Keuntungan Berbisnis dengan Toko Online dan Kiat Suksesnya

Keuntungan Berbisnis dengan Toko Online – Saat ini, mencari uang bisa di dapat dengan berbagai cara. Mungkin ada yang mengatakan bahwa mencari uang di zaman sekarang makin susah saja, namun ada juga yang mengatakan sebaliknya.

Selain memilih profesi yang cukup menghasilkan, sebenarnya memilih untuk berbisnis pun bisa membuat kantong kita tebal.

Nah, kali ini kita akan membahas bersama mengenai fenomena terbaru untuk menghasilkan uang jutaan rupiah tiap bulannya. Fenomena ini adalah berbisnis dengan toko online.

Berbisnis melalui toko online di zaman sekarang sudah menjadi hal yang lumrah bagi para pelaku usaha. Banyak yang sudah menggeluti bisnis toko online dari berbagai ‘background’ yang berbeda-beda.

Selain orang dewasa, banyak juga pemuda yang menjadi founder dari bisnis online ini.

Mereka mungkin saja hanya bergelut dalam persaingan bisnis di internet, bukan secara langsung (offline). Dengan memanfaatkan website dan sosial media, mereka bisa meraih puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulannya.

Lini bisnisnya pun beragam, ada yang fokus ke bidang kuliner, retail, obat herbal, aksesoris, gadget dan lain sebagainya. Salah satu pemuda yang sukses dalam berbisnis dengan toko online adalah Rico Huang.

Ia merupakan pemuda yang sudah sukses dan mendirikan perusahaannya sendiri meski di usianya yang masih tergolong sangat muda.

Selain Rico, banyak juga pejuang online yang memanfaatkan kemajuan teknologi di zaman sekarang ini. Mereka bersaing membuat toko online dengan memberikan penawaran terbaru dari produk yang dijualnya.

Tidak heran rasanya bila saat ini sudah ada banyak toko online yang bermunculan seperti toko online sepatu, toko online tas, toko online hijab, toko online kuliner, toko online gadget dan elektronik hingga toko online furniture dan kerajinan tangan.

Dengan bermodalkan strategi pemasaran di internet, para pebisnis toko online bisa mendapatkan ribuan pelanggan sampai akhirnya bisa meningkatkan profit yang amat besar.

Keuntungan Berbisnis dengan Toko Online




Dari sekian banyak pemain toko online, mereka bisa merasakan dampak yang signifikan terhadap perkembangan bisnisnya.

Dengan strategi yang dikuasai, para pemain ini bisa menilai bahwa berbisnis dengan toko online lebih menguntungkan daripada berbisnis secara konvensional.

Hal ini mungkin saja dikarenakan bisnis konvensional terkesan lebih ribet, membutuhkan tempat dan karyawan.

Toko online tentu terkesan lebih efektif dan efisien, karena bisa dilakukan secara perorangan dan promosi bisa menjangkau lebih banyak orang (massive market).

Sebab toko online yang mengutamakan akses internet dan media sosial bisa lebih mudah dikenal dan dikunjungi oleh ribuan sampai jutaan orang dari berbagai daerah.

Dengan adanya internet, seluruh orang bisa menjangkau toko online dan bisa membeli produk dengan lebih mudah. Secara tidak langsung, ini bisa mendatangkan pelanggan yang super banyak.

Jika kita tarik garis lurus, berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keuntungan berbisnis dengan toko online:

1. Target pasar yang amat luas

Hal ini dikarenakan toko online bisa mendatangkan pelanggan dari seluruh daerah di Indonesia. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisnis toko online bisa menembus pasar internasional.

Dengan begitu, target pasarnya bisa menjangkau orang-orang dari seluruh belahan dunia.

2. Lebih hemat modal dan biaya operasional

Dengan dilakukan secara online, sebuah bisnis bisa dijalankan secara individu sehingga bisa menekan biaya untuk upah karyawan.

Selain itu bisa juga menghemat biaya untuk sewa kantor bahkan bisa dijalankan di perumahan yang ukurannya kecil.

3. Toko online lebih efektif

Hal ini karena berbagai informasi yang disampaikan lebih banyak sehingga pembeli lebih mudah mendapat deskripsi tentang produk/jasa yang ditawarkan perusahaan.

Kiat Sukses Mendirikan Toko Online




Sama halnya dengan menjalankan bisnis itu sendiri, membangun toko online yang sukses perlu mempertimbangkan beberapa hal yang cukup penting.

Toko online umumnya berada pada sebuah website dan hanya bisa diakses oleh jaringan internet. Maka dari itu, wajib hukumnya memperhitungkan bagaimana caranya agar toko online yang dibangun bisa sukses.

Tentunya harus bisa bersaing dengan jajaran para kompetitor lainnya. Nah, beberapa tips berikut ini bisa Anda jadikan panduan bila ingin memulai berbisnis dengan toko online…

1. Anda harus menentukan jenis produk yang hendak Anda jual

Produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan harus menjelaskan inti dari bisnis toko online itu sendiri. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar yakin apa jenis dan kategorinya.

Tentu saja produk atau jasa Anda bisa lebih berhasil jika produk yang dijual adalah yang berbeda dari toko online lainnya.

Meski produk yang dijual sama misalnya hijab, maka Anda harus membuat perbedaan entah itu brand, kualitas atau harga yang lebih bisa bersaing dengan kompetitor.

Intinya buatlah lebih baik dari competitor sehingga para konsumen dapat tertarik membeli produkmu melalui toko online.

2. Anda bisa memanfaatkan berbagai media untuk membuat toko online

Selain dengan website, Anda juga bisa membuat kolaborasi dengan merintis toko online di Marketplace. Tentunya harus memperkirakan marketplace yang cocok untuk produk Anda.

BacaTips Agar Laris Berjualan di Marketplace

Misalnya produk yang Anda jual adalah hijab, maka Anda lebih cocok menjualnya di Shopee karena mayoritas pembelinya itu kaum hawa.

Jika produk yang Anda jual adalah sesuatu yang berhubungan dengan laki-laki, maka lebih cocok di Bukalapak. Sedangkan jika produk Anda itu berlaku untuk siapa saja maka marketplace yang cocok adalah Tokopedia.

Ya, ini hanya perkiraan mengenai mayoritas demografi yang membeli di marketplace. Untuk lebih pastinya, mungkin Anda bisa mencobanya sendiri.

Selain marketplace, Anda juga bisa mencoba untuk menjualnya di platform lain seperti e-commerce lazada, JD.id, blibli dan lain sebagainya.

3. Buatlah situs mandiri atau blog khusus untuk toko online

Agar lebih mudah berbisnis dengan toko online, Anda harus membuatnya dengan lebih menarik dengan navigasi yang mudah untuk dijelajahi. Hal ini juga akan membuat pembeli mudah untuk memilih produk yang disukai.

4. Tambahkan artikel-artikel, foto atau video secara menarik

Update secara rutin, kalau bisa setiap hari harus ada pembaruan konten. Tambahkan gambar atau video yang menarik, sesuaikan dengan mateeri pembagasan.

Dengan mengupdate konten-konten segar, situs Anda bisa lebih bisa berkembang dan kaya akan informasi. Para konsumen juga bisa semakin percaya bahwa Anda itu penjual yang sudah kredibel dan terpercaya.

5. Terbitkan dan iklan-kan situs toko online Anda

Anda bisa mempromosikan toko online Anda ke berbagai sosial media dan jaringan periklanan.

Anda bisa memanfaatkan facebook ads, instagram ads, Google AdWords, Giveaway, Endorse, Content placement untuk blogger, dan lain sebagainya.

Baca8 Langkah Mudah Beriklan di Facebook Ads dari HP

Dengan strategi seperti ini, Anda bisa memperkenalkan produk dengan lebih cepat.

6. Manfaatkan sosial media yang gratis dan mudah digunakan

Apabila Anda belum terlalu mahir dalam menggunakan website. Anda bisa mencoba untuk Misalnya facebook, twitter atau instagram.

Kalau facebook, buatlah fanspage untuk produk Anda lalu iklankan dengan facebook ads. Kalau twitter dan instagram, coba lakukan strategi pemasarannya dengan tepat dengan menjaring followers yang lebih banyak.

Manfaat dari sosial media yaitu bisa mendatangkan pelanggan lebih banyak, karena mayoritas orang saat ini sudah menggunakan social media untuk berinteraksi.

Maka dari itu, sangat mudah memasarkan produk Anda ke teman-teman di facebook, twitter dan instagram.

Seandainya beberapa kiat sukses membangun toko online sudah dipraktikkan, langkah berikutnya Anda harus mengupdate konten dan gambar dari produk atau jasa di toko online Anda.

Ciptakan suatu produk yang inovatif dan berbeda




Mungkin toko online Anda sudah dikenal banyak orang, namun tetap saja Anda bisa mengalami bangkrut jika asal-asalan dalam mengelolanya.

Jika tekad dan komitmen Anda loyo, bisnis Anda juga biasanya akan mengikuti. Anda harus memanage toko online Anda dengan sebaik-baiknya, entah itu memperbarui atau mempromosikannya.

Kalau bisa, Anda harus bereksperimen untuk menciptakan suatu produk yang inovatif dan berbeda dari toko online lainnya. Sebenarnya, produk apa pun bisa dijual secara online, entah itu pakaian, sepatu, tas, kuliner, kerajinan tangan, aksesoris, bahkan celana dalam sekali pun bisa laku!

Selain itu, Anda juga harus menguasai konsep dan strategi pemasaran online dengan matang agar penjualan di bisnis Anda semakin meningkat.

Untuk menggiring traffic, Anda bisa melakukan teknik internet marketing seperti SEO, Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads, Sosial Media Group dan lain sebagainya.

Strategi digital marketing

Setelah itu, Anda perlu membuat konsep dan arsitektur bisnis toko online Anda. Salah satu caranya yaitu menerapkan strategi digital marketing untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Bagaimana caranya? Sederhananya begini…

Anda harus menggiring traffic dengan internet marketing lalu mengolahnya dengan digital marketing. Arahkan seluruh traffic ke situs toko online Anda, lalu kumpulkan databasenya.

Sampai tahap ini, Anda harus mengubah orang-orang yang belum tahu produk Anda menjadi tahu hingga akhirnya mereka bisa membeli produk Anda.

Untuk memberikan informasi lebih detail mengenai produk dan bisnis Anda, Anda bisa menggunakan strategi email marketing. Konsepnya bisa kamu lihat pada foto berikut ini:

Strategi digital marketing

Masih bingung atau belum paham? Tenang saja, Anda tidak perlu melakukan pekerjaan ini semuanya.

Seandainya Anda tidak bisa atau belum ahli dalam segala ilmu marketing online seperti ini, Anda bisa merekrut karyawan yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus untuk menentukan arah bisnis Anda mau dibawa kemana. Cobalah untuk selalu merekrut orang-orang terbaik yang bisa menjadi rekan kerja Anda untuk menyelesaikan berbagai target.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai keuntungan berbisnis dengan toko online dan kiat suksesnya. Dengan berbagai keuntungan yang bisa diraih dari toko online, sudah seharusnya Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya.

Jangan sampai para kompetitor sudah mendahului Anda dalam menggaet orang-orang yang potensial untuk membeli produk Anda (target market & demografi).

Baca juga:

Informasi seperti ini tentu akan sangat berguna apabila Anda mempraktikkannya. Jika saat ini bisnis Anda belum mampu untuk menyewa toko offline, maka salah satu langkah terbaik yang bisa Anda pilih adalah mendirikan toko online dan mengembangkannya.

Tentunya, ini bisa menjadi pilihan atau alternative terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melejitkan omset pada bisnis Anda.

Selamat mencoba! Semoga berhasil…

Bagikan

Related Posts

About The Author

One Response

Add Comment

shares