Internet

Klub Bola Indonesia Punya Saluran YouTube, Mana yang Paling Oke?

YouTube Beri Manfaat yang Banyak untuk Klub Bola

Di era teknologi seperti sekarang ini, ada banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk berpromosi, menggalang dana, dan beberapa kegiatan lainnya. Salah satu platform yang keberadaannya sangat membantu adalah YouTube.

Ya, dengan YouTube seseorang bisa menghasilkan uang dan juga meraih ketenaran. Saat ini YouTube pun tidak hanya digunakan oleh individu-individu tertentu maupun kelompok. Namun, YouTube juga sudah digunakan oleh banyak kalangan, dan salah satu yang menggunakannya adalah klub sepak bola.

Klub Bola Banyak yang Punya Saluran YouTube

Sekarang, coba Anda buka situs YouTube. Kemudian, silakan cari saluran dari tim-tim yang saat ini bermain di Premier League. Hasilnya, Anda akan menjumpai kebanyakan tim di Inggris, khususnya tim-tim yang berlaga di Premier League telah memiliki akun YouTube sendiri.

Dari Liverpool hingga Watford, semua tim yang bertarung di kasta tertinggi sepak bola Inggris sudah mempunyai saluran resminya sendiri. Bahkan, hasil pertandingan pun mereka tayangkan di saluran resmi, dan rata-rata tim Premier League melakukan hal itu semua.

Bukan hanya itu saja, beberapa klub pun menyasar netizen dari negara lain dengan cara mengubah judul video ke dalam bahasa negara yang disasar. Indonesia menjadi negara yang paling sering disasar oleh saluran-saluran luar negeri. Bukan hanya sepak bola saja, saluran umum lain pun juga sering menyasar Indonesia.

Klub Bola Indonesia Ada yang Punya Saluran YouTube?

Saat ini, klub-klub sepak bola Indonesia sudah ada yang memiliki saluran YouTube sendiri meskipun itu tidak semuanya. Namun, semua itu tinggal menunggu waktu saja, karena ketika klub lain sudah berani memulai, maka klub lain pun akan segera mengikutinya.

Seharusnya, klub-klub bola yang ada di Indonesia memiliki saluran YouTube tersendiri, karena dengan memiliki saluran YouTube, nama klub bisa lebih dikenal publik, bisa mendapatkan sponsor, hingga menambah basis suporter.

Lantas, saluran klub manakah yang paling oke sejauh ini?

Jawabannya adalah Bali United. Alasannya, mereka memiliki berbagai macam konten dari Bali United 360, tanya-tanya yuk, dan behind the pitch. Selain itu, kualitas video yang mereka suguhkan juga sangat baik dimulai dari pengambilan gambar dan pemberian efek.

Dan yang harus Anda ketahui adalah Bali United menjadi klub bola Indonesia pertama yang terjun secara aktif di dunia YouTube sebelum akhirnya diikuti oleh klub-klub lain. Mereka juga menjadi klub sepak bola Indonesia pertama yang berhasil meraih 100 ribu subscriber.

Baca juga: Sambut Kualifikasi Piala Dunia 2022, Google Search Tampil Beda

Di era seperti sekarang ini, media sosial harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh klub sepak bola. Meski uang dari media sosial tidak mampu menutupi biaya pengeluaran dari klub, setidaknya ada hal lain yang bisa mereka dapatkan, yaitu dikenalnya nama klub dan beberapa alasan lain yang sudah disebutkan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close