Konten di Bulan Puasa yang Wajib YouTuber Bikin

4 Konten di Bulan Puasa yang Wajib YouTuber Bikin

Konten di bulan puasa – Akan sia-sia kiranya jika kita mempunyai channel YouTube tapi hanya memiliki sedikit konten. Padahal bagi seorang YouTuber, dimana hobi dan pekerjaannya bersumber dari YouTube, konten merupakan hal yang sangat penting dan utama.

Konten juga yang menjadikan sebuah channel bisa dikenal oleh orang banyak. Apalagi jika konten tersebut memiliki banyak manfaat dan sangat informatif. Dan hal ini memungkinkan viewer kita untuk membagikan channel kita tanpa harus kita suruh.

Seorang YouTuber juga harus luwes dan bisa beradaptasi pada setiap keadaan atau pekembangan zaman.

Kreatif dan menguasai media yang digunakan beserta alat-alatnya, adalah modal awal untuk menjadi seorang YouTuber. Terlebih, YouTuber juga harus peka terhadap momen-momen atau peristiwa penting lainnya yang terjadi disekitar, termasuk membuat konten di bulan puasa.

Pasti beberapa YouTuber bertanya, konten apa yang cocok dibuat untuk bulan puasa?

Bagi beberapa orang yang bekerja diberbagai bidang, selain untuk beribadah, bulan puasa juga digunakan untuk mencari rezeki atau mencari nafkah. Tak jarang, untuk menyambut bulan puasa, jauh-jauh hari mereka akan mempersiapkannya. Apalagi untuk seorang pedagang.

Begitu juga dengan YouTuber. Membuat konten di bulan puasa merupakan tantangan tersendiri, dimana konten yang akan dibuat tentunya harus berhaluan dengan bulan puasa.

Berikut adalah beberapa konten di bulan puasa yang bisa dibuat oleh YouTuber:

Loading...

1. Memasak

Konten di Bulan Puasa yang Wajib YouTuber Bikin
Source image: i.pinimg.com

Memasak merupakan konten yang sangat digemari oleh viewer, apalagi di bulan puasa. Pada bulan puasa, menu buka puasa dan sahur menjadi hidangan yang paling istimewa untuk dihidangkan. Tak jarang banyak orang yang mencari referensi makanan serta cara memasaknya di YouTube.

Sebagai YouTuber, kita juga bisa menggali dan mengembangkan konten dari memasak hingga ke hal lainya.

Yang pasti, konten memasak ini hidangannya harus sesuai dengan menu berbuka puasa dan sahur. Banyak makanan yang bisa kita buat dari konten memasak. Dari mulai ta’jil hingga menu utama berbuka puasa.

Kita tahu, menu masakan Indonesia itu terlalu banyak. Untuk ta’jil saja, setiap daerah di Indonesia memiliki menunya masing-masing. Jadi jangan khawatir kehabisan ide untuk membuat konten memasak.

2. Ngabuburit

Source image: anekawisata.com

Ngabuburit adalah sebuah kegiatan yang dilakukan orang-orang untuk menunggu adzan Maghrib untuk berbuka. YouTuber bisa membuat konten di bulan puasa yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.

Dengan persepsi semua orang menyukai kegiatan ngabuburit, keunikan konten yang dibuat pada momen tersebut setidaknya menjadi nilai lebih agar channel memiliki banyak viewer dan subriber.

Ada pun kegiatan negbuburit yang bisa dijadikan konten di bula puasa diantaranya:

  • Tempat Ngabuburit

Setiap daerah pastinya memiliki tempat favorit untuk dijadikan tempat untuk ngebuburit. Disisi lain tempat-tempat tersebut juga pastinya memiliki keunikannya masing-masing yang tidak dimiliki oleh tempat di daerah lain.

Sesuatu yang beda dengan keunikan tersebut merupakan hal yang bisa digali untuk dijadikan video konten di bulan puasa. Sekaligus menjadi referensi untuk penonton lainnya yang ingin ngebuburit ditempat yang beda.

Konten ini lebih cocok untuk YouTuber Traveller, meskipun tidak menutup kmungkinan YouTuber lain bisa membuatnya.

  • Game untuk Ngabuburit

Game adalah salah satu hiburan yang dewasa ini sedang booming-booming-nya. Game juga bisa dijadikan video konten di bulan puasa bagi YouTuber Game.

Tidak jauh beda dengan konten game lainnya, konten ini bisa dibuat. Namun nilai lebih yang bisa digali dari pembuatan konten di bulan puasa ini adalah, konten game tersebut memiliki konteks dengan bulan puasa.

Selain itu, YouTuber juga bisa melakukan live streaming pada waktu-waktu sebelum adzan maghrib. Kita juga mengetahui, live streaming merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh YouTuber Game, apalagi game jenis FPS dan RTS.

  • Hobi untuk Ngebuburit

Hobi juga bisa dijadikan sebagai konten di bulan puasa. Yotuber bisa berbagai hobi-hobi mereka di bulan puasa. Begitu juga dengan konten liputan yang dilakukan YouTuber terhadap pegiat hobi atau tempat-tempat hobi tersebut berada.

Di daerah urban, hobi olahraga merupakan salah satu hobi yang sering dilakukan. Apalagi olehraga tersebut dilakukan di bulan puasa dan di tempat terbuka.

YouTuber bisa mengunjungi tempat-tempat dimana hobi olahraga tersebut berada, baik itu sepeda, skateboard, yoga, dll. Begitu juga dengan hobi lainnya seperti musik, melukis, dll. Kegiatan ini bisa kita jumpai disetiap sudut kota di Indonesia, apalagi di tempat-tempat terbuka seperti taman kota.

Dan jangan lupa menghubungkan konteks hobi tersebut dengan bulan puasa akan menjadi hal yang menarik.

3. Buka Puasa dan Sahur

Source image: otomotifzone.com

YouTuber juga bisa membuat konten di bulan puasa yang berhubungan dengan buka puasa dan sahur. Vlogging mengenai buka puasa dan sahur di rumah atau ditempat lain bisa dijadikan konten video, dimana video tersebut menggambarkan kehangatan ketika sedang berbuka dan sahur.

Dari dua momen tersebut juga banyak konten yang bisa dikembangkan.

  • Tempat

Tempat berbuka puasa merupakan tempat yang banyak dicari oleh banyak orang. Konten mengenai tempat tersebut bisa dijadikan review maupun referensi untuk orang banyak yang ingin berbuka puasa di tempat tertentu.

  • Makanan

Makanan juga menjadi hal yang utama di bulan puasa, dimana YouTuber bisa mereview atau memberikan informasi mengenai makanan untuk berbuka maupun untuk sahur.

  • Kegiatan (Bukber)

Bukber adalah istilah yang sering digunakan untuk kegiatan berbuka puasa, dimana pelaksanaannya dilakukan secara ramai-ramai, baik itu dilingkaran pertemanan, maupun perusahaan.

Kegiatan-kegiatan ini bisa dijadikan konten di bulan puasa karena memiliki keunikan dan keseruannya tersendiri.

4. Review Barang

Source image: cdn2.tstatic.net

Review barang merupakan konten yang sering dibuat oleh YouTuber, terlepas itu bulan puasa atau bukan. Namun pada bulan puasa, setidaknya ada beberapa barang yang sering orang gunakan pada bulan tersebut.

YouTuber bisa membuar konten di bulan puasa dengan me-review sebuah barang, apapun itu. Namun ada nilai lebihnya jika review teresebut dikaitkan dengan bulan puasa.

Barang yang cocok adalah barang yang berhubungan dengan ibadah umat Islam. YouTuber bisa me-review dari barang-barang tersebut, seperti sarung, sajadah, mukena, Al-Qur’an, atau barang lainnya.

Jika YouTuber me-review sebuah barang elektronik yang tidak ada hubungannya dengan ibadah, bisa diakali dengan konteks yang diambilnya. Misalkan me-review sebuah ponsel, YouTuber bisa menghubungkan konteks ponsel tersebut dengan bulan puasa, seperti “Aplikasi yang cocok di install di bulan puasa” atau hal lainnya.

Kesimpulan

Itulah 4 konten di bulan puasa yang bisa dibuat oleh seorang YouTuber. Diluar dari 4 konten tersebut, sebenarnya banyak juga hal yang bisa digali untuk dijadikan sebuah konten.

Keluwesan serta tingkat kreatifitas dari seorang YouTuber adalah hal yang wajib dimiliki untuk menciptakan konten tersebut.



Loading...


Bagikan

Penulis

Komentar

    muslimpintar

    ( - 16:01)

    review tempat wisata juga boleh tuh,, persiapan libur lebaran

    Blogenzi

    ( - 02:14)

    yang kedua itu saya banget mas, hehe.

      Hendra Sandi

      ( - 04:43)

      Iya pak, lumayan bikin ‘Konten Ngabuburit’ sambil ngabuburit juga. Sambil menyelam minum susu. Hehe

    Averyzalia

    Averyzalia

    ( - 14:59)

    Koq banner nya bikin kesel ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *