Kisah Sukses Andrew Darwis

Kisah Sukses Andrew Darwis : Pendiri Situs Komunitas Terbesar di Indonesia KasKus

Besarnya nama Kaskus di Indonesia menjadi sebuah bukti nyata dari kisah sukses Andrew Darwis. Andrew Darwis merupakan Founder dan Chief Community Officer (CCO) dari PT Darta Media Indonesia, perusahaan yang menaungi situs kaskus. Kisah sukses Andrew Darwis tidak ia dapatkan dengan mudah, ada perjuangan merintis sebuah usaha dari nol sehingga ia mampu menjadi besar seperti sekarang.

Andrew Darwis dilahirkan pada 20 Juli 1979, ia merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Ayah Andrew merupakan seorang pakar elektronika yang bekerja pada perusahaan pipa. Andrew Darwis memiliki seorang kakak laki-laki, satu adik laki-laki, dan satu adik perempuan. Pendidikan dasar sampai dengan menengah pertama diselesaikannya di Tarakanita Pluit, Jakarta dan melanjutkan Sekolah Menengah Atas pada Gandhi National School, Ancol.

Kisah Sukses Andrew Darwis
Andrew Darwis Via ensiklopediaindonesia.com

Berkat kerja keras yang ia dedikasikan dalam mengembangkan situs kaskus. Pada tahun 2009, Andrwe Darwis telah memperoleh pendapatan mencapai 600 juta rupiah per bulan. Bukan Cuma itu saja dari kaskus juga Andrew mendapatkan banyak sekali penghargaan dari berbagai sumber.

Dimana pada tahun 2005 dan 2006 mendapatkan penghargaan The Best Indonesian Communities Versi Alexa.com dan Wikipedia. Tahun 2008 mendapat penghargaan dari Microsoft sebagai Indonesia Innovative Top Web Site. Tahun 2013 dari Kementerian Hukum dan HAM sebgai Hak Cipta dan Inovator Konten Multimedia dan E-Commerce.

Kini Kaskus telah memiliki banyak karyawan yang membantu Andrew dalam mengatur Kaskus. Mereka terbagi ke dalam beberapa bidang yang meliputi marketing, sales, IT, dan creative. Besarnya nama Kaskus dan suksesnya situs tersebut diawali dari perjuangan Andrew Darwis membesarkan situs komunitas terbesar di Indonesia tersebut.

Berikut ini kisah sukses Andre Darwis yang dapat kita ambil berbagai pelajaran dalam hidup.

Memiliki Bakat Kreatif Sedari Kecil

Bakat kreatif Andrew telah terlihat pada saat usianya masih kecil. Pada masa itu, Andrew senang sekali mengutak-atik barang-barang elektronik dan juga radio. Beranjak remaja, ketertarikan Andrew terhadap dunia Internet pun mulai tumbuh.

Pada tahun 1997, Andrew berhasil membuat sebuah situs web pribadi untuk yang pertama kalinya. Dikarenakan koneksi internet yang digunakan pada saat itu berasal dari sambungan telpon, membuat ibunya marah karena tagihan telpon ikut membengkak.

Loading...

Kisah Sukses Andrew Darwis

Bakat kreatif dan kesukaan terhadap dunia teknologi merupakan faktor keberhasilan yang dimiliki seorang Andrew Darwis. Terus mengasah bakat dan senantiasa menekuninya akan menghasilkan kesuksesan yang membanggakan.

Temukan bakat dan hal yang engkau sukai dan mulailah secara konsisten untuk melatihnya. Bakat yang senantiasa dilatih akan menjadikan diri kita memiliki kemampuan diatas rata-rata dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki bakat dan harus memulai dari awal. Jadi sadarilah apa yang menjadi bakatmu dan kembangkan untuk menjadi lebih baik lagi.

Mendalami Pendidikan yang Disukai

Tidak menyepelekan peran pendidikan merupakan faktor keberhasilan dari Andrew Darwis. Kisah sukses Andrew Darwis sangat erat kaitannya dengan pendidikan mumpuni yang ia tempuh. Selesai berkuliah dari Universitas Binus jurusan Teknik Informatika, Andrew mulai mencari universitas yang dinilai cocok untuk mendukung kesukaannya terhadap dunia teknologi.

Beruntung ia mendapatkan informasi dari beberapa temannya yang berkuliah di Amerika Serikat untuk ikut berkuliah di Seattle University. Mendapatkan tawaran tersebut membuat Andrew tertarik untuk berkuliah diluar negeri mengikuti taman-temannya.

Ia pun mengutarakan maksud tersebut kepada kedua orang tuanya agar mendapatkan izin belajar ke Seattle. Mendengar itu, kedua orang tua Andrew awalnya tidak setuju karena beranggapan akan terlalu menghamburkan uang karena biaya hidup yang tinggi disana.

Berkat kegigihan dan keinginan yang besar dari Andrew, akhirnya kedua orangtuanya mengizinkannya untuk menempuh pendidikan di Seattle. Dengan persyaratan, biaya hidup disana ditanggung sendiri oleh Andrew.

Dari sinilah Andrew Darwis mulai mendalami dunia web programming yang menjadi minatnya. Keinginan untuk belajar yang sangat kuat merupakan sikap orang sukses yang dimiliki oleh seorang Andre Darwis. Menemukan ilmu baru meskipun harus pergi ke tempat yang jauh menandakan Andrew adalah seorang pembelajar sejati. Terus meningkatkan ilmu pengetahuan dan tidak menganggap dirinya bisa segalanya.

Berjuang Keras Membesarkan Kaskus

Kisah sukses Andrew Darwis mendirikan Kaskus dimulai dari sebuah tugas yang diberikan oleh dosennya pada thun 1999 untuk membuat sebuah situs web pribadi. Kemudian Andrew beralih dari membuat situs web pribadi ke situs web komunitas menjelang akhir pengumpulan tugas.

Situs web komunitas inilah yang melahirkan Kaskus dan menjadi ajang berbagi para mahasiswa Indonesia di Seattle dan Amerika Serikat. Situs yang dibangunnya disukai oleh dosennya dan Andrew pun memutuskan untuk meneruskan Kaskus agar tak hanya menjadi tugas kampus.

Kisah Sukses Andrew Darwis

Dalam mengembangkan Kaskus, Andrew bersinergi dengan teman-temannya meliputi Ronald dan Budi. Penerjemahan artikel-artikel ke dalam bahasa inggris dilakukan oleh Ronald dan Donald bertugas untuk mengupload foto-foto acara mahasiswa yang ada. Kaskus yang mereka kembangkan berisi informasi-informasi tentang Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menghapuskan kerinduan masyarakat Indonesia yang berada diluar negeri.

Namun belum sampai Kaskus menjadi situs web yang sukses, tahun 2000 kedua teman yang membantunya mengembangkan Kaskus memilih untuk keluar dan tidak melanjutkan. Teman-temannya memilih keluar dan mundur dikarenakan Kaskus yang mereka dirikan tidak menghasilkan keuntungan sama sekali dalam waktu 3 tahun.

Hal ini disadari oleh Andrew Darwis sehingga ia pun sempat bekerja sebagai tukang iris tomat. Andrew juga menjadi tukang fotokopi dokumen dari usaha yang dimiliki oleh orang Thailand. Semua pekerjaan tersebut rela ia lakukan untuk bertahan hidup di Amerika Serikat sembari menunggu hasil berkembangnya Kaskus menjadi situs yang terkemuka.

Kisah Sukses Andrew Darwis Dapat Terjadi karena Tangguh Menghadapi Masalah

Terus berjuang ketika hasil belum terlihat menjadikan Andrew Darwis sosok yang memiliki komitmen dalam menjalankan usaha yang dilakukannya. Pantang menyerah dan terus berusaha sampai apa yang dilakukan membuahkan hasil yang maksimal.

Perjuangan demi perjuangan senantiasa dilakukan Andrew untuk membesarkan Kaskus. Mulai dari harus turun tang langsung untuk memperbaiki server yang down, karena Andrew pada saat itu tidak memiliki karyawan yang membantunya. Melakukan pemasaran dari pintu ke pintu untuk mengenalkan Kaskus kepada klien dan positioning Kaskus.

Bahkan Andrew sempat meminjam uang ratusan juta kepada orang tua Ken yang merupakan partner nya dalam mengembangkan Kaskus. Uang ratusan juta itu digunakan Andrew untuk membuat event, namun sangat disayangkan mereka tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Hal inilah yang menjadi penyebab orang tua Ken marah pada saat itu.

Masalah bukan hanya itu saja yang menimpa Andrew saat mengembangkan Kaskus. Pernah suatu saat Kaskus dianggap sebagai situs yang menyebarkan pornografi dan sempat akan ditutup karenanya.

Masalah demi masalah tidak menjadikan Andrew Darwis menyerah, ia terus mengupayakan perbaikan dalam mengembangkan Kaskus hingga menjadi besar seperti sekarang.



Loading...

Bagikan

Wahyu Utama

Penulis

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Komentar

    Andika

    Andika

    ( - 16:59)

    yah seru ceritanya.. tapi nanggung… hahahaha… lanjut sesi 2 bro.. hahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *