kiat sukses usaha

Lakukan 5 Kiat Sukses Usaha Ini Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Nggak hanya sebagai penonton orang sukses. Kita semua punya peluang yang sama menuju sukses. Sukses itu sendiri luas, bisa sukses dalam pendidikan, pekerjaan, bisnis dan juga sukses dalam berkeluarga. Butuh kesabaran dan keinginan kuat menujunya. Semua bidang yang kita lakukan bisa sukses termasuk usaha atau bisnis, asal kita tahu kiat sukses usaha yang kita jalankan.

5 Kiat sukses usaha dari para pebisnis sukses

Sebenarnya kunci kesuksesan sebuah bisnis dibangun dari pribadi masing-masing orang. Semua pebisnis sukses mengawali kerajaan bisnisnya dari kiat-kiat sederhana yang mereka praktekkan. Berikut 5 kiat dari para pebisnis sukses bagi anda yang ingin memulai berbisnis

kiat sukses usaha

Do what you love….love what you do

Istilah tersebut sering kita dengar dan baca. Sederhana tetapi benar apa adanya. Memulai sesuatu yang kita sukai akan sangat memudahkan jalan kita menuju kesuksesan.

Contoh sederhana, saat sekolah ada pelajaran yang kita kuasai dengan mudah dan ada yang tampaknya rumit sekali dimengerti. Pada akhirnya nilai pelajaran yang kita sukai akan lebih baik daripada pelajaran yang kurang kita sukai. Begitu juga pekerjaan dan bisnis.

Apabila memulai usaha dan tentunya menjadi pengusaha, pilihlah yang anda sukai dan kuasai, itu akan sangat membantu dalam melewati masa-masa trial and error. Apabila anda ingin mencoba sesuatu yang benar-benar baru, ada baiknya tetap belajar dulu menyukainya agar tidak sampai buntu di tengah jalan.

Business plan sederhana

Saat memulai usaha, buatlah skema bisnis yang sederhana. Nggak harus detail dan njlimet.

Buatlah semudah mungkin dimengerti dengan bahasa anda, entah melalui gambar dengan karakter-karakter favorit anda atau dengana skema grafik, bisa juga hanya dengan memasang gambar mobil impian anda atau tujuan liburan impian anda.

Yang pasti jelas target-target apa yang ingin anda capai dalam satu semester. Missal 3 bulan ke depan. Dengan membuat business plan sederhana, anda bisa mengontrol diri dan tetap fokus pada tujuan anda menjalankan usaha menuju sukses.

Loading...

Buatlah kalimat sendiri arti kesuksesan menurut anda. Itulah goal anda. Pasang business plan tersebut di dinding kamar anda agar selalu terlihat. Sehingga semakin hari makin memotivasi diri untuk mencapai sukses itu.

Jauhi 3M (Malas, Menunda, Mengeluh)

Kata-kata di atas adalah kata haram bagi mereka yang ingin sukses. Mulai dari malas, semakin kita mengikutinya semakin ketinggalan jauh dari arena kesuksesan. Anda harus terima menjadi penonton setia orang sukses saja.

Kemudian menunda adalah kebiasaan yang sangat tabu, karena waktu nggak pernah menunggu kita, dia akan berjalan nggak berhenti. Kalau sudah terbiasa menunda, pekerjaan akan semakin menumpuk dan terbengkalai.

Stop complaining ! Dalam arti mengeluh yang nggak berujung. Semua tampak salah dan anda merasa nggak mampu melakukan segala sesuatunya dengan benar. Selalu menyesali kekurangan tanpa berusaha memperbaikinya adalah kerugian besar.

3M tersebut selalu menghampiri mereka yang nggak memiliki tujuan awal yang kuat. Jika ingin sukses, tanamkan kata-kata positif. Saya bisa karena saya mampu. Jika orang lain bisa saya pasti juga bisa. Demikian selalu diucapkan agar sukses dengan senang hati menghampiri dan betah selamanya di sisi anda

Reward punishment

Istilah ini biasa kita dengar dalam mendidik anak-anak. Apabila anak melakukan perbuatan baik akan mendapat reward alias penghargaan entah berupa pujian, hadiah ataupun bentuk reward lainnya. Sedangkan punishment akan diberikan bila anak melakukan kesalahan.

Punishment sederhananya bisa dengan tidak boleh menonton televisi selama beberapa hari contohnya. Demikian juga dengan usaha anda menuju sukses. Usahakan membuat self rewarding atas apa yang telah dicapai.

Saat anda mencapai 1 titik usaha, beri penghargaan pada diri anda sendiri dengan bentuk apa yang anda suka.

Misal mendapat keuntungan pertama dari usaha anda, selain anda berikan sebagian pada kaum dhuafa, anda bisa pilih akan digunakan untuk apa uang itu.

Pastikan yang anda suka dan tidak terlupakan, sehingga memotivasi diri untuk kembali mendulang kesuksesan di kemudian hari. Apabila anda mengalami kegagalan karena tercemar 3M, berikan punishment pada diri dengan bentuk sederhana.

Begitu banyak peluang sukses untuk kita, asalkan kita jeli dan fokus menjalaninya. Sukses akan datang dan diam menemani kita.

Baca juga : 5 Tips Mengelola Bisnis Retail Agar Cepat Berkembang Pesat

Kiat sukses usaha di atas tidak akan ada artinya jika tidak anda praktekkan secara langsung dan satu hal lagi, semua jenis kesuksesan memerlukan proses. Jadi terapkan 5 kiat sukses usaha diatas secara disiplin dan kontinue


Loading...

Bagikan

muhfaiz

Penulis

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *