Internet

1 Hari Bisa Puas Keliling Semarang Jalan-jalan Santai

Hai Sobat Klik Mania. Berhubung masih dalam nuansa liburan, terutama untuk anak anak kuliahan. Nah kali ini saya akan memberikan rekomendasi tempat liburan yang populer di Semarang.

Lebih tepatnya kota Semarang. Siapa tahu sobat Klik Mania ada yang berminat untuk menghabiskan waktunya di Semarang. Cocok banget dengan tema postingan kali ini. Oke dari pada lama langsung saja kita simak

Siapa yang tidak tahu Kota Semarang?

“Anak TK kecil mas. Pasti banyak yang nggak tahu apa itu Semarang.”

“Oke bukan begitu maksud saya.”

Ya! Maksud saya mayoritas orang Indonesia pasti tahu lah yang namanya Kota Semarang. Jika tidak tahu mungkin geografinya remedial terus. Heheh. Semarang adalah sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah.

Dimana Semarang adalah Ibu Kota Jawa Tengah. So pasti kota ini bakal terkenal. Ya iyalah namanya juga ibu kota. Saya juga tertarik untuk berkuliah disini karena Semarang adalah ibu kota.

semarang

Loading...

Kenapa ibukota lebih bikin tertarik. Karena menurut saya sendiri ibukota itu pasti besar. Padat dan pastinya lebih maju dari kota lain yang di satu pulau namun bukan ibukota dan benar dugaan saya.

Semarang adalah kota yang cukup besar. Padat. Karena masih sering terjadi kemacetan disana. Apalagi jam orang pulang kerja seperti jam 5 – 6 sore wah itu macetnya hampir menyaingi ibukota Jakarta.

Namun kali ini saya tidak ingin menjelaskan mengenai kekurangan yang ada di Semarang. Melainkan saya akan menjelaskan tempat wisata apa saja yang terkenal di Semarang. Apalagi buat sobat Klik Mania yang ingin ke Semarang tapi tidak tahu mau kemana saja.

Atau bingung mau ke tempat wisata yang mana saja? oke saya akan memberitahukan sesuai dengan jalur yang pas. Jadi enak kan nggak boros-boros bensin. Oke langsung saja kita bahas.

Tempat Wisata Semarang

semarang - SAM POO KONG
SAM POO KONG via http://farm6.staticflickr.com

1. SAM POO KONG

Sam poo kong. Dari namanya bisa ditebak jika tempat ini ada hubungannya dengan nuansa Cina atau chinese. Jika kalian mengira tempat ini ada nuansa Chinese kalian benar sekali.

Karena memang disini jelas suasanyanya seperti berada di kuil kuil cina. Sebenarnya Sam Poo Kong ini adalah tempat sembayang. Tapi sekarang sudah dibuka menjadi tempat wisata.

Jadi nama lain Sam Poo Kong ini adalah Kelenteng Gedung Batu. Jadi asal mula tempat ini adalah ada yang tahu? Jadi ini awalnya adalah tempat pendaratan Laksamana Cheng Ho.

Letak kelenteng ini berada di Simongan, daerah Simongan itu berada di bagian barat daya kota Semarang. Tenang aja, buat kalian yang nggak tahu lokasinya. Tidak perlu membawa kompas seperti petualang gunung ya.

Karena Sam Poo Kong ini sudah terkenal banget kok di Semarang. Jadi kalian bisa pake google map. Atau aplikasi map lainnya ya.

Sedikit Sejarah Sam Poo Kong

Jadi menurut cerita legenda. Laksamana Cheng Ho ini berlayar melintasi Laut Jawa. Tetapi ditengah perjalanan tiba-tiba banyak awak kapal Cheng Ho yang jatuh sakit. Saya tidak tahu jelasnya. Mungkin pada saat itu lagi musim penyakit.

Maka dari itu Laksamana Cheng Ho memutuskan untuk mendarat. Alias memberhentikan pelayarannya dan menepi ke pantai utara Semarang. Katanya untuk membuag sial. Setelah sampai Cheng Ho mendirikan Masjid ditepi pantai.

Namun sekarang Masjid tersebut berubah alih menjadi sebuah Kelenteng yang bernama Sam Poo Kong. Setelah mendirikan Masjid Cheng Ho kembali berlayar. Namun awak kapanya tidak ikut semuanya.

Ada beberapa yang tinggal di Semarang dan menikah disana. Mereka bisa bertahan hidup karena bekerja dengan cara bercocok tanam. Karena sebelum itu Laksamana Cheng Ho sudah mengajarkan mereka tentang ilmu bercocok tanam.

Laksamana Cheng Ho sudah dianggap sebagai Dewa. Karena bagi kepercayaan umat Kong Hu Cu orang yang telah meninggal bisa memberikan mereka sebuah pertolongan. Seperti Laksamana Cheng Ho ini.

Tahu Kah kalian? Di dalam Sam Poo Kong sendiri terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang ukurannya tinggi banget. Tidak hanya diluar bangungan.

semarang

Didalam kelenteng juga terdapat Patung patung Sam Po Tay Djien dan juga sebuah Altar. Maka dari itu banyak dari pengunjung yang datang untuk berdoa. Atau sekedar menghormati Dewa mereka. Ada juga yang datang untuk memohon berkat.

Wisata terdekat dari bandara

Bisa dibilang Sam Poo Kong adalah tempat wisata terdekat jika dari Bandara. Karena bisa sejalur Sobat. Jika kalian menggunakan pesawat. Jika kalian ngetrip pakai motor. Sama kasusnya.

Juga sama dekatnya. Namun kalian masih harus jalan lagi sekitar 30 menit dari jalan Jatinaleh. Disarankan melewati jalan tembus Universitas Katolik Soegijapranata. Karena bakalan lebih dekat.

Untuk harga masuk ketempat ini cukup murah. Kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Untuk harga masuk normal sekitar 3-10rb. Tidak mahal bukan.

Jika kalian tidak mau sembayang. Kalian bisa foto-foto gokil ala anak hitz. Karena disana pemandangannya bagus banget. Sudah kayak kota kota cina gitu. Foto ala ala shanghai.

2. Tugu muda semarang

semarang
Tugu Muda via https://id.wikipedia.org

Jika kalian berada di Sam Poo Kong. Destinasi selanjutnya adalah Tugu muda. Kenapa tugu muda? Karena jika kalian dari Sam Poo Kong menuju ke Tugu muda hanya memakan waktu yang singkat.

Jika jalanan kosong mungkin hanya memakan waktu 5 menitan. Nanti kalian juga melewati rumah sakit Kariyadi. Dimana rumah sakit ini adalah rumah sakit yang namanya diambil dari Pahlawan yang membela kota Semarang.

Sesampai di Tugu Muda. Nah ini lokasi yang strategis. Kenapa saya bilang ini lokasi yang strategis? Karena di lokasi Tugu muda ini terdapat beberapa tempat wisata sekaligus.

Sebenarnya Tugu muda nggak ada apa-apanya. Hanya sebuah tugu. Ya tugu batu gitu. Pas awal saya datang ke Semarang, saya nggak menyangka bahwa itu adalah Tugu muda.

Karena jika sekilas kalian lihat. Tugu Muda itu ukurannya kecil banget. Jangan kalian berekspetasi bahwa tugu muda itu sebesar monas. Atau segede menara di paris. Nggak! Karena ukuranya kecil.

Kalian hanya bisa berfoto – foto ria disana. Saya tidak menyarankan untuk kesana siang-siang sih. Karena panas broh. Tapi berhubung kita mengambil jalur yang enak untuk jalan-jalan.

Sejarah Tugu Muda

Jadi tugu ini dibuat untuk mengenang pertempuran lima hari di Semarang. Mungkin sobat klik mania tahu sejarahnya. Apalagi anak-anak ips. Wah pasti tahu lah. Orang makanan sehari harinya seperti itu.

Jadi di Tugu muda itu relief ada lima relief itu berbeda beda maksudnya. Yang pertama ada Relief Hongerodeem, yang kedua adalah Pertempuran, yang ketiga adalah Penyerangan, yang ke empat adalah Relief Korban, dan terakhir adalah Relief Kemenangan.

Tiap relief, memiliki arti yang berbeda-beda. Seperti Relief Hongerodeem, memiliki pengertian yang mengambarkan kehidupan rakyat indonesia yang menderita pada zaman penjajahan Jepang Belanda.

Relief pertempuran, dimana relief ini mengambarkan semangat pejuangan, serta keberanian para pemuda Semarang dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Relief Penyerangan, relief ini merupakan relief perlawanan, antara pejuang kemerdekaan. Dalam melawan penjajah.

Relief Korban, relief ini menggambarkan banyaknya korban yang meninggal dalam perperangan ini.

Relief Kemenangan, relief kemenagan ini. Menggambarkan hasil jerih payah dan pengorbanan yang telah membasahi bumi Semarang.

3. Lawang Sewu

Lawang sewu letaknya sangat dekat dengan tugu muda. Kalian tidak perlu naik motor untuk ke lawang sewu. Kalian cuma hanya perlu nyebrang jalan dan sampai. Wah dekat banget kan?

Lawang sewu sendiri adalah tempat yang cukup horror. Kata banyak orang. saya sendiri tidak merasakan adanya hal mistis saat mengunjungi tempat ini. Lawang sewu sendiri berarti seribu pintu.

Kenapa disebut seribu pintu. Karena di lawang sewu terdapat banyak pintu. Makanya disebut dengan seribu pintu. Mungkin untuk lebih lanjutnya kita akan membahas mengenai sejarah singkat lawang sewu.

Sejarah Singkat lawang sewu

Jadi bangunan ini dibangun pada tanggal 27 februari 1904. Jadi jaman dulu namanya bukan lawang sewu. Nama lainnya adalah Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat NIS) wah susah banget tuh namanya.

semarang

Gedung ini memiliki tiga tingkat, dengan desain yang belanda banget. Gedung ini didesain oleh Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Desainer ini berasal dari Amsterdam Belanda.

Pembangunan lawang sewu ini dimulai pada 27 Februari 1904 dan selesai 1907. Sudah.

Lanjut. Karena hanya sejarah singkat jadi nggak perlu panjang-panjang. Berhubung lawang sewu terkenal dengan angkernya mari kita bahas sedikit mengenai ke angekeran tempat yang satu ini.

Jadi konon katanya dilawang sewu itu banyak penunggunya. Ya jelas karena disana jika kalian tahu. Lawang sewu itu adalah markas belanda. Dimana dibawah lawang sewu ada penjara bawah tanahnya.

Hantu lawang sewu

Lantas penunggu apa aja yang didalam lawang sewu. Dalam lawang sewu konon katanya ada penunggu wanita berambut panjang. Katanya hantu wanita ini sering berjalan disepanjang lorong. Lebih seremnya lagi wanita ini berjalan dengan tatapan kosong. Wih serem.

Aroma aneh penjara berdiri. Jadi penjara bawah tanah itu modelnya berdiri sob. Dimana didalam penjara bawah tanah itu adalah tempat pembunuhan yang mengerikan.

Dimana didalam lubang itu dimasukkin 5-6 orang, kedalam lubang yang berukuran, 60cm x 1. Lalu mereka ditutup menjadi satu. Jika mereka tidak mati maka mereka akan dipenggal secara sadis. Maka dari itu sering tercium bau anyer darah.

Yang ke tiga. Teriakan dari dalam sumur. Jadi didepan lawang sewu itu ada sumur yang tidak pernah dibuka. Dimana sumur tersebut berbentuk tembok beratap genting berwarna merah.

Sampai sekarang saya tidak tahu dimana letak sumur yang satu ini. Karena memang letaknya yang misterius. Mungkin dari pihak pengolah termpat wisata ini, sengaja menyembunyikan letak sumur tersebut.

Mitos Noni belanda Lawang sewu

Selain itu yang ke empat ada Suara Jeritan Noni Belanda. Suara jeritan ini adalah suara yang berasal dari arwah noni belanda pada jaman dulu. Suara jeritan ini dikarenakan ketakutan noni belanda yang melihat secara langsung pembantaian tentara belanda oleh tentara jepang.

Maka tak heran jika ada suara jeritan noni belanda ini pasti akan ada suara susulan seperti suara sepatu tentara belanda yang menyusul dari belakang. Wah kompak sekali mereka.

Tidak hanya itu masih ada kisah misterius lainnya seperti sosok yang memperhatikan. Oke! Buat para jomblo jangan baper dulu. Saya tahu walaupun jomblo banyak yang kurang perhatian tapi tolong jangan mencoba hal tersebut disini.

Kenapa? Karena ini adalah penampakan hantu bukan orang yang bakal memperhatikan kalian mblo. Ya kali kalian diperhatikan sama makhluk halus. Yang ada kalian nggak balik lagi ke dunia nyata. Serem cuy.

Jadi sosok yang memberhatikan ini kerap kali muncul dilantai 3 lawang sewu. Ini menurut mitos seperti ini. Coba aja sob kalian perginya malam hari. Wah. Kalau saya perginya siang hari jadi tidak terlalu menyeramkan menurut saya.

Sosok yang memperhatikan ini akan melihat kalian dari kejauhan. Katanya. Apalagi jika kalian memasuki tempat pemengalan yang ada disekitar sana. Bahkan katanya alat pemengal dan pemasung juga masih ada disana. Cuma tidak terbuka untuk umum.

Tertarik mencoba? Kalian harus mengeluarkan uang sekirar 15-20an ribu bahkan bisa lebih jika hari libur. Karena harganya juga bakal berubah-ubah setiap saat. Tergantung perkembangan jaman.

4. Kota lama Tempat nostalgia di Semarang

semarang
Kota lama semarang via http://www.indonesia-heritage.net

Jika kalian kepingin mengenal lagi mengenai lawang sewu. Kalian bisa memakai jasa pemandu. Jika tidak salah ada jasa pemandunya. Saya pernah melihat soalnya. Tapi saya tidak ikut karena orang-orangnya tidak ada yang saya kenal.

Setelah dari lawang sewu. Paling enak jika sore harinya kalian habiskan di kota lama atau kota tuanya Semarang. Dimana disini masih tersimpan nuansa lama yang ada dikota Semarang.

Namanya juga kota lama pasti nuansanya kuno. Disana kalian bisa melihat gereja Kristen khas Semarang yang terkenal juga. Namanya Greja Blenduk. Gereja ini berusia lebih dari 200 tahun loh.

Kebayang kan sudah berapa lama gereja ini berada di Semarang. Jadi tak salah jika gereja Blenduk ini dipulih menjadi ikon kotalama Semarang. Gereja ini dibangun pada tahun 1753 namanya bukan gereja Blenduk tetapi NEDERLANDSCHE INDISCHE KERK.

Karena usianya yang sudah cukup lama. Ya bukan cukup lama, memang sudah lama banget. Makanya gereja ini sudah mengalami perubahan beberapa kali. Perubahan tersebut pada tahun 1756, 1787, dan 1794. Bangunan gereja yang saat ini adalah bangunan gereja yang telah di renovasi pada tahun 1894.

Tidak banyak yang bisa kalian lakukan di sini. Ya paling hanya foto-foto dan menikmati kopi di salah satu kedai yang cukup ternama di kota lama. Letak kedai kopinya tidak jauh dari gereja ini.

Saya lupa apa nama kedai kopi ini. Tampilan kedainya cukup classic. Buat kalian yang ingin merasakan nuansa lamanya kota lama. Cocok banget untuk nongkorong di kedai kopi yang satu ini.

Kulineran di Semarang

Jika mengunjungi Semarang jangan lupa mencoba kulinernya. Karena diSemarang kulinernya juga cukup terkenal. Ada yang tahu kuliner apa yang terkenal disana? Apa hayo? Ada yang tahu nggak?

Lumpia khas Semarang

Lumpia Rolls
Lumpia Rolls via www.bukumasakan.com

Lumpia! Yap benar sekali. Lumpia adalah makanan khas Semarang. Mungkin model lumpia yang ada diSemarang beberbeda dengan lumpia yang ada di daerah sobat masing-masing. Kenapa? Karena lumpia yang ada di Semarang mempunyai aroma yang cukup aneh.

Pertama saya merasakannya juga aneh sob. Bahkan jika kalian mendekat ke gerobaknya juga aneh aromanya. Aroma aneh tersebut disebabkan oleh aroma rebung yang terdapat dalam lumpia. Jadi rada aneh aromanya.

Jika kalian mau menikmati lumpia ini kalian bisa pergi ke jalan mataram yang ada di Semarang. Disana terdapat banyak kios penjual lumpia. Harga yang ditawarkan juga beragam. Tergantung sobat memilih penjualnya.

semarang
Bandeng presto via http://indonesianparadise.net

Bandeng Presto

Merasakan enaknya bandeng yang lembut dan aroma yang menggoda pastinya. Jika kalian penggemar makanan laut. Ini cocok banget buat kalian. Pergilah ke jalan Pandanaran. Maka disana kalian dapat menemukan banyak toko yang menjual bandeng.

Sesuai dengan namanya. Bandeng ini dipresto jadi teksturnya lebih lembut. Bahkan tulang-tulangnya juga jadi lembut. Seakan tidak ada tulangnya sob. Untuk rasa? Jangan ditanya sudah pasti top top markotop alias maknyuss.

Mayoritas para penjual bandeng presto ini menggunakan ikan yang memang diawetkan. Jadi ikanya mempunyai struktur yang basah. Saya tidak tahu bagaimana system pengawetan ini. Yang jelas sistem pengawetannya sehat.

Mungkin yang membuat bandeng ini bisa bertahan lama adalah proses pengemasan. Sehingga bandeng bisa kalian bawa sebagai oleh oleh buat keluarga kalian disana. Jangan takut kehabisan. Karena di sepanjang jalan pandanaran terdapat banyak penjual dengan toko yang besar.

Untuk harganya beragam. Sekitar 100rb an. Tergantung sobat dalam memilih. Mungkin ada yang lebih murah lagi. Namun untuk angka segitu tidak masalah. Karena yang diberikan juga makanan yang enak dan pastinya bergizi.

Semawis

Semawis, ya mungkin bagi pengunjung baru ini terdengar sedikit aneh. Ini adalah tempat kuliner chinese di Semarang. Biasanya disebut dengan Pecinan. Letaknya tidak jauh dari kota lama. Jadi sobat bisa langsung ke semawis ini.

Namun sangat disayangkan. Karena semawis ini bukanya pas malam saja. karena memang lokasi yang dipakai kalau pas siang masih pasar dagang seperti biasa. Namun pas malam tempat ini berubah jadi surga kuliner.

Harga yang ditawarkan berbeda-beda. Jika saya ukur dengan kekuatan dompet anak kost. Makan disini mahal-mahal sob. Tapi rasa yang diberikan setara dengan apa yang ada sih sob. Lumayan enak.

Sate babi Semarang

Makanan yang ada disana juga beragam. Sobat maunya apa? Jika kalian non muslim disana tersedia sate babi yang menjadi item yang sangat laris dijual. Pola pemasakan sate ini plersis dibuat layaknya pembuatan sate kambing

Jadi buat sobat yang kepingin mencicipi silahkan. Harga untuk sate ini memang cukup mahal. Untuk 5 tusuknya seharga 35 ribu. Namun daging yang ada cukup tebal dan enak. Karena penyajiannya yang seperti sate kambing.

Selain itu disana juga ada menjual sop buah atau es buah yang lezat. Terdiri dari campuran buah buahan yang sanngat segar. Seperti apel. Buah naga, jambu, anggur, dan masih banyak lagi campuran buahnya.

Yang jelas lidah anda anak dimanjakan oleh berbagai rasa yang ada dalam sop buah tersebut. Untuk kalian yang suka buah-buahan boleh mencoba makanan yang satu ini.

Seafood semawis

semarang
Pasar semawis via http://hellosemarang.com

Oh iya di semawis juga ada kios yang menjual seafood. Jadi buat kalian yang suka makanan laut bisa mencoba seafood yang ada di sini. Ada ikan goreng, ikan bakar. Selain ikan juga ada udang. Kerang dan olahan laut lainnya.

Jika kalian main ke semawis bisa dibilang kalian akan mendapat banyak godaan. Karena aroma disana lezat-lezat pastinya. Bisa dibilang ini food court terbesarnya Semarang. Ini sudah terkenal banget di Semarang.

Meski letaknya cukup jauh dari pusat kota. Namun ke eksisan pecinan atau semawis ini tidak luntur. Terbukti tiap malam pasti semawis dipenuhi orang-orang. sampai-sampai orang yang makan juga berdesakan.

Jalanan di sekitar pecinan juga ramai. Jadi kalian harus parkir motor terlebih dahulu. Baru kalian jalan kaki ke dalam jalan pecinannya. Tapi tenang aja. Didalam ada meja dan kursi kok jika kalian mau sambil makan.

Namun kalian tahu sendiri lah melihat kondisi pecinan yang ramai banget. Pasti kalian bakalan berebutan tempat makan karena ramainya pecinan.

Nah bagaimana sob? Tertarik liburan kilat diSemarang? Hanya dengan satu hari kalian bisa jalan jalan sepuas kalian karena sudah tahu jalur yang kalian tuju. Oke!

Selamat liburan teman-teman semoga liburan semester kalian menyenangkan.

-RJ-



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan