Review Produk

Kompor Listrik Terbaik untuk Memasak yang Praktis dan Cepat

Kompor Listrik Terbaik – Kompor listrik merupakan kompor yang memakai daya listrik sebagai pemanas dan bukannya gas seperti yang biasa dipakai di Indonesia. Kompor dengan daya listrik ini mempunyai beragam jenis model, salah satunya berbentuk seperti kompor konvensional.

Walaupun demikian, ada juga yang telah menyatu dengan counter top dan umumnya terdapat di dapur-dapur modern, ada juga yang modelnya portable dengan satu tungku sehingga lebih praktis untuk dipindah-pindahkan ke tempat lain.

Sekarang, pemakaian kompor listrik untuk memasak kian populer sebab dipandang lebih praktis, fleksibel, dan mempunyai ukuran yang kecil. Anda bisa meletakannya di atas meja makan sehingga lebih gampang saat mau menyajikan makanan secara langsung.

Di samping itu, kompor listrik juga ringan, gampang dipindahkan, dan bisa menciptakan sensasi rasa kuliner yang lebih lezat.

Anda bisa menemukan berbagai tipe dan merek kompor listrik, seperti Oxone, Maspion, dan Modena.

Kompor listrik cukup aman dipakai sama seperti ketika memakai perangkat elektronik yang lain. Ada produk-produk kompor bertenaga listrik mempunyai fitur-fitur tambahan yang dapat menjadikan dapur Anda makin komplit

Sebagai contoh kompor yang jadi satu dengan oven, kompor dengan pengatur temperatur panas apinya, dan sebagainya.

Keunggulan Kompor Listrik

Kompor Listrik Terbaik

Apa yang Anda bayangkan seputar kompor listrik? Jika kita komparasi dengan kompor model lain, kompor listrik dipandang kurang praktis.

Sebab tidak dapat digunakan untuk memasak diluar ruangan atau pemakaiannya kerap dipandang lumayan ribet dan kurang aman.

Oleh karena itu, beberapa orang masih menganggap bahwa memakai kompor listrik terasa merepotkan. Tetapi, kompor listrik mempunyai sejumlah keunggulan yang tak dimiliki oleh kompor model lain.

Sejumlah kelebihan yang dapat Anda peroleh dengan memakai kompor listrik antara lain yaitu:

  • Dapat dipakai sebagai kompor cadangan jika Anda masih memakai kompor gas kemudian gas mendadak habis atau mengalami trouble sedangkan kegiatan memasak belum selesai
  • Kompor listrik modern mempunyai desain yang lebih stylish dengan tungku yang dilapisi dengan bahan kaca yang kuat, tahan goresan, gampang dibersihkan, dan kelihatan lebih elegan daripada tungku kompor konvensional
  • Pemakaiannya relatif lebih murah daripada memakai kompor gas
  • Tak perlu bongkar pasang tabung gas ketika habis sehingga resiko terjadi kecelakaan misalnya akibat kebocoran gas lebih kecil
  • Kompor listrik dengan model yang lebih kecil juga dapat diletakkan di atas meja sebagai penghangat makanan saat disajikan

Di samping beberapa keunggulan di atas, salah satu keunggulan lainnya ialah Anda bisa memakai berbagai perlengkapan memasak untuk dipakai di kompor listrik. Anda bisa memakai teko air, panci, dan bisa dipakai untuk memanggang. Bunyinya juga tidak bising.

Anda juga bisa mengontrol sendiri temperatur yang diperlukan untuk memasak makanan Anda. Dengan kompor gas, Anda tidak bisa melakukan semua hal itu.

Di samping itu, tenaga listrik yang diperlukan tak sebesar pada kompor induksi sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran untuk listrik.

Cara Memilih Kompor Listrik Terbaik

Di pasaran ada beragam jenis, model, dan tipe kompor listrik yang dapat dipilih sesuai dengan keperluan anda. Berikut merupakan cara untuk memilih kompor listrik terbaik yang aman, dapat dipakai untuk memasak apa saja, dan lebih hemat listrik:

1. Cek Pengantar panasnya

Salah satu hal yang membedakan kompor listrik satu dengan yang lainnya ialah media pengantar panasnya.

Untuk pemakaian daya yang lebih efisien Anda dapat memilih kompor dengan jenis induksi magnetik namun ketika digunakan mesti dipasangkan dengan alat masak yang terbuat dari alumunium khusus.

Sedang jenis plat atau solid disk memerlukan daya yang lebih besar untuk menghasilkan panas tetapi mempunyai keunggulan dalam hal kepraktisannya.

Pemanas yang memakai kawat spiral merupakan pilihan terbaik untuk kompor listrik karena harga lebih murah dan pemakaian daya lebih efisien.

2. Pilih kompor dengan konsumsi tenaga listrik yang sesuai dengan penggunaan Anda

Biasanya, terdapat tiga tahap konsumsi listrik dalam kompor listrik. Tenaga sebesar 300 watt untuk memanaskan komponen luar, 300 watt untuk memanaskan komponen dalam, dan 600 watt untuk memanaskan seluruhnya.

Kalau cuma mau menghangatkan makanan, Anda bisa menyesuaikan ketiga tahap tersebut.

Bila Anda memerlukan tingkat panas yang sungguh-sungguh tinggi dalam memasak, Anda mesti memilih kompor dengan konsumsi listrik sebesar 1000 watt.

Dengan konsumsi listrik 1000 watt, Anda bisa memasak dengan lebih cepat. Anda cuma perlu setting tingkat temperatur yang sesuai dengan keperluan memasak.

3. Model tombol dan panel

Ada sebagian jenis kompor listrik meletakkan kontrol panel pengatur panas di komponen belakang.

Apabila tungku kompor dipakai seluruhnya apalagi kalau alat masaknya berukuran besar, maka mengontrol panas dengan meraih tombol di belakang dapat membahayakan penggunanya.

Di sisi lain, tombol panel yang ada di komponen depan memang lebih praktis untuk dipakai tetapi bila Anda punya anak kecil yang kerap wara-wiri ke dapur, menempatkan tombol di komponen depan juga dapat berbahaya sebab gampang dijangkau si kecil.

Kompor elektrik modern umumnya menempatkan tombol panel di atas kompor dengan electric touchpads.

4. Fitur-fitur khusus

Anda juga dapat memilih kompor listrik dengan beragam tipe fitur khusus contohnya tombol panel elektrik yang ada kuncinya sehingga tak gampang diutak-atik si kecil atau orang dengan keterbelakangan mental.

Kompor dengan tambahan oven di bawahnya juga dapat menjadi alternatif yang lebih hemat listrik dan hemat ruang. Ada juga kompor yang dapat membersihkan dirinya sendiri sehingga kompor tetap dapat menyalurkan panas dengan listrik yang lebih efisien.

Rekomendasi 10 Kompor Listrik Terbaik untuk Dapur Anda

Setelah Anda mengetahui beberapa keunggulan dari kompor listrik dan juga mengetahui beberapa tips bagaimana memilih kompor listrik terbaik, kini saatnya anda memilih kompor listrik yang sesuai dengan keinginan anda

1. Mini Hot Plate Electric Cooking 500W

Mini Hot Plate Electric Cooking 500W

Dari sekian banyak alat masak yang direkomendasikan untuk dapur, mungkin yang terutama yaitu mempunyai kompor untuk memasak maupun menghangatkan hidangan. Kompor dapat dipilih dari berbagai ukuran dan kegunaan.

Kecuali kompor ukuran standar, mempunyai kompor listrik portabel juga dapat menjadi pilihan bagi anda. Pemakaiannya lebih fleksibel sebab dapat diletakkan di mana saja. Anda juga tak perlu repot memasang selang gas.

Kompor listrik portabel yang satu ini memakai single plate sehingga lebih cepat transmisi panasnya. Ukurannya yang mini juga mmembuat kompor ini sangat pas untuk memasak atau memanaskan hidangan dalam porsi kecil. Di samping itu, praktis juga untuk dibawa ketika bepergian.

2. Idealife IL 402 N

Idealife IL 402 N

Cukup dengan menyiapkan anggaran sekitar 500 ribuan di kantong, Anda telah dapat membawa pulang kompor listrik terbaik dari Idealife. Idealife IL 402 N adalah kompor listrik terbaik di kelasnya yang telah dibekali dengan dua tungku pemanas.

Tentu tidak banyak produsen lain yang mempunyai spesifikasi kompor listrik 2 tungku dengan mutu dan harga sebaik Idealife ini.

Kompor listrik Idealife pas dipakai untuk kebutuhan memasak yang nomaden, alias bermigrasi atau pindah-pindah.

Hal ini memungkinkan pemilik kompor ini membawanya untuk bepergian, seperti menginap di villa atau bagi yang tinggal di apartemen atau kos-kosan juga dapat memakai kompor ini.

Untuk spesifikasinya sendiri kompor ini punya kontrol otomatis pengatur temperatur yang dapat dipakai untuk memanaskan berbagai jenis kuliner dengan panci datar.

3. Akebonno Inox Hot Plate MSP3201

Akebonno Inox Hot Plate MSP3201

Produk dari Akebonno ini terbuat dari bahan yang menjamin penyebaran panas yang merata pada kompor. Hal ini tentu amat berguna bagi Anda dalam kegiatan memasak supaya hasil kuliner Anda bisa matang merata.

Di samping itu, kompor Akebonno Inox Hot Plate MSP3201 ini mempunyai daya tahan yang tinggi sehingga bisa Anda pakai dalam waktu lama.

Anda bisa memakai kompor ini dengan leluasa tanpa kuatir kompor akan gampang rusak. Kecuali itu, daripada kompor listrik dua tungku lainnya, produk ini mempunyai harga yang relatif lebih murah.

Dengan demikian, Anda bisa mempunyai kompor yang ekonomis, tahan lama, dan mampu menghadirkan kwalitas kuliner yang enak.

4. Halogen Cooker

Halogen Cooker

Kompor induksi sendiri punya dua macam, yakni kompor induksi tanam dan kompor induksi portable. Untuk produk kompor listrik ini, Halogen Cooker, termasuk sebagai kompor induksi portabel sehingga gampang dipindahkan kemana mana.

Bicara mengenai spesifikasi kompor listrik terbaik Halogen Cooker, kompor ini dapat dipakai untuk memasak apa saja dengan wadah masak yang terbuat dari keramik, aluminium, kaca, tanah liat marbel, hingga stainless steel.

Aktivitas memasak seperti merebus air, menggoreng makanan, dan mengukus maupun memanggang dapat dikerjakan dengan Halogen Cooker.

Kompor listrik serbaguna ini juga dibekali dengan teknologi proteksi sehingga lebih ramah dan aman bagi lingkungan sebab tidak memakai gas dan mengeluarkan api.

Bila Anda berkeinginan memakai kompor listrik yang terbilang baik dan murah, Halogen Cooker sayang kalau dilewatkan.

5. Cyprus KL-0071

kompor listrik terbaik 6

Sedikit berbeda dengan Halogen Cooker yang dapat dipakai untuk memasak dengan alat masak dari bermacam-macam material, Cyprus KL-0071 ini belum bisa melakukannya.

Lebih tepatnya, kompor induksi listrik ini cuma dapat dipakai untuk memasak dengan alat masak berbahan stainless steel. Meskipun terkesan mempunyai kekurangan pada sisi tersebut, faktanya Cyprus KL- 0071 juga unggul dalam sisi yang lain.

Misalnya saja pada fitur 7 pilihan suhu temperatur dan pengatur listrik mulai dari 100 – 600 watt sehingga dapat mengefektifkan aktivitas memasak di dapur.

Bukan hanya itu, bahkan Cyprus KL-0071 juga dipercantik dengan adanya layar LED 4 digit untuk mempermudah pengoperasian.

Pada permukaan kompor listrik ini terbuat dari kaca kristal yang gampang dibersihkan seandainya terkena tumpahan air atau kuah kental.

Kompor induksi Cyprul KL-0071 juga dikenal sebagai kompor listrik yang hemat listrik sebab dapat otomatis mati ketika panci diangkat dari tungku.

6. Maspion Electric Stove S302

Maspion Electric Stove S302

 

Produk ini mempunyai pegangan pada sisi kiri dan kanan kompor yang akan mempermudah Anda ketika pindah lokasi memasak. Anda bisa dengan gampang memindahkan kompor dari dapur ke meja makan, serta sebaliknya.

Kompor ini juga dilengkapi dengan teknologi thermostat dan thermofuse yang berfungsi untuk memutus aliran listrik saat temperatur sampai pada batas tertentu.

Keunggulan lain dari produk ini ialah adanya lampu indikator yang menyala saat kompor telah cukup panas dan siap dipakai.

Dibanding dengan kompor listrik jenis pelat lainnya, produk ini mempunyai harga yang relatif lebih murah. Hal ini tentu menjadi poin plus. Maspion S302 merupakan kompor yang tepat untuk dipakai oleh semua keluarga.

7. OX-655S Single Ceramic Stove Oxone

OX-655S Single Ceramic Stove Oxone

Oxone sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi alat-alat rumah terbesar di Indonesia juga tidak mau ketinggalan dalam menghasilkan kompor induksi listrik yang dapat diterima masyarakat.

Salah satu varian kompor induksi dari Oxone yang disukai banyak orang yaitu OX-6555 Single Ceramic Stove Oxone. Seperti namanya, kompor listrik aman ini terdiri dari satu tungku keramik yang kelihatan elegan, stylist, dan mewah.

Kompor portabel yang membutuhkan listrik untuk pengoperasiannya ini dibekali fitur canggih yang menjamin keamanan tiap pengguna. Salah satu keunggulan dari kompor listrik ini ialah punya pengaman otomatis ketika menyalakan dan mematikan kompor.

Untuk pemakaiannya, kompor listrik satu tungku dari Oxone ini membutuhkan listrik sampai 800 w untuk keperluan memasak dengan temperatur tinggi.

8. Ariston Kompor Tanam DK 2 KL IX

kompor listrik terbaik ariston

Bagi sebagian orang, kompor bukan cuma dipakai untuk memasak, namun juga sebagai wujud espresi suatu keindahan yang ikut menunjang estetika dapur.

Kompor listrik dua tungku produksi Ariston ini adalah alternatif terbaik bagi Anda yang mencari kompor dengan tampilan mewah dan fungsional.

Tiap tungku dilengkapi dengan enam level pengontrolan temperatur yang bisa Anda kontrol disesuaikan dengan keperluan memasak.

Di samping itu, tiap tungku juga mempunyai lampu indikator yang akan menyala apabila kompor sudah dinonaktifkan, tetapi masih menyisakan suhu panas.

Dengan kompor ini Anda akan melihat tampilan dapur yang modern, rasa{kuliner yang nikmat, dan rasa aman dalam dapur.

9. MODENA Built in Hob BE-1325

kompor listrik terbaik modena

Para pecinta masak mesti memiliki kompor listrik ini. Alasannya, kompor induksi dari Modena menjadi kompor dengan harga terbaik di kelasnya menurut penilaian para chef dan profesional kuliner di Indonesia.

Modena Built in Hob BE-1325 dapat memberikan temperatur panas yang optimal tanpa mesti merasa panas pada bagian tungkunya. Tentu hal ini penting sebab memberikan tingkat keamanan yang maksimal seandainya diraba oleh orang secara tak sengaja.

Hal yang menarik lainnya dari kompor listrik Modena ini ialah sifatnya yang portabel walaupun mempunyai dua tungku. Komponen luar kompor ini dibungkus dengan bahan dasar stainless steel yang tidak gampang berkarat.

Desainnya yang mewah juga dilengkapi dengan adanya tombol pengatur temperatur hingga 6 level sehingga dapat disesuaikan dengan masakan yang akan dibuat.

10. Azalea AIC72B

Azalea AIC72B

Untuk rekomendasi terakhir  ikut dimasukkan kompor listrik dengan harga yang lumayan mahal supaya Anda juga dapat mencari opsi lain seandainya memang betul-betul mengharapkan kompor dengan kinerja terbaik.

Kompor listrik buatan Technogas ini ialah Azalea AIC72B yang tergolong ke dalam kompor induksi tanam. Jadi kompor ini tidak dapat dipindah-pindahkan seperti kompor portabel.

Baca juga : 8 Kompor Gas Tanam 2 Tungku Terbaik dengan Harga 1 Jutaan

Kompor listrik Azalea AIC72B mempunyai 2 tungku yang permukaannya terbuat dari kaca hitam. Pada komponen kontrol terdapat lampu indkator untuk memberi status kompor dalam kondisi menyala.

Kompor ini juga dibekali dengan tombol sentuh untuk mengontrol pengoperasian, seperti setting 9 level konsumsi listrik, timer, dan pengaman dari si kecil.

Salah satu keunggulan dari kompor listrik ini ialah adanya fitur turbo boost yang amat berguna saat memasak untuk kebutuhan mendadak atau hanya memiliki sedikit waktu.

Demikian daftar beberapa kompor listrik terbaik yang ada saat ini di pasaran dengan harga yang terbilang terjangkau. Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan budget dan juga aktifitas memasak anda tentunya.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close