Kelebihan Fujifilm X-T100 review

Hadir di Indonesia, Ini dia 7 Kelebihan dan Kekurangan Fujifilm X-T100

Kelebihan dan kekurangan Fujifilm X-T series – Fujifilm baru-baru ini merilis kamera mirrorless terbarunya, yakni Fujifilm X-T100, yang juga menjadi mirrorless termurah pada Fujifilm X-T series.

Sebagai salah-satu mirrorles dengan harga terjangkau, Fujifilm X-T100 tentu menjadi pilihan yang menarik bagi para fotografer, terutama di kelas pemula.

Selain karena harga yang murah, apa saja fitur yang membuat kamera ini layak dibeli?

Nah, ini dia 10 kelebihan dan kekurangan mirrorless Fujifilm X-T100 yang mungkin akan membantu kamu sebelum yakin membeli mirrorless murah yang satu ini.

BacaMengenal Kamera Mirrorless, Kelebihan Serta Kekurangannya

7 Kelebihan dan Kekurangan Fujifilm X-T100

Meski dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau, Fujifilm X-T100 terbukti telah dilengkapi dengan spesifikasi yang lumayan tinggi, mengingat mirrorles ini dirilis dengan menarget pasar pemula.

SpesifikasiFujifilm X-T100
SensorCMOS APS-C 24.2 megapixel
ISOAuto, 200-12800 (expandable to 100-51200))
AutofocusContrast Detect (sensor), Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Layarlayar sentuh 3 inci, 1.040.000 titik, bisa dilipat dan dimiringkan
Jendela BidikOLED EVF
Continuous drive6.0 fps
video3840 x 2160 (15p), 1920 x 1080 (60, 50, 24, 23.98p), 1280 x 720 (60p, 50p, 24p, 23.98p)
Kartu memoriSD/SDHC/SDXC card
KonektivitasUSB 2.0, mini HDMI, WiFi, Bluetooth
Bobot448 g
Dimensi121 x 83 x 47 mm

Kelebihan Fujifilm X-T100

Selain spesifikasi yang tertera pada tabel di atas, kira-kira seperti apakah kelebihan Fujifilm X-T100 yang yang akan memantapkan pilihanmu untuk membelinya.

Daripada penasaran, langung saja kita ulas 5 kelebihannya di bawah ini:

Loading...

1. Desain klasik membuatnya semakin asik

Kelebihan Fujifilm X-T100
Sumber gambar – dpreview

Apa yang saya suka dari Fujifilm yakni mereka seakan tidak mau melupakan sejarah fotografi, ini terbukti dari produk-produk keluarannya yang kebanyakan masih mempertahankan desain klasik khas kamera di masa lalu.

Desain retro yang klasik pada Fujifilm X-T100 sekilas mirip dengan Fujifilm X-T20 yang memiliki selisih harga lebih mahal, dan tentunya cocok untuk pemula yang ingin memiliki kamera kekinian dengan harga terjangkau.

2. Bodi minimalis dilengkapi dengan grip tambahan

Kelebihan Fujifilm X-T100
Sumber gambar – ebay

Ketika memegang kamera ini, anda akan merasa bahwa kamera ini didesain dengan bodi yang ringkas dan sangat minimalis.

Mirrorless dengan desain bodi seperti ini, akan sangat cocok untuk dibawa traveling karena tidak membutuhkan space yang besar di koper anda.

Selain bodi yang ringkas, mirrorless ini juga dilengkapi dengan aksesoris grip tambahan pada paket penjualannya, dan aksesoris tersebut tentu saja akan membuat Fujifilm X-T100 semakin nyaman saat digenggam.

3. Dilengkapi dengan jendela bidik elektronik

Kelebihan Fujifilm X-T100 review
Sumber gambar – jamonline

Fujifilm X-T100 dilengkapi dengan jendela bidik elektronik, dengan teknologi OLED yang tentu saja akan menambah kesan terbaik ketika memotret.

Teknologi jendela bidik ini terbukti akan sangat membantu ketika anda memotret pada saat pencahayaan over, seperti saat siang hari di bawah terik matahari.

4. Layar sentuh yang bisa diputar

Layar putar Fujifilm X-T100
Sumber gambar – Blibli

Fujifilm X-T100 telah dilengkapi dengan layar LCD seluas 3 inchi yang sangat flexibel dalam penggunaannya. Layar tersebut bisa anda lipat, untuk menyesuaikan kamera dengan sudut pengambilan gambar.

Selain flexibel, layar tersebut bahkan telah dilengkapi dengan fitur layar sentuh yang tentu akan menambah kemudahan saat melakukan optimasi settingan sebelum anda mulai memotret.

5. Hasil foto yang sangat memuaskan

Berbicara tentang kamera, tentu hasil foto menjadi pertimbangan pertama yang akan anda perhatikan sebelum benar-benar yakin untuk membeli.

Tapi tenang saja kok, Fujifilm X-T100 telah dibekali dengan sensor CMOS APS-C yang memiliki resolusi sebesar 24.2 Megapixel, serta didukung lagi dengan teknologi autofocus phase detection 91 titik, yang akan memberikan pengalaman terbaik ketika anda memotret.

Bisa dibilang, fitur autofokus pada kamera ini lumayan bagus, tidak terlalu cepat namun tidak terlalu lambat, alias PAS.

Fitur autofokus yang pas tersebut juga berpengaruh dalam performa yang baik, saat mirrorles ini digunakan untuk memotret objek bergerak dengan menggunakan teknik highspeed.

Malah kalau diperhatikan dengan seksama, hasil foto fujifilm X-T100 akan terlihat mirip dengan X-T2 dengan hanya beberapa elemen warna yang berbeda, seperti saturasi yang terlalu mati dan ketajaman yang terlalu tinggi.

Kelebihan Fujifilm X-T100 reviewKelebihan Fujifilm X-T100 review

Kekurangan Fujifilm X-T100

Kita tadi sudah melihat kelebihan mirrorless yang satu ini, meski begitu anda tetap harus mempertimbangkan kekurangannya sebelum yakin untuk membawa pulang Fujifilm X-T100 ini.

Tapi tenang, kekurangannya tidak terlalu buruk kok.

1. Resolusi video sudah 4K, tapi kurang mantap

Apa yang saya sayangkan dari Fujifilm X-T100 yakni kemampuan rekam videonya yang sudah mendukung resolusi 4k, namun terasa kurang mantap karena resolusi tersebut hanya mampu digunakan pada kecepatan 15fps.

Meski begitu, kekurangan tersebut adalah hal yang wajar mengingat series prosesor yang digunakan memang tidak dirancang sangat powerfull, sehingga prosesor ini memang tidak cocok untuk dipergunakan untuk menangani pengambilan data yang besar, seperti ketka menggunakan video 4K 30 fps.

2. Layar sentuh masih terbatas

Hadir dengan fitur layar sentuh, tdak semata-mata membuat pengaplikasiannya mudah, karena ternyata fitur layar sentuh pada Fujifilm X-T100 masih terbatas.

Keterbatasan tersebut yakni anda harus tetap menggunakan tombol navigasi yang tersediadi samping layar, saat ingin mengakses menu pengaturan alias tidak bisa melakukan setting dengan menyentuh layarnya

Kesimpulan

Fujifilm X-T100 pada dasarnya merupakan pilihan mirrorless terbaik di rentang harga tersebut, mengingat harganya terjangkau namun memiliki spesifikasi yang sudah lumayan canggih.

Saya pikir kamera ini sudah cocok untuk keperluan sehari-hari, seperti dokumentasi dan traveliing.

Tapi, pada akhirnya pilihan kembali lagi kepada anda.



Loading...


Bagikan

Penulis

Artikel & Kopi — Denpasar, Bali, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *