kelebihan cms wordpress

26 Kelebihan CMS WordPress untuk Blogging dari Berbagai Aspek

CMS (content management sistem) WordPress ini memang bisa digunakan untuk berbagai jenis website, mulai dari blog hingga toko online. Ada banyak kelebihan CMS WordPress yang tidak dimiliki oleh CMS lain. Namun ada juga kekurangannya bila dibandingkan dengan CMS lain.

Namun pada kesempatan kali ini, saya tidak mau membahas mengenai kekurangan dan juga tidak mau membanding-bandingkan dengan produk lain. Artikel ini akan lebih menjurus mengenai kelebihan CMS WordPress dan apa saja keuntungan menggunakan WordPress untuk kegiatan blogging Anda.

Menurut wikipedia, WordPress merupakan suatu aplikasi open source yang digunakan sebagai mesin untuk blog. WordPress ini dibangun dengan memakai bahasa pemrogaman PHP serta basis data MySQL yang merupakan open source software.

WordPress ini muncul pertama kali pada tahun 2003 yang dibangun oleh Matt Mullenweg dan juga Mike Little. Selain digunakan sebagai blog (WordPress.com) juga digunakan sebagai CMS (WordPress.org). Nah sekarang ini, WordPress diklaim sebagai platform dengan pengguna terbanyak. Hal ini karena WordPress merupakan cms open source yang gratis.

Kelebihan CMS WordPress yang perlu anda tahu

kelebihan cms wordpress

Untuk pembahasan selanjutnya dibawah ini, yang saya maksud WordPress adalah WordPress org yang merupakan wilayah pengembang, bukan WordPress.com. Silakan langsung saja simak beberapa kelebihan cms WordPress dibawah ini.

1. Gratis selamanya

Always free everytime adalah salah satu kelebihan yang menjadikan kenapa WordPress ini memiliki banyak pengguna. Ya memang, siapapun juga di dunia ini bisa kita ketahui bahwa gratisan adalah salah satu hal yang paling diminati.

Terlebih lagi semacam WordPress ini, sudah lengkap dan kaya akan fitur, gratisan lagi. Tentu banyak orang yang menggunakan. Memang, kebanyakan CMS untuk urusan blogging itu gratis, namun ada juga yang berbayar, yaitu CMS untuk toko online, forum dan lainnya.

Loading...

Namun, bagaimanpun juga, WordPress ini selain bisa digunakan sebagai toko online juga dapat digunakan sebagai forum. Ya tentu hal ini harus didukung dengan berbagai plugin yang telah dikembangkan oleh para developer di seluruh dunia.

Inilah kelebihan yang bisa anda dapatkan menggunakan WordPress. Jadi kita tinggal pasang aja, tanpa perlu membayar sepeserpun. Ya walaupun yang lainnya semacam joomla itu gratis, namun akan lebih mudah dalam mempelajari WordPress. Karena hal ini banyak sekali forum dan komunitas yang bisa anda tanyakan jawabanya.

2. Berbasis kode sumber terbuka (open source)

kelebihan cms wordpress

Berbasis kode terbuka atau yang biasa disebut juga dengan open source juga menjadi salah satu kelebihan cms WordPress. Jadi karena menggunakan sumber terbuka ini, maka anda akan lebih leluasa dalam memodifikasi dan mengatur sedemikian rupa.

Jadi open source selain gratis juga mengedapankan kebebasan dalam berkarya dan mengembangkannya. Namun hal tersebut juga masih berada di pantau WordPress tentunya. Jadi kalau ada hal yang menyebebkan hal yang tidak aman, dan memungkinkan terjadi bahaya,maka WordPress akan menanganinya.

Jadi intinya Open source adalah sistem pengembang yang tidak di koordinasi oleh salah satu individu atau salah satu perusahaan saja. Namun banyak sekali yang mengembangkan dari seluruh dunia. Mereka bekerja sama untuk memanfaatkan berbagai source kode yang telah tersedia bebas.

Kelebihan cms WordPress dalam hal open source ini adalah lebih lengkap. Karena banyak sekali pengembang pengembang hebat diselluruh dunia yang ikut berpatisipasi. Jadi kenapa tidak segera menggunakan WordPress?

3. Bebas mengatur tampilan

kelebihan cms wordpress

Adanya kebebasan dalam memilih themes yang telah disediakan gratis juga menjadi salah satu kelebihan cms WordPress yang patut di perhatikan. karena dengan memiliki banyak sekali template yang telah disediakan dari berbagai pengembang, maka anda bisa berekpresi sesuka hati untuk memakai template sesuai kebutuhan dan keinginan.

Memang ada banyak sekali yang gratis, namun kalau ingin menggunakan themes yang lebih unik dan lebih baik, maka pilih saja theme premium dengan harga mulai dari 50 ribu hingga jutaan rupiah. Jadi disini anda akan lebih bebas memilih tampilan seperti apa yang pas untuk blog yang anda miliki.

Walau pilihan berbagai themes yang bervariasi, namun ada hal yang harus diperhatikan. Yang mana template tersebut harus clean, unik, mobile friendly, human friendly, seo friendly, dan kalau perlu yang mendukung AMP. Jadi saat anda memasang plugin AMP, maka tampilan tidak berubah. Karena bagaimanapun, themes sendiri memiliki pengaruh yang besar dalam SEO onpage. Jadi and harus benar benar memperhatikan hal ini.

4. Lebih mudah dalam mengoperasikan

Memang ada yang mengatakan bahwa WordPress ini adalah CMS yang paling mudah digunakan, pemula yang baru saja belajar pun bisa menggunakannya. Yang sulit itu sebanarnya bukan dari pengelolaan WordPress itu sendiri, melainkan dari pengaturan hosting, domain dan sebagainya. Jadi ada yang mengatakan bahwa WordPress self hosting ini lebih sulit digunakan untuk pemula.

Namun memang menurut saya bahwa WordPress ini sangat cocok untun level pemula. Karena dalam mensettingnya tidak diperlukan keahlian dalam hal koding atau segala bentuk pemograman. Dengan hanya mengikuti berbagai tutorial yang sudah dibahas dalam berapa blog juga langsung paham.

Dalam membuat page maupun artikel, banyak yang mengatakan lebih mudah WordPress. Bahkan ada yang bilang bahwa tidak bisa membuat laman di blogspot namun bisa dengan mudah membuat laman di WordPress.

5. Lebih aman

Kelebihan cms WordPress ini adalah dari segi keamanan yang selalu terjaga dengan baik. Jadi saat ada laporan tentang celah keamanan, maka hal tersebut langsung di tangani oleh tim keamanan dari WordPress.

Sebenarnya banyak kejadian terhadap pembobolan website berplatform WordPress itu karena adanya suatu plugin plugin yang tidak aman. Jadi anda harus berhati hati saat menggunakan beberapa plugin yang tidak terlalu diperlukan.

Namun bagaimanapun juga, sistem WordPress sendiri sekarang sudah semakin baik lagi, mereka bisa mendeteksi mana plugin yang aman dan mana yang kurang aman. Jadi anda tidak usah khawatir terhadap berabagai aksi hack or crack dari pihak lain. Mereka mungkin bisa membuat website anda down namun tidak bisa mencuri data data dalam website. Yang penting ya itu tadi, tidak menggunakan plugin sembarangan.

6. Multi user

kelebihan cms wordpress

Multi user atau bisa digunakan oleh beragam user yang berbeda. Ya misal seperti blog klikmania.net ini, bisa memberikan akses kepada banyak sekali penulis hingga ratusan bahkan bisa ribuan.

Para user memiliki berbagai hak untuk menulis saja, dan tidak bisa membobol halaman milik admin. Jadi ini lebih aman. Iya sih memang platform lain juga bisa multi user seperti halnya blogspot. Disana bisa mengundang hingga 100 orang untuk dijadikan admin atau penulis.

Namun yang saya khawatirkan saat saya mengundang penulis artikel, dia bisa masuk ke bagian pos lalu bisa mengedit serta menghapus semua artikel. Tentu hal ini sangat membahayakan bukan. Berbeda seperti di WordPress, si penulis ini bisa diatur untuk bisa mengakses apa saja.

Di blog Klik Mania ini contohnya, para penulis tidak bisa mengedit dan juga menghapus artikel yang telah diterbitkan. Jadi tidak ada penulis yang bisa berbuat ulah dengan artikel yang sudah ada.

7. Migrasi dengan mudah

Mungkin sebelumnya anda adalah pengguna selain worpress misal dari blogspot, livejournal dan sebagainya, maka anda bisa dengan mudah migrasi ke WordPress. Dengan migrasi yang bisa dilakukan dengan cepat dan tidak ada error ini itu adalah salah satu kelebihan cms WordPress.

Memang agak butuh pemahaman sedikit sebelum anda migrasi, terutama bagi yang belum pernah melakukannya. Jadi anda tidak kebingungan nantinya. Namun menurut saya lebih baik menggunakan langsung blog WordPress dari pada melakukan migrasi.

Baca : Panduan Migrasi Custom Domain Blogger Ke WordPress Self Hosting

Karena hal itu bisa mempengaruhi SEO. Seperti sebelumnya http menjadi https, template yang berbeda struktur, permalink yang berubah, server yang berbeda dan sebagainya. Hal itu biasanya akan menjadikan pengunjung down. Namun jangan khawatir, karena hal itu biasanya cuma berlangsung antara 1 minggu hingga 1 bulan.

8. Komunitas dan pengguna yang banyak

kelebihan cms wordpress

Kelebihan cms WordPress yang satu ini bisa dirasakan saat sedang kebingungan setting suatu hal. Lalu tinggal browsing pasti ketemu solusinya, atau kalau masih gak paham, tanya dalam komunitas WordPress pasti mereka pada tahu.

Anda tidak akan kesulitan saat mengalami suatu masalah, karena sudah banyak sekali blog yang membahas mengenai cms satu ini. Blog Indo juga sudah banyak sekali yang membahas mengenai masalah yang sering terjadi dengan pengguna. Jadi anda tidak perlu takut kalau tidak bisa menjalankan progam yang satu ini.

Banyak sekali hal yang bisa anda lakukan mengenai WordPress ini, dan baiknya lagi semuanya sudah ada pemecahan masalahnya. Hal ini karena penggunanya memang sangat banyak. Jadi tentunya sudah banyak dukungan untuk mengatasi suatu hal yang mungkin terjadi diluar kendali.

Memang, untuk jenis CMS blog lain pasti juga ada panduan dan pemecahan masalah sendiri. Namun bagaimanapun juga WordPress ini yang terbanyak panduannya, karena walau sebenarnya pemula pun bisa membuat blog WordPress, namun pasti akan ada waktunya untuk bertanya tanya bukan?

9. Memiliki banyak sekali plugin

Berapa plugin yang sudah terhubunga dengan WordPress saat ini? Wah banyak sekali, puluhan ribu plugin gratis maupun berbayar pasti tersebar disana. Hal ini menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi mereka yang memiliki blog dengan CMS satu ini.

Dengan memiliki banyak plugin tentunya akan menjadikan anda bebas berkreasi dalam mengembangkan blog tersebut. Tinggal install plugin sesuai kebutuhan lalu setting dan sudah jalan. Memang sangat mudah dan tidak ribet.

Memang ada yang menyebutkan bahwa joomla adalah pemilik plugin terbanyak. Namun ada juga yang mengatakan bahwa WordPress inilah yang terbanyak. Namun yang perlu sama-sama kita tahu, bahwa hampir semua plugin yang terdapat di WordPress itu jarang terjadi yang namanya error, dan juga kompatible dengan berbagai jenis themes.

Selain itu, tentunya berbagai plugin plugin yang berada disini itu aman. Karena memang sistem WordPress ini akan menghilangkan berbagai plugin yang tidak aman. Namun bagaimanapun juga anda harus hati-hati dalam menginstall berbagai plugin, terutama berbagai plugin yang rawan. Karena banyak hacker dapat menyusup melalui kelemahan dari plugin.

Maka dari itu, alangkah baiknya baca berbagai artikel terlebih dahulu mengenai berbagai macam plugin yang bisa digunakan hacker. Selain harus memilah milih plugin yang aman, memasang plugin secukupnya sesuai kebutuhan adalah hal yang terbaik.

Misal memasang plugin untuk optimasi SEO onpage, plugin untuk adsense, plugin untuk mengatur berbagai hal yang sekiranya penting untuk digunakan. Jadi kalau terlalu banyak nanti juga akan membuat blog semakin berat.

10. SEO friendly

kelebihan cms wordpress

Jika dilihat kebanyak blog yang berada dilaman pertama google itu memang didominasi oleh blog WordPress dan blogspot. Ya walau sebenarnya google menilai suatu situs ini berasal dari lebih 200 faktor, dan menggunakan WordPress ini hanya 1 dari semua itu.

Lalu kenapa WordPress lebih SEO friendly dibandingkan dengan yang lain?

Sebenarnya CMS lain juga memiliki peluang yang sama untuk bisa tampil dihalaman pertama google. Namun karena berbagai dukungan yang ada di WordPress ini, maka akan dengan mudah dalam optimasi SEO onpage.

Misal hanya dengan menggunakan plugin Jetpack atau All in One SEO maka anda bisa mengoptimalkan tulisan agar sesuai dengan kriteria SEO. Bila anda menggunakan plugin AMP toolbox, maka akan mampu membuat blog anda menjadi AMP jadi tak perlu otak atik dan mengubah struktur themes secara keseluruhan. Ya tentunya karena amp ini sekarang menjadi bagian dari unsur SEO.

Umur blog, kualitas konten, reputasi blog, pemilihan keyword dan sebagainya itu adalah hal yang berpengaruh terhadap SEO. Jadi bukan berarti hanya mengandalkan memakai cms berupa wordpres ini maka seketika blog anda menjadi SEO. Tidak semudah itu dalam SEO. Karena bagaimanapun, SEO adalah hal yang mementingkan konten yang disukai pembaca dan juga relevansi terhadap berbagai keyword.

Namun WordPress ini hanya akan membantu anda untuk bisa lebih SEO lagi dalam segi artkel. Jadi jangan tak menjamin blog anda akan SEO hanya dengan menggunakan WordPress. Yang penting buatlah blog yang memiliki artikel berbobot untuk diberikan kepada pembaca.

Sebenarya ada banyak hal yang menjadikan blog WordPress lebih SEO, misalnya dari struktur permalink yang bersahabat dengan SE. Jadi anda akan lebih baik dalam mengoptimalkan dan menargetkan keyword yang dibidik agar bisa menduduki peringkat SEO yang tinggi.

11. Bebas mau digunakan untuk jenis web apapun

Inilah kelebihan cms WordPress dibandingkan dengan CMS lainnya. WordPress akan lebih mudah untuk dioptimasi dalam bentuk web apapun. Jadi terkesan profesional. Bisa anda gunakan untuk blog, toko online, forum, maupun menjadi multi blog. Contohnya yaitu sebelulm blogdetik menggunakan CMS buatan sendiri, dia memakai jenis WordPress.

Memang sih tidak semua jenis web bisa digunakan dari WordPress. Namun karena berbagai bantuan dari plugin plugin yang ada, maka hal ini akan menjadi multi fungsi. Misal web WordPress bisa digunakan sebagai toko online berkat bantuan WordPress woocommerce. Namun tentunya tidak sebagus dan selengkap menggunakan cms yang khusus untuk toko online dan yang berbayar.

Dengan bantuan plugin juga bisa digunakan sebagai forum diskusi, namun juga tidak bisa sebagus menggunakan cms khusus forum yang berbayar seperti vbulletin. Jadi anda bisa saja menikmati blognya menjadi berbagai jenis web. Namun hanya pada batas dasar saja, tidak bisa sebagus menggunakan cms yang khusus.

Ya inilah kelebihan cms WordPress yang bisa anda gunakan berbagai hal, walau tidak selengkap fiturnya terhadap cms yang khusus untuk toko online maupun forum, namun WordPress tetaplah yang terbaik. Karena gak semua jenis cms bisa digunakan untuk beragam kebutuhan web.

12. Blog terkesan profesional

Sebenarnya makna dan persepsi seseorang terhadap kata “profesional” itu berbeda beda. Ada yang bilang hanya profesional itu dari segi pelayanan yang memuaskan, mampu menangani setiap masalah dengan bijak. Ada yang mengatakan profesional itu bisa membagi waktu dengan baik, dan ada yang mengatakan profesional itu hal yang bermodal lebih banyak, bukan hanya soal gatisan.

Memang blog yang dibangun dengan WordPress ini terkesan profesional apabila kita lihat dari segi uang yang sudah dikeluarkan. Berbeda yang hanya mengandalkan subdomain di WordPress atau hanya custom domain saja. Jadi bila anda ingin blognya lebih terkesan profesional, maka gunakan saja WordPress.

Di WordPress anda bisa dengan leluasa mengatur blog anda sendiri sesuka hati, jadi bisa membuat yang benar -benar unik menarik dan dahsyat. Selain itu dengan costum domain dan email domain juga lebih terlihat profesional loh. Nah bahasan mengenai hal itu akan saya bahas pada poin nomor 17 dibawah nanti.

13. Memiliki struktur permalink yang ramah

kelebihan cms wordpress

Maksud dari memiliki struktur permalink yang ramah yaitu lebih bersahabat dengan bot mesin pencari. Jadi search engine akan lebih mudah membaca dan memahami dari struktur permalink yang ada pada blog WordPress. Hal ini juga bisa menentukan tampilan permalink di mesin pencari.

Di WordPress ini, anda akan bisa mengatur struktur permalink sesuai kehendak anda sendiri. Apalagi jika menggunakan berbagai plugin seperti yoast, maka anda akan lebih mudah lagi dalam membuat permalink yang benar benar sesuai dengan SEO.

Anda juga bisa mengatur permalink dengan mudah, dan anda juga bisa memasukan fokus keyword kedalam permalink tersebut. Hal itulah yang akan lebih mudah dalam dirayapi oleh bot google.

Permalink yang baik menurut beberapa referensi dari berbagai blog adalah yang langsung, jadi akan lebih leluasa dalam menentukan permalink itu sendiri. Karena kalau kepanjangan akan dicrop di SE. Selain itu, dalam permalink, anda juga harus menempatkan kata kuncinya.

Misalnya anda membahas mengenai “cara membuat akun instagram”, maka anda akan lebih baik dalam mengatur permalinknya seperti ini: example.com/cara-membuat-akun-instagram atau example.com/cara-membuat-akun-instagram.html jangan seperti ini example.com/artikel/cara-membuat-akun-instagram. Ya walaupun itu permalink sudah dikategorikan, namun dari beberapa referensi itu kurang baik bagi SEO.

Selain itu anda juga harus menempatkan kata kunci di permalink itu sendiri seperti diatas itu. Jangan membuat seperti ini example.com/internet/000042424.html karena hal itu tidak ramah dengan mesin pencari. Hal itu lebih baik digunakan sebagai web statis atau di web forum maupun sosial media. Tidak baik untuk diterapkan di web model blog.

Inilah kelebihan cms WordPress yang mana anda bisa leluasa dalam membuat permalink sesuai dengan keingingan sendiri. Namun yang perlu diperhatikan adalah buatlah permalink yang singkat namun mengandung keyword yang dibidik sesuai artikel.

14. Multi kategori

Salah satu kelebihan cms WordPress ini adalah kemampuannya dalam mengkategorikan artikel tanpa batasan. Jadi anda bisa membuat kategori atau label sebanyak mungkin. Berbeda dengan blogspot yang memiliki batasan antara 100-200 kategori.

Selain itu, kalau menggunakan suatu plugin dan templatenya mendukung, maka anda bisa membuat suatu hastag dalam artikel itu. Misalnya anda ingin menautkan kumpulan artikel dalam kategori blog, maka anda hanya membuat tulisan #blog. Hal ini sih sebenarnya bisa saja digunakan oleh CMS lain, bahkan di blogspot pun bisa. Namun akan sangat rumit dalam membuatnya, apalagi kalau nggak jago koding.

15. Mampu memunculkan bahasa berupa xml, xhtml, css standar

kelebihan cms wordpress

Salah satu kelebihan cms WordPress ini adalah bisa menjalankan beberap bahasa markup seperti html, xml, xhtml, css dan sebagainya. Jadi anda bisa menggunakannya dalam beberapa versi pada website.

Mungkin anda akan menggunakan website di tampilan komputer tapi juga akan memunculkan pada versi mobile, maka anda bisa mengalihkan web ke versi xhtml. Ya karena xhtml yang merupakan gabungan dari xml dan html dan akan menghasilkan tampilan dan loading yang cocok untuk pengguna HP atau ponsel. Salah satu contoh blog yang menggunakan ini adalah Mywapblog.

Intinya WordPress mampu mendukung beberapa bahasa markup sekaligus. Sehingga anda bisa dengan mudah menggunakannya sesuai dengan keperluan anda sendiri.

16. Adanya fasilitas berupa trackback dan pingback

Bila anda sudah lama menggunakan WordPress, maka sudah tahu mengenai pingback dan trackback ini bukan?. pingback dan trackback ini merupakan sebuah layanan pingomatic yang memiliki web di rpc.pingomatic.com. Dan ada yang bilang bahwa fitur ini baik bagi SEO.

secara singkatnya pingback ini adalah suatu layanan dari WordPress yang berguna untuk ping kembali dari tautan yang ditulis dalam suatu artikel. Jadi misal anda membuat artikel dan meletakan internal link B pada artikel A maka pada artikel B akan muncul pingback berupa interna link A. Ini terjadi dalam satu blog saja.

Trackback adalah suatu link yang menautkan dari blog lain. Jadi kalo pingback itu hanya terjadi dalam 1 blog saja, namun trackback ini terjadi antar blog. Jadi apabila saya dan anda menggunakan layanan ini, lalu saya melink postingan anda, maka nanti dikolom komentar anda akan ada trackback dari artikel saya tersebut.

Keduanya ini biasanya muncul dibawah artikel maupun di bagian komentar. Jadi kita bisa melihat blog mana yang menaut blog kita dan mana yang tidak. Namun sekarang ini saya sudah jarang sekali melihat blog yang menggunakan fitur ini. Hanya beberapa saja yang saya lihat masih menggunakan ini, dan itupun saya lihat hanya pada artikel lama saja.

17. Bisa memiliki ekstensi domain dan alamat email pribadi

Jadi anda bisa memiliki domain sesuka hati anda. Anda bisa memiliki nama domain pribadi, misalnya anda bernama charles maka bisa memilih domain charles. com. Jadi ini anda bisa memiliki hak penuh atas domain itu (asal gak telat bayar) sehingga tidak ada yang bisa memilikinya kecuali anda memberikan passwordnya kepada orang lain.

Memiliki ekstensi domain sendiri untuk blog juga menjadi suatu keuntungan bagi kita. Karena kita bisa memindahkan domain tersebut kemanapun yang kita suka, jadi misal anda ingin pindah dari platform blogspot menuju WordPress atau dari WordPress menuju vbulletin juga bisa. Jadi anda yang memegang kendali penuh atas domain tersebut.

Selain domain, anda juga akan memiliki email pribadi. Tentunya di WordPress anda bisa menemukan suatu fitur untuk email yang tentunya disediakan gratis dari pihak hosting. Namun anda juga bisa mengupgrade yang khusus untuk email bila anda ingin menggunakan email sebagai bisnis. Jadi ini akan lebih terkesan profesional dari pada menggunakan alamat email yang umum seperti @mail.com @yahoo.com @gmail.com dan sebagainya.

Jadi misal anda punya blog dengan nama domain charles. com, maka anda bisa menggunakan alamat email berupa [email protected] [email protected] [email protected] dan sebagainya. Jadi anda bisa menggunakan alamat domain yang lebih profesional. Hal ini akan menjadikan anda memiliki reputasi yang lebih baik lagi kedepannya.

Namun tentunya anda juga harus menyetting ini dan itu untuk bisa menggunakan custom email. Tapi jangan khawatir, soalnya dalam beberapa menit saja pasti anda bisa mengaturnya, kalau membaca tutorial yang telah banyak beredar.

Nah itulah salah satu kelebihan cms WordPress yang menarik menurut saya. Selain bisa digunakan untuk membuat blog lebih terkenal, custom domain dan custom email ini juga bisa meningkatkan personal branding dari diri kita.

18. Format dan gaya teks yang beragam

kelebihan cms wordpress

DiWordPress ini memiliki keunggulan dalam segi format dan style atau gaya dari tulisan itu sendiri. Bahkan sangat lengkap, hingga ada yang bilang hampir sama dengan ms word. Jadi hal ini bisa anda jadikan suatu yang menarik. Misal anda ingin membuat tulisan dengan berbagai macam simbol, gaya dan format maka sudah tersedia.

Terutama bila blog anda membahas mengenai komputer, pasti beragam format, kode / simbol dan gaya dari teks itu akan sangat dibutuhkan. Inilah kelebihan cms WordPress yang tak boleh anda lewatkan. Karena anda bisa jadi belum bisa mendapatkan hal ini dari cms yang lainnya.

Hal ini karena tentunya bahwa WordPress sendiri merupakan suatu platform yang diciptakan dan dibentuk untuk blog. Jadi bagaimanapun juga, akan banyak sekali hal yang terus dikembangkan demi terciptanya platform blog yang canggih.

19. Tersedia halaman statis

Halaman statis ini adalah halaman yang benar benar terpisah dari artikel lain. Halaman ini pun bisa anda atur sesuai kehendak sendiri. Jadi misalnya anda tidak ingin menempatkan artikel di bagian halaman, maka anda bisa mengaturnya sedemikian rupa. Misalnya juga kalau pada halaman tidak ingin menampilkan link menuju artikel, maka anda pun bisa mengaturnya juga.

Ini menjadi kelebihan cms worpress yang sangat memudahkan kita. Karena kalau menggunakan blogspot, iklan kita tidak bisa mengatur sedemikian rupa, termasuk peletakan iklannya.

20. Mendukung LaTeX

LaTeX merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membuat suatu data dan pendataan. Dan kabar baiknya lagi, WordPress ini mendukung latex. Ini menjadi salah satu kelebihan cms WordPress dibandingkan dengan yang lainnya.

Apa itu latex? Singkatnya latex adalah suatu bahasa markup yang digunakan untuk software TeX. Tex ini adalah suatu progam komputer yang digunakan untuk membuat suatu dokumen dengan berbagai formula matematika.

Kebanyakan tex ini digunakan olelh para matematikawan, para ilmuwan, insinyur, dan berbagai ahli yang bergerak dalam hal matematika. Versi terbaru dari latex saat ini adalah LateX2e. Dan WordPress juga sudah mendukung versi tersebut.

21. Dapat mengetahui perilaku pengunjung

Mungkin anda penasaran tipe seperti apakah pengunjung blog anda itu, berapa banyak perhari, usia dan gender apa yang mendominasi, berasal dari daerah mana saja. Ya bukan?.

Bagaimanapun juga kita selaku blogger juga termasuk webmasters sangat perlu mengetahui gerak gerik pengunjung. Hal ini agar kita bisa membuat konten yang lebih tertarget dan juga bisa memasang iklan yang relevan.

Anda bisa dengan mudah menautkan ke google analytics atau menggunakan berbagai macam plugin untuk mengetahui pengunjung. Anda akan sangat mudah dalam menemukan artikel yang berhubungan dengan hal pengunjung.

Namun saran saya untuk menggunakan google analytics juga sudah cukup untuk memantau pengunjung. Namun kalau ingin mengetahui lebih banyak lagi, maka silakan gunakan berbagai plugin yang sudah banyak tersedia.

22. Dapat memblokir IP seseorang

Dapat dengan mudah memblokir IP seseorang atau IP suatu komputer adalah suatu kelebihan CMS WordPress yang tak dimiliki lainnya. Hal ini sangat mudah diaplikasikan, jadi semisal anda menemukan seseorang yang suka spam, berbuat kerusuhan dan sebagainya, maka itu bisa memblokirnya agar tidak bisa membuka blog anda.

Selain itu, juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan pemblokiran member. Jadi misalnya anda memiliki blog yang sekaligus untuk forum, anda pun bisa memblokir permanen member agar tidak bisa mendaftar lagi dari komputeri dengan IP yang sama.

Jadi hal ini sangat penting digunakan oleh blog yang memiliki banyak koneksi dan hubungan dengan orang banyak. Maka jika ada orang yang memang ingin anda blokir aksesnya menuju blog anda, maka akan dengan mudah memblokirnya.

23. Tagging

kelebihan cms wordpress

Selain ada fitur label atau kategori tak terbatas, juga ada lagi tambahan beruba tagging. Mungkin ini tidak dimiliki oleh cms lain, karena ini kelebihan cms WordPress yang istimewa. Lalu apa sebenarnya fungsi dari tagging ini?

Tagging adalah fitur yang berguna untuk menambah suatu konten berupa suatu keyword yang membantu dalam SEO. Jadi tag ini bisa memungkinkan anda untuk menyisipkan beberapa kata kunci yang relevan dengan artikel yang dibuat.

Memang banyak yang tidak menggunakan fitur ini, mereka bilang ini tidak berpengaruh terhadap posisi artikel di SE. namun bagaimanapun juga hal ini perlu untuk anda terapkan, walaupun pengaruhnya terhadap posisi di SERP sedikit. Karena hal ini akan membantu pengunjung saat ingin menemukan artikel dengan tag yang berkaitan atau sama.

24. Fitur dalam komentar yang beragam

Ada berbagai macam plugin yang bisa anda tambahkan ke dalam komentar. Mulai dari chapta, fitur otomatis antispam, pengubah backlink menjadi suatu kata, fitur comment luv dan sebagainya. Hal ini menjadi kelebihan cms WordPress karena berbagai dukungan dari plugin.

Mungkin kalau anda menggunakan blogspot, hanya ada beberapa pilihan yang berkaitan dengan fitur komentar. Namun kalau menggunakan WordPress, maka akan tersedia banyak sekali pilihan, sehingga anda mungkin akan kesulitan sendiri dalam memilih mana yang tepat.

Pilihlah fitur yang bisa anda gunakan untuk memfilter komen spam, kalau perlu jangan gunakan chapta, dan yang penting buat pengunjung untuk komentar di artikel anda. Salah satu fitur yang sangat menarik perhatian pengunjung adalah adanya fitur comment luv, apalagi kalau dofollow.

Hal ini karena dalam fitur comment luv akan meninggalkan link artikel pengunjung. Jadi ini alasan kenapa saya sering menemukan blog yang menggunakan komentar jenis ini banyak disukai. Blog indo juga sudah ada yang menerapkan beberapa fitur ini, namun yang sering saya lihat justru web dari malaysia.

25. Link manajemen yang terintregasi

Mungkin di blog anda memiliki banyak sekali link keluar. Apalagi kalau itu dofollow, maka hal ini bisa berdampak terhadap situs anda. Jadi dengan menggunakan WordPress ini maka anda bisa mengatur berbagai link yang keluar.

Selain itu, mungkin anda menemukan berbagai macam dead link, maka anda bisa menggantinya dengan link baru. Atau bisa juga diganti menggunakan link yang lainnya. Untuk di CMS lain mungkin fitur ini tidak ada, sehingga kalau ingin mengganti deadlink dan sebagainya, maka perlu dilakukan secara manual.

26. Lebih dilirik advertiser

Blog yang memiliki trafik yang sama dan dengan reputasi yang sama, blog dengan cms WordPress akan lebih dilirik pengiklan dibandingkan dengan blog yang hanya custom domain. Selain itu harga yang diberikan juga berbeda jauh. Bisa sampai 2-7 kali lebih banyak.

Berdasarkan info dari orang yang menggunakan iklan mandiri dengan trafik yang sama, blog WordPress dihargai 5 kali lebih mahal. Tentu karena blog dengan CMS ini terkesan lebih profesional, baik dari segi manajemen maupun dari tampilan itu sendiri.

Selain itu, banyak yang menginginkan suatu kerja sama dengan para pemilik blog dengan blog cms WordPress. Misalnya kerja sama dengan content placement dan juga job lainnya. Maka dari itu, jika anda mengiginkan untuk memiliki blog untuk monetisasi, maka anda bisa menggunakan cara seperti ini.

Selanjutnya : Strategi Meningkatkan Trafik Blog secara Ampuh dan Aman

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan kelebihan cms WordPress dibandingkan dengan yang lainnya. Semoga informasi ini berguna dan menambah wawasan bagi kita semua. Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog klikmania ini ya. Semoga banyak sekali informasi yang anda dapatkan.



Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *