Blogging

Kesalahan Dalam Membangun Blog yang Membuatnya Tak Pernah Bisa Berkembang

Dalam membangun sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan trafik yang hasil akhirnya adalah mendapatkan uang memang harus dilakukan oleh setiap bloger. Hal itu harus dilakukan secara terus menerus dan dilakukan secara tepat. Tapi terkadang banyak blogger yang salah jalan sehingga melakukan berbagai macam kesalahan dalam membangun blog. Sehingga bukan tujuan dan hasil akhir yang dicapai melainkan sebaliknya.

Berbagai macam kesalahan dalam membangun blog ini bisa dikarenakan mereka salah dalam mengambil langkah. Hal inilah yang membuat blog yang mereka miliki tidak pernah bisa berkembang walau sudah dilakukan berbagai macam optimasi.

Mungkin saya sendiri dan juga anda pernah melakukan kesalahan dalam membangun blog seperti yang ada dalam artikel ini. Maka dari itu, semoga dengan artikel ini mampu mengubah perilaku kita dalam membangun blog kita masing masing.

Kesalahan dalam Membangun Blog

Blog itu bagaikan sebuah museum, jika semakin banyak barang barang unik , antik dan berharga yang terpajang disana, maka semakin “berpeluang” untuk meningkatkan pengunjung blog. Jadi jika semakin banyak artikel yang terdapat dalam blog yang tentunya dengan artikel itu bisa memberikan suatu manfaat bagi orang lain, maka blog akan semakin banyak pengunjung.

Namun tentunya tidak hanya karena ada barang barang unik dan antik yang ada di museum yang menjadikan suatu daya tarik bagi pengunjung untuk mendatangi museum tersebut. Melainkan ada berbagai faktor yang menjadikan museum itu terlihat lebih “afdol” untuk kunjungi. Nah untuk menggapai faktor faktor itu juga diperlukan langkah langkah yang efektif, tepat dan tentunya benar agar tujuannya dapat digapai dengan benar.

Sama halnya dengan blog, untuk mendatangkan banyak pengunjung juga diperlukan beberapa langkah – langkah yang benar dan tepat. Tanpa itu blog takan pernah bisa berkembang apalagi menjadi blog besar. Namun kadang karena mereka masih pemula, mereka terlalu buru buru dalam menginginkan hasil atau karena alasan lain mereka ambil langkah yang salah dalam membangun blog.

Dibawah ini ada beberapa kesalahan dalam membangun blog yang mungkin pernah anda lakukan.

1. Terlalu memikirkan peringkat blog

kesalahan dalam membangun blog

Blog itu memiliki peringkat yang dicatat dari berbagai macam tools pihak ketiga, seperti halnya alexa, moz, dan masih banyak lagi. Namun semua itu pentingkah? Peringkat itu tidak akan memberikan manfaat apapun kecuali untuk content placement, misal blog yang memiliki DA PA atau rank alexa yang bagus maka ratenya lebih mahal.

Tapi disamping itu trafik blog adalah salah satu hal yang sangat penting. Berapapun peringkatnya jika trafiknya kecil maka hal tersebut tidak akan bisa memberikan manfaat yang lebih.

Baca : Apakah Peringkat Alexa Rank Menentukan Jaminan Kualitas Sebuah Blog?

Maka dari itu, mulai sekarang ubahlah pola pikir kita harus diubah, jangan hanya bergantung pada peringkat blog tapi dari trafik blog. Karena saya sendiri sering melihat orang yang terlalu mengoptimasi sedemikian rupa untuk mendongkrak peringkat blog menjadi lebih tinggi hingga mereka membayar mahal. Menurut saya hal itu hanya akan buang buang waktu dan uang saja.

Terlalu memikirkan peringkat blog ini benar benar kesalahan dalam blog yang harus anda hindari. Kita tahu, tools tools yang menyediakan peringkat seperti itu sebenarnya tidak benar benar akurat, bahkan bisa melenceng. Jadi mulai sekarang berpakulah pada trafik blog untuk melihat seberapa jauh perkembangan blog kita, jangan melihat peringkat blog sebagai acuan tingkat kesuksesan blog.

Jadi saran saya untuk menghindari kesalahan dalam membangun blog satu ini terutama untuk kalian para pemula adalah dengan tidak terlalu memikirkan peringkat maupun trafik. Karena seorang blogger terutama blogger pemula itu bisa melihat 10 kali dashboard statistik dan lebih dari 15 kali dashboard penghasilan.

Seberapa sering anda lihat pun tak akan mempengaruhi hasil jika tidak ada usaha yang nyata untuk meningkatkannya. Jadi lebih baik waktu sebanyak itu digunakan untuk menulis artikel ataupun melakukan hal lain yang sekiranya lebih berguna untuk blog.

2. Terlalu memikirkan backlink tanpa mengimbangi dengan konten berkualitas

Dalam artikel sebelumnya mengenai 10 macam persepsi salah dalam SEO saya sudah sedikit menyinggung bahwa backlink sampai saat ini masih memegang peranan penting bagi sebuah blog dalam SEO. Saya sendiri pun sudah membuktikannya.

Namun yang menjadi masalah adalah bagi seorang pemula adalah terlalu memikirkan membangun backlink. Tapi mereka lupa untuk mengimbanginya dengan konten yang berkualitas. Ini sering saya lihat pada blogger pemula, dan saya sendiri pun dulu sering melakukan hal serupa. Tapi bagaimanapun juga, kesalahan dalam membangun blog yang satu ini sudah saya lupakan.

Membangun konten berkualitas yang diiringi dengan mencari backlink berkualitas pula serta mencari dari situs yang relevan adalah hal terbaik dalam membangun blog. Karena dari sinilah blog akan sangat mudah berkembang dari waktu ke waktu dengan lebih cepat. Saya sendiri pun sudah membuktikannya, bahwa blog itu perlu dirawat dengan di beri artikel yang berkualitas dan diperkuat jaringannya dengan memberikan backlink.

Tapi yang jadi masalah adalah hal itu kadang menyita banyak waktu atau menyita banyak uang. Untuk mendapatkan artikel yang berkualitas dan backlink yang berkualitas memang sulit dilakukan secara bersamaan jika hanya dikerjakan oleh 1 orang saja. Jadi jika keduanya dikerjakan secara bersamaan pasti akan membutuhkan lebih banyak waktu. Atau jika anda menggunakan jasa backlink yang profesional pasti membutuhkan biaya yang cukup banyak pula.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas memang bisa dilakukan dengan mengunakan guest posting atau melakukan content placement. Namun itu mewajibkan kita untuk memiliki banyak artikel, jika tidak bisa membuat banyak artikel kita pun harus membeli artikel.

Maka dari itu, menurut saya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan jasa backlink saja, sementara kita berfokus pada poting konten yang berkualitas. Sebenarnya sih kalau kita bisa membuat artikel yang viral atau betul betul berkualitas, maka backlink bisa datang sendiri tanpa perlu kita cari.

3. Tidak hobi nulis tapi pengin dapat uang dari blog

Pernah gak anda melakukan kesalahan dalam membangun blog yang satu ini? Hal ini nantinya akan mengakibatkan seseorang itu tidak suka posting artikel tapi berharap bisa dapat penghasilan dari blog dan gajian tiap bulan. Jika anda mengulik dari blog – blog lokal maupun luar negeri pasti mereka bisa sukses karena memiliki hobi nulis. Jadi ngeblog itu bukan soal uang semata, melainkan hobi nulis yang dimiliki dari si pemilik blog.

Hobi itu bisa berawal dari keterpaksaan atau dari kebiasaan. Jika memang seseorang itu memiliki tekad yang kuat untuk ngeblog dengan motivasi untuk mendapatkan uang rutin dari blog, maka bisa jadi dia jadi hobi nulis walau awalnya tidak hobi.

Tapi berdasarkan pengamatan saya sendiri, blog blog yang sukses dan banyak disukai oleh semua orang itu memiliki pemilik yang suka akan nulis. Jadi dari nulis yang konsiten dan terus menerus itu akan membuat blog lebih berkembang.

Jika memang anda tidak memiliki hobi nulis tapi pengin bisa merasakan hasil dari blog, maka ada 2 pilihan yang bisa anda lakukan. Yang pertama adalah membangun blog dengan menggunakan jasa penulis artikel. Yang kedua adalah dengan terus menerus “memaksakan” diri sendiri untuk nulis walau sedang malas dan tidak mood. Karena lama kelamaan hal itu akan menjadi suatu keharusan atau seakan menjadi kewajiban rutin bagi diri sendiri dan itu bisa menumbuhkan rasa cinta anda pada kegiatan itu.

Segala sesuatu akan lebih indah bila didasari hobi

Jika memang sudah hobi, kapanpun pasti anda ingin berada di depan layar monitor untuk nulis. Namanya juga hobi, pasti anda lakukan dengan menyempatkan waktu walau sedang sibuk. Misalnya anda hobi daki gunung, pasti jika ada suatu event – event pendakian gunung pasti anda ikuti bukan? Seperti itulah hobi. Jika sudah melekat dalam tubuh kita pasti kita ingin selalu rutin melakukan hobi itu.

Jadi anda bisa pilih dua hal tersebut diatas. Saran saya akan lebih baik bila pilih nomor 2. Karena saya sendiri juga demikian. Sebenarnya dulu saya boro -boro punya hobi nulis, dapat ide buat artikel aja susahnya minta ampun.

Tapi karena saya ingin serius mendalami seperti apa itu blogging dan maka saya terus berusaha untuk meluangkan waktu untuk nulis dan nulis walau sedang malas dan tidak mood. Jadi ya gini jadinya, saya lebih suka nulis dan dapat banyak sekali dapat ide, walaupun kadang semua ide ide itu tidak bisa saya jadikan sebuah artikel karena saking banyaknya.

4. Lupa akan promosi dan hanya berfokus pada SEO

Peran penting SEO dalam marketing blog memang sangatlah penting, namun kita pun jangan hanya berpantokan pada SEO sebagai salah satu cara untuk mendapatkan trafik. Cobalah sekali kali anda gunakan sosial media ataupun blog lain untuk mendapatkan pengunjung.

Karena peranan sosial media dalam mendatangkan trafik untuk blog itu sangat besar. Apalagi kalau blog anda masih baru dan masih belum bersahabat dengan google dan mesin pencari lainnya maka alangkah baiknya untuk menggunakan sosial media dalam kegiatan promosi.

Mempromosikan blog memang bisa melalui beberapa hal, seperti dengan beriklan, mengenalkan langsung secara f2f, membuat stiker, berbagai di sosial media dan masih banyak lagi. Membangun kualitas konten yang bermutu dan update rutin itu penting. Tapi hal itu akan berguna jika blog anda tidak memiliki pengunjung, sama halnya membuat karya seni yang luar biasa tapi di planet mars. Maka dari itu carilah pengunjung untuk blog walau mulai dari teman terdekatmu saja.

Karena jika mereka bisa mendapatkan berbagai hal yang bermanfaat, maka mereka akan menjadi pengunjung tetap lalu merekomendasikan artikel anda. Hal inilah yang sejatinya menjadikan suatu blog menjadi terkenal oleh banyak orang. Jadi kesalahan dalam membangun blog yang kadang dilupakan oleh pemula yaitu lupa dalam mempromosikan blognya ini harus kita hindari agar blog bisa terus maju dan berkembang.

5. Sering otak atik template dan ganti template tapi lupa update artikel

Jujur saja ini hal yang sering dilakukan oleh mereka yang membangun blog dengan menginginkan tampilan yang luar biasa. Tapi hal ini juga memiliki dampak buruk. Apabila mereka tidak bisa membagi waktu untuk urusan itu dan urusan update artikel, maka blog juga tidak bisa berkembang. Hal itu karena blog itu tidak memiliki artikel yang selalu uptodate dan bermanfaat bagi pengunjung.

Seringnya otak atik template apalagi ganti ganti template adalah kesalahan dalam membangun blog yang perlu dihindari. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memilih template yang memiliki banyak fitur dan juga anda sukai sekalian. Bahkan kalau perlu beli walau itu mahal. Karena jika anda membeli dengan harga mahal yang sudah betul betul nyaman pasti itu akan membuat anda tidak akan suka gonta ganti artikel.

6. Tidak ada investasi jangka panjang

Jika anda memiliki keseriusan dalam blog, maka yang terpenting adalah lakukan investasi dalam jangka panjang. Bagaimana caranya? Coba anda beli berbagai macam tools yang sekiranya penting untuk anda manfaatkan. Misalnya untuk membangun jaringan pelanggan menggunakan subscriber email. Karena jika anda tahu, bahwa pengunjung yang datang dari langganan email itu adalah trafik paling berkualitas kedua setelah dari mesin pencari.

Baca : Panduan Menggunakan Mailchimp Untuk Mengelola Email Bagi Pelanggan Blog

Selain itu membangun blog hingga menjadi terkenal juga pasti menelan biaya yang lumayan. Karena sesuatu dibalik blog itu sebetulnya lebih besar daripada yang ditampakan ke hadapan publik. Namun jika hal itu dilakukan dengan tepat, maka seberapa besar pun uang yang telah anda investasikan untuk blog pasti akan kembali dalam jumlah yang berkali kali lipat. Walau tidak langsung beberapa bulan langsung balik modal dan mendapatkan keuntungan.

Jadi kesalahan dalam membangun blog yang perlu anda perbaiki adalah untuk berfikir dan melakukan dengan acuan dalam jangka panjang. Tentunya orang yang berasumsi bahwa blog itu adalah jangka pendek, maka mereka akan melakukan berbagai hal yang buruk. Misalnya berpedoman berdasarkan prinsip “asalkan instant dalam menghasilkan uang”. Misalnya menggunakan berbagai cara blackhat mulai dari spam hingga melakukan blackhat SEO yang bertujuan untuk mendapatkan banyak trafik.

Salah satu cara untuk mengatasi kesalahan dalam membangun blog yang satu ini adalah dengan tidak memiliki mental gratisan. Kenapa? Karena jika anda hanya mengharapkan gratisan saja maka ini justru akan membuat blog sulit berkembang. Memang segala sesuatu itu butuh modal, tapi tak selamanya pemilik modal itu yang menang. Mereka yang memiliki itikad yang kuat dan selalu responsif terhadap perkembangan zaman itulah mereka yang akan cepat maju.

7. Tidak riset kata kunci

Riset kata kunci itu ibarat membuat pondasi untuk suatu bangunan. Jika bangunan itu semakin tinggi dan semakin besar maka butuh pondasi yang lebih dalam dan lebih kuat agar bangunan kokoh. Sama halnya jika blog semakin besar pasti riset kata kunci yang ditarget juga harus beda. Yaitu harus riset keyword yang memiliki banyak kunjungan walaupun memiliki banyak pesaing.

Baca : Optimasi Kata Kunci Jitu Untuk Hasil Pencarian Maksimal

Kadang kala ada kesalahan dalam membangun blog yang berhubungan dengan hal ini. Yaitu mereka tidak melakukan riset kata kunci untuk setiap artikel yang dibuat. Dan hasilnya blog menjadi tidak bisa berkembang dan mendapatkan trafik yang memadai walau sudah memiliki banyak artikel. Apakah anda mengalami hal demikian?

Namun jika sudah melakukan riset keyword yang digunakan sebagai pondasi pada sebuah artikel, namun masih saja pengunjung yang datang, bisa jadi hal itu disebabkan karena adanya kesalahan dalam meriset. Maka dari itu alangkah baiknya anda mempelajari bagaimana riset keyword yang baik dan benar.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai kesalahan dalam membangun blog yang perlu anda pahami. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk mendapatkan berbagai informasi yang bermanfaat dengan selalu mengunjungi blog ini ya. Terima kasih.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

One Comment

  1. Yang lain masuk akal.. tetapi mengatakan riset kata kunci sebagai fondasi sebuah blog adalah berlebihan dan mendekati pada omong kosong.

    Khas gaya blogger tutorial saja dan terkesan memaksa bahwa memang harus melakukan riset kata kunci. Padahal sebenarnya tidak.

    Sorry to say. Tulisannya jadi bernada gaya internet marketer yang menutup ruang bagi kemungkinan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close