Rumah Makan Alang-Alang

Konsep Rumah Makan Alang-Alang : Peluang Usaha Menjanjikan dari Potensi Wisata dan Kuliner dengan Omset Tinggi

Konsep rumah makan alang-alang adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Rumah makan ini menawarkan fasilitas lain yang tidak ada di rumah makan lainnya. Hal inilah yang akhirnya membuat rumah makan alang-alang menjadi sangat istimewa dihati customer nya.

Beratapkan alang-alang, berdindingkan bambu mungkin itu adalah ciri khas utama konsep rumah makan alang-alang. Dalam membuka usaha ini, harus mempersiapkan atau merenovasi tempat sehingga tercipta nuansa alami.

Selain dari segi tempat, keunikan lain yang dimiliki rumah makan alang-alang adalah dari segi menu makan yang ditawarkan. Hampir semua menu adalah ikan air tawar goreng/bakar dengan sayuran alami yang disajikan hangat.

Seperti pengalaman penulis sendiri sewaktu berkunjung ke rumah makan alang – alang.

Saking banyaknya pelanggan, ditambah semua pesanan yang dimasak setelah customer memesan, menjadikan kita harus ekstra sabar menantinya.

Namun demikian semua penantian panjang tersebut tak begitu terasa, dengan disediakannya berbagai fasilitas pendukung lain. Usai menunggu lama, aroma sedap akan sangat tercium, ketika pelayan membawa menu pesanan kita.

Nasi yang tersaji dalam cethingan, yaitu sebuah tempat nasi yang terbuat dari bambu menambah khas aura pedesaan ditempat tersebut.

Loading...

Ditambah lagi dengan rindanganya pepohonan, sejuknya angin bersemilir, dan pemandangan yang begitu sangat memanjakan mata. Semua hal tersebut adalah sebagian dari alasan kenapa rumah makan alang-alang begitu sangat diminati.

Berikut ini beberapa alasan yang penulis temukan, sebuah fakta menjanjikan mengenai konsep rumah makan alang-alang sebagai referensi usaha. Terutama bagi sobat yang sedang kebingungan hendak menggunakan modalnya untuk usaha apa.

Fasilitas Pemancingan Merupakan Daya Tarik Tersendiri bagi Rumah Makan Alang-Alang

konsep rumah alang-alang

Dirumah makan alang-alang yang penulis kunjungi, tersedia fasilitas pemancingan hampir mengelilingi area rumah makan. Hai ini sebagai bagian dari konsep rumah makan alang – alang dan diperuntukkan bagi siapa saja yang hoby dengan memancing.

Meliuk-liuknya ribuan ikan dikolam, membuat siapa saja terhibur saat melihatnya. Anak-anak pun bisa ikut merasakan kebahagiaan dengan bermain di sekitar kolam pemancingan tersebut.

Keadaan ini membuat rumah makan alang-alang sebagai tempat untuk mengisi waktu dan bersantai, selain dijadikan tempat mengisi perut juga merupakan salah satu tempat wisata yang menarik.

Pemilik usaha bisa menambah berbagai usaha baru, selain sebagai penunjang fasilitas juga bisa sebagai sarana meningkatkan omset usaha tentunya.

Arena Bermain Anak, Konsep Rumah Makan Alang-Alang yang Menjanjikan Omset

Anak-anak adalah salah satu customer yang memerlukan perhatian khusus, hampir dipastikan semua orangtua membawa anak mereka ketika berkunjung ke berbagai tempat, termasuk warung makan alang-alang ini. Selain mushola dan toilet, arena bermain anak merupakan salah satu tempat yang dibutuhkan customer.

Anak – anak sangat mudah jenuh bahkan menangis, dengan membuat arena bermain menjadi momen yang sangat tepat. Penulis sendiri melihat arena bermain di warung makan alang-alang hanya merupakan bagian dari fasilitas saja.

Setiap pengunjung bebas menggunakan tanpa dituntut untuk membayar setelahnya. Padahal jika dicermati arena bermain anak ini sangat efektif untuk menambah omset.

Pemilik usaha bisa menambah arena bermain anak dengan jumlah yang relative banyak. Selain itu bisa juga disediakan suatu ruangan atau area tertentu yang cukup luas untuk arena ini.

Nah, jika arena anak sudah banyak dan memungkinkan pengelola bisa menentukan tarif untuk setiap penggunaannya.

Selain merupakan penunjang fasilitas arena bermain, rumah makan alang – alang akan mendukung fasilitas wisata keluarga yang menyenangkan. Selain untuk keperluan makan, mereka pun akan berkunjung untuk keperluan wisata.

Berbagai Usaha Lain bisa dibuat untuk Meningkatkan Omset

Penulis memperhatikan salah satu rumah makan alang-alang yang berada di sekitar Banjar Harjo Brebes tersebut, sudah memiliki usaha lain yang menyertainya.

Bahkan di area tempat tersebut juga sudah ada sebuah koperasi simpan pinjam, dan agen Bri Link.

Usaha lainnya yang penulis liat adalah penjualan bibit tanaman. Selain bibit tanaman hias, terlihat beberapa bibit tanaman buah-buahan juga ada di tempat tersebut.

Harganya sangat variatif, penulispun melihat ada salah satu jenis tanaman mangga yang dihargai Rp. 250.000,00 per tanamannya.

Selain usaha-usaha tersebut pemilik tempat sebenarnya masih banyak memiliki kesempatan untuk membuka usaha lain, seperti membuka mini market, konter pulsa, toko pakaian dan lainnya.

Oleh karena itu penting bagi sobat yang ingin membuka usaha rumah makan alang-alang, dengan mempersiapkan tempat cukup luas sebagai tempat usahanya.

Lahan parkir

Selain usaha-usaha tersebut, yang dapat menambah omset penghasilan adalah lahan parkir. Meski ditempat tersebut parkirannya free alias gratis, namun bisa saja menerapkan tarif harga untuk parkir.

Selain meningkatkan omset, tentu menambah kenyamanan customer karena kendaraannya ada yang menjaga, yaitu petugas parkir yang kita pekerjakan.

Meski terbilang diwilayah desa, warung makan tersebut memiliki beberapa titik tempat parkir yang hampir semuanya penuh. Fakta tersebut semakin menjanjikan bagi siapa saja yang memiliki jiwa wirausaha tinggi dengan merekrut karyawan handal.

Berikut beberapa alasan kenapa konsep rumah makan alang-alang menjadi salah satu usaha yang harus kita pertimbangkan untuk dijadikan sarana meraih kesuksesan.

Rumah Makan Alang-Alang Sebuah Inovasi yang Akan Banyak diminati Masyarakat Perkotaan

Sudah menjadi rahasia umum, jika masyarakat kota sangat senang ketika berkunjung ke desa. Hal ini dikarenakan setiap manusia memiliki titik jenuh, dan senantiasa menginginkan suasana baru dalam hidupnya.

Atas dasar itulah konsep rumah makan alang-alang sangat tepat jika di dirikan di kota.

  1. Rumah makan alang-alang memiliki struktur dan suasana khas pedesaan akan menarik banyak masyarakat kota untuk segera berkunjung menikmatinya.
  2. Alang-alang, bambu, ikan, memancing dan lainnya adalah sebuah inovasi rumah makan yang sangat istimewa bagi masyarakt kota.
  3. Keunikan tersebut akan mengalahkan fasilitas mewah restoran, café dan lainnya, yang mayoritas hampir setiap hari masyarakat kota nikmati.

Penulis melihat fakta bahwa rumah makan alang-alang yang berada di Banjar Harjo Brebes saja sangat banyak pengunjungnya, apalagi jika rumah makan sejenis di dirikan di kota-kota besar.

Beberapa masyarakat di desapun banyak yang membicarakan rumah makan ini, dan menjadi salah satu rumah makan favorit tujuan mereka.

Bagi sobat yang tinggal di kota ini adalah sebuah motivasi besar, penulis sangat yakin jika sobat mendirikan usaha ini maka akan cepat membludak.

Masyarakat akan menjadikan rumah makan alang-alang sobat sebagai pilihan mereka. Sehingga dengan demikian untuk mendapatkan omset yang banyak bukanlah hal sulit, bahkan akhirnya untuk membuka beberapa cabang sekalipun.

Dukung Kesuksesan dengan Membentuk Rumah Makan Alang-Alang Wisata Alam

Masyarakat kota yang  sangat rindu dengan suasana pedesaan adalah kesempatan emas dalam usaha ini.

Sobat bisa mendirikan tempat usaha yang luas, akan lebih baik jika tempat tersebut masih natural, dipenuhi banyak pepohonan bahkan disekitar danau.

Namun jika tempat semacam itu sulit ditemukan di wilayah perkotaan, justru disinilah kesempatan baiknya.

  • Sobat bisa membeli sebidang tanah luas. Setelah tempat usaha di dirikan jangan lupa pula tanami banyak pepohonan.
  • Gubuk-gubuk kecil beratapkan alang-alang, ditambah iringan musik khas daerah tentu adalah keunikan tersendiri bagi masyarakat kota.
  • Terlebih jika sobat bisa membentuk sebuah danau buatan yang cukup besar, dimana selain dipenuhi banyak ikan juga diberikan fasilitas perahu, atau bahkan becak air.
  • Selain itu dukung juga suasana pedesaan dengan memelihara binatang tertentu, seperti aneka burung, ayam, angsa, dan lainnya.

Manfaat Usaha Berbasis Alam bagi Lingkungan Perkotaan

Selain dapat memberikan keuntungan yang sangat besar bagi pemiliknya, rumah makan alang-alang atau bisnis lain, yang mengedepankan suasana alam ternyata sangat berpengaruh baik untuk lingkungan.

Padatnya jumlah bangunan di perkotaan, ditambah begitu berjubelnya jumlah kendaraan adalah suatu masalah besar yang sulit untuk diselesaikan.

Banyaknya kepulan cerobong asap, ditambah makin luar biasanya pengaruh efek rumah berkaca, adalah suatu fenomena yang pasti sangat merusak lapisan ozon bumi ini.

Perlu penanganan serius dari pemerintah disetiap kota untuk menangani masalah ini, dimulai dari membuat jalanan rindang, taman kota, bahkan sampai pada pembuatan lokasi hutan kota.

Selain itu upaya penyelamatan lingkungan inipun perlu tindakan nyata juga dari masyarakat. Masyarakat kota bisa menanam minimal satu pohon di depan rumahnya, tidak membuang sampah sembarangan, bahkan belajar mengelola sampah agar tidak menambah masalah yang ada.

Kesimpulan

Penulis berpikir, seandainya konsep rumah makan alang-alang banyak didirikan di kota dan dipenuhi rindangnya pepohonan, maka selain membuat customer nyaman, lebih dari itu bumi pun akan terselamatkan karenanya.

Bangunan rumah makan alang-alang mayoritas terbuat dari bambu dan kayu, bahkan beratap alang-alang, tentu akan sangat mengurangi efek rumah berkaca.

Ditambah lagi, makanan yang dibuat sangat jauh dari kemasan berplastik karena sifatnya sekali saji. Alhasil sampah yang dihasilkan dari usaha ini sangat sedikit, jika banyak sekalipun tentu bisa diolah kembali menjadi pupuk yang justru bisa menyuburkan bumi ini.

Nah itulah nilai lebih dari usaha rumah makan alang-alang, selain sebagai lahan pekerjaan sobatpun sudah turut serta menjaga alam melalui perantaranya.

Lebih dari itu sobat juga telah mengkampanyekan cinta lingkungan kepada masyarakat sekitar melalui karya nyata.

Semoga tulisan ini berguna dan menginspirasi.

Salam kepedulian

Detatang – Kamal


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *