Review ProdukTekno

Keyboard Wireless Terbaik Harga Terjangkau “Logitech K480”

Keyboard Wireless Terbaik – Apa yang terbesit dalam benak anda ketika mendengar kata “Keyboard” ?. Jika anda adalah seorang yang terbiasa dengan komputer atau perangkat gadget lainnya. Maka, dipastikan anda akan sepakat jika kata “Keyboard” yang dimaksud adalah, aksesori atau perangkat keras tambahan untuk komputer atau gadget yang berfungsi untuk keperluan pengetikan dan pengoperasian. Bukan Keyboard sebagai alat musik.

Saat ini, keyboard yang beredar dipasaran sudah tersedia dalam beberapa pilihan merek dan jenis. Salah satu jenis keyboard yang paling modern saat ini yang bisa dipilih adalah keyboard wireless.

Nah, sebelum saya mengajak anda untuk mengetahui review keyboard wireless terbaik dengan harga terjangkau Logitech K480. Terlebih dahulu mungkin anda tertarik untuk mengetahui apa itu keyboard wireless. Mengetahui apa saja keuntungan yang akan diperoleh jika anda menggunakan keyboard wireless.

Apa Itu Keyboard Wireless

Keyboard Wireless Terbaik

Keyboard komputer merupakan perangkat input komputer yang memiliki fungsi utama sebagai alat pengetik atau alat masukan sebuah komputer. Keyboard komputer akan segera merespon sebuah sentuhan ataupun tekanan, dan selanjutnya akan di alirkan melalui kabel ke komputer.

Keyboard wirless adalah salah satu pilihan keyboard komputer yang dapat bekerja meski tanpa terhubung dengan kabel. Keyboard Wireless dapat dioperasikan dan terhubung ke perangkat komputer berkat wireless adapter yang terpasang ke port USB komputer. Keyboard tanpa kabel ini terhubung dengan menggunakan gelombang radio atau teknologi infra merah.

Karena dikembangkan dengan teknologi nirkabel. Maka keyboard wireless ini tidak hanya dapat dipasangkan dengan komputer desktop atau laptop saja. Keyboard wireless lebih bersifat universal dan dapat terhubung dengan mudah dan cepat dengan semua model komputer dan gadget.

Penting untuk diketahui bahwa, setiap keyboard wireless yang terhubung menggunakan gelombang radio memiliki tingkat fleksibelitas lebih baik. Keyboard Wireless ini tetap dapat bekerja dengan baik meski tidak berhadapan langsung dengan wireless adaptornya.

Loading...

Sementara keyboard wireless yang terhubung menggunakan teknologi infra merah, posisi keyboard harus tetap berhadapan dengan wireless adapternya. Posisi berhadapan ini layaknya sebuah remote TV terhadap unit TV nya.

Referensi lain : Info Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2016 Generasi Terbaru

Keuntungan Menggunakan Keyboard Wireless

Dibandingkan dengan keyboard reguler yang menggunakan kabel, keyboard wireless menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya. Dua keuntungan utama menggunakan keyboard tanpa kabel ini adalah :

Portabilitas dan Mobilitas Tinggi

Keyboard Wireless umumnya dirancang dengan ukuran yang lebih kecil dan ramping dari keyboard reguler. Ukuran body yang lebih ramping, membuat keyboard wireless menjadi salah satu perangkat dengan tingkat portabilitas terbaik. Anda dapat membawa keyboard ini dengan mudah kemana saja, kapan saja anda mau.

Dari segi mobilitas, keyboard wireless ini tidak harus selalu diletakan di atas meja. Karena dirancang tanpa kabel, keyboard wireless dapa digunakan di pangkuan, tempat tidur, atau di lantai.

Lebih ringkas

Keyboard wireless, memungkinkan anda dapat mengurangi perkabelan komputer. Dengan penggunaan kabel yang lebih sedikit dan tidak semerawut, maka perangkat komputer dan meja kerja anda akan terlihat lebih ringkas.

Kelemahan Keyboard Wireless

Keyboard Wireless Terbaik

Membutuhkan Baterai

Agar dapat bekerja secara optimal sebuah keyboard wireless umumnya menggunakan baterai sebagai daya utamanya. Jenis baterai yang digunakan adalah baterai AA Lithium. Meski baterai jenis ini dapat dengan mudah ditemukan dipasaran, ini artinya anda tetap harus mengeluarkan biaya tambahan untuk penukaran baterai.

Baterai AA Lithium adalah jenis baterai sekali pakai dengan daya tahan umumnya selama enam hingga lima belas bulan tergantung pemakaian. Jika sudah habis baterai AA ini tidak dapat diisi ulang.

Membutuhkan Konfigurasi Awal

Berbeda dengan keyboard komputer reguler yang menggunakan sistem plug and play. Sebuah keyboard wireless selalu memerlukan konfigurasi atau setting awal sebelum benar-benar dapat dioperasikan. Hal ini tentu akan sedikit menyulitkan bagi para pengguna yang awam dalam menyiapkan proses instalasi keyboard.

Kurang Responsif

Meski saat ini teknologi pada keyboard wireless dari merek-merek ternama terus dikembangkan dan ditingkatkan. Nyatanya beberapa keyboard wireless yang tersedia saat ini masih kurang begitu responsif.

Keyboard wireless biasanya memiliki reaksi lebih lambat bila dibandingkan dengan keyboard kabel. Jika anda adalah salah satu pengguna yang terbiasa mengetik dengan kecepatan tinggi, hal ini tentu akan menjadi permasalahan serius.

Pilihan Lebih Sedikit

Karena keyboard wireless belum begitu populer dan memilik beberapa fitur tambahan yang kurang familiar. Papan ketik tanpa kabel ini akhirnya tersedia dalam jumlah atau pilihan model yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan keyboard kabel reguler.

Harga Lebih Mahal

Selain pilihan model yang terbatas, kekurangan dari keyboard wireless lainnya adalah dari segi harga. Bila dibandingkan dengan keyboard kabel reguler dari merek yang sama, maka keyboard wireless umumnya memiliki harga yang sedikit lebih mahal.

Review Keyboard Wireless Terbaik Logitech K480

Keyboard Wireless Terbaik

Setelah anda mengetahui apa itu keyboard wireless, lengkap dengan kelebihan dan kekuarangannya. Selanjutnya saya akan mengajak anda untuk mengetahu ulasan (review) lengkap keyboard wireless terbaik dari Logitech.

Keyboard Wireless Logitech K480 salah satu keyboard wireless terbaik populer yang direkomendasikan untuk anda yang terbiasa bekerja dengan banyak perangkat gadget. Mengapa produk ini begitu populer dan menjadi salah satu keyboard wireless terbaik yang patut direkomendasikan, berikut ulasan lengkapnya :

Dapat Terhubung dengan Berbagai Perangkat dan OS

Keyboard wireless Logitech K480 dipastikan dapat dengan mudah dan cepat terhubung keberbagai jenis perangkat dengan sistem operasi berbeda. Logitech K480 dapat dihubungkan dengan PC, Laptop, bahkan Mac.

Menariknya, Logitech K480 juga menjadi salah satu keyboard tanpa kabel terbaik yang dapat diintegrasikan dengan iPad, iPhone, dan bahkan smartphone dan tab berbasis OS Android.

Dapat bekerja dengan sempurna pada 5 OS sekaligus yakni Android, Chrome OS, iOS, MacOS, dan Windows, menjadi senjata andalan Logitech K480. Dengan begitu, anda hanya memerlukan satu keyboard untuk dapat mengoperasikan lebih dari satu perangkat yang berbeda OS.

Syaratnya, semua perangkat anda sudah didukung oleh profil Bluetooth Human Interface Device/HID, termasuk keyboard eksternal.

Lebih Fungsional

Keyboard tanpa kabel terbaik Logitech K480 dapat difungsikan untuk mengoperasikan 3 perangkat gadget secara bersamaan, misalnya, satu smartphone, satu tab, dan satu laptop. Pengguna keyboard wireless Logitech K480 cukup melakukan satu kali pairing saja. Selanjutnya untuk pemakaian kedua dan seterusnya, anda tak perlu melakukan pairing.

Setelah Logitech K480 terintegrasi dengan tiga perangkat anda, maka anda dapat menentukan perangkat mana yang akan digunakan dengan Logitech K480 lebih dulu. Cara menentukannya, anda cukup menggerakkan tombol easy switch.

Tidak berbeda jauh dengan keyboard kabel reguler populer yang sering digunakan, keyboard Logitech K480 juga dilengkapi dengan shortcut atau jalan pintas berbagai perintah (command) seperti ctrl + c untuk menyalin (copy), ctrl + v untuk menempelkan (paste), dan lain-lain.

Desain Sporty dan Proporsional

Keyboard Wireless Terbaik

Keyboard wireless Logitech K480 dilengkapi dengan dock sebagai tempat untuk meletakan berbagai perangkat gadget seperti tablet ataupun ponsel. Hadirnya doc di bagian atas tombol keyboard, membuat penggunanya tidak memerlukan sebuah kick stand, ring stand, atau aksesori lainnya untuk menopang perangkat.

Dock pada Logitech K480 dirancang dengan kedalaman yang benar-benar proporsional, sehingga pengguna dapat memiliki sudut pandang yang nyaman ke layar smartphone maupun perangkat tab.

Anda dapat menempatkan 3 smartphone dengan layar 4 atau 5 inci secara bersamaan pada dock Logitech K480. Satu tablet berlayar 7 inci dan satu ponsel berlayar 4 atau inci, juga bisa ditempatkan pada dock sekaligus.

Logitech K480 hampir dilengkapi dengan semua tombol keyboard reguler untuk PC dan laptop. Keyboard wireless ini juga memiliki tombol esc, tab, caps lock, shift, ctfl, alt, fn, tanda panah empat arah, simbol-simbol, tombol power, dan beberapa tombol lainnya, juga ada.

Keyboard wireless terbaik Logitech K480 memiliki berat sebesar 820 gram, dengan total dimensi berukuran 20 mm x 299 mm x 195 mm. Logitech memang merancangnya untuk pemakaian di atas meja, bukan untuk dibawa kemana-mana.

Kecepatan mengetik terbaik

Dalam sebuah hasil ujicoba yang telah dilakukan menggunakan 10fastfingers yang menyediakan pengujian kecepatan mengetik dalam bahasa Indonesia. Perbandingan kecepatan pengetikan antara keyboard PC Logitech 120 dengan K480 di dapatkan hasil sebagai berikut :

Hasil pengujian keyboard Logitech K480 melalui 10fastfingers :

  • Kata per menit: 83
  • Total karakter: 433 (Betul 415, salah 18)
  • Kata yang benar: 65
  • Kata yang salah: 2

Hasil pengujian keyboard Logitech K120 melalui 10fastfingers :

  • Kata per menit: 84
  • Total karakter: 442 (Betul 418, salah 24)
  • Kata yang benar: 65
  • Kata yang salah: 4

Kualitas dan daya tahan baterai

Keyboard nirkabel Logitech K480 dibekali dengan dua baterai AA berkualitas lithium untuk setiap pembeliannya. Jika sebelumnya anda mengetahui bahwa baterai AA lithium umumnya memiliki daya tahan enam hingga lima belas bulan tergantung pemakaian. Menariknya, daya tahan baterai AA Logitech K480 dapat bertahan hingga 2 tahun.

Harga Resmi Keyboard Wireless Logitech K480

Selain sudah tersedia dan dapat dibeli melalui gerai offline. Keyboard wireless Logitech K480 baru juga dapat anda beli melalui situs remsi logitech. Keyboard wireless canggih ini dibandrol dengan harga Rp. 699.000.

Foto Produk & Tabel Spesifikasi Keyboard Wirelees Logitech K480

Keyboard Wireless Terbaik
Keyboard Wireless Logitech K480 via http://www.logitech.com
Detail SpesifikasiLogitech K480
Kebutuhan SistemAndroid, Chrome OS, iOS, MacOS, dan Windows
Dimensi20 mm x 299 mm x 195 mm
Bobot820 g
Jangkauan Bluetoothhingga 10 m (30 kaki)
Warna dan SNHITAM: PN 920-006380 & PUTIH: PN 920-006381

Apakah Ada Garansi ?

Ya, keyboard wireless Logitech K480 dilindungi jaminan garansi perangkat keras terbatas resmi selama 1 tahun.

Isi Box :

  • Keyboard
  • 2 baterai AAA (pra-instal)
  • Dokumentasi pengguna

Penutup

Keyboard wireless terbaik ini sangat direkomendasikan untuk anda yang terbiasa bekerja menggunakan beberapa gadget dengan berbagai OS. Dapat dipairing dengan mudah, cepat dan berpindah perangkat via Bluetooth, Logitech K480 terbukti bekerja optimal pada LG X Power, iPhone 5s, dan Lenovo Tab 3 Pro (Tablet).

Setelah melihat hasil pengujian melalui 10fastfingers.com, anda semua dapat mengetahui bahwa Logitech K480 cukup responsif. Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa Logitech K480 dan Logitech K120 (keyboard PC) tidak memiliki perbedaan yang sangat jauh. Ini Artinya, ukuran dan kerapatan tombol Logitech K480 benar-benar tepat, proporsional dan membuat pengguna nyaman.

Dock dengan desain kedalaman yang terukur jelas memainkan peran penting sebagai tempat utama untuk meletakan berbagai perangkat gadget dengan aman dan mudah. Pilihan warna hitam dan putih serta aksen warna hijau pada dock juga membuat keyboard wireless Logitech k480 tampil sporty dan eyecatching.



Loading...

Baca selengkapnya

fdl2207

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *