Bisnis OnlinePeluang usaha

Kerja Lulusan SMA? Ini Nih Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu

Peluang kerja lulusan SMA – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Memiliki sebuah pekerjaan merupakan sebuah hal yang tentu perlu dimiliki oleh para pria, mengapa? Sebab tugasnya para pria setelah mereka baligh atau dewasa ya tentu bekerja, guna menghidupi anak dan juga istrinya.

Bayangkan kalau misalnya ada seorang pria yang sudah berkeluarga (sudah punya anak 5 misalnya) tapi masih saja pengangguran. Tentu semua anggota keluarga tersebut termasuk istri dan juga anak-anaknya akan merasa kerepotan. Mungkin si istri akan terpaksa untuk mencari pekerjaan sendiri, mungkin tukang setrika, tukang nyapu halaman tetangga atau pekerjaan halal yang lain demi menghidupi para anak serta suaminya!

Tentu hal tersebut tidak wajar, karena tentunya dala keluarga urusan mencari nafkah itu dipegang oleh para suami. Sedangkan para istri tugasnya adalah di dalam rumah, seperti mengurusi anak, mengurusi rumah, dan yang lain sebagainya.

Dan mungkin tidak sedikit bagi teman-teman sekalian yang memiliki pikiran untuk segera menikah saat lulus SMA, itu bagus. Apalagi di jaman sekarang yang udah agak “miring”, dimana aurat dibuka-buka malah di kasih sanjungan, tapi kalau aurat ditutup rapet malah dikira yang nggak bener.

Maka dari itu menikah adalah hal yang bagus, itu menunjukkan anda sudah mantap dan berani untuk menjadi seorang dewasa seutuhnya.

Nah namun bagi kamu yang ingin lulus SMA namun belum pengin nikah dulu tapi pengin punya kerjaan, itu juga bagus (walau tidak sebagus yang menikah, hehe). Tapi mungkin kamu belum tau kerja lulusan SMA apa saja yang cocok. Karena mungkin kita sudah tau bahwa jurusan di SMA (setau saya) hanya IPA dan IPS, dan itu pun di pecah-pecah dan memerlukan pendidikan lanjutan supaya kemampuannya terasah secara mateng.

Tapi tenang saja, pada postingan kali ini saya akan berusaha untuk menunjukkan kepada para pembaca semua tentang apa saja pekerjaan yang cocok untuk para siswa yang lulus jenjang SMA atau Sekolah Menengah Atas.

Kerja Lulusan SMA? Bisa! Insya Allah

Ya, sebagai seorang muslim tentunya kita jangan memiliki sifat putus asa. Kalau ada niat dan juga tekad, serta kita mengasahnya lagi dengan action, maka tentu kita bisa, Insya Allah. Nah maka dari itu sebagai bagian dari ikhtiar kita atau usaha kita, yuk baca dulu ini dia berbagai pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA.

1. Menjadi Seorang Bloger

Menjadi seorang bloger merupakan suatu pekerjaan yang mungkin merupakan pekerjaan yang sangat lah mudah untuk dipraktekkan.

Kita hanya berkekal kuota internet, sedikit kemahiran menulis, dan juga kejelihan dalam internet marketing atau kemampuan mempromosikan maka kita akan sukses dalam menjadi seorang blogger, Insya Allah.

Sekarang ini banyak kok orang-orang yang sukses dalam bidang ini. Bahkan saya pernah mendengar nama Eka lesmana, seorang angon bebek yang sukses dalam pekerjaannya sebagai seorang bloger. Ada pula seorang kuli bangunan yang sukses dalam pekerjaannya sebagai seorang blogger.

Perlu kamu ketahui, bekerja menjadi seorang blogger itu mengasyikkan. Kita dapat menentukan sendiri kapan pun jadwal pekerjaan kita, contohnya Saya.

Saya merupakan seorang blogger dari SMP (yang sekarang saya sudah SMK), saya menjalani sebuah blog yang beralamatkan http://www.malikabimanyu.in (ini merupakan blog baru). Tentu dari awal saya belajar blog bukan blog tersebut yang saya gunakan sejak pertama, tapi ada blog-blog sebelumnya yang saya gunakan yang sekarang sudah tidak saya urus lagi

Alhamdulilah saya pernah merasakan gajian pertama dan kedua saya dari salah satu program PPC yang terkenal. Namun sekarang saya sudah tidak fokus lagi ngeblog karena ingin beralih profesi, hehe.

Bisa mengatur jadwal pekerjaan

Seperti yang saya katakan ke,kerja lulusan SMA menjadi blogger kita bisa mengatur jadwal pekerjaan. Mau siang, malam, sore, atau pagi bisa kok Insya Allah. Karena jadwal yang fleksibel, tentunya tidak akan menganggu kita dalam beribadah, bermain, dan berbagai kegiatan yang lain, Insya Allah.

Dalam pekerjaan ini tentunya kamu harus sabar, karena bekerja sebagai seorang bloger itu ibarat bekerja sebagai seorang petani. Sebuah blog diibaratkan sebagai sawahnya, dan petani tentunya diibaratkan sebagai si bloger.

Saat kita membuat blog, kita harus keep posting terus, dan tentu tidak instan atau tidak langsung dapat menghasilkan uang. Kita harus menunggu dulu sampai blog benar-benar bagus dalam segi SEO atau pun dalam ketenaran blog tersebut.

Dari mana penghasilan blog?

Penghasilan dari blog itu bukan dari hasil penjualan blog tersebut, tapi dari iklan. Yup, seperti halnya stasiun televisi yang salah satu penghasilannya mungkin dari iklan, maka blog juga demikian. Salah satu penghasilan dari sebuah blog itu juga dari iklan.

Misal ada perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi dan melihat blog kamu yang juga kebetulan membahas tentang teknologi, dan ditambah lagi pengunjung blognya sangat banyak. Maka tentu ada kemungkinan besar perusahaan tersebut akan mengajukan permohonan pemasangan iklan pada blog kamu.

Dan kamu sendirilah yang akan menetapkan berapa harganya, atau mungkin bisa juga dari pihak perusahaan yang menetapkan iklannya.

Biasanya sih harga iklan tergantung berapa lama iklan tersebut di pasang, misal satu bulan dipatok berapa rupiah. Dan selain durasi, harga iklan juga ditentukan dari ukuran iklan tersebut, semakin besar biasanya semakin mahal.

Tapi ingat, walau kedengarannya menjadi seorang bloger itu enak dan gajiannya besar, ada satu hal yang menjadi musuh dari para bloger, yaitu rasa

 malas.

Ya, rasa malas sering menghinggap di dalam diri seorang bloger. Sehingga bisa jadi, sebuah blog akan terbengkalai atau jarang di posting artikel karena penulisnya kena rasa malas tersebut.

Baca : Tips Mengatasi Malas Ngeblog yang Ampuh dan Cepat

Tapi hal tersebut bisa ditanggulangi dengan menyewa jasa tulis artikel, tapi tentu kita harus keluar modal. Jadi saran saya, jangan selalu menulis artikel, satu hari cukup satu kali saja. Sehingga rasa bosan dan malas bisa terhindar, kamu bisa selingi dengan membaca Al-Qur’an, menonton video ceramah agama, dan yang lain sebagainya yang tentunya bermanfaat.

Baik, saya simpulkan lagi mengenai pembahasan yang satu ini.

Suka Duka Ngeblog

Sukanya yaitu:

  1. Gajiannya bisa banyak
  2. Kerjaannya fleksibel
  3. Tidak menganggu ibadah dan berbagai kegiatan yang lain (Insya Allah kalau memang anda bisa pintar mengatur waktunya)
  4. Keluar modal sedikit (mungkin cuman kuota internet, tenaga berupa nulis dan pikiran, kemahiran menulis, serta marketingnya)
  5. Kemungkinan bisa menjadi pekerjaan tetap dan pekerjaan jangka panjang

Kemudian dukanya yaitu:

  1. Kadang hinggap rasa malas
  2. Jarang keluar rumah (karena memang pekerjaan seorang bloger itu biasanya di rumah, maka dari itu sering-seringlah refreshing dengan pergi ke tempat-tempat yang bagus seperti Masjid Agung Jawa Tengah, atau Mekkah atau Madinah, hehe)
  3. Kemungkinan bisa menjadi seorang matrealistis, maka dari itu teman-teman selain bekerja juga harus menimba ilmu agama supaya tidak memiliki prinsip atau jalan pemikiran seperti orang matrealistis.

2. Menjadi Pebisnis

Kerja Lulusan SMA

Menjadi seorang pebisnis adalah pilihan kedua yang bisa kamu ambil ketika kamu ingin bekerja selepas lulus SMA. Ada beberapa bisnis yang bisa kamu terapkan untuk kerja lulusan SMA, diantaranya adalah:

  1. Bisnis jualan pulsa,
  2. Bisnis jualan sembako,
  3. Bisnis jualan alat-alat komputer,
  4. dan lain-lain

Dan tentu sebelum terjun ke dalam bisnis ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yaitu seperti modal, lapak, dan yang lain sebagainya.

Nah, tapi bagi teman-teman semua yang belum mempunyai modal, atau pun lapak, temen-temen bisa menggunakan sistem yang bernama dropshipper. Yaitu sebuah sistem yang sangat bagus untuk diterapkan untuk para calon pebisnis namun belum punya modal.

Tapi ingat, bagi temen-temen yang muslim, sistem dropshipper-nya harus sesuai dengan syariat Islam ya, karena memang mungkin ada beberapa sistem dropshipper yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Lalu gimana sih caranya jadi dropshipper?

Gampang kok, kamu tinggal mencari berbagai toko yang menjual barang-barang yang sesuai dengan rencana kamu, serta di toko tersebut menerima sistem dropshipper.

Nah kamu tinggal hubungi mereka dan ajak mereka untuk bekerja sama, kemudian tinggal buka lapak deh di toko kamu, hehe.

Lah, Saya kan nggak punya toko fisik, terus gimana?

Baik, mungkin teman-teman ada yang sudah bisa memenuhi kriteria pertama. Namun untuk yang kriteria kedua berupa toko fisik ini belum, tenang….

Karena ada alternatif lain yang bisa ditempuh apabila teman-teman belum memiliki toko fisik, yaitu toko online.

Kita tau bahwa sekarang teknologi commerce sudah sangat banyak, dan sekarang ada yang namanya e-commerce yang memungkinkan teman-teman bisa bisa menjual produk-produk secara online.

Kamu bisa membeli hosting dan juga domain serta di set supaya bisa menjadi sebuah online shop atau toko online.

Atau…

Kalau kamu belum memiliki modal untuk membeli hosting dan juga domain, kamu bisa menggunakan yang gratisan yakni layanan marketplace yang sering di istilahkan sebagai mall online.

Disitu kamu bisa membuka toko dan bisa langsung menikmati berbagai layanan yang diberikan oleh si marketplace, silahkan kamu bisa cari berbagai website marketplace di internet.

Bagaimana? Mudah bukan menjadi seorang pebisnis.

Dan cobalah membaca biografi para pebisnis yang sukses, seperti Abdurrahman bin Auf, Utsman bin Affan, Abu Bakr dan yang lain sebagainya.

3. Menjadi Seorang Penulis

Kerja Lulusan SMA

Untuk yang ketiga ini mungkin masih ada kaitannya dengan yang pertama, yakni menjadi seorang penulis. Ya, peluang kerja lulusan SMA dengan menjadi penulis mungkin hanya memerlukan sebuah kemampuan menulis, ditambah wawasan yang luas.

Kamu bisa menjadi seorang penulis buku, penulis makalah, atau yang lainnya.

Dan menurut saya yang paling mantap adalah penulis buku, kenapa? Karena dengan menjadi seorang penulis buku kamu bisa memilih apa saja genre yang ingin kamu tulis.

Misal begini, kamu adalah seorang yang suka berimajinasi (tentunya dalam konteks yang baik ya), kamu bisa tuh mengarang cerita dan menulis cerita tersebut pada buku, dan kemudian ajukan kepada para publisher atau penerbit, maka tentunya kamu bisa mendapatkan rupiah dari penjualan-penjualan tersebut, Insya Allah.

Penutup

Baik, demikian artikel mengenai Kerja Lulusan SMA, semoga bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman semua yang kebetulan hanya lulusan SMA dan ingin melanjutkan langsung untuk bekerja.

Ingat, rejeki hanya di tangan Allah semata, intinya kita harus berusaha semampu kita.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, terima kasih dan Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang muslim biasa.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close