Review ProdukTekno

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A8+

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy A8 – Di awal tahun 2018 ini, Samsung memang sedang gencar-gencarnya merilis berbagai produk andalannya. Di tengah kabar heboh rilisnya seri Galaxy S9 dan Galaxy Note yang segera meluncur, Samsung juga sudah merilis seri lainnya beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya, Samsung sudah unjuk gigi terlebih dahulu dengan menghadirkan smartphone A series dengan tipe Galaxy A8 dan A8 Plus.

Seri ini memang bisa dibilang sebagai penerus dari Galaxy A5 dan Galaxy A7 yang dirilis sebelum-sebelumnya. Kedua versi smartphone ini dianggap mempunyai sejumlah keunggulan dibanding smartphone pendahulunya.

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A8+ yaitu soal penyebutan kedua smartphone ini sebagai perangkat semi-flagship.

Apa itu semi-flagship? Bagi yang belum tahu, istilah semi-flagship ini merujuk pada perangkat yang hampir menyerupai level high-end meskipun harganya berada di level middle-end.

Singkatnya, perangkat semi-flagship ini menawarkan alternative kepada pengguna middle-end untuk menikmati sisi eksklusif sebuah perangkat premium dengan harga yang lebih terjangkau.

Perbandingan Galaxy A8 dengan Galaxy S9

Keunggulan yang dihadirkan dari kedua seri ini juga bisa kita lihat dari kualitas kamera yang bisa dikatakan sudah mampu mengimbangi ponsel-ponsel selfie kelas atas.

Meskipun begitu, pihak Samsung tidak secara langsung menyebut bahwa Samsung Galaxy A8 dan Galaxy A8+ ini adalah smartphone selfie.

Loading...

Kalau kita bandingkan, Samsung A8 ini sudah bisa bersaing dengan kompetitornya seperti Oppo F5, Asus Zenfone 4 Selfie dan Vivo V5.

Kita tentu tahu dalam hal ini Samsung tidak mungkin mengusung kamera selfie kualitas tinggi ke dalam seri Galaxy S9 dan Galaxy Note S9. Hal ini dikarenakan seri S9 dan Note S9 lebih cocok digunakan untuk produktivitas pengguna daripada menonjolkan ‘kamera selfie’.

Maka dari itu, sebagai bentuk menarik pasar, mereka akhirnya merilis Samsung Galaxy A8 terlebih dahulu baru kemudian Galaxy S9.

Kelebihan Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A8+ serta Perbandingannya

Kelebihan Samsung Galaxy A8
Kelebihan Samsung Galaxy A8 – source image : CNET

Untuk spesifikasinya sendiri, Galaxy A8 dan Galaxy A8+ juga tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Perbedaan yang mungkin bisa kita bedakan dari segi RAM/ROM dan daya beterai kedua smartphone ini.

Perlu kamu tahu, Samsung Galaxy A8 ditenagai RAM 4 GB/ ROM 32 GB dan daya baterai 3.000 mAh, sedangkan Samsung Galaxy A8+ ditenagai RAM 6 GB/ROM 64 GB dan daya baterai 3.500 mAh.

Layar Galaxy A8 memiliki ukuran sekitar 5,8 inch, sedikit lebih kecil dari Galaxy A8 Plus yang memiliki ukuran 6 inch. Meskipun begitu, kedua seri tersebut sudah didukung layar jenis Super Amoled ciri khas Samsung.

Jenis layar yang seperti ini mempunyai beberapa keunggulan seperti gambar yang dihasilkan jauh lebih jernih, desainnya minimalis, kuat dari sinar matahari dan anti gores.

Selain itu, dari segi kualitas juga lebih bagus dibanding smartphone sekelasnya seperti ASUS Zenfone 4 Selfie Pro Oppo F5 dan Vivo V7.

Dari segi desain atau bentuk fisiknya, Samsung Galaxy A8 sepertinya lebih mainstream karena di sisi kanan kirinya tidak dibuat melengkung seperti pada Galaxy S8.

Namun, ini tentu tidak terlalu menjadi masalah serius pasalnya kedua seri ini memiliki keunggulan tersendiri dari segi kamera depannya.

Kalau dual kamera milik Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 berada di kamera belakang, maka pada Samsung Galaxy A8 dan A8+ ini justru berada di depan kamera.

Dengan adanya dual kamera ini diharapkan dua seri ini bisa menampilkan efek bokeh/blur menjadi lebih maksimal.

Kamera ini diprakarsai kamera berkualitas tinggi dengan kamera 16MP + 8MP pada kamera depan dan 16MP pada kamera belakangnya.

Tingkat ketajaman efek blur pada kamera juga bisa diatur sesuai keinginan pengguna untuk mendapat hasil yang lebih memuaskan.

Untuk pengaturan selfie beauty effect pada Galaxy A8 sepertinya tidak sekomplit ASUS Zenfone 4 Selfie namun tak sesederhana Oppo F5. Jadi, bisa dibilang pengaturan selfie beauty effectnya cukup bagus.

Fitur lainnya yang juga cukup menarik yaitu Slim Face yang memungkinkan perubahan wajah pengguna dari yang temben menjadi agak tirus dan fitur Food Mode yang bisa menghasilkan gambar dengan lebih detail.

Kekurangan Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A8+

Sepintas, kelebihan Samsung A8 memang cukup banyak untuk kita ulas. Namun, bukan berarti Samsung Galaxy A8 tidak memiliki kekurangan.

Kekurangan kamera selfie A8 ini mungkin bisa kita lihat ketika mengambil foto selfie dengan wide angle, hasilnya seperti terlalu dekat kalau tidak memakai tongsis. Sementara itu, fokus kamera ketika selfie juga sering bertumpu pada satu objek saja.

Untuk smartphone yang harganya setara dengan Galaxy A8, biasanya sudah dilengkapi dengan tampilan video kualitas 4K. Tetapi nampaknya Samsung Galaxy A8 ini masih berada di tingkat Full-High Definition (FHD) alias 1080p/30 fps.

Bagi yang belum tahu, harga Galaxy A8 dipatok seharga Rp 6.599.000 sedangkan Galaxy A8+ dipatok seharga Rp 8.099.000, Meski cukup mahal, namun untuk masalah kualitas sepertinya tidak perlu diragukan lagi.

Kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy A8 & Galaxy A8+ ini bisa jadi pertimbanganmu sebelum membelinya. Kalau kamu ingin membelinya, kamu bisa membelinya secara online di Lazada atau membeli secara langsung di gerai terdekat di kotamu.

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A8+ Secara Singkat

Kelebihan Samsung Galaxy A8
Perbedaan Samsung Galaxy A8 dan Galaxy A8+

Kelebihan

  1. Desain stylish dan tidak terlalu pasaran dengan body kokoh dan finishing yang rapi
  2. Didukung slot microSD khusus, di luar dual slot SimCard
  3. Bisa digunakan untuk semua operator 4G di Indonesia, termasuk smartfren dan Bolt
  4. Sudah support jaringan 4.5G, saat nanti sudah ditawarkan oleh operator
  5. Hasil kamera bagus, baik kamera belakang maupun depan. Untuk kamera depan sekelas para pesaingnya seperti Vivo V5, Zenfone 4 Selfie dan Oppo F5.
  6. Audio cukup keras dan jernih dengan penempatan speaker yang apik
  7. Performa kencang dan mulus, bisa menjalankan game berat dan banyak aplikasi tanpa lag
  8. Baterai cukup awet dan bisa cepat mengisi daya (fast charging)
  9. Tampilan layar sangat detail dan jernih dengan warna yang hangat
  10. Sudah mengusung teknologi tahan air dan debu (IP68)

Kelemahan

  1. Harga terbilang mahal dibanding smartphone sekelasnya
  2. Face Recognition mungkin sedikit kesulitan mengenali wajah pengguna dalam kondisi remang-remang, cahaya berkedip atau mengubah aksesoris yang dipakai seperti kacamata atau topi
  3. Belum ada pengaturan Shutter Speed di kamera baik di depan atau belakang

Baca juga: Galaxy S9 Enterprise Edition Resmi Dirilis, Apa Bedanya dengan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus?

Sebagai penutup, mungkin ada sebagian dari kita yang bertanya-tanya mengenai siapa yang lebih bagus diantara keduanya.

Nah, melalui situs benchmark Komovil, skor untuk kedua seri smartphone tersebut ternyata memberikan nilai sama yaitu sekitar 132.496. Ini berarti Samsung Galaxy A8 Plus unggul dari sisi ukuran dan layarnya yang lebih luas.

Soal performa, mungkin sama saja dengan Samsung Galaxy A8 yang notabene sedikit lebih murah harganya. Jadi, kalau kamu tidak mau rugi dan menyesal dikemudian hari, ya beli saja Galaxy A8. Atau kalau dirasa nanggung menggelontorkan uang 8 juta, lebih baik untuk beli Samsung S8 atau S9 sekalian.

Saran saya lainnya, tunggu saja hingga harga Samsung Galaxy A8 ini turun dari harga pasaran saat ini. Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya pengeluaran sekian persen hanya untuk sekadar membeli sebuah smartphone.



Loading...

Baca selengkapnya

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *