Property

Konsep Rumah Minimalis dengan Desain Arsitektur Unik dan Mewah

Konsep rumah minimalis kini semakin populer dikalangan masyarakat, sebab biaya konstruksi dan pembuatan rumah juga lebih rendah, sehingga cocok bagi mereka yang memiliki budget terbatas. Saat ini banyak sekali rumah minimalis dengan desain arsitektur unik dan kekinian, sehingga rumah akan terlihat lebih mewah dan elegan.

Rumah minimalis dirancang untuk 2-4 anggota keluarga, bangunan rumah juga bisa dibuat untuk satu atau dua tingkat tergantung pada kebutuhan pemilik rumah.

Untuk membangun rumah minimalis juga tidak membutuhkan lahan yang begitu luas, sehingga lebih efisiensi dalam pengelolaan dan perawatan rumah.

Memiliki rumah minimalis bukan berarti tidak bisa menampilkan gaya dan estetika pada model rumah. Dengan rancangan desain arsitektur secara detail, rumah akan tampak lebih cantik dan unik dan terlihat mewah.

Setiap ruangan baik desain interior ataupun eksterior juga bisa ditata secara kreatif sehingga setiap meter persegi dan setiap sudut dapat dimanfaatkan secara optimal.

Rumah minimalis umumnya memiliki tata ruang yang lebih sederhana, polos, dan efisien dengan denah lantai terbuka, dinding interior minimal. Dengan begitu akan lebih menekankan pada keleluasaan pandangan.

Nah, agar rumah minimalis tampak lebih unik dan elegan serta terlihat mewah, berikut ini adalah beberapa konsep yang harus diperhatikan.

Perencanaan Konsep Rumah Minimalis

Ketika ingin membangun rumah minimalis, hal yang paling utama adalah merencanakan konsep rumah itu sendiri. Hal yang harus dipertimbangkan adalah tata letak ruang yang lebih mengutamakan segi fungsi, estetika, dan kepraktisan.

Desain arsitektur rumah minimalis bisa dirancang terlebih dahulu dengan sedetail – detailnya sehingga akan lebih mudah dalam proses pengerjaan pembangunan rumah.

Detail dalam arsitektur rumah minimalis dapat meningkatkan nilai bangunan itu sendiri. Selain itu juga akan memberikan kemudahan untuk merawat bangunan bagi pemiliknya.

Arsitektur Bangunan Geometris

desain arsitektur minimalis

Bangunan rumah minimalis di desain secara geometris sehingga rumah terlihat secara fisik. Bangunan rumah minimalis umumnya berbentuk seperti kotak kubus atau balok saja.

Sedangkan atap rumah juga tidak berbentuk segitiga layaknya kebanyakan rumah, melainkan berbentuk datar tanpa tambahan seperti dekorasi atau model lekukan yang tidak perlu.

Fungsi Jendela Kaca yang lebih di optimalkan

jendela rumah minimalis

Konsep rumah minimalis memiliki karekteristik dengan intensitas penggunaan kaca. Biasanya untuk tampilan depan berupa jendela yang lebih besar dan lebar sehingga pandangan atau ruangan juga terlihat lebih luas.

Ruangan dengan jendela kaca yang lebih besar dan lebar juga akan memberi kesan mewah dan elegan pada rumah tersebut.

Selain itu, pencahayaan alami juga mampu memberikan nilai estetika pada interior rumah seperti furniture atau hiasan ruang tamu yang terlihat lebih hidup.

Dengan penggunaan jendela besar udara dan sinar matahari juga dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah sehingga kelembaban rumah juga selalu terjaga.

Pemilihan Warna Dinding Bersih dan Lembut

interior rumah minimalis

Warna cat rumah menjadi salah satu elemen yang penting agar rumah tampil lebih cantik serta menarik perhatian. Pemilihan warna yang tepat untuk ruangan juga akan menambah hunian menjadi lebih nyaman.

Dinding rumah minimalis umumnya didominasi dengan warna putih atau abu-abu. Dengan warna cerah akan terlihat sangat bersih dan natural. Kedua pilihan warna ini juga terlihat minimalis dan tak lekang oleh waktu.

Dengan pilihan satu atau dua warna akan memperkuat desain rumah minimalis yang terlihat sederhana, modern, dan elegan.

Desain Eksterior yang Lebih Sederhana

teras rumah minimalis

Desain eksterior rumah atau area luar bangunan menjadi bagian pertama yang dilihat orang. Selain terlihat menarik, desain eksterior bisa memberikan rasa nyaman bagi seluruh penghuni rumah.

Desain arsitektur untuk eksterior rumah minimalis terlihat lebih sederhana dan lebih menekankan pada hal-hal yang sifatnya esensial dan fungsional.

Biasanya hanya dengan penanaman rumput taman dan tidak banyak penambahan dekorasi dan ornamen untuk runag eksterior sehingga terlihat lebih luas dan lega.

Ruang dengan Minim Pembatas atau Sekat

Konsep rumah minimalis lebih mengutamakan efisiensi ruang, jadi sekat atau pembatas hanya akan membuat ruangan terlihat semakin sempit.

Sekat bisa digunakan apabila benar-benar dibutuhkan, sehingga pembatas yang sifatnya bukan permanen seperti furniture bisa digunanakan untuk pembatas ruang keluarga, ruang makan, dan dapur,

Penggunaan Furniture Minimalis

Penggunaan furniture dengan desain minimalis sangat cocok untuk ruangan tertentu. Karena tidak membutuhkan tempat yang luas namun tetap menampilkan kesan modern, mewah dan elegan.

Ruangan yang menggunakan gaya minimalis lebih mementingkan fungsi sekaligus kegunaanya. Sama hal nya dalam penataan interior ruangan dengan menggunakan furniture.

Selain sebagai hiasan, fungsi furniture juga bisa menjadi penyekat antar ruangan atau fungsi – fungsi lainnya.

Jasa Desain Arsitektur

Nah, bagi Anda yang berencana membuat konsep atau perencanaan untuk keperluan membangun rumah minimalis ada baiknya untuk memahami seluk beluk desain arsitektur terlebih dulu.

Saat ini banyak sekali jasa desain interior rumah dan render 3D yang bisa Anda gunakan untuk merencanakan membangun hunian modern yang nyaman untuk keluarga.

Tak perlu membayar mahal, karena Anda bisa memanfaatkan jasa freelancer berpengalaman dalam jasa render 3D dan sketchup yang bisa Anda temukan di platform situs Fastwork.id dengan harga mulai Rp 50.000 saja.

Anda juga bisa memilih freelance desain arsitektur sesuai dengan budget atau sesuai dengan kriteria yang Anda cari dengan jaminan keamanan pada saat bertransaksi.

Pastikan Anda memilih freelancer dengan tepat, yang memiliki kualitas, pengalaman dan profesional dalam mengerjakan konsep desain rumah dan gambar 3D secara tepat waktu hanya di https://fastwork.id/3d-2d-model

 


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close