Kelebihan Menggunakan VPS Hosting Cloudways : Pengalaman Pribadi

Setelah berpikir panjang, akhirnya saya memutuskan untuk memindahkan Klik Mania dari shared hosting ke VPS (Virtual privat server). Dalam artikel ini saya akan mengulas secara khusus kelebihan menggunakan VPS dari Cloudways, setelah kurang lebih 20 hari menganalisanya. (saat artikel ini dibuat)

Beberapa alasan menggunakan VPS adalah karena shared hosting tidak mampu lagi menampung trafik blog yang tinggi, CPU usage hosting tinggi/overload, hosting terus menerus down, atau layanan technical service hosting yang kurang memuaskan.

Dalam kondisi dan situasi tertentu, keputusan harus diambil secara tepat. Dalam hal ini, tetap mempertahankan hosting blog ini di shared hosting dengan kemudahan cPanel..atau migrasi ke VPS?

Sebuah pilihan yang sulit, karena banyak orang  beranggapan (termasuk saya) migrasi shared hosting ke VPS akan banyak menemui kendala. Apalagi saya sendiri belum begitu familiar dengan VPS.

Alasan inilah yang membuat banyak orang jadi malas untuk menggunakan VPS hosting.

Tetapi… ternyata anggapan saya keliru…

Setelah mengalami sendiri, ternyata menggunakan VPS jauh lebih mudah. Termasuk proses migrasi dari cPanel shared hosting ke VPS. Untuk kedepan, saya akan buatkan artikel tutorialnya

Dalam artikel ini, saya khusus akan membahas kelebihan menggunakan VPS dari Cloudways sesuai pengalaman saya sendiri.

Kelebihan Menggunakan VPS Hosting Cloudways

Kelebihan Menggunakan VPS Hosting Cloudways

Cloudways merupakan jasa penyedia VPS manage, artinya segala sesuatu tentang seluk beluk pengaturan VPS nggak perlu kita pikirkan lagi. Intinya, kita tinggal pakai dan fokus saja ke pembuatan konten.

Berbeda dengan VPS unmanage, segala sesuatunya harus kita yang melakukan. Termasuk konfigurasi server, instalasi CMS, sistem Admin, panel control ataupun security dari VPS itu sendiri. Wes, pokoknya mumet lah.

Harga

Sebelum melangkah jauh, pasti yang Anda pikirkan adalah masalah harga. Apakah mahal? karena sifatnya manage VPS.

Menurut saya pribadi, harga sewa perbulan untuk VPS manage di Cloudways beda jauh dengan penyedia jasa VPS manage lain. Sebut saja Liquidweb.com, yang mematok harga minimal $59 perbulannya dengan spec 2 vCPU 40 GB SSD Disk Space.

Perbandingan lain untuk harga VPS manage adalah InMotion Hosting ($24,99), FastComet ($59,95) atau DreamHost ($15)

Kelebihan menggunakan VPS Hosting di Cloudways adalah harganya yang murah, yaitu kisaran $7. Dengan selisih harga ini, Anda dapat menikmati fasilitas VPS tanpa harus mumet seting ini itu.

Untuk pembayaran bisa menggunakan sistem top up dengan Paypal. Tetapi untuk pertama kalinya, harus verifikasi dengan Kartu kredit. Saya sendiri menggunakan debit Mandiri (Verified by Visa) yang hanya dikenakan biaya $0,1.

Pilihan berbagai Cloud Infrastructure

Kelebihan Menggunakan VPS Hosting Cloudways

Cloudways memungkinkan Anda untuk memilih cloud infrastruktur (droplet) dari Amazon, DigitalOcean, Google, Vultr, KYUP dan Linode. Saya sendiri menggunakan Linode dengan data center singapore dengan harga $12 perbulan.

Kalau ingin cari yang agak murah Anda bisa gunakan droplet dari Vultr atau Digital ocean dengan harga kisaran $7 perbulan. Untuk masalah performance atau kecepatan, tergantung dari masing-masing Cloud server VPS nya.

Apabila berminat, Anda bisa dapatkan penawaran khusus dari Cloudways VPS disini.

Kemudahan instalasi CMS dengan 1-Click

Kelebihan Menggunakan VPS Hosting Cloudways

Unlimited aplication

Salah satu kelebihan menggunakan VPS Cloudways adalah 1-Click instalation.

Jadi semisal akan menginstal CMS WordPress, cukup dengan satu klik saja. Setelah itu blog WordPress Anda langsung bisa digunakan.

Selain itu, Anda juga bisa menginstal banyak (unlimited) blog WordPress lain dalam satu server yang sama.

Saya sendiri langsung memindahkan 3 blog saya sekaligus termasuk 1 blog toko online (Woocommerce) ke Cloudways tanpa kendala apapun.

Selain itu, Anda juga akan mempunyai IP dedicated. Artinya IP dan DNS server Anda sendiri sepenuhnya yang menggunakan dalam blog – blog Anda sendiri.

Berbeda dengan shared hosting, IP yang anda dapatkan sifatnya shared juga. Artinya, Anda harus rela berbagi IP dengan blog lain dalam satu server .

Panel control dan Server monitoring yang familiar

Berbeda dengan VPS unmanage, kelebihan menggunakan VPS di Cloudways Anda dapat memonitor server sepenuhnya. Anda dapat melakukan stop dan restart VPS sewaktu-waktu, kendali ada ditangan Anda.

Kelebihan Menggunakan VPS Hosting Cloudways

Fitur backup dan cloning server di Cloudways sangat flexibel, itu yang menjadi favorit saya. Apabila pada unmanage VPS, anda harus melakukannya secara manual dengan pengetahuan khusus.

Pada fitur SMTP, anda bisa menggunakan SMTP yang terintegrasi dengan google. Artinya, anda bisa menggunakan email google untuk menerima dan mengirimkan email dari blog WordPress Anda.

SFTP dan SSH access

Di Cloudways anda dapat mengakses server (remote server) menggunakan SSH access ataupun SFTP. Proses pemindahan atau penghapusan data bisa dilakukan menggunakan filezilla atau software FTP lain dengan mudah.

Free migration service

Seperti yang saya singgung diatas, kebanyakan blogger enggan beralih ke VPS karena sudah terbiasa dengan cPanel hosting. Kelebihan menggunakan VPS Cloudways adalah kemudahan migrasi drai cPanel ke VPS.

Saya sendiri melakukan proses migrasi blog ini dalam beberapa tahapan yang sangat mudah. Apabila Anda menemui masalah atau memang sama sekali tidak mau ambil resiko, anda bisa kirim tiket untuk migrasi gratis.

Tetapi saya yakin pasti Anda bisa, karena memang sangat mudah. Selain itu terdapat panduan yang sangat lengkap disertai dengan Video.

Silahkan lihat video migrasi nya dan dapatkan trial VPS (gratis) selama 3 hari melalui link ini.

Test Performance

Kelebihan Menggunakan VPS Hosting Cloudways

Speed test website from Jakarta, Indonesia – Chrome – Cable via https://www.webpagetest.org

Perlu diketahui, blog ini menggunakan kurang lebih 44 plugin aktif. Dengan hasil test di angka 3.19 second adalah hal yang luar biasa menurut saya.

Angka kecepatan ini jauh lebih baik dari pada sewaktu menggunakan shared hosting yang tidak pernah tembus dibawah 4 second. Satu hal lagi, saya tidak menggunakan CDN untuk performa dan kecepatan blog yang lebih baik.

CDN (Content delivery Network) dari KeyCDN sengaja saya lepas untuk melihat performa asli dari VPS. Hasilnya bisa Anda lihat sendiri.

Bagikan

Related Posts

About The Author

2 Comments

    • ganisebastian

Add Comment

shares