Internet

6 Kelebihan Menggunakan WhatsApp Web yang Jarang Diketahui Pengguna

Beberapa Fungsi WhatsApp Web yang Memudahkan Penggunanya

Meskipun dari segi tampilan tampak sama seperti di ponsel, namun ternyata ada beberapa kelebihan menggunakan WhatsApp Web atau sering disebut WA web yang belum banyak diketahui oleh pengguna.

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang mudah dan nyaman digunakan. Setiap orang bisa menggunakan aplikasi ini di smartphone mereka. Selain itu penguna juga bisa menggunakan WhatsApp melalui PC atau laptop dengan WhatsApp web.

Seperti namanya, WhatsApp web merupakan salah satu cara untuk mengakses WhatsApp tanpa melalui aplikasi, WhatsApp web sejatinya adalah fitur untuk mensinkronisasi akun WhatsApp yang ada di smartphone ke dalam komputer atau laptop.

Jadi pada intinya, isi dalam WhatsApp di smartphone dan komputer atau laptop adalah sama. Namun, ternyata ada beberapa kelebihan menggunakan WhatsApp Web yang belum diketahui oleh sebagian pengguna.

Pihak pengembang WhatsApp sendiri menyediakan WhatsApp web tentu bukan tanpa alasan. Akses WhatsApp melalui komputer atau laptop ini terutama untuk memudahkan  para penggunanya.

Apa Saja Kelebihan Menggunakan WhatsApp Web?

Karena banyak pengguna yang menggunakan WhatsApp dengan smartphone, tak banyak dari mereka yang mengetahui beberapa kelebihan WhatsApp web.

Selain berguna untuk mengirim pesan secara cepat, berikut ini adalah fungsi WhatsApp web dengan beberapa fitur menarik.

1. Hemat Waktu

Saat ini perpesanan WhatsApp banyak digunakan dalam bisnis, seperti menjawab pertanyaan client, keluhan konsumen, penjelasan suatu produk atau untuk promosi. Sebagai informasi, WhatsApp Bisnis juga bisa dijalankan dengan PC atau laptop.

Dengan menggunakan WhatsApp web, pekerjaan semacam ini akan lebih menghemat waktu. Anda bisa menyiapkan draft di komputer atau laptop untuk menjawab semua permasalahan tanpa harus berulang-ulang mengetik.

Sedangkan untuk promosi, Anda bisa mengambil gambar pilihan yang sudah tersimpan di dalam komputer sebelumnya.

2. Lebih efisien

Bagi orang yang memiliki pekerjaann yang banyak dilakukan didepan komputer, seperti mengetik, membuat dokumen dan lain sebagainya, WhatsApp Web dapat membuat waktu menjadi lebih efisien.

Mengetik di keyboard komputer akan terasa lebih cepat dibandingkan melalui smartphone. Selain itu draft hasil ketikan yang sudah dibuat lebih mudah mencarinya melalui folder yang tersimpan.

3. Mengirim file lebih mudah

Kelebihan menggunakan WhatsApp Web dibandingkan dengan smarphone adalah lebih mudah dan cepat mengirim file seperti foto, video atau dokumen lain.

File-file penting biasanya di arsipkan di dalam komputer sehingga Anda langsung bisa mencarinya tanpa harus memindagkan file ke dalam smarphone terlebih dulu.

4. Fitur cepat pencari pesan

Dengan menggunakan WhatsApp web, pengguna bisa mencari pesan dengan cepat dan mudah. Tinggal ketikkan kata di kotak pencarian pesan di pojok kanan atas, maka pesan yang dicari akan segera tampil.

menggunakan WhatsApp Web

5. Bisa melihat pesan tanpa Smartphone

Meskipun penguna tak membawa smartphone, pengguna tetap bisa melihat pesan melalui WhatsApp web, asalkan sudah melakukan login sebelumnya.

Sebagai informasi, browser dapat menyimpan login WhatsApp di komputer atau laptop dan bisa melakukan logout kapan saja.

Aktifitas ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyadap smartphone teman, kerabat atau mengawasi aktifitas anak. Tentunya, pengguna harus melakukan login terlebih dulu menggunakan smartphone mereka di komputer.

6. Lebih ringan dan menghemat kuota internet

Kelebihan menggunakan WhatsApp web adalah akses yang lebih cepat. WhatsApp web merupakan program yang langsung dibuka melalui browser, jadi bisa dibuka lebih ringan dan menghemat kuota.

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Komputer atau Laptop

Setidaknya ada 4 cara menggunakan WhatsApp di PC atau laptop, baik untuk sistem operasi Windows atau mac OS.

1. Menggunakan fitur WhatsApp web

Cara menggunakan WhatsApp web di laptop ini sangat mudah, pengguna juga tak perlu menginstal aplikasi apapun di laptop, jadi akan lebih ringan dan cepat.

  • Buka halaman WhatsApp Web dengan menggunakan browser di komputer atau laptop: https://web.whatsapp.com/
  • Pada smartphone, buka juga aplikasi WhatsApp, kemudian klik tap icon menu (⋮) yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih WhatsApp Web > tap icon +
  • Selanjutnya akan tampil fitur scan barcode. Arahkan kamera pada halaman WhatsApp Web tempat barcode tesebut.
  • WhatsApp Web secara otomatis akan login setelah barcode berhasil di-scan.

2. Menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop

Penguna juga bisa membuka WhatsApp web di PC atau laptop melalui aplikasi WhatsApp dekstop. Namun sebelumnya harus mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut.

Aplikasi WhatsApp dekstop ini tersedia untuk Windows dan mac OS.

Setelah aplikasi terinstal, pengguna tidak perlu login setiap kali membuka aplikasi seperti pada WhatsApp Web.

Cukup satu kali login dan selanjutnya akan otomatis login setiap aplikasi kali dibuka, dengan syarat smartphone dalam keadaan hidup.

3. Menggunakan WhatsApp Desktop dari Microsoft Store

Bafi pengguna Windows 10 bisa menggunakan WhatsApp Desktop yang bisa diunduh melalui Microsoft Store.

Native app dari Windows ini jauh lebih ringan karena memang dirancang khusus untuk pengguna Windows 10.

Setelah aplikasi di unduh dan di instal, pengguna bisa login ke WhatsApp web seperti cara yang sudah dijelaskan diatas.

4. Menggunakan WhatsApp di PC atau laptop dengan emulator

Untuk membuka WhatsApp di komputer atau laptop ini, pengguna tak perlu menginstal aplikasi WhatsApp di smartphone, cukup dengan ponsel jadul untuk verifikasi nomor telepon.

Cukup instal emulator seperi Bluestack di laptop, setelah itu instal aplikasi WhatsApp di emulator tersebut dan verifikasi dengan nomor telepon. Setelah itu WhatsApp sudah bisa digunakan.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close