Ulasan Bisnis

10 Kiat Berjualan Online Agar Cepat Mendatangkan Kesuksesan

Berjualan online bukan lagi menjadi hal yang asing, di era kemajuan digital seperti sekarang ini apapun bisa dilakukan dengan bantuan teknologi berbasis Internet. Tidak hanya dipergunakan untuk bermain dan mencari hiburan. Bagi mereka yang pandai melihat peluang, Internetpun dapat mereka manfaatkan sebagai lahan bisnis untuk mendapatkan keuntungan.

Sekarang ini semakin banyak orang yang mengetahui bahwa Internet dapat digunakan sebagai lahan bisnis, sehingga menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam mencari uang melalui Internet. Akan tetapi, hal tersebut jangan sampai membuat semangat anda surut. Karena persaingan yang ketat harusnya dijadikan sebagai patokan jika peluang bisnis tersebut sangat diminati dan menjanjikan.

Berjualan online tentu berbeda jika dibandingkan dengan berjualan dengna toko fisik di dunia nyata. Perbedaan yang paling mencolok tentu saja karena terdapat kata “Online” yang menjadi akhir dari kalimat tersebut. Bagi masyarakat Indonesia, kata “Online” apalagi menyangkut mengenai bisnis, biasa dikaitkan dengan hal-hal yang berbau scam dan penipuan.

Minimnya kepercayaan masyarakat mengenai kegiatan jual beli yang terjadi di Internet, tentu menjadi tantangan bagi kalian yang ingin berjualan online di sosial media maupun website. Karena jangan sampai anda menimbulkan kesan negatif dan menyebabkan pelanggan ragu. Hal tersebut tidak hanya berdampak pada toko online anda, namun akan berdampak pula bagi siapapun yang menggeluti bisnis ini.

Baca Juga : 10 Alasan Mengapa Bisnis Online Sangat Menjanjikan di Tahun 2017

Maka dari itu, dalam artikel ini Klik Mania akan mencoba membahas mengenai beberapa tips dan kiat sukses untuk anda yang ingin berkecimpung dalam dunia bisnis via Internet. Dengan membuka sebuah toko online untuk menjual produk secara online. Dan ingat juga, agar jangan hanya membaca saja. Namun anda harus mencoba agar kiat sukses yang kami sediakan di sini, bisa benar-benar bermanfaat bagi kehidupan nyata.

10 Kiat Berjualan Online Agar Cepat Mendatangkan Kesuksesan

berjualan online

1. Patikan lapak anda berada di tempat yang tepat

Jika anda ingin membuka toko fisik di dunia nyata, pastinya anda akan mensurvey lokasi agar toko atau lapak anda nantinya terletak di tempat yang strategis dan menjanjikan produk akan laku terjual.

Sama seperti membuka toko fisik, ketika berjualan online, anda harus memastikan bahwa lapak anda berada di lokasi yang tepat. Hanya saja lokasi yang dimaksud di sini, yakni media anda berjualan online seperti website, forum atau sosial media.

Anda harus melakukan survey mengenai media berjualan yang memiliki reputasi baik dalam kepuasan pelanggan. Sehingga anda bisa yakin bahwa barang dagangan anda akan laku keras jika diletakkan di media tersebut.

Contoh saja, ketika anda memutuskan untuk berjualan online dengan membuka sebuah website khusus milik anda sendiri, maka anda harus yakin dalam pemilihan domain, hosting, serta penerapan fitur lain. Sehingga website anda dapat di percaya dan tidak di anggap sebagai website para penipu seperti yang banyak terdapat di Internet.

Atau, anda juga bisa memanfaatkan forum, maupun situs jual beli sebagai media anda bedagang, hal ini akan memberikan lebih banyak kemudahan bagi anda. Karena pamor dari forum dan situs jual beli yang sudah tenar dan memiliki kepercayaan lebih di hati masyarakat.

Sebenarnya media mana saja bisa anda pergunakan, selama teknik anda dalam beriklan sudah benar. Sebagai contoh, ketika anda mendaftar untuk menjadi penjual di forum atau situs jual beli. Biasanya anda akan diberikan tips-tips rahasia agar produk menjadi laris manis dan meningkatkan keuntungan buat anda.

2. Selalu utamakan kepuasan pelanggan

berjualan online

Kepuasan pelanggan harus menjadi prioritas dalam bisnis yang anda jalankan, pelanggan pasti ingin dilayani dan diperlakukan dengan sopan dan santun. Hal tersebut memang sifat alamiah seorang pelanggan, dimana mereka selalu ingin dihormati oleh pedagang.

Anda sebagai seorang pedagang, harus bisa memenuhi sifat alamiah tersebut dan membuktikan bahwa berbelanja di lapak anda adalah sebuah keputusan yang paling tepat bagi mereka. Oleh karenanya anda harus selalu sigap dalam merespon apapun yang hendak ditanyakan oleh pelanggan anda (Meski kadang-kadang ada saja pelanggan yang tidak jadi membeli). Selain itu pastikan anda dapat dengan cepat menilai sifat pelanggan, dan selalu sabar dalam menghadapi mereka.

Karena anda sedang berada dalam persaingan pasar online, maka hanya yang terbaiklah yang dapat bertahan. Maksudnya, ketika anda berhasil memberikan pelayanan yang mampu memuaskan pelanggan, maka kepercayaan tersebut tidak hanya berhenti di satu pelanggan saja. Karena mereka sudah pasti akan merekomendasikan lapak anda kepada teman dan saudara mereka, meskipun anda tidak memintanya sama sekali.

3. Gunakan metode pembayaran yang menguntungkan kedua belah pihak

berjualan online

Masih ada kaitannya dengan kiat ke-2, di sini pastikan juga lapak anda menggunakan metode pembayaran yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Maksudnya, anda harus menyediakan metode pembayaran yang mampu memberikan rasa percaya bagi pelanggan. Sehingga mereka benar-benar yakin ketika hendak membayar barang yang ingin mereka beli.

Salah satu sistem pembayaran yang dapat diterima oleh pelanggan, namun tidak memberatkan anda sebagai penjual adalah dengan menggunakan sitem rekber. Metode pembayaran seperti ini telah dipakai oleh banyak situs jual beli seperti buka lapak, tokopedia, dan kaskus fjb.

Atau jika anda merupakan pedagang yang membuka lapak di situs jual beli yang saya sebutkan tadi, maka anda tidak perlu pusing dengan sistem transaksi. Karena pelanggan sudah pasti yakin ketika mereka hendak berbelanja di situs jual beli yang telah memiliki nama di Indoneisa.

Hal seperti ini harus anda perhatikan dikarenakan banyak sekali bertebaran toko online palsu di Internet, tentu dengan memperhatikan hal seperti ini akan memudahkan anda dalam berjualan online. Karena pelanggan sudah pasti yakin bahwa anda adalah pedagang yang jujur dan tidak menggunakan Internet sebagai tempat menipu.

4. Pilihlah produk yang laris untuk dijual

Internet memang menawarkan kemudahan untuk anda yang ingin berjualan online, dikarenakan target penjualan dan jangkauan yang sangat luas, atu bahkan tanpa batas. Hal ini menyebabkan apapun yang dijual di Internet pasti akan laku meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam menarik konsumen yang benar-benar meminati produk tersebut.

Ketika anda hendak berjualan online, anda bisa melakukan survey untuk memastikan barang yang anda jual merupakan produk-produk yang sedang populer dan sangat diminati oleh masyarakat luas. Salah-satu cara untuk melakukan survey adalah menggunakan Google Trends. Anda bisa mencari produk yang paling populer berdasarkan keyword yang paling sering diketikkan di Google pencarian.

Selain itu, anda juga harus sering aktif menggunakan sosial media untuk melihat apa yang sedang ramai dibicarakan orang. Seperti trend fashion, gadget, serta apapun yang sepertinya akan sangat laris jika di jual.

Meskipun saya berkata barang apapun yang dijual di Internet pasti akan laku (Karena jangkauan yang sangat luas), namun menyediakan produk yang sedang populer seperti ini dapat meningkatkan penjualan anda. Maka bisnis berjualan online yang anda lakukan akan semakin sukses.

Baca Juga : Bermodal Minim, 10 Usaha ini Tidak Kalah Menguntungkan

5. Perhatikan jasa pengiriman serta kualitas barang dagangan anda

berjualan online

Namanya saja berjualan online, terkadang pelanggan anda bisa jadi berasal dari daerah yang sangat jauh dari tempat tinggal anda. Oleh karena itu pemilihan jasa pengiriman adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan dengan sembrono.

 Anda harus memastika bahwa jasa pengiriman barang yang anda gunakan memiliki reputasi yang baik, serta tersebar hingga daerah pelosok di Indonesia.

Tapi, tidak hanya media pengiriman saja yang perlu anda perhatikan. Namun pastikan juga bahwa barang yang anda kirimkan memiliki kualitas yang sama persis dengan apa yang anda iklankan. Entah pada sebelum barang dikirim maupun ketika barang sampai di tangan pelanggan.

Coba kalian lihat beberapa komentar negatif di situs jual beli, rata-rata pelanggan memberikan feedback negatif dikarenakan barang yang mereka pesan tidak sama dengan apa yang diiklankan. Entah itu karena perbedaan warna, aksesoris, serta kualitas barang yang mereka pesan.

Hal seperti ini tentu saja harus anda hindari jika ingin mendapatkan kepercayaan lebih dari lebih banyak orang. Jangan sampai anda mempertaruhkan eksistensi lapak anda hanya untuk keuntungan yang sifatnya sementara seperti ini (Satu beli, seribu lainnya gak jadi beli).

Kasus seperti ini, bukan hanya berasal dari pedagang saja. Karena ada juga barang yang rusak ketika proses pengiriman, sehingga anda sebagai pelanggan seharusnya sangat teliti dalam memilih jasa pengiriman yang hendak anda gunakan. Pastikan juga bahwa mereka memiliki asuransi sehingga akan gampang mengurusnya apabila barang yang dikirimkan sampai rusak atau bahkan hilang dalam perjalanan.

6. Jadilah orang pertama yang menyediakan suatu produk

berjualan online

Ketika anda hendak memperbarui lapak anda dengan menyediakan barang baru untuk dijual, pilihlah barang yang belum ada ada penjualnya. Lapak anda menjadi lapak pertama yang menyediakan barang tersebut.

Kiat ini sebenarnya sangat menguntungkan untuk dicoba. Bayangkan saja ketika pedangan lain belum menyediakan barang tersebut sedangkan anda sudah, maka jutaan calon pembeli akan menyerbu lapak anda dikarenakan anda merupakan satu-satunya pelapak yang menyedikan barang tersebut.

Meskipun seiring berjalannya waktu akan bayak pelapak yang mengikuti jejak anda dengan menyediakan produk yang serupa, tetapi lapak anda tetap akan diprioritaskan karena konsumen tetap percaya dengan eksistensi anda sebagai pelapak pertama.

Meskipun kedengarannya cukup menguntungkan, tetapi teknik ini hanya dapat berlaku jika produk yang akan anda jual berpotensi populer di kemudian hari. Ketika anda ingin menggunakan cara seperti ini, maka pastikan anda memperhitungkan mengenai kepopuleran suatu produk (Baca kembali kiat ke empat).

Meskipun dalam penerapannya tidak mudah, namun jika anda benar-benar berhasil menjadi pelapak pertama yang menjual produk populer. Keuntunganpun akan melirik anda sebagai pedagang pertama yang akan mereka kunjungi.

7. Berikan diskon dan penawaran untuk menarik minat pembeli

Kalau dilihat dari kaca mata konsumen, semuanya pasti setuju jika diskon adalah sesuatu yang sangat di idam-idamkan. Terlebih jika produk yang didiskonkan merupakan produk yang sedang trendy dan sangat ingin dimiliki oleh banyak orang.

Jika sudah mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen, kenapa anda tidak mencoba untuk memberikan diskon atau penawaran lain bagi calon konsumen untuk membuat bisnis berjualan online anda semakin laris manis. Terlebih jika produk tersebut sedang populer, wah tentu saja produk yang anda jual akan habis dalam sekejap.

Selain menyediakan diskon, anda juga bisa memberikan penawaran lain seperti bonus produk yang sama. Atau bisa juga memberikan produk dengan harga yang lebih murah secara cuma-cuma, ketika ada pelanggan yang membeli produk di atas harga tertentu.

Memberikan penawaran seperti ini, tidak hanya membuat produk anda cepat laku. Lebih dari itu lapak yang anda kelola juga akan semakin dikenal oleh banyak orang, karena bagi para pecinta diskon. Haram hukumnya jika menikmati harga diskon sendirian, sehingga mereka akan membeberkan info tersebut kepada teman-temannya dan membuat toko online anda semakin terkenal di jagad pasar online.

8. Buatlah deskripsi produk yang sesuai dengan kenyataan

berjualan online

Membuat deskripsi produk yang mampu menarik minat konsumen adalah sebuah hal mutlak yang harus dikuasai oleh pedagang online. Hal ini dikarenakan calon pembeli tidak dapat melihat kondisi barang tersebut dan hanya bisa membayangkannya saja melalui deskripsi hingga akhirnya barang tersebut dibeli dan dikirimkan.

Namun banyak juga yang memanfaatkan situasi ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi, seperti pedagang yang menuliskan deskiripsi produk yang berbanding terbalik dengan apa yang sesungguhnya. Mereka menipu dikarenakan ingin barang dagangannya cepat laku sementara mereka tidak memperdulikan nasib orang yang menjadi konsumennya.

Perlu ditekankan, bahwa hal seperti ini sangat wajib untuk anda hindari! Jangan sekali-kali menulis deskripsi yang berbanding terbalik dengan kenyataan. Jika anda ingin barang tersebut dibeli tidak hanya sekali.

Jika anda tetap ngeyel dan tidak menghindahkan hal tersebut, maka siap-siap saja barang tersebut tidak akan lagi dibeli oleh orang lain. Karena mereka yang merasa dirugikan sudah pasti tidak akan tinggal diam. Mereka akan memberikan feedback negatif dan menyebarkan informasi bahwa berbelanja di lapak anda adalah sesuatu yang sangat tidak direkomendasikan.

Oleh karenanya, ketika anda ingin sukses berjualan online pastikan apa yang anda lakukan sudah didasari dengan kejujuran. Sehingga produk yang anda tawarkan akan dibeli dan dipromosikan kembali oleh pelanggan puas dengan pelayanan dan kualitas produk anda.

9. Jangan ragu mengeluarkan dana untuk iklan

Ketika anda ingin produk dagangan anda cepat laku, terutama di tengah persaingan yang sangat ketat. Maka anda perlu melakukan sebuah upaya agar bisnis yang anda jalankan dapat diperhitungkan, dan menonjol di antara pelaku bisnis serupa.

Sangat disarankan agar anda rela menyiapkan dana untuk mempromosikan produk anda dengan iklan berbayar, walaupun tarif iklan terkadang cukup besar. Namun iklan merupakan salah satu upaya yang sangat baik jika anda ingin produk anda laku dengan cepat. Hal ini dikarenakan iklan premium, dapat ditayangkan di banyak media dalam waktu yang singkat, sehingga banyak orang akan melihat produk tersebut dan membuat mereka tertarik memilikinya.

Yakin saja pada diri anda, bahwa uang yang anda keluarkan untuk membuat iklan tidak akan sia-sia. Karena suatu hari pasti akan membawa keuntungan bagi bisnis anda.

10. Lakukan semua dengan kejujuran

berjualan online

Hal terakhir yang harus anda lakukan ketika ingin sukses dengan berbisnis online, yakni dengan menjalankan bisnis berjualan online tersebut dengan kejujuran. Kejujuran di sini haruslah meliputi segala aspek yang berkaitan dengan bisnis berjualan online yang anda lakukan. Ketahuilah bahwa bisnis yang didasari dengan kejujuran, adalah bisnis yang akan mencapai kesuksesan meskipun membutuhkan lebih banyak perjuangan.

Baca Juga : 10 Sifat Ini Hanya Akan Menghancurkan Bisnis Anda

Demikian artikel mengenai kiat sukses dalam berjualan online. Jika anda merasa pemula dalam bisnis ini, tentu saja rasa kuatir akan menghantui anda. Namun, usahakan hal tersebut hanya terjadi di awal saja dan jangan sampai membuyarkan semangat anda dalam mengejar cita-cita yang sudah siap untuk diraih.


Loading...

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

2 Comments

  1. tentunya harus di iringi dengan do’a dan kesabaran, makasih gan tipsnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close