Kenapa Harga Apple Mahal

Mengapa Harga Apple Mahal? Sedangkan Vendor Lain Bersaing Harga Murah

Kenapa harga Apple mahal? Padahal kalau kita perhatikan, modelnya dari tahun ke tahun selalu sama. Bahkan spesifikasinya hanya mengalami peningkatan yang tak terpaut jauh antara seri lama dan produk Apple seri paling terbaru.

Apple Inc. adalah perusahaan teknologi yang berpusat di California, dan telah sukses mengembangkan produk-produk elektronik yang berhasil merajai pasar internasional.

Sayangnya dibalik kesuksesan tersebut, banyak pecinta gadget yang bertanya-tanya perihal kenapa harga Apple mahal jika dibandingkan dengan merek pesaing yang memiliki spesifikasi hampir mirip.

Baru-baru ini Apple bahkan meluncurkan penerus baru dari iPhone X yang diberi nama iPhone XS MAX berlayar 6.5 inchi yang dibanderol dengan harga 1.449$ atau sekitar 21 jutaan.

Produk tersebut bahkan mencatat rekor sebagai iPhone termahal yang pernah dirilis oleh Apple.

Artikel terkait : Inilah Spesifikasi iPhone XR, Varian Termurah dari iPhone 2018

10 Alasan Kenapa Harga Apple Mahal

Tim Cook selaku CEO Apple, menyadari perilisan iPhone XS MAX telah membuat perusahaannya menjadi sorotan publik karena harga produk tersebut yang luar biasa tinggi.

Loading...

Sang CEO mengklaim bahwa harga yang tinggi setara dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh produk itu sendiri.

Sebenarnya banyak yang sudah membuktikan bahwa produk Apple memang pantas dibanderol dengan harga yang tinggi. Oleh karena itu Tim KlikMania melakukan riset untuk mengungkap alasan dibalik harga Apple yang mahal.

1. Desain mewah telah menjadi ciri khas produk Apple

Kalau berbicara tentang desain, sebenarnya hal tersebut relatif sesuai dengan selera pengguna.

Namun secara garis besar kita bisa tarik kesimpulan bahwa Apple sejauh ini telah berhasil memanjakan mata penikmat teknologi dengan produknya yang selalu dibalut dengan bentuk yang mewah dan elegan.

Desain mewah ini meliputi keseluruhan produk Apple yakni iPhone, iPad, MacBook. Bahkan desain Apple watch membuat orang yakin bahwa produk ini benar-benar didesain untuk kalangan atas.

BacaIni 9 Kelebihan Apple Watch yang Perlu Kamu Tau Sebelum Membelinya

Kemewahan tersebut sebenarnya bukan hal yang baru, mengingat dari awal Apple telah mendesain produk mereka seapik mungkin. Hal ini bisa dikatakan sebagai ciri khas yang mewajarkan mengapa harga Apple mahal.

Kalau kita perhatikan, akhir-akhir ini merek pesaing bahkan mulai meniru desain minimalis milik iPhone dengan harapan meningkatkan daya jual di pasaran.

Nah, hal tersebut sekaligus menjadi bukti dong, bahwa desain mewah milik Apple memang pantas menjadi alasan atas mahalnya harga produk yang ditawarkan.

2. Apple menjamin kualitas produk mereka

Kenapa Harga Apple Mahal? Simak 10 Alasan Berikut Ini

Di poin pertama tadi, kita mengetahui bahwa desain mewah milik Apple telah banyak ditiru untuk meningkatkan daya jual.

Meski begitu, banyak merek pesaing yang hanya sekedar meniru dan tidak memperdulikan kualitas material yang digunakan.

Jauh berbeda dengan Apple, dimana mereka sangat memperhatikan kualitas produk. Termasuk material yang akan dipergunakan untuk mem-building sebuah perangkat seperti iPhone dan MacBook.

Ketelitian tersebut membuat produk yang dikeluarkannya memiliki daya tahan yang lebih kokoh serta tahan lama dibandingkan produk sejenis.

Pengguna tak perlu kawatir karena walaupun harga Apple mahal, namun penggunaannya dijamin akan bertahan lama.

3. Performa yang tak perlu diragukan

Kenapa Harga Apple Mahal? Simak 10 Alasan Berikut Ini

Kalau diperhatikan sekilas, produk Apple seperti iPhone memiliki spesifikasi yang tidak terlalu wah.

Namun yang membuat heran adalah performanya yang tak takut diadu bahkan dengan merek lain dengan spesifikasi diatasnya.

Apple mem-building produk mereka dengan benar-benar memperhatikan seluruh aspek, dan performa adalah hal yang paling penting.

Saya bahkan pernah menguji kecepatan performa Asus Zenfone dengan dukungan 4GB RAM melawan iPhone yang hanya didukung dengan 1GB RAM saja.

Secara logika Asus Zenfone akan memenangkan uji performa ini, namun hasil justru menunjukan sebaliknya. Performa iPhone lebih gahar ketika dipergunakan untuk multitasking game dan aplikasi berat.

4. Layar yang cocok untuk profesional

Kenapa Harga Apple Mahal? Simak 10 Alasan Berikut Ini

Dibanding produk sejenis, produk Apple entah itu iPhone atau MacBook selalu didukung dengan kualitas layar yang cemerlang.

Layar cemerlang ini bahkan sering menjadi alasan bagi pengguna profesional untuk membeli dan menggunakan produk besutan Apple.

Untuk penggunaan yang standar memang kualitas layar tidak telalu terasa. Namun bagi mereka yang bekerja sebagai fotografer dan desainer tentu saja kualitas layar akan mempengaruhi hasil akhir dari pekerjaan mereka.

Apple menjadi salah-satu pilihan terbaik untuk mendukung produktivitas mereka, terutama dengan kehadiran seri MacBook Pro yang diklaim khusus untuk para pengguna Profesional.

Layar yang cemerlang ini konon berasal dari teknologi retina-display yang hanya dimiliki oleh Apple saja, sehingga wajar saja jika harga Apple mahal. Toh anda akan mendapakan fitur yang tidak dimiliki merek lain.

5. Update software yang rutin

Kenapa Harga Apple Mahal? Simak 10 Alasan Berikut Ini

Tidak seperti merek pesaingnya, Apple memudahkan penggunanya dengan update yang mudah dan rutin untuk menjaga performa perangkat mereka.

Update memang seharusnya diprioritaskan karena dengan melakukan update tentu saja akan memperbaiki kekurangan dan bug yang ada pada versi software sebelumnya.

Kita coba bandingkan iPhone milik Apple dengan Android, meski Android kadang hadir dengan OS terbaru, namun hal tersebut tidak menjamin tersedianya update dimasa mendatang.

Berbeda dengan iPhone yang bahkan update terbaru bisa digunakan untuk versi iPhone paling awal sekalipun.

6. Kualitas kamera yang luar biasa

Kenapa Harga Apple Mahal? Simak 10 Alasan Berikut Ini

Khusus untuk produk smartphone milik Apple, yakni iPhone bisa dikatakan memiliki kualitas kamera yang real. 

Kata REAL di sini berarti hampir mendekati apa yang dilihat oleh mata manusia, tidak berlebihan dan tidak kekurangan.

Kamera yang luar biasa ini menjadi alasan kuat kenapa harga Apple mahal jika dibanding merek lain, bahkan dulu pernah ada review dari seorang fotografer top di luar negeri.

Fotografer itu mengatakan bahwa iPhone 5S menjadi pilihannya untuk mencari foto ketimbang harus bersusah payah membawa peralatan profesional yang berat.

Review dari fotografer tersebut menjadi sinyal positif untuk pengguna yang membutuhkan fitur kamera pada smartphone.

Selain itu, kita bisa perhatikan bahwa review tersebut dibuat pada jama iPhone 5S. Dulu aja gitu, apalagi sekarang…

7. Dukungan jutaan aplikasi

Kenapa Harga Apple Mahal? Simak 10 Alasan Berikut Ini

Dukungan aplikasi menjadi salah-satu yang harus diperhatikan ketika hendak membeli sebuah perangkat gadget, namun kamu tak perlu kawatir karena Apple telah didukung dengan jutaan aplikasi dari jutaan developer pula.

Jika kamu menggunakan komputer/laptop dengan sistem operasi Macintosh kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi yang tersedia di windows juga biasanya disediakan versi Mac-nya.

Selain itu ada beragam aplikasi mirip yang diluncurkan oleh developer untuk meniru aplikasi yang tidak disediakan versi Mac-nya.

Hal tersebut berlaku sama dengan iOS, karena sepertinya developer saat ini sedang berlomba-lomba mengembangkan aplikasi untuk Apple karena masa depan Apple yang konon lebih cemerlang ketimbang OS lain.

8. Keamanan pengguna dijaga dengan ketat

Kenapa Harga Apple Mahal? Simak 10 Alasan Berikut Ini

Keamanan pengguna di lahan digital seperti ini sepertinya harus diperhatikan secara serius.

Apple mengklaim bahwa produk yang dikeluarkannya mengusung sistem operasi yang tidak bersifat open-source sehingga tidak bisa dengan mudah dibobol.

Menjaga keamanan data pengguna bahkan harus dilakukan secara merata, alias kamu yang merasa bukan orang penting juga datanya harus dijaga ketat.

Hal ini untuk menghindari tindak penjualan data yang bersifat ilegal dan sangat tidak menguntungkan orang yang dijual datanya, apalagi kalau yang dijual itu data perusahaan atau orang penting ya kan.

9. Harga purna jual yang termasuk tinggi

Kenapa Harga Apple Mahal? Simak 10 Alasan Berikut Ini

Sudah bosan dengan sebuah perangkat, atau ingin upgrade? Tentu saja menjual perangkat lama menjadi langkah pertama.

Hal ini tidak akan menguntungkan apabila harga purna jual perangkat yang kamu miliki sangat rendah. Lihat saja produk windows atau android yang seakan tidak memiliki daya di pasar penjualan second.

Berbeda dengan Apple, produknya seakan tetap dicari meskipun berstatus second hand. Jika anda ingin menjual Apple second, harga tersebut tidak akan turun terlalu jauh.

Bahkan Apple Store menerima pembelian perangkat lama untuk mempermudah penggunanya.

10. Produk Apple memiliki gengsi yang tinggi

Kenapa Harga Apple Mahal? Simak 10 Alasan Berikut Ini

Pernah ga sewaktu kalian nongkrong di kafe dan mengeluarkan MacBook, ada yang berbisik “widih, laptopnya apple tuh”, kalau saya sendiri sih sering.

Hal ini wajar saja karena faktor harga produk Apple yang dibandrol mahal, meski saya membeli Apple karena melihat performanya.

Namun banyak pengguna yang ingin membeli Apple karena gengsi, sehingga Apple sendiri secara tidak langsung mendapatkan kasta tertinggi diantara merek lain.

Artikel terkait : Mengapa Harga Smartphone Akan Semakin Mahal Kedepannya?

Itulah 10 Alasan mengapa harga Apple mahal jika dibandingkan merek lain yang mengeluarkan produk sejenis.

Namun jika kita lihat alasan di atas, tentu saja menjadi hal yang wajar mengingat kualitas yang ditawarkan setara dengan harga yang dikeluarkan, betul kan?


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Artikel & Kopi — Denpasar, Bali, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *