Blogging

Keuntungan Menjadi Penulis Dan Bagaimana Cara Memasarkan Tulisan Kita

Apa sih keuntungan menjadi penulis? Menulis, adalah cara lain dari sebagian orang untuk menuangkan apa yang sedang di rasakannya. Hal ini ternyata mampu sedikit demi sedikit mengurangi tekanan batin dari orang yang sedang merasakan suatu masalah tetapi tidak bisa menceritakannya kepada orang lain.

Namun demikian, seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi serta bisinis komersial, tulisan mulai menjadi bahan untuk sebuah bisinis. Sehingga ada banyak keuntungan menjadi penulis, dari situ terciptalah sebuah buku. Mulai dari buku sains, fiksi, hingga buku pelajaran sekolah. Tentu banyak ragamnya bila di sebutkan satu – persatu.

Belakangan ini, banyak orang yang berminat untuk menjadi penulis. Entah itu untuk blog, menulis cerpen, ataupun membuat novel. Tentu semua itu berdasarkan keniatan masing-masing. Namun, ternyata masih banyak juga yang mengalami kendala saat menulis.

Seperti kebingungan mau menulis apa, dan harus memulai dari mana? Padahal, jika saja kalimat awal sudah ketemu, maka untuk selanjutnya pasti akan mengalir dengan sendirinya. Asalkan tema ceritanya sudah ditentukan lebih dulu.

Di lain sisi, banyak orang yang beranggapan bahwa, seseorang yang bisa menulis sesuatu yang menarik, itu adalah karena bakat. Memang benar! Tapi bakat saja tidak cukup! Jika tidak ada keniatan dan pengembangan.

Artinya, meskipun seseorang sudah mempunyai bakat menulis, jika dia tidak ada keniatan untuk menulis, maka sudah dipastikan dia tidak akan menjadi penulis. Begitupun jika orang tersebut tidak mengembangkan bakatnya.

Dengan kata lain, semua orang itu sebenarnya bisa saja menjadi penulis. Asalkan orang itu mau berusaha dan terus belajar merangkai kata-kata.

Lalu, apa keuntungan menjadi penulis?

Keuntungan Menjadi Penulis

Banyak sekali orang yang kurang menyadari potensi terbaik dari seorang penulis. Karena mereka berpikiran, menulis itu pekerjaan yang sangat membosankan. Padahal dengan menulis, kita bisa memberikan manfaat bagi orang-orang yang membacanya.

Ya, seperti menulis tentang informasi, pengetahuan sains, dan sebagainya. Dan tentunya, menulis cerita pendek ataupun novel juga bisa menjadi inspirasi orang lain.

Buktinya, akhir-akhir ini banyak sekali para remaja yang mencoba membuat cerita dengan tulisannya. Hal ini bisa kita lihat dari perkembangan blogger Indonesia, dan tentunya sudah banyak ebook yang di ciptakan anak-anak Indonesia yang bisa ditemukan di PlayStore.

Bahkan, ada juga yang telah meraup untung banyak dari tulisannya. Bukankah itu bukti nyata dan salah satu keuntungan menjadi penulis, bahwa menulis itu bukanlah pekerjaan yang rendah? Tapi justru malah pekerjaan yang sangat positif dan bermanfaat bagi orang lain.

Bila bertanya mengenai untungnya menjadi penulis, adalah bisa kita lihat hasil dari penulis-penulis buku terkenal yang bukunya terus laku terjual dipasaran. Bukankah itu bisa dibuktikan, bahwa mereka telah sukses dan menghasilkan uang yang banyak hanya dari tulisannya?

Lagi pula, menulis itu pekerjaan yang sangat menyenangkan. Karena kita bisa menuangkan imajinasi kita kedalam tulisan kita sendiri. Terlebih menulis itu membuat kita menjadi pintar dan pembicaraan kita pun menjadi kaya akan bahasa. Karena tentu saja, para penulis pasti sering mencari sumber referensi untuk tulisannya. Nah banyak kan keuntungan menjadi penulis.

Bagaimana cara memasarkan tulisan kita?

Keuntungan Menjadi Penulis

Di era yang serba internet ini, seharusnya kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan bagaimana caranya kita memasarkan tulisan kita. Karena banyak sekali media sosial yang bisa kita jadikan tempat untuk menaruh tulisan kita dan di baca orang banyak.

Untuk langkah awal, jangan pikirkan dulu soal pendapatan. Karena yang terpenting adalah, bagaimana caranya orang lain bisa tertarik oleh tulisan kita? Benar, begitu? Jika kita hanya memikirkan uang, maka percayalah, kita tidak akan pernah bisa menghasilkan nya. Karena pasti akan selalu berhenti dijalan.

Kita tentu bisa memanfaatkan Facebook, Google plus, atau jika perlu kita membuat blog. Dengan begitu tulisan yang kita buat, bisa di pasarkan sesuai keinginan kita, tanpa perlu persetujuan dari media cetak ataupun menunggu panggilan dari penerbit buku.

Jika langkah itu sudah dijalani dengan baik dan mendapat respon yang baik juga, maka suatu saat nanti kita bisa memikirkan lebih jauh lagi. Kemana tulisan kita akan dibawa? Apakah akan dijual, atau tetap menjadi hobi tanpa pendapatan? Itu terserah pada hati kita sendiri. Jika menurut Anda layak untuk di komersilkan, maka lakukanlah sebagai keuntungan menjadi penulis.

Karena banyak juga penulis yang awalnya hanya iseng-iseng saja, kemudian setelah melihat hasil tulisannya berpotensi menghasilkan uang banyak, maka mereka segera membuat buku dan menerbitkannya di berbagai toko buku. Sehingga mengantarkan nama mereka menjadi terkenal dan sukses sebagai penulis.

Tentu itu juga perlu effort yang keras. Oleh karena itu, jangan pikirkan dulu soal uang. Tapi pikirkanlah bagaimana caranya orang lain tertarik pada tulisan kita terlebih dahulu. Supaya pada saatnya nanti, orang yang sering membaca tulisan kita, akan bersedia merogoh kocek demi membaca tulisan kita nantinya.

Solusi alternatif memasarkan tulisan dengan membuat e-book

Bila Anda memang dari dulu ingin mempunyai buku sendiri, maka membuat e-book adalah alternatif yang bisa kamu lakukan. Selain mudah untuk di dapatkan, e-book juga sangat mudah untuk di simpan.

Lagi pula, bila Anda membuat e-book, Anda bisa menjualnya di PlayStore dan mendapatkan keuntungan menjadi penulis berupa suatu penghasilan. Bisa juga untuk menjualnya di situs Anda (berdasarkan minat Anda). Karena dengan membuat e-book, Anda juga tidak usah repot-repot mencari penerbit dan semacamnya.

Kenapa harus e-book?

Jawaban dari pertanyaan ini karena, e-book akhir-akhir ini lebih sering di nikmati oleh peminat buku. Karena seperti yang tadi saya katakan di atas, bahwa e-book mudah dicari, mudah di dapat, dan tidak ribet di bawa. Karena semuanya sudah tersedia di smartphone. Dan juga e-book pun bisa di jual.

Tentu kita bisa memberi harga sendiri untuk e-book kita. Jika pembeli berminat, maka mereka akan membayar. Dan yang paling penting, sebelum melakukan itu, usahakan Anda sudah memiliki pembaca setia. Agar mereka bersedia membeli e-book Anda tanpa ragu-ragu.

Baca : Manfaat Aplikasi Ebook Memudahkan Mendapatkan Buku Kesukaan

Bagaimana cara membuatnya?

Untuk cara membuat e-book, tidak perlu kebingungan. Karena banyak software yang tersedia di internet. Anda tinggal cari saja melalui Google, maka akan banyak artikel yang membahas “bagaimana caranya membuat e-book”. Dan di situ pula, Anda bisa belajar secara otodidak dan berpatokan dari artikel yang kamu baca.

Setelah di buat, maka Anda sudah bisa untuk menjualnya, atau Anda hanya ingin membagikannya secara gratis sebagi ajang promosi, itu sah-sah saja. Yang terpenting, tunjukkan potensi Anda dalam hal menulis. Dan terimalah dengan senang hati semua kritikan dan saran dari orang lain. Sebagai cikal-bakal membentuk mental yang lebih kuat lagi dalam berkarya.

Kesimpulannya

Menulis itu sebagai sarana untuk menuangkan apa yang tengah kita rasakan. Karena dengan menulis, kita bisa berbicara apa saja berdasarkan isi hati tanpa ada orang lain yang mendengar. Oleh sebab itu, terkadang para ilmuwan menuliskan rumusan penemuannya agar orang lain tidak tahu, dan juga para pujangga selalu menuliskan ungkapan hatinya pada secarik kertas sebagai ungkapan kekaguman pada sesuatu dan tidak harus mengungkapkannya dengan lisan terbuka.

Dengan begitu, kita pun bisa menuliskan apa yang sedang kita rasakan, ataupun berdasarkan imajinasi kita. Sehingga terciptanya sebuah tulisan yang indah dan sangat bagus untuk dibaca. Jika seseorang sudah terbawa imajinasinya karena tulisan kita, maka sudah dipastikan orang itu akan mengagumi tulisan kita.

Dan suatu saat nanti, pasti mereka akan penasaran akan menulis apa lagi? Dan pada saatnya, mereka akan menjadi pembaca setia dan terus menunggu karya-karya kita berikutnya. Jadi, apakah Anda ingin terus menulis? Atau apakah Anda berminat jadi penulis setelah tau beberapa keuntungan menjadi penulis.

Lakukanlah sesuatu hati nurani.


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang blogger yang memulai ngeblog pake hp.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Benar yang anda tuliskan, dan bisa membuatku semangat. Terimakasih.
    Memang pada dasarnya untuk bisa menulis, itu karena keinginan. Masalah bakat menulis, menurutku itu sebagai bonus, dan pokok utamanya adalah keinginan untuk mengembangkan bakatnya itu.

    Kalau memang benar, “Ingin menjadi penulis, yang pokok adalah pengembangan keinginan tersebut”, maka bisa disimpulkan bahwa bakat adalah bukan poin pertama untuk menjadi penulis, melainkan keinginan yang menjadi pokok utamanya menjadi penulis.

    1. Iya memang benar… Keinginan lah yang mendorong kita untuk mengeluarkan bakat kita. Jadi, terus semangat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close