Bisnis OnlinePeluang usaha

Cara Dapat Bayaran dari Kerja Chatting Online Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Cara dapat bayaran dari kerja chatting online pada dasarnya adalah dengan cara melayani customer melalui chat application seperti Whatsapp, BBM, Line, dan aplikasi chatting lain.

Pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah atau di mana pun, selama tersedia gadget plus chat application, dan tersedia jaringan internet. Hmm.. sekarang siapa sih yang tidak punya gadget dan internet??

Pekerjaan ini sebenarnya mirip dengan customer service atau sales atau staff admin online. Dimana tugas utama dari pekerjaan ini adalah melayani customer dengan cara merespon komentar. Atau pertanyaan yang ada di sosial media, chat application, e-mail, atau melalui telepon.

Karena tugas utamanya adalah melayani customer, maka kita perlu memiliki keahlian dan kesabaran dalam menjawab dan menghadapi keluhan customer. Kalau tidak bisa sabar menghadapi keluhan, lebih baik cari pekerjaan lain.

Keahlian lain yang perlu dimiliki adalah:

Mengenal dan mampu menjelaskan mengenai produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan, mampu berbicara dengan bahasa yang baik dan benar.

Selain itu wajib memiliki alat kerja yang mumpuni (seperti smartphone dan komputer), dan lebih baik lagi jika mampu menggunakan microsoft office.

Biasanya tidak ada syarat pendidikan khusus untuk pekerjaan ini, karena pekerjaan ini biasanya masuk kategori freelance atau paruh waktu.

Loading...

Tapi syarat-syarat ini kembali ke perusahaan atau website penyedia kerja chatting online masing-masing, artinya terserah si pemberi kerja mau kasih syarat seperti apa.

Penyedia Kerja Chatting Online Berbahasa Indonesia

Di Indonesia sebenarnya tidak ada situs khusus penyedia kerja chatting online berbahasa Indonesia.

Tapi pekerjaan chatting online ini bisa dicari di website penyedia kerja seperti Jobs.id, Jobstreet, dan Indeed.com yang banyak memasang iklan lowongan kerja untuk sales, customer support online, atau staff admin online.

Contohnya seperti lowongan kerja di indeed.com ini:

Sistem kerjanya ada yang freelance dan ada juga yang bersistem kerja tetap, dengan syarat kerja dan besaran upah yang variatif pula. Silahkan meluncur ke website lowongan kerja dan cek masing-masing lowongan kalau mau tahu lebih jelasnya.

Beberapa perusahaan biasanya mengharuskan calon pegawai memiliki keahlian khusus yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena itu, baca job description dan syarat kerja dengan teliti sebelum mulai mengajukan lamaran kerja.

Walaupun ini adalah pekerjaan paruh waktu dan (hampir) bisa dikerjakan oleh semua orang, tapi bukan berarti kita bisa kerja seenaknya.

Penyedia Kerja Chatting Online Berbahasa Inggris

Kalau punya kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni atau bahkan fasih berbahasa Inggris dalam lisan dan tulisan maka akan lebih baik lagi.

Karena orang yang bisa bahasa Inggris akan punya lebih banyak peluang untuk dapat pekerjaan chatting online seperti ini, dan tentu saja bayarannya lebih besar dibandingkan kerja untuk perusahaan Indonesia.

Ada banyak website berbahasa Inggris yang menyediakan kerja chatting online dengan sistem freelance dan bayaran per jam. Pegawai yang bekerja untuk website chatting online seperti ini biasanya disebut sebagai chat support agent atau chat agent.

Silahkan cek website masing-masing untuk info lebih lengkap.

19 Website Penyedia Kerja Chatting Online Berbahasa Inggris

Kerja Chatting Online
Jobs Customer service via www.the-linde-group.com
  1. Apple

Benar, Apple yang itu. Perusahaan Apple yang membuat komputer, iPhone, dan semua gadget canggihnya itu menyediakan lowongan kerja chatting online untuk kalangan mahasiswa dan kalangan umum.

Jam kerjanya ada yang full time dan ada juga yang paruh waktu, serta menawarkan upah yang kompetitif dibandingkan website lain yang juga menyediakan jenis pekerjaan serupa.

Aplikasi lamaran bisa dikirim langung melalui website-nya, dan pelamar yang dianggap sesuai kriteria akan menjalani interview via Skype. Silahkan cek website Apple untuk informasi lebih lengkapnya.

  1. Arise

Arise merupakan agen penyedia kerja chatting online dengan sistem independent contractor. Artinya, semua yang bekerja untuk Arise berstatus freelance, dengan jam kerja yang fleksibel. Atau dengan kata lain, pegawai Arise tidak terikat kontrak dan bisa menentukan sendiri jam kerja mereka.

Bayaran yang bisa didapat oleh chat support agent adalah antara $9 hingga $19 dolar per jam, tergantung kepuasan pelanggannya. Besar ya bayarannya?

  1. BitWine

Pekerjaan utama chat support agent untuk website ini adalah menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna website (klien). Chat support agent bisa memilih menjawab pertanyaan klien melalui regular chat, video chat, atau via telepon kalau memang sudah disepakati oleh klien.

Saat bekerja dengan klien, chat support agent umumnya akan bisa menentukan besarnya bayaran atau patokan upah yang akan didapat untuk setiap jawaban yang diberikan, setelah itu baru menentukan mode komunikasi yang ingin digunakan untuk menjawab pertanyaan klien, bisa melalui chat ataupun telepon.

  1. Capital Typing

Tugas chat support agent dari website ini adalah menyediakan bantuan untuk para klien yang berasal dari Amerika Serikat dan luar Amerika Serikat.

Menjawab pertanyaan dan merespon keluhan klien melalui live chat mengenai produk atau jasa, baik pertanyaan yang bersifat teknis maupun bersifat non-teknis.

Khusus untuk pertanyaan yang bersifat teknis, maka Capital Typing menyerahkan pertanyaan seperti ini untuk dijawab oleh chat support agent yang bertitel Sarjana Teknik bersertifikat. Supaya klien Capital Typing bisa mendapatkan jawaban terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Cha Cha

Website Cha Cha memiliki keunikan tersendiri dibanding penyedia jasa serupa. Di mana klien akan mengirim pertanyaan melalui sms dengan menggunakan nomor kode 242242, kemudian chat support agent akan menjawab pertanyaan mereka melalui sms pula.

Pertanyaan harus bisa dijawab dalam jangka waktu beberapa menit setelah pertanyaan diterima. Tidak boleh lebih dari jangka waktu yang telah ditetapkan kalau ingin dapat bayaran.

Sayangnya, website ini hanya mempekerjakan chat support agent yang tinggal di Amerika saja.

  1. Experts 123

Sesuai namanya, website Experts 123 mempekerjakan para ahli dari seluruh dunia untuk menjawab pertanyaan klien. Pertanyaan yang diajukan sangat beragam, bisa berupa produk atau apa pun yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Bayaran yang didapat chat support agent berasal dari sistem bagi hasil antara pemilik website dan chat support agent. Sebagai tambahan, website Expert 123 juga membayar penggunanya untuk setiap artikel yang dikirim dan ditayangkan oleh website Expert 123.

  1. KGB

KGB pada dasarnya merupakan mobile text service atau penyedia jasa sms. Tugasu ntuk para chat support agent online adalah menjawab pertanyaan yang dikirimkan kepada mereka oleh para pengguna online.

Kantor pusat KGB terletak di Amerika Serikat, tapi orang luar Amerika bisa mengajukan lamaran untuk bekerja di KGB, selama memang memenuhi syarat kerja mereka. Saat ini pegawai KGB dari luar Amerika mayoritas berasal dari Kanada dan Filipina.

Bayarannya lumayan walau tidak sebesar website lain, yaitu antara $0.03 sampai $0.10 (antara tiga sen sampai sepuluh sen dolar, atau sekitar Rp400,- sampai Rp1.300,-) untuk setiap pertanyaan yang bisa dijawab. Lumayan untuk para pengumpul receh dolar.

  1. LivePerson

Website ini mempertemukan para ahli dengan orang-orang yang membutuhkan jawaban atas pertanyaan mereka. Klien dari website ini biasanya adalah orang-orang yang membutuhkan jawaban profesional untuk permasalahan mereka, sehingga LivePerson hanya mempekerjakan para ahli di bidangnya untuk menjadi chat support agent.

Registrasi untuk menjadi chat support agent dilakukan di website LivePerson. Jika diterima, chat support agent akan dibekali alat dan bahan kerja yang diperlukan untuk membantu klien dan rekan kerja di website.

Bayaran untuk chat support agent jumlahnya variatif, tergantung kesepakatan dengan klien. Dan biasanya pembayaran dilakukan melalui PayPal. Jadi persiapkanlah akun PayPal sebelum melamar kerja ke website LivePerson.

Sistem kerja yang sederhana sebenarnya.

  1. Maven

Sama dengan website lain, website ini juga mempertemukan chat support agent dari seluruh dunia dengan klien yang ingin mendapatkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan mereka yang juga dari seluruh dunia.

Topik pertanyaan yang diajukan klien sangat beragam, sehingga klien akan dipertemukan dengan chat support agent yang memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan klien.

Chat support agent dari website ini bisa menentukan sendiri besaran upah konsultasi per jam yang akan ditarik dari kliennya setelah kliennya menerima jawaban memuaskan dari chat support agent.

  1. Metaverse Mod Squad

Sama dengan website-website sebelumnya, Metaverse Mod Squad juga mempekerjakan chat support agent untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pengguna website mereka. Baca laman career di website Metaverse Mod Squad untuk info lebih lengkap.

  1. My Live Pro

Perusahaan My Live Pro berlokasi di Amerika Serikat, dan menyediakan pekerjaan untuk chat support agent online dengan sistem freelance. Cara kerjanya sama dengan website lain.

Saya tidak tahu sekarang My Live Pro sedang membuka lowongan kerja atau tidak, karena mereka membuka lowongan sesuai kebutuhan. Silahkan cek saja langsung ke website-nya.

  1. MyLot

Website ini terbuka untuk semua orang dari seluruh dunia. Pertanyaan yang diajukan oleh klien dari website ini biasanya adalah tentang permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas chat support agent biasanya adalah memberikan nasihat untuk permasalahan yang dihadapi oleh klien. Pembayaran dilakukan melalui PayPal. Maka persiapkanlah akun PayPal sebelum melamar jadi chat support agent di website ini.

  1. Needle

Website Needle merupakan pilihan yang tepat untuk chat support agent yang hobi shopping online. Website Needle khusus menyediakan jasa pemberi solusi di bidang shopping online.

Mempertemukan klien dengan chat support agent yang bisa memberikan nasihat dan jawaban untuk pertanyaan yang diajukan oleh klien mengenai produk dari toko online atau nasihat lain yang berhubungan dengan belanja online.

Chat support agent bisa mendapatkan pembayaran dengan sistem bayaran per chat ataupun per jam, serta bisa bekerja dengan jam kerja fleksibel.

  1. SitesStaff

Website SitesStaff menyediakan platform bagi chat support agent untuk bekerja secara virtual dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari klien. Besarnya upah bagi chat support agent adalah $10 atau sekitar Rp130.000,- per jam.

Syarat bagi chat support agent yang ingin bekerja untuk SitesStaff adalah harus memiliki komputer dengan jaringan internet yang stabil, serta mampu mengetik cepat setidaknya 60 kata per menit. Karena komunikasi antara chat support agent dan klien biasanya dilakukan via regular chat.

  1. Talk 2 Rep

Website Talk 2 Rep mempekerjakan chat support agent yang mampu merekomendasikan fitur dari berbagai jenis produk yang dijual kepada pengguna website.

Chat support agent juga harus bisa menawarkan jasa konsultasi kepada customer dalam hal penjualan produk atas nama perusahaan yang telah mempekerjaan mereka.

Chat support agent akan dibayar per jam dengan besaran antara $9 sampai $14 untuk setiap jam konsultasi.

  1. Televated

Website Televated menyediakan platform konsultasi yang lebih fleksibel, di mana chat support agent bisa menjawab pertanyaan klien melalui live chat ataupun e-mail.

Upah untuk chat support agent di website Televated adalah sekitar $8 per jam, ditambah dengan insentif yang akan diberikan sesuai hasil kerja chat support agent.

  1. The Chat Shop

Tugas chat support agent dari website The Chat Shop adalah melayani pertanyaan dan keluhan customer, melayani jasa penjualan, dan merekomendasikan produk kepada customer melalui live chat.

Bayaran untuk chat support agent adalah $10 per jam. Akan lebih mudah bekerja di website ini kalau sudah memiliki pengalaman di bidang sales atau customer service.

  1. Weebly

Website Weebly menyediakan pekerjaan untuk chat support agent paruh waktu, dikenal juga dengan sebutan “Customer Success Advocate”. Jumlah jam kerja antara 20 sampai 25 jam per minggu.

Tugas chat support agent adalah menjawab pertanyaan customer melalui chat, e-mail, atau aplikasi lain kalau memang dibutuhkan oleh customer.

Topik pertanyaannya beragam, dengan bayaran sekitar $17 atau sekitar Rp221.000,- per jam. Wow!

Sayangnya, chat support agent harus menjalani training di Scottsdale, Arizona sebelum mulai bekerja. Artinya, lowongan kerja di Weebly hanya tersedia untuk mereka yang tinggal di sekitar Arizona, Amerika Serikat.

  1. Weegy

Website Weegy menyediakan lowongan kerja untuk chat support agent dari seluruh dunia, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pengguna website.

Weegy yang pada dasarnya memang merupakan website berbasis Q and A (website tanya jawab), membayar chat support agent sebesar $0.20 atau 20 sen dolar untuk setiap jawaban memuaskan yang diberikan.

Website Weegy termasuk rekomendasi saya untuk orang Indonesia, walaupun bayarannya relatif lebih kecil dibandingkan dengan website lain.

Weegy menyediakan lowongan untuk seluruh dunia, dan pertanyaan yang diajukan di website ini umumnya mengenai permasalahan sehari-hari yang bisa dijawab secara sederhana.

Sepertinya simple kan pekerjaan ini?

Secara keseluruhan, untuk dapat bayaran dari kerja chatting online seperti ini memang tidak terlalu sulit. Apalagi untuk kita-kita yang hobi chatting di sosial media, ini bisa jadi ladang hobi yang menghasilkan.

Kelebihan lain dari kerja chatting online ini adalah: jam kerja yang fleksibel, dan bisa dikerjaan di mana pun tanpa harus datang ke kantor, asal punya gadget dan internet.

Kuncinya adalah bekerja untuk perusahaan atau website yang tepat. Masing-masing perusahaan atau website menyediakan jasa konsultasi dengan topik yang berbeda

Dari permasalahan sehari-hari hingga informasi produk tertentu. Karena itu, pilihlah perusahaan atau website yang sesuai dengan kriteria kita.

Daripada chatting tak jelas, mending fokuskan chatting tuk dapat uang.



Loading...

Baca selengkapnya

Reha Wijaya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *