Blogging

Kemampuan Seorang Blogger yang Harus Dikembangkan

Bisa dibilang menjadi seorang blogger itu sangat berbeda jauh dengan menjadi seorang jurnalis atau penulis di media. Menjadi blogger itu bukan soal kepandaian dalam merangkai kata dan mencari informasi semat. Namun ada banyak hal lainnya mengenai kemampuan seorang blogger. Nah hal tersebut itu akan saya bahas lebih lanjut dalam artikel kali ini.

Kemampuan seorang blogger itu berbeda beda, maka dari itulah tercipta keragaman yang besar. Coba bayangkan kalau blogger itu rata rata memiliki kemampuan yang sama, pasti tidak akan ada keragaman yang banyak.

Mereka yang suka dengan pemrogaman, maka dia akan menuliskan mengenai pemrogaman, dia yang ahli dalam hal kesehatan bisa membuat blog tema kesahatan, mereka sebagai musisi, dia bisa membuat blog dengan tema musik.

Seseorang memiliki kelebihan masing masing, nah hal inilah yang mendasari kenapa blog itu memiliki tema yang berbeda beda. Topik dalam blog itu dibuat sesuai dengan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan seorang blogger itu sendiri.

Saya yakin anda yang saat ini memilih menjadi seorang blogger itu memiliki kemampuan tersendiri. Karena dengan kemampuan yang anda miliki itu, bisa mengantarkan blog menjadi lebih besar. Hal ini pulalah yang menjadikan anda harus meningkatkan kemampuan tersebut dari waktu ke waktu.

Kemampuan seorang blogger yang harus dikembangkan

Inilah beberapa kemampuan seorang blogger yang harus ditingkatkan. Karena jika dibiarkan begitu saja tanpa dilatih, maka akan menjadikan kemampuan itu lama-kelamaan tumpul.

1. Menulis

Kemampuan Seorang Blogger

Mungkin akan lebih baik saya bilang hal ini dengan menulis daripada mengetik. Namun jika anda bilang mengetik ya tidak apa-apa. Karena sama saja sebenarnya, yaitu mengetik maupun menulis ini dimaksudkan untuk menghasilkan karya berupa artikel, cerpen, puisi, pantun, novel dan sebagainya.

Loading...

Kita perlu mencontoh mereka yang sudah sukses dan punya nama dengan karya mereka. Kita perlu belajar dari mereka bagaimana cara agar bisa menulis dengan baik dan cepat serta ide selalu muncul begitu saja saat kita sedang nulis.

Kemampuan seorang blogger ini tidak akan sempurna begitu saja tanpa banyak latihan. Anda bisa mempelajari teknik-teknik menulis sesuai dengan teori atau membuat teori sendiri. Dengan hal ini maka anda bisa menggunakan waktu anda untuk mempelajari teknik menulis yang terbaik. Karena banyak sekali hal yang akan mengakibatkan anda tidak mampu menulis dengan baik.

Anda bisa mempelajari teori menulis dari blog blog yang sudah terkenal. Lalu diterapkan saat anda menulis. Dengan anda sedikit sedikit memahami bagaimana cara menulis yang baik dan benar, maka anda pun akan terbiasa dengan tulisan yang benar.

Membaca tulisan  kembali bisa untuk mengukur tulisan sendiri

Yang sering dilakukan seseorang untuk mengembangkan kemampuan menulis dengan baik adalah dengan membaca ulang tulisan yang kita baca. Karena ide yang muncul begitu saja saat menulis itu biasanya akan menghasilkan tulisan yang tidak beraturan. Mungkin satu kalimat singkron, namun dengan kalimat lain atau dengan paragraf lain tidak menyatu. Atau yang sering terjadi itu biasanya melompat lompat. Sudah bahas itu pada paragraf pertama, baru dilanjutkan pada paragraf 10 misalnya.

Nah hal seperti itulah yang sering saya alami sendiri. Jadi alangkah baiknya setelah menulis untuk membacanya ulang agar tulisan terlihat bagus. Dan menurut sebaian orang, kita perlu membacanya secara lisan jangan hanya di baca di dalam hati. Karena hal jika dibaca secara lisan, maka akan dengan mudah membedakan mana yang tidak enak didengar dan mana yang sudah pas untuk didengar.

Kemampuan mengetik seorang blogger harus benar benar di kembangkan. Karena dari situlah anda bisa lebih produktif. Misal anda bisa menulis dengan kecepatan 90 KPM dengan pembuatan ide 20 menit perseribu kata, maka dalam setengah jam, anda sudah bisa menghasilkan hampir seribu kata. Tentu ini sangat produktif jika ingin menjadi penulis yang hebat.

Usahakan blogger mampu menulis dengan cepat, nah hal ini pula yang perlu anda kembangkan. Anda kalau ingin menjadi penulis profesional, seharusnya tidak lagi menggunakan 11 jari. Melainkan gunakan 10 jari saat mengetik. Selain memudahkan menulis, kita juga akan lebih cepat dalam menyelesaikan artikel.

Saya sendiri pada awal awalnya saat menulis menggunakan 10 jari setelah biasanya hanya menggunakan beberapa jari saja, awalnya terasa kaku, dan hasilnya pun sangat kecil, hanya 15-30 kata per menit. Namun karena sering latihan dengan mengetik secara baik dan benar, maka secara tidak langsung membuat saya semakin lama semakin baik dan semakin cepat dalam menulis.

Utamakan kualitas tulisan

Selain itu, kita juga perlu mengembangkan kualitas tulisan. Buatlah yang lebih berbobot dan isinya benar benar mengena. Hal ini akan sangat potensial jika anda serius untuk menggarapnya. Karena jika tulisan kita bagus, maka kita akan mampu membuat tulisan seolah olah kita ini orang yang berbakat tentang hal tersebut.

Kalau perlu, kemampuan seorang blogger yang harus ditingkatkan dalam menulis adalah kemampuan mempengaruhi orang lain. Atau bisa juga disebut dengan teknik menulis copywriting. Hal ini kan menjadikan anda semakin berbakat dalam mempengaruhi orang lain.

Bayangkan jika anda dapat mempengaruhi orang lain. Jika butuh uang, maka anda tinggal membuat iklan yang berisikan tulisan copywriting, maka anda akan menemuan banyak pembeli. Anda perlu membuat tulisan yang mampu mempengaruhi psikologi pembaca.

Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa anda lakukan dengan menulis. Namun saya disini tidak akan membahas lebih lanjut, mungkin dalam artikel lain akan saya bahas mengenai seni menulis dan mengetik yang baik benar dan dapat memperngaruhi penjualan.

Intinya anda harus semakin banyak latihan menulis maka kemampuan menulis anda semakin hari semakin baik. Teraturlah dalam menulis. Anda harus punya target sendiri. Misalnya dalam 1 hari minimal harus bisa menciptakan artikel sebanyak 2 artikel. Dengan kedisiplinan dan kekonsistensian yang anda miliki, semakin lama kemampuan menulis akan semakin membaik.

2. Membaca

Kemampuan Seorang Blogger

Membaca adalah hal yang sangat penting untuk dikembangkan oleh seorang blogger. Karena dengan sering membaca maka anda akan menemukan banyak referensi yang sesuai dengan topik yang bisa dibahas dalam blog.

Jika sering membaca artikel dari berbagai refernsi, maka anda akan menemuan banyak hal. Bahkan kita akan menemukan peran lain. Misalnya kita bukan seorang blogger, namun kita bisa menulis mengenai materi kesehatan, bahkan lebih baik dari dokter itu sendiri. Atau juga misal kita bukan politikus, namun kita bisa menulis artikel yang lebih kompleks dan lebih baik daripada politikus itu sendiri.

Itu karena kita punya referensi yang bagus yang ditambah dengan kemampuan menulis yang bagus. Tanpa membaca, kita tak akan bisa mendapatkan referensi dan pengetahuan tentang topik yang ingin kita bahas.

Bahkan saya sendiri sebelum menulis artikel, saya selalu mencari referensi hingga 5 artikel. Karena dengan semakin banyak menemukan referensi, kevalidan dari artikel itu bisa kita pertanggungjawabkan. Terutama apabila kita memiliki suatu masalah dalam artikel, maka kita bisa dengan mudah menyangkalnya karena artikel kita lengkap.

Membaca merupakan kemampuan seorang blogger yang perlu ditingkatan lebih banyak lagi. Karena menurut beberapa riset, semakin seseroang banyak membaca, maka itu bisa membuat dia semakin produktif dalam menulis.

Itu memang benar, saya sudah membuktikannya sendiri. Saat saya sering membaca, saya merasakan ide lebih sering muncul untuk menciptakan suatu artikel. Nah hal inilah yang akan menjadikan kita semakin baik lagi kedepannya terutama dalam hal produktivitas.

3. Desain dan membuat gambar

Kemampuan Seorang Blogger

Apakah anda termasuk seorang blogger yang memiliki kemampuan dalam mendesain, membuat foto dan gambar? Jika ya, selain bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan melalui blog sendiri, maka anda bisa mendapatkan keuntungan lain melalui menjual gambar tersebut.

Misal anda pandai membuat desain rumah, tata letak kota, jalan, sepeda motor, mobil dan lainnya, maka jika desain anda itu kreatif dan unik, maka secara tidak langsung akan membuat pengunjung membeli desain kita.

Atau jika anda suka membuat logo dengan begitu detail dan penuh makna. Maka anda bisa membuat desain logo, atau mengikuti lomba desain logo. Karena biasanya jika yang mengadakan perusahaan besar, maka itu bisa mendapatkan harga yang sangat besar, hingga ratusan juta atau bahkan puluhan milyar.

Kemampuan seorang blogger ini jangan di sia siakan. Semakin banyak membuat gambar atau menciptakan foto yang menarik, maka anda akan menghasilkan pendapatan yang besar.

Memang bisa dibilang ini kemampuan seorang blogger yang tidak terlalu diperlukan sekali. Namun kita perlu mempelajarinya dan perlu mengembangkannya. Karena dengan inilah, kita akan terbiasa untuk menciptakan artikel yang lebih lengkap dan berbobot.

4. Internet marketing

Kemampuan Seorang Blogger

Internet marketing ini bisa diartikan kemampuan seorang blogger dalam hal pemasaran konten yang telah ia buat. Pemasaran konten memang bisa dilakukan secara online maupun offline, namun dalam hal online itu lebih mudah dan lebih berpotensi untuk terjadi ledakan viral.

Misalnya anda memiliki artikel yang menarik, bagus dan punya ciri khas tersendiri, lalu anda gunakan FB ads, maka anda akan menghasilkan pengunjung yang tertarget. Nah pengunjung itu jika memang suka dengan artikel anda, maka akan dengan suka rela menyebarkan artikel.

Saya juga dalam artikel sebelumnya sudah menyebutkan, bahwa konten yang menarik ini bisa berpotensi lebih besar untuk disebarkan kepada orang lain. Hal inilah yang bisa mengakibatkan artikel viral tanpa perlu kita mempromosikan dengan biaya yang mahal.

Memang dalam blog itu jika memiliki artikel semakin banyak, maka trafik pun akan semakin meningkat. Dan itu akan berakibat pada penghasilan yang meningkat pula. Namun memiliki banyak artikel jika tidak memiliki pembaca, maka hal itu tidak akan ada gunanya.

Maka dari itu, kita perlu mengenalkan blog kita terlebih dahulu kepada orang lain. Jika orang sudah sering melihat blog kita, maka dia akan semakin sering mengunjungi blog kita kedepannya.

Jadi kita perlu membuat orang lain tahu mengenai blog kita terlebih dahulu sebelum kita menciptakan banyak artikel. Nah disinilah peran internet marketing perlu untuk dikembangkan. Termasuk bagi anda seorang blogger.

Anda bisa menggunakan FB ads sebagai pemula yang ingin banyak menghasilkan uang dari blog. Atau jika anda menggunakan google adwords, itu akan lebih efektif, karena kita hanya perlu membayar perkunjungannya saja. Jadi blog kita akan lebih mudah untuk berpotensi untuk terkenal karena akan tampil di berbagai jenis web yang sudah diterima untuk menampilkan iklan GA.

5. Video

Kita bisa saja diharuskan untuk membuat video jika ingin menambahkan banyak konten dalam blog. Bahkan kita bisa beralih menjadi vlogger atau youtuber. Karena sekarang banyak orang yang menyukai konten jenis video daripada membaca artikel.

Jika anda hobi dalam membuat video, hal ini perlu dikembangkan. Bahkan hal ini bisa membuat banyak uang loh.

Contohnya jika anda memiliki blog tentang bisnis, nah anda sudah berpengalaman dan sukses tentang bisnis itu, maka anda bisa mendapatkan uang dengan membuat video lalu menjualnya melalui DVD atau bisa melalui download. Namun alangkah baiknya anda menggunakan sistem membership agar lebih terprogam dalam memberikan materi.

Atau kalau blog anda membahas mengenai tuturial komputer, hal ini juga sering dicari oleh banyak orang. Maka anda bisa menjual video tutorial tersebut kepada orang yang membutuhkan.

6. Koding, dan CMS

Kemampuan Seorang Blogger

Ini merupakan salah satu kemampuan blogger yang harus dikembangkan, karena blogger yang bisa menguasai blognya sendiri dengan baik, maka tidak akan membutuhkan banyak biaya untuk menyewa jasa.

Misalnya dalam membuat theme sendiri, membuat blog dari awal sendiri, atau bahkan bisa membuat CMS sendiri. Dengan anda memahami seperti Html, Css, Javascript, PHP dan lainnya yang berhubungan dengan blog, maka anda akan mudah dalam menerapkan setiap hal yang diinginkan untuk blog.

Anda juga perlu menguasai CMS anda sendiri. Jadi kalau ada masalah bisa dengan mudah untuk memperbaikinya segera. Karena kalau menggunakan jasa terus kita bisa habis banyak uang.

Baca : Belum dapat Kerja? Ini Beberapa Peluang Bisnis Bagi Para Programmer yang Mungkin Cocok buat Kamu

7. SEO

SEO atau pengoptimalan mesin pencari adalah hal yang mampu mengoptimalkan blog kita agar lebih mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari untuk kedepannya. Sebenarnya SEO itu tidak sesulit yang dibayangkan. Jika anda memiliki blog dan sering mengupdatenya secara teratur, maka hal tersebut bisa menjadikan blog anda lebih memiliki performa yang baik di mesin pencari.

Usahakan untuk membuat konten yang berkualitas, dan tidak menipu pengunjung. Hal ini sangat mudah kita lakukan, namun kadang seseorang menyulitkan dirinya sendiri dalam hal SEO ini.

Jika anda memiliki blog yang sudah cukup lama, maka akan lebih mudah untuk tampil dihalaman pertama google, namun jika blog tersebut bisa dibilang baru, maka hal ini belum bisa mendapatkan perhatian yang baik di mesin pencari.

Usahakan untuk sebisa mungkin membuat backlink. Namun sebisa mungkin agar membuatnya tidak dengan SPAM. Hal ini sangat tidak baik untuk kedepannya. Jadi backlink itu perlu, namun jangan sampai terlalu mementingkan backlink diatas kualitas konten itu sendiri.

8. Bahasa asing

Salah satu kemampaun seorang blogger yang tak kalah penting adalah kemampuan berbahasa asing. Hal ini sangat mendukung untuk urusan blogging. Misalnya dalam menciptakan konten yang berkualitas dalam bahasa asing, mudah bekerja sama dengan orang asing, dan masih banyak hal lainnya.

Usahakan untuk membuat belajar bahasa asing dengan baik. Semakin anda meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan baik, maka anda akan lebih mudah dalam menyerap kosa kata yang belum anda ketahui.

Dalam membuat blog bule, kita juga perlu menggunakan bahasa asing yang baik. Karena jika anda menggunakan jasa penulis artikel atau hanya menggunakan translate dan spin, maka anda akan kewalahan sendiri nantinya.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, karena saya tidak mampu berbahasa inggris dengan baik, maka blog bule saya akhirnya tidak keurus. Saran saya, kalau anda memang tidak pandai bahasa inggris, maka usahakan untuk mempelajari terlebih dahulu. Karena kalau dipaksakan untuk membuat blog bahasa inggris walau tidak mengetahui bahasa inggris dengan baik dan benar, blog tidak akan mampu menghasilkan apapun.

Memang banyak yang mengatakan bahwa blog bahasa asing mampu menghasilkan hingga berkali kali lipat dengan penghasilan adsense blog indo untuk trafik yang sama. Namun kalau anda memang tidak paham mengenai bahasa inggris, hal ini bukan uang yang didapat, namun hanya capai saja.

Demikianlah pembahasan mengenai kemampuan seorang blogger yang harus dikembangkan. Jika anda memiliki salah satu kemampuan diatas, maka kembangkan terus. Karena beberapa blogger sukses bisa mendapatkan penghasilan yang banyak dan terkenal hanya dengan terus mengasah kemampuan salah satu yang dimiliki dalam dirinya.

Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk share artikel ini ya dan kunjungi terus blog ini. Thanks



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *