Ulasan Bisnis

Kiat Berbisnis Mandiri yang Perlu Anda Perhatikan

Berbisnis adalah hal yang menjadi salah satu tujuan dari beberapa orang, nmaun yang namanya bisnis ini tak mudah seperti yang dibayangkan. Hal ini karena begitu banyak sekali hal yang harus diperhatikan, hal itu dilakukan agar mencapai keberhasilan. Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan beberapa kiat berbisnis yang mana dapat anda coba.

Pada artikel sebelumnya tentang berbagai jenis bisnis anak muda yang sedang ngetrend, saya memberikan beberapa saran mengenai beberapa jenis bisnis yang sering dilakukan oleh anak muda. Nah di kesempatan ini, saya ingin membahas lebih lanjut mengenai kiat berbisnis yang bisa anda lakukan jika ingin mencapai kesuksesan.

Dalam berbisnis kita seharusnya bisa memberikan hal yang benar benar dibutuhkan banyak orang, karena sebenarnya itulah yang akan mengantarkan pada keberhasilannya. Sebenarnya kebutuhan orang jaman sekarang itu banyak banget, mulai dari yang kecil seperti bolpoin hingga yang besar seperti rumah. Nah kabar baiknya sekarang di era kemajuan digital, barang seperti itu sudah tersedia di toko online.

Namun hal tersebut juga akan memuculkan persaingan yang ketat. Nah anda juga harus punya trik dan kiat untuk menghadapi segala persaingan, risiko dan ancaman. Maka dari itu, disini saya akan membahas lebih lanjut mengenai kiat berbisnis yang perlu anda perhatikan. Untuk mengetahuinya, silakan simak pembahasannya dibawah ini.

Kiat berbisnis yang wajib dilakukan

Kiat berbisnis

Inilah beberapa jenis kiat berbisnis yang dapat anda lakukan saat anda ingin menjalankan bisnis apapun. Baik bisnis online maupun bisnis offline. Karena sebenarnya pondasi dan tiang yang harus dibangun di bisnis online dan bisnis offline itu sama saja, yang membedakan hanya dari bentuk dan letaknya saja. Jadi kiat berbisnis satu ini bisa dipraktikan kapanpun dan dimanapun.

Inilah beberapa kiat berbisnis yang bisa dijadikan panduan untuk anda.

1. Bersikap baik, jujur dan bertanggung jawab

Baik, jujur dan bertanggung jawab adalah hal yang sangat penting peranannya untuk diterapkan dalam berbisnis. Tanpa itu kita tak bisa berkembang dan sulit mendapatkan pengakuan, kepercayaan, dukungan, dan juga bantuan dari orang lain.

Loading...

Selain itu, dengan sikap itulah kita bisa menjalin hubungan dengan banyak pihak dengan baik. Terutama rekan bisnis. Karena tanpa adanya kerja sama, bisnis apapun tidak akan menghasilkan keuntungan.

Sikap baik berarti kita dalam menjalankan bisnis ini tidak semata mata untuk mencari keuntungan yang besar, namun kita harus peduli terhadap orang lain, terutama pelanggan kita. Karena dengan kebaikan yang kita miliki ini akan berbuah suatu kebaikan yang lebih besar lagi kedepannya.

Jujur juga sangat menentukan bagaimana perkembangan bisnis kita. Suatu bisnis yang ingin berkembang dengan terus menerus dan untuk jangka panjang maka seharusnya selalu bersikap jujur. Coba bayangkan, seberapa besarpun diri kita menginginkan usaha kita berkembang besar dan juga memiliki keuntungan yang banyak, tapi tidak menerapkan cara cara yang jujur, maka usaha itu sendiri tidak akan awet untuk jangka panjang.

Dengan kejujuran ini akan menjaga nama perusahaan anda untuk memiliki reputasi yang baik. Usahakan untuk mengedapankan keuntungan jangka panjang walau kenaikannya lambat daripada harus berbuat curang dan mendapatkan keuntungan seketika. Ya memang dengan kita berbuat curang, kita akan menghasilkan keuntungan cepat, namun hal tersebut tidak akan bertahan lama.

Misalnya saja jika kita berbuat licik terhadap barang dagangan kita dengan memasukan formalin ke daging agar awet. Namun jika ada orang yang tahu, maka secara tidak langsung akan menjadikan orang lain tidak mau membeli dagangan kita tersebut.

Rasa tanggung jawab

Tak hanya baik dan jujur saja, ada sikap lain yang harus kita lakukan dalam kiat berbisnis ini, yaitu tanggung jawab. Dalam berbisnis pasti tidak akan pernah mulus begitu saja. Bisa bisa saat lagi begitu lancarnya usaha kita, lalu mendapatkan sebuah masalah yang berati. Sehingga menimbulkan kegoyahan dan mungkin kita secara sengaja ataupun tidak sengaja akan melakukan kesalahan.

Nah jika anda adalah orang yang bertanggung jawab, maka seharusnya anda bisa menyelesaikan setiap permasalah dengan bijak. Hal ini akan menjadikan diri anda lebih kokoh saat ada masalah dilain waktu. Selain itu, kadang dengan kita bertanggung jawab untuk mengganti berbagai hal yang terjadi, maka sebagian orang menganggap bahwa itu akan rugi. Padahal hal tersebut tidak akan menjadikan kerugian, malah akan lebih dipercaya oleh orang lain.

Contohnya saja mereka para pedagang, jika barang terjadi kerusakan atau tidak suka boleh di kirim balik, maka itu adalah salah satu bentuk tanggung jawab. Dengan tanggung jawab itulah menjadikan kita lebih disukai oleh orang lain, baik itu pelanggan atau rekan bisnis kita.

2. Punya visi misi, target dan tujuan yang jelas

Sebagian besar bisnis yang tidak memiliki visi misi dan tujuan yang jelas maka kedepannya itu tidak akan bertahan lama. Visi misi dan tujuan itu menjadi sebuah pegangan saat kita menyeberangi tantangan, dan target itu yang menjadi pegangan. Jadi dalam berbisnis kita harus memiliki tujuan dan juga target, tanpa itu kita akan hanyut di tengah tantangan itu sendiri.

Hal ini menjadi kiat berbisnis yang perlu anda pahami. Misalnya nih anda bisnis toko online. Nah apakah anda sudah punya tujuan untuk itu, tanyakan kepada diri sendiri apakah tujuan saya berbisnis melalui toko online. Jika sudah punya tujuan yang pasti, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang, maka anda harus punya target.

Target ini akan meliputi banyak hal, terutama jika ingin menghasilkan banyak keuntungan, maka anda harus punya target yang lebih banyak dan diimbangi dengan kerja keras juga. Target ini akan memudahkan kita dalam mengembangkan bisnis. Misalnya usaha toko online ini dalam waktu 6 bulan harus sudah memiliki minimal 50 pelanggan tetap. Nah dengan inilah maka anda akan lebih semangat dalam melakukan banyak hal untuk mengejar target itu.

Selain itu, yang perlu anda ingat adalah usahakan jangan menggunakan target itu berupa uang dan materi keuntungan, namun sebuah hal yang bisa mendatangkan keuntungan itu sendiri. Karena untuk awal awal itu memang bisa dibilang sulit untuk menghasilkan keuntungan yang baik dan besar tanpa adanya modal. Jadi jika pada awal awal bisnis itu berdiri anda sudah menargetkan uang alias keuntungan, maka hal itu tidak akan bisa bertahan lama.

Apabila kita perhatikan bisnis orang Tiong Hoa itu ternyata bagus dan bisa kita tiru dalam beberapa hal. Misalnya orang Tiong Hoa itu memiliki suka akan kerja keras, suka hidup prihatin dan sangat hemat pada awal awalnya demi bisnisnya, dan juga tidak mengejar keuntungan pada awalnya. Nah hal itu bisa kita contoh dan terapkan sebagai kiat berbisnis untuk kita.

Bisnis jangka panjang

Jika kita lihat berbagai produk asal Tiongkok itu begitu murah daripada yang kita bayangkan dengan membandingkan dengan produk lainnya. Misalnya saja beberapa waktu lalu Vice manager dari Xiaomi yang merupakan perusahaan seperti smartphone dan smartwatch mengatakan bahwa mereka memiliki produk yang berkualitas tapi dihargai lebih murah itu karena ingin menjadikan itu sebagai bisnis jangka panjang. Jadi mereka menginginkan pendapatan jangka panjang, bukan hanya dalam beberapa waktu saja untungnya, namun untuk berkepanjangan.

Jadi misal mereka punya produk yang menelan biaya 2000 lalu mereka jual seharga 2200 atau 2500, namun menciptakan produk dalam jumlah banyak. Berbeda dengan perusahaan lain yang mana biaya produksi 2000 mereka jual 4000. Hal ini karena selain akan menjangkau banyak konsumen, mereka juga mendapatkan kepercayaan yang lama asalkan juga mengutamakan kualitas dari produknya.

Maka dari itu, anda juga harus punya kiat berbisnis sendiri terutama dalam menentukan tujuan dan juga target yang ingin dicapai. Karena tujuan dan target itu adalah suatu satu kesatuan yang tidak bisa dipisah pisahkan satu sama lainnya.

3. Selalu berfikir positif

Kiat berbisnis

Ya tentu, kita juga harus selalu berfikir positif kedepannya. Anggaplah masa depan kita ini akan terjadi kebaikan. Sehingga hal ini kita juga akan terpicu untuk berbuat positif dalam berbagai hal. Berfikir positif itu penting, karena pikiran yang bersih dan positif ini akan menghasilkan banyak manfaat, terutama bisa menghasilkan ide yang jernih.

Banyak orang mengatakan bahwa kita adalah apa yang kita pikirkan. Jadi kita ini terbentuk dari pikiran diri kita sendiri, jika kita optimis atau percaya diri dalam menjalani hidup, maka akan kebaikan akan menyertai kita.

Namun jika kita selalu berfikir negatif, maka kita juga akan mendapatkan hal negatif. Hal ini juga sering ditemui saat anda mengikuti pelatihan pengembangan diri. Mereka sering mengatakan bahwa pikiran kita ini universal, jadi dunia ini terbentuk dari diri kita sendiri.

Lalu apa kiat berbisnis yang bisa kita ambil dari berfikir positif ini?

Apakah anda punya usaha dan bisnis saat ini? Jika ya, maka anda harus bisa memiliki rasa percaya diri dan juga bisa selau berfikiran positif akan usaha yang sedang dikembangkan itu, jangan mudah terpengaruh oleh banyak hal, apalagi terpangaruh oleh trend semata. Justru dengan keunikan yang dimiliki, anda akan bisa lebih populer.

Misalnya anda sudah lama menjual berbagai jenis barang barang seperti Piringan hitam dan sebagainya, nah di era sekarang ini mungkin barang seperti itu termasuk barang yang bisa dibilang begitu langka dan kuno. Karena sekarang hanya dengan kartu SD saja sudah menyimpan banyak sekali file dan bisa diputar dimana saja.

Namun anda jangan hawatir jika anda tidak bisa menghasilkan banyak uang karena kemajuan zaman tersebut. Jika anda percaya diri bahwa usaha anda akan maju, maka usaha tersebut juga akan maju. Hal ini karena yang lain gulung tikar dan beralih profesi dan anda bertahan sehingga menjadi jarang saingannya. Selain itu, masih banyak orang yang menyukai hal jadul seperti itu. Terutama orang dulu.

Jadi selalu berfikir positif terhadap usaha yang sedang anda jalani. Dan yang penting, jangan pernah menyerah dan terus berusaha serta bekerja keras untuk bisa mendapatkan tujuan yang ingin dicapai. Bisa dibilang berpikir positif dan selalu berfikir positif ini akan menjadikan anda semakin mudah dalam melangkah kedepan, karena tidak ada yang menghalanginya lagi.

4. Gunakan segala fasilitas dan kemajuan jaman

tekno

Jika anda menggunakan bisnis online, pasti membutuhkan sarana offline. Begitu juga jika anda membangun bisnis online, maka akan sangat membutuhkan faslitas di era kemajuan jaman ini, seperti halnya internet. Jadi keduanya harus dijalankan secara bersamaan dan berkesinambungan untuk menciptakan hasil yang lebih baik lagi.

Dengan menggunakan berbagai fasilitas kemajuan zaman memang menjadi kiat berbinis yang ampuh. Memang banyak orang tidak bisa menghasilkan sesuatu karena mereka tidak mau mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Walaupun kita masih menjual berbagai jenis barang jadul, tapi kalau tetap menggunakan cara jadul untuk menjualnya, maka kita tidak akan mampu bersaing dengan yang lainnya. Misalnya juga bila dua memasarkan barang yang sama, yang satunya mempromosikan menggunakan media sosial dan satunya lagi mempromosikan hanya sekedar lewat ucapan saja. Pasti mereka yang memanfaatkan media sosial akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada mereka yang hanya mempromosikan secara tradisional saja.

Kecanggihan tekonologi di zaman sekarang ini menuntut kita untuk bisa responsif dan fleksibel dalam menghadapinya. Jika kita lengah dan tidak mau mengikutinya, maka kita akan terbengkalai dan merasa kesusahan. Karena pada dasarnya, kita ini tidak bisa hidup tanpa berdampingan dengan kemajuan zaman, sebab itulah yang akan memudahkan kita dalam melakukan banyak hal.

5. Berfikir maju

Kiat berbisnis

Pernah gak berfikir untuk bisa lebih baik dalam mencoba membuat pelayanan yang lebih baik terhadap pelanggan atau berfikir untuk menciptakan sesuatu yang memang sedang di perlukan oleh banyak orang. Nah hal itulah yang bisa disebut sebagai berfikir maju. Jadi kita tidak cuma terkungkung dalam kondisi sekarang ini, namun cobalah untuk keluar dari hal ini.

Dalam berbisnis anda harus memiliki sikap satu ini. Berfikir maju akan menjadikan anda lebih baik lagi kedepannya. Ini menjadi salah satu kiat berbisnis yang benar benar anda jadikan iringan sejalan dengan roda perputaran bisnis.

Berfikir maju berarti juga harus punya banyak pengetahuan terlebih dahulu. Karena dengan pengetahuan, analisa, dan pemahaman yang modern, maka anda bisa menghasilkan pola pikir yang maju. Hal ini penting untuk anda terapkan dalam berbagai hal.

Misalnya nih ya, kalau anda menggunakan memiliki suatu usaha dibidang kuliner atau restoran. Nah hal yang bisa anda lakukan dalam menggunakan pola pikir yang maju adalah dengan cara membuat konsep yang lebih baik. Jika anda lihat saat ini, banyak orang yang menciptakan berbagai konsep yang berbeda tapi unik, maka akan menghasilkan daya tarik sendiri di mata banyak orang.

Ya tentu, berfikir maju ini tidak bisa terlepas dari yang namanya inovasi dan kreasi. Karena dengan kreasi dan inovasi itulah yang menjadikan bisnis akan lebih cepat berkembang. Ibaratnya inovasi dan kreasi ini adalah suatu konsep dalam makanan. Jika kita hanya menggunakan konsep yang umum saja maka hal itu tidak akan membawa kepada kemajuan. Jadi bukan berfikir maju yang akan menimbulkan suatu inovasi, namun inovasi dan kreasi itulah yang mampu menumbuhkan kamjuan dalam berfikir.

Penutup

Ya demikianlah pembahasan terkait kiat berbisnis mandiri. Jadi jika anda mengingingkan untuk memulai bisnis dan sudah punya gambaran dengan bisnis apa yang akan dijalani dan punya strategi yang sekiranya berhasil untuk menumbuhkan bisnis, maka mulai lah saat ini juga. Jangan sampai menunda nundanya lagi.

Karena bisnis yang baik itu yang dilakukan bukan yang terus dipikirkan. Namun bila belum punya dana dan belum memiliki banyak hal, maka akan lebih baik lagi untuk mengumpulkan dana terlebih dahulu sebagai modal dalam menjalankan roda bisnis tersebut.

Semoga pembahasan mengenai kiat berbisnis ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat untuk orang lain ya. Sampai jumpa diartikel berikutnya.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *