in

Kiat Memulai Usaha untuk Pemula Secara Efektif

Memulai Usaha untuk pemula

Memulai sebuah usaha akan berpotensi memberikan keuntungan bagi pelakunya. Tetapi untuk mencapai keberhasilan dibutuhkan upaya yang tidak mudah. Hal inilah yang membuat banyak pelaku bisnis pesimis sebelum memulai usaha. Modal yang cukup besar, hasil yang belum menentu dan lain sebagainya menjadi salah satu penyebabnya.

Perlu diketahui, beberapa pemilik usaha besar seperti sekarang ini memulai usahanya dari modal dan tempat yang kecil. Bahkan sebagian dari mereka memulai usahanya dari nol.

Risiko pasti selalu ada di awal membangun bisnis, tetapi dengan keuletan dan kerja keras, semuanya akan memberikan hasil dengan usaha yang berkembang dan keuntungan yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Bagi Anda pemula dan ingin memulai usaha, jangan merasa pesimis terlebih dahulu! Lakukan beberapa tips berikut ini untuk membantu Anda yang ingin memulai usaha dari bawah.

Tips Jitu Memulai Usaha Secara Efektif

Memulai Usaha untuk pemula

1. Fokus pada Satu Usaha atau BIsnis Terlebih Dahulu

Memiliki banyak usaha memang mampu memberikan keuntungan besar dan berlipat. Tetapi Anda tidak akan dapat fokus pada usaha yang baru saja Anda mulai.

Jangan terburu-buru untuk menambah keuntungan dengan memulai usaha lainnya sebelum usaha yang pertama mulai menampakkan hasil.

Pastikan usaha yang saat ini Anda kelola benar-benar memberikan hasil, baik dari sirkulasi atau perputaran modal, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Apabila usaha sudah memberikan hasil yang stabil, Anda dapat membuat rencana bisnis selanjutnya.

2. Menentukan Produk dan Pasar Penjualan

Sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu produk atau jasa apa yang ingin dijual kepada konsumen.

Apabila perlu lakukan riset untuk mengetahui produk apa yang sedang populer dan banyak diminati oleh pembeli.

Perlu Anda ketahui, ada banyak jenis usaha yang cocok untuk pemula dengan modal kecil dan hasil yang maksimal. Anda dapat memilih salah satunya sebagai referensi.

Agar berbeda dengan produk atau merek lainnya, Anda bisa menjual produk yang unik dan memberikan banyak manfaat.

Selain itu Anda dapat menentukan untuk menjual produk atau jasa yang memang menjadi passion Anda, sehingga Anda juga lebih mudah untuk mengelolanya dikemudian hari.

Tentukan juga segmen penjualan dengan mempelajari pasar, sebab sekarang ini berbagai produk dijual secara online. Oleh sebab itu pelajari juga pemasaran secara online melalui digital marketing.

.3. Persiapkan Perencanaan yang Matang

Setelah menentukan produk atau jasa, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan rencana yang matang serta visi dan misi yang jelas untuk usaha Anda.

Dengan mempersiapkan perencanaan, Anda memiliki gambaran serta tujuan di masa depan, mulai dari target pasar untuk penjualan, tahapan promosi produk dan lain sebagainya.

Rencana matang serta visi dan misi yang jelas juga akan memudahkan Anda ketika menganalisa modal, serta memahami berbagai resiko yang mungkin akan terjadi pada usaha Anda.

4. Modal Usaha

Banyak pelaku usaha memulai bisnis karena memikirkan modal yang dianggap terlalu besar. Padahal tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar.

Apabila Anda kesulitan dalam menyiapkan modal, Anda dapat memulai dari usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Modal usaha bisa dari tabungan yang Anda miliki atau meminjam ke pihak bank.

Pastikan untuk mencatat dan menghitung secara terperinci biaya yang Anda butuhkan untuk usaha Anda. Siasati juga biaya-biaya tak terduga lainnya agar lebih hemat.

Sesuaikan modal usaha Anda untuk biaya operasional sampai usaha tersebut mendapatkan hasil atau keuntungan. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami defisit modal.

5. Kelola Keuangan dengan Baik

Meskipun Anda baru saja memulai usaha dengan modal dan produksi yang masih sedikit, Anda harus dapat mengelola keuangan dengan baik.

Manajemen keuangan bisnis dapat diterapkan sejak awal sehingga akan mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis.

Biasakanlah melatih diri Anda untuk mencatat segala transaksi bisnis yang dilakukan baik sebelum maupun setelah penjualan

6. Jangan Takut Pada Kegagalan

Semua bentuk usaha memang mempunyai risiko yang cukup besar. Tetapi apabila Anda pesimis dan takut gagal bisa jadi usaha kedepannya pun akan gagal.

Kegagalan bisa saja terjadi, tetapi sebagai pelaku bisnis sejati pasti akan mampu bangkit dan dapat belajar dari kegagalan tersebut. Jangan cepat menyerah ketika bisnis tidak berjalan sesuai dengan rencana Anda.

Pelajari pula dinamika pasar, analisa berapa banyak kompetitor serta bagaimana karakteristik target pasar bisnis Anda.

7. Terus Belajar

Menjadi seorang pelaku pebisnis berarti bersedia untuk selalu belajar untuk mencapai kesuksesan. Anda dapat mempelajari berbagai hal tentang kiat memulai usaha untuk pemula dari berbagai sumber dari internet seperti media sosial, website atau pelatihan secara online.

Mulai usaha dengan tekad dan modal keyakinan untuk mengembangkan bisnis Anda. Hadapi tantangan di era digital dengan mempelajari digital marketing untuk penjualan secara online, agar pasar semakin luas.

Dapatkan informasi secara update tentang peluang usaha baru yang menjanjikan sehingga Anda selalu mengetahui semua informasi tentang bisnis, terutama untuk pelaku usaha pemula.

Author Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0