, sehingga CPC iklan adsense blog akan lebih tinggi dibandingkan dengan blog multi niche.

Memang tidak dijelaskan langsung oleh pihak Google Adsense, tapi saya juga pernah bertanya kepada Mba Christyla Sujudi dari Indonesia yang bekerja sebagai tim adsense dulunya. Namun sekarang dia telah pindah tugas lagi, dulu kalo saya bertanya masalah adsense pasti akan dijawab dengan detail, tapi sekarang gak tahu lagi siapa penggantinya.

Iklan yang relevan

Ini harus melihat faktor dari topik blog, jumlah visitor, lokasi visitor, dan minat visitor. Apabila kita memiliki blog yang memiliki topik mahal seperti hosting, domain, keuangan, forex dan sebagainya asalkan iklan relevan dengan topik, maka bisa jadi CPC nya gede.

Kelebihan Blog Niche
Increase your adsense cpc rates via http://technicdesk.com

Karena apabila mereka (pengunjung blog) klik iklan dan mereka semakin lama berada pada website si pengiklan apalagi sampai mendaftar, membeli produk, dsb. maka bisa menjadikan nilai CPC nya gede, tentu saja karena kliknya menguntungkan si pengiklan.

Selain klik iklan yang berasal dari visitor luar negeri, seperti Amerika, Jerman, Kanada, dan Arab memiliki nilai CPC yang lebih besar lagi dibandingkan dengan CPC Indonesia. Perbandingannya pun jauh, kalau dinegara mereka satu klik bisa menghasilkan 25.000, kalau di Indonesia palingan cuma 250. Seperseratus dari klik luar negeri. Jadi kita butuh 100 kali lebih banyak klik untuk menyamai penghasilannya. Sadis banget bukan?

Jenis penargetan iklan

Kelebihan blog niche memang relatif sih, saya pernah menempatkan iklan di blog bertema MOTO GP hasilnya malahan down banget. Padahal artikelnya sudah 3000an, pengunjungnya juga sudah melimpah ruah tapi CPC nya dan minat pengunjung untuk ngeklik iklan itulah yang amat sangat kecil.

Mungkin memang walaupun blog tersebut memiliki tema 1 topik, tapi karena penargetan iklan yang kecil oleh pihak advertiser, jadinya CPC yang dihasilkan juga memiliki jumlah yang kecil pula. Saya juga pernah bertanya kepada seseorang yang memiliki blog topik trading forex, katanya CPC nya paling gede diantara blog miliknya yang lain.

Satu klik hampir $1 semua. Walaupun di Indonesia, memang kebanyakan pengiklan / advertiser forex masih dari luar negeri, jadi mereka berani membayar mahal.

Apabila blog kalian ingin menghasilkan CPC maksimal saran saya buatlah artikel bertema keuangan, hosting, domain, kesehatan, forex, pengacara lalu buatlah artikelnya dalam bahasa Inggris dan memiliki 1 topik saja. Sehingga blognya bisa Go Internasional dan dibaca pula oleh kebanyakan orang dari luar negeri.

Visitor yang datang ke blog Anda berasal dari negara dengan CPC yang mahal seperti Amerika, maka penghasilan pun akan cepat berlimpah. Namun perlu melihat kemampuan dari diri Anda sendiri terhadap bahasa dan topik blog yang akan dibahas.

Apabila tidak menguasai, ya selain sambil belajar bahasa Inggris tersebut, buatlah artikel untuk blog konten Indonesia dulu. Kalo trafiknya melimpah hasilnya juga akan melimpah kok, semua ditentukan oleh kerja keras.

6. CTR iklan lebih tinggi

Selain membuat CPC adsense lebih tinggi, kelebihan blog niche dapat meningkatkan CTR blog itu juga loh… CTR atau RKT laman merupakan tingginya tingkat klik adsense di blog kita. Jadi apabila persen iklan semakin tinggi, maka penghasilan iklan yang didapat juga semakin tinggi.

Namun faktor lokasi penempatan di tempat yang strategis dan mudah dilihat oleh pengunjung adalah faktor yang mempengaruhi juga. Jadi apabila blognya memiliki topik yang relevan dengan iklan dan berada pada posisi yang strategis untuk terjadinya klik seperti diakhir artikel, maka akan meningkatkan CTR blog Anda.

Selain itu menarik atau tidaknya iklan juga berpengaruh terhadap tingginya CTR, jadi pihak dari advertiser sendiri menampilkan iklan yang menarik dan unik juga perlu dioptimalkan. Karena pada dasarnya mereka para advertiser juga ingin agar blognya memiliki banyak klik sehingga tingkat penjualan blog mereka juga tinggi nantinya. Terkadang para advertiser menyewa para desainer untuk membuat iklan yang dapat memikat hati yang melihatnya. Mulai dari kata-katanya atau dari gambar yang ada.

Kelebihan blog niche yang satu ini memberikan efek kepuasan bagi para pengiklan, tentunya apabila kalian semua menggunakan jasa iklan mandiri, tapi kalau menggunakan iklan yang berasal dari Google Adsense, tentunya keuntungan tersendiri.

Jika ingin menargetkan blog Anda agar lebih banyak klik terhadap iklan, maka langkah awal yang harus kalian ketahui adalah memilih tema yang bagus dan spesifik.

Namun tidak semua niche bisa masuk, terutama niche yang didalamnya ada pemberitahuan informasi terhadap penjualan. Jadi blog membahas tentang gadget, fashion, komputer itu memiliki tingkat CTR tinggi, soalnya disana akan sering muncul iklan yang menawarkan produk yang relevan, sehingga pengunjung otomatis akan mengklik iklan.

7. Bisa membangun komunitas

Kelebihan Blog Niche
Community via https://www.pexels.com

Kelebihan blog niche mampu membangun suatu komunitas, tentunya berawal dari hobi atau minat seseorang. Misalnya kalau Anda suka dengan segala sesuatu yang bersifat organik, maka bisa membangun komunitas pecinta organik.

Atau kalian suka akan bunga maka bisa membuat komunitas pecinta bunga, kalau kalian suka mendaki gunung bisa membuat komunitas pendaki gunung. Kalian bisa membangun suatu komunitas tersebut dengan menyatukan orang-orang yang sama memiliki minat dengan Anda.

Inilah kelebihan blog niche dalam bidang hobi/minat, bisa memanfaatkan dan menjadikan blog terkenal ke semua orang. Misal dalam komunitas ada 1 orang yang ingin ini itu, maka kalian bisa menyediakannya, atau juga kalau ada diantara mereka ingin tahu tentang sesuatu hal, kalian bisa memberikan penjelasan lalu memberikan link blog Anda kepada dia.

8. Popularitas lebih maksimal

Kelebihan blog niche satu ini masih ada hubungannya dengan yang nomor 7 diatas, dimana popularitas blog akan naik dan terus menerus berkembang apabila sudah dikenal banyak orang yang memiliki hobi sama serta menyajikan informasi yang menarik dan lengkap.

Misalnya ada seseorang yang suka akan dunia fotografi, maka dia pasti punya komunitas tersendiri untuk melatih bakatnya, baik komunitas secara online maupun secara offline. Nah dari situlah seharusnya dia memanfaatkan blog untuk menuliskan segala pengalaman yang terangkum dalam pengetahuan yang dimilikinya untuk blog.

Semakin banyak pengalaman, semakin banyak pula artikel yang ia tulis, nah dari situlah blog bisa menjadi referensi blog bertema fotografi yang disajikan bagi anggota komunitas yang baru saja belajar dan memasuki dunia fotografi. Asalkan kualitas konten dalam blog selalu diutamakan, maka tak ayal apabila blog akan terus populer dikalangan pecinta fotografi.

9. SEO friendly

Memang kelebihan blog niche satu ini tidak diterangkan secara langsung oleh Google, tapi pada kenyataannya blog yang memiliki 1 tema dan di perkuat dengan artikel yang terus di-update akan menjadikan blog menang dalam SERP Google. Mungkin karena memiliki otoritas sebuah kepercayaan terhadap artikel yang valid dan juga pengelolaan yang baik.

Saya akan memberikan contoh kelebihan blog niche ini, blog bertema teknologi, apabila seseorang membuat blog bertema teknologi yang dikhususkan lagi seperti tema “spesifikasi smartphone” maka kemungkinan besar dia bisa menduduki peringkat baik di mesin pencari.

Coba aja deh kalian searching di google tentang spesifikasi Handphone….. pasti kalian menemukan blog itu itu saja yang berada dihalaman pertamanya bukan?. Karena Google memberikan penilaian bagus kepada blog seperti itu.

Coba bandingkan dengan blog yang membahas tentang spesifikasi Handphone tapi digabungkan dengan berbagai macam jenis tema blog, ada kesehatan, berita, keagamaan, wisata, pasti jika bisa menempati urutan pertama tentang kata kunci spesifikasi….. dalam beberapa hari langsung tersungkur jatuh ke halaman antah berantah tak tahu dimana lagi.

Ya itulah salah satu dari beberapa kelebihan blog niche perihal SEO. Jadi jika ingin membuat blog untuk menenangkan SEO, maka buatlah blog niche dengan ribuan artikel berkualitas dan selalu di-update tepat waktu. Ini akan lebih mudah meningkatkan posisi di Search Engine.

10. Lebih mudah meluaskan jaringan

Kelebihan Blog Niche
High rise building via https://www.pexels.com

Kelebihan blog niche dapat dengan mudah meluaskan jaringan. Kalian bisa memperlebar jaringan (networking ke beberapa hal yang lebih spesifik) dan tentunya akan lebih menguntungkan.

Misal dalam suatu komunitas ada seseorang yang bisa dijadikan partner kerja kalian, ya mungkin saja sifatnya dia serius, pandai, dan kerja keras maka kalian bisa menjadikan partner kerja. Kalian bisa menyuruh dia untuk mengelola toko online yang berhubungan dengan blog Anda, jadi bisa saling berkaitan satu sama lain.

Lalu kalian bisa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk suplai stok barang, dan kalian bisa menjualnya ke seluruh pelosok negeri, tentunya sangat menguntungkan, apalagi jika terus-menerus mengembangkan jaringan dengan membuka cabang ke berbagai kota di seluruh Indonesia, pastinya menjadi salah satu usaha yang menggiurkan.

Dari yang awalnya hanya sebatas hobi, lalu membuat blog sebagai dokumentasi pengalaman, lalu blog itu populer, lalu mengembangkan networking dengan membuat toko online dan mengajak kerja sama berbagai pihak. Tentunya sebuah perjalanan yang butuh proses dan waktu yang tidak sedikit. Jadi keuletan, kesabaran, kerja keras, dan selalu berinovasi adalah cara terbaik untuk meraih apa yang Anda inginkan.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 kelebihan blog niche dibandingkan dengan blog lainnya. Semoga membantu Anda dalam memilih mau buat blog seperti apa. Sehingga bisa menghilangkan kebingungan dan keragu-raguan terhadap blog.

Semoga artikel tentang kelebihan blog niche ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Apabila merasa artikel ini layak untuk diketahui oleh orang lain, maka silakan share artikel ini. Terima kasih.



Loading...

Tags