Kisah Inspiratif

Belajar Dari Kesuksesan Pokemon Go, Game Super Fantastis

Hai kawan, siapa sih disini yang gak kenal dengan Game Pokemon Go yang baru baru ini diluncurkan namun sudah memecahkan rekor 10 juta unduhan dalam 1 minggu dan itu juga dikabarkan mengalahkan beberapa aplikasi raksasa seperti Facebook, Twitter, Instagram hingga Snapchat. Kesuksesan Pokemon Go inilah yang saat ini menjadi daya tarik para investor.

Tapi pernah gak kalian bertanya-tanya kenapa game Pokemon Go bisa sukses dan apa yang menyebabkan game ini cepat terkenal? Apa rahasia kesuksesan Pokemon Go ini?

Jika Anda memiliki jiwa yang beraliran bisnis, maka Anda juga bertanya-tanya, kenapa game ini sudah banyak sekali di download walaupun di negara Indonesia belum resmi diluncurkan. Apalagi jika sudah masuk ke segmen Indonesia, pasti langsung dihabiskan oleh puluhan juta gamers dari Indonesia.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin sedikit memberikan informasi kepada kalian semua mengenai Kesuksesan Pokemon Go yang baru baru ini nge-hits dan menjadi rekor baru di dunia game. Sehingga kita bisa belajar dari Kesuksesan Pokemon Go tersebut.

Ingin tahu seperti apa sajakah perjuangan, cara, trik, dan tips mengatur serta mengelolanya Hinga mencapai kesuksesan seperti saat ini?, Silakan simak saja pembahasannya di bawah ini ya.

Sejarah, Nama Pembuat, Negara Pembuat dan Asal-usul Pokemon Go

Kesuksesan Pokemon Go

John Hanke adalah nama dari pembuat game Pokemon Go. Ia warga dari negara Amerika Serikat, jadi negara pembuat Pokemon Go adalah Amerika Serikat sesuai dengan tempat tinggal John Hanke ini.

Ini sedikit biodata John Hanke pembuat Game Pokemon Go: Ia lahir di Texas Amerika Serikat dan dibesarkan juga di Cross Plains Texas. Ia saat lalu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan kuliah di universitas of Texas Austin. Dan dari sinilah dia mulai tertarik pada dunia pembuatan game.

Loading...

Sebelum ia melanjutkan untuk mengenyam pendidikan ke sekolah bisnis, ia mulai kerja terlebih dahulu di Pemerintahan Amerika dan juga di Myanmar. Lalu ia pun melanjutkan pendidikannya dan berhasil mendapatkan gelar MBA dari Haas School of Business di Universitas of California, Berkeley saat tahun 1996. Dan dari sinilah dimulai segalanya.

Pada tahun 1996 ia sebagai CO creator lalu membuat Sebuah game online yang diberi nama Meridian 59 yang merupakan game online yang bisa dimainkan oleh beberapa pengguna online sekaligus. Lalu ia menjual game itu entah karena alasan apa.

Lalu di tahun 2000 ia melaunching Keyhole yang saat ini menjadi bagian dari Google earth. Karena ia membuat foto dari udara yang belum dimiliki oleh teknologi dari manapun apalagi dari satelit google, Karena ini juga yang menjadi awal alias cikal bakal dari Google earth itu sendiri, karena konsepnya di beli oleh Google.

Dia membuat foto dari berbagai penjuru dunia lalu menyesuaikan dengan peta hingga akhirnya ia bisa menciptakan peta 3D yang canggih. Ini merupakan salah satu hal yang paling penting dalam sejarah kemajuan teknologi navigasi.

Walaupun dibeli oleh Google ia karena sangat tertarik dengan dunia GPS dan pemetaan, ia tetap bekerja di Google dibagian Google Geo ia ingin belajar lebih jauh dan memperdalam ilmu pemetaan. Ia termasuk bagian dari tim yang ahli dalam mengembangkan Google Earth, Google Map, Google street view.

John-Hanke
Image from http://news.nextbigwhat.com

Lalu pada tahun 2010 ia mulai meluncurkan Niantic Labs yang merupakan start-up yang ia bangun dengan bantuan dari Google. Dari game Meridian 59 yang ia buat dan pemetaan yang ia kuasai, ia akhirnya menciptakan game bernama Ingress di tahun 2012, ia menggabungkan konsep keduanya dan yang merupakan cikal bakal dari game Pokemon Go.

Sejak saat itu dia yang bekerja sama dengan Google, Nintendo, Pokemon Company, dan lainnya untuk membuat aplikasi Pokemon Go. Dan pada akhir tahun 2015 hingga bulan Juli 2016 yang diluncurkannya di tanggal 6 Juli 2016 di berbagai negara seperti Amerika, Selandia baru dan Australia hingga saat ini sudah lebih dari 200 negara dapat ikut menggunakan game Pokemon Go ini.

Kesuksesan Pokemon Go

Kita bisa mengambil banyak pelajaran dari kesuksesan Pokemon Go ini. Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa kita ambil dari kesuksesan Pokemon Go.

1. Untuk meraih sesuatu yang luar biasa, kita butuh perjuangan yang luar biasa pula

Kita tahu bahwa segala sesuatu itu butuh perjuangan. Apabila kita tidak mau bangkit dan mencoba maka segalanya tidak akan pernah terwujud apa yang selama ini kita bayangkan. Seberapa jauh perjuangan seseorang akan menunjukkan seberapa hasil nantinya yang akan di dapat.

Kita tahu bahwa kesuksesan game pokemon go ini adalah karena memang perjuangan si pembuat untuk bisa mewujudkan hobi yang dimiliki menjadi sesuatu yang lain yang lebih berguna.

Sejak kecil memang ia sangat suka akan ilmu geografi terutama pemetaan, jadi ia memiliki suatu tekad agar bisa mewujudkan sesuatu yang besar dari hobi itu. Dan sekarang ia tinggal menikmati hasilnya yang luar biasa.

Dengan mendorong eksplorasi, Pokemon GO dapat membuat hidup Anda lebih baik dalam. ~John Hanke~

2. Semakin banyak jam terbang, semakin banyak hasil yang kita peroleh

Jika kita hitung mulai dari pengembangan ide dan konsep untuk bisa sampai berhasil membuat aplikasi game pokemon go ini, dimulai tahun 1996 Hinga saat ini tahun 2016 yaitu mencapai waktu 20 tahun lamanya. Jadi game ini bukan game asal asalan yang dikerjakan dalam waktu semalam, melainkan telah banyak percobaan, trial and error dan banyak lagi.

Dengan waktu yang lama itu setidaknya ada kesempatan untuk memperbaiki semua kesalahan agar mencapai kesempurnaan.,

Dan di zaman sekarang ini, orang-orang inginnya serba instan, ada sedikit masalah langsung mengeluh, ada hambatan lalu putus asa, mereka tidak memiliki kesabaran dan ketekunan dalam mewujudkan sesuatu hal. Apalagi di zaman sekarang waktu itu serasa sangat cepat, yang menuntut seseorang untuk melakukan semuanya dengan cepat pula.

Untuk bisa mewujudkan harapan, kita harus rela mengorbankan waktu kita diawal waktu agar diakhir waktu kita bisa merasakan betapa bahagianya saat ini dari kesulitan yang dulunya selalu menghampirinya.

3. Untuk membuat sesuatu yang besar, butuh dana yang besar

Jika kita lihat proyek pembuatan game ini dana yang digelontorkan bukan main-main loh, uang senilai US$ 25 juta atau jika dihitung dalam nilai rupiah sekitar 350 milyar. Ini adalah dana yang besar sekaligus investasi yang besar juga.

Namun dari modal awal yang besar itu sekaligus menghasilkan sesuatu yang istimewa, fantastis dan tidak mengecewakan, setidaknya saat ini setiap harinya bisa menghasilkan 25 milyaran. Jadi dalam 2 pekan saja sudah bisa balik modal bukan?.

Namun modal itu sebenarnya bukan soal uang saja, pikiran dan kerja keras serta semangat yang terus membara, itu juga modal yang berharga dan mahal. Jadi jangan pernah meremehkan kerja keras orang lain ya dalam hal apapun. Karena bisa jadi mereka akan menandingi kesuksesan Anda.

4. Jika ide Anda hebat, Dana bukanlah masalah

Sesuatu yang hebat berasal dari pemikiran dan ide orang yang hebat.

Memang kadang orang orang berhenti di tengah jalan saat ada kendala, salah satunya adalah masalah dana yang terbatas. Dari situlah mereka menyerah dan meninggalkan apa yang ingin dicapai.

Kesuksesan Pokemon Go

Sebenarnya jika kalian memiliki pemikiran hebat, banyak kok yang mau bekerja sama dengan Anda, betul deh. Yang penting bisa dan berani mencoba untuk menggaet para investor untuk berinvestasi di sesuatu yang sedang Anda kembangkan. Dengan investasi ini juga Anda akan cepat tumbuh, sama seperti kesuksesan pokemon go juga di didanai oleh perusahaan raksasa seperti Google, Nintendo , Pokemon Compeny dsn banyak lainnya. Jadi jangan malu untuk meminta bantuan dana dari investor.

Daripada Anda hutang, apalagi jika hutang kepada orang yang salah, tentunya hal ini akan menjadikan kamu semakin terjerumus kepada kebangkrutan bukannya berkembang ke arah yang lebih baik.

5. Inovasi mampu mengubah segalanya dan mengalahkan yang lain

John Hanke sendiri mengatakan bahwa ia punya 3 jenis tujuan saat membangun kesuksesan pokemon go, ketiga hal itu antara lain:

1. Kebugaran badan

Dengan game ini kalian bisa terbantu untuk aktif bergerak keluar ruangan dengan mencari pokemon ke beberapa tempat. Ini merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh sehat dari sebuah game, karena dia melihat banyak aplikasi kebugaran jasmani yang gagal membuat seseorang untuk bisa bugar.

Dengan bantuan GPS dan latar belakang yang real, ini menjadi sesuatu yang memang bisa membuat orang tertarik untuk menjadi seorang pemburu, jadi mereka lakukan apapun agar bisa mendapatkan banyak pokemon. Dari sinilah yang biasanya para gamer malas beraktifitas ditantang untuk jalan-jalan keluar rumah.

2. Melihat banyak tempat baru

Dengan bermain game ini kita bisa melihat berbagai tempat baru, teman baru dan bisa mengeksplorasi berbagai pemandangan alam maupun tempat situs bersejarah. Kita jadi bisa mengenal lebih jauh tempat di sekitar kita.

Kita bisa melihat sesuatu yang virtual dari dunia nyata, penggabungan 2 elemen berbeda yang membuat seseorang bisa melihat 2 dimensi yang benar-benar berbeda pula.

3. Menghancurkan es

Hanke mengatakan bahwa game pokemon go ini layaknya penghancur es, yang mana ini bisa membuat seseorang untuk menghabiskan banyak waktu secara bersama-
sama dengan orang lain.

Tujuan kami membuat platform untuk pengalaman yang berbeda. ~ Hanke~.

Demikianlah sedikit motivasi untuk belajar dari kesuksesan pokemon go yang merupakan game paling populer saat ini. Sehingga kita bisa lebih mendapatkan pencerahan dan mempelajari kesuksesan pokemon go ini.

Baca juga : 10 Inspirasi Usaha Saat Kuliah dengan Modal Kecil

Semoga bermanfaat bagi diri kita semua. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini ya.. Terima kasih.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *