Artikel Adsense

Ditolak Adsense Lagi Gan, Alasannya Konten Tidak Memadai

Konten Tidak Memadai? Perasaan sudah membuat artikel sampai “babak belur” begini masih dapat alasan yang tidak masuk akal dari google Adsense, yaitu konten tidak memadai.

Banyak blogger dibuat “adem panas” dengan keputusan penolakan melalui email dari Adsense, ini yang terkadang membuat sebagian orang frustasi, kenapa saya mendapat email penolakan yang seperti ini. Apa yang masih salah dengan blog saya? Lantas konten yang memadai itu seperti apa?

Nah, mungkin saya bisa sedikit membantu sedikit permasalahan untuk pengajuan review Adsense, terutama jika blog Anda sudah pernah ditolak atau berkali-kali ditolak dengan alasan konten tidak memadai.

Menurut saya pribadi, masalah konten tidak memadai ini mempunyai pengertian yang luas. Yaitu mencakup semua konten yang ada didalam blog secara keseluruhan. Tetapi saya akan mengupas Intinya saja agar lebih mudah untuk dipahami.

Kelengkapan konten blog untuk pengajuan Adsense

Mengapa blog Anda selalu ditolak saat mendaftar Adsense? Bahkan artikel yang ada dalam blog  sudah lebih dari 100 posting dan pengunjung blog sudah melebihi 500 visitor setiap hari. Tetapi masih mendapat penolakan “Konten tidak memadai”.

Mari kita kupas satu persatu, sebelum anda terlanjur membuat konten semakin banyak tetapi tetap saja ditolak. Perhatikan baik-baik agar semuanya tidak menjadi hal yang sia-sia untuk pengajuan Adsense.

1.  Template yang clear dan simpel

Loading...
  • Template adalah bagian yang paling penting untuk memuat konten, diantaranya untuk teks, gambar maupun video. Pilih template yang sederhana saja, jangan menggunakan template yang memuat banyak java script dan CSS Media.
  • Anda bisa gunakan template mana saja yang simpel, tidak harus berpatokan pada template bawaan blogger.

2. Navigasi blog

Terlihat sangat sepele, tetapi navigasi blog mempunyai peran dalam kelengkapan konten, fungsinya adalah lebih memberikan akses dan keterangan secara menyeluruh pada bagian blog, Navigasi yang penting buat mendaftar Adsense adalah :

  • Home.
  • Profil/About me.
  • Kontak.
  • Privacy.
  • Kategori blog.
  • Arsip blog.
  • Sitemap blog. (Daftar isi blog)

3. Konten blog

Dalam posting blog terdapat konten yang berupa teks, gambar dan video. Dalam mendaftar Adsense lebih baik berprioritas kepada teks konten sebagai pilihan utama.

konten tidak memadai

Masalah ditolak Adsense dengan Alasan konten tidak memadai

Nah, ini yang menjadi hal yang paling penting dalam pengajuan Adsense. Dari ketiga kelengkapan konten di atas saya akan membahas untuk yang nomor 3 saja, yaitu konten blog.

1.  Konten yang tidak melanggar ketentuan Adsense

  • Saya rasa hal ini semua blogger sudah cukup memahami tentang peraturan dan ketentuan blog untuk mengikuti program Adsense, diantaranya harus mematuhi Kebijakan program Adsense.
  • Artikel tidak mengandung unsur SARA, kebencian, konten dewasa, obat terlarang, software bajakan ataupun segala hal yang berhubungan dengan itu.
  • Artikel bukan copas dan harus hasil tulisan sendiri.

2. Konten sesuai dengan standar mutu webmaster

  • Secara umum kita menulis konten atau artikel layaknya menulis biasa saja, tetapi perlu diperhatikan tentang kelayakan konten bagi standar mutu webmaster, di antaranya adalah penerapan tag heading H1, H2 dan H3 serta aturan paragraf yang jelas.
  • Fungsi Tag heading ataupun sub heading (H2 dan H3..) adalah untuk memperjelas keberadaan artikel atau untuk lebih menekankan poin-poin tertentu dalam artikel.
  • Konten ditulis secara baik dan terstruktur, perhatikan juga penggunaan tanda baca secara baik dan benar.

Penting

  • Penerapan Tag heading ataupun sub heading (sub judul) termasuk dalam syarat kelayakan standar mutu webmaster untuk sebuah artikel.
  • Menerapkan paragraf yang sesuai dengan panjang artikel, disini kita bisa buat paragraf tanpa batas atau tanpa aturan baku. Fungsi paragraf antara lain agar membuat mata pembaca tidak cepat lelah, jika harus membaca artikel tanpa paragraf sama sekali.

3. Buatlah konten yang benar-benar memadai

Dalam hal ini lebih diprioritaskan untuk membuat teks konten yang lebih memadai dalam sebuah artikel, paling tidak buat artikel dengan minimal 300 kata atau lebih.

Minimal buat artikel berjumlah 40 dalam satu blog sebelum pengajuan Adsense, dalam masa itu blog anda juga sudah cukup umur dan menerima lalulintas trafik yang memadai.

4. Batasi penggunaan gambar yang berlebihan dalam artikel

Dalam pengajuan Adsense sebaiknya gunakan 1-2 gambar saja dalam satu artikel sebagai penunjang, pilih ukuran gambar yang sesuai dengan template anda.

Baca : Format Dan Ukuran Gambar Posting Blog Yang Ideal

Penting

  • Gunakan gambar yang tidak melanggar hak cipta, jika Anda tidak mempunyai gambar yang sesuai dengan posting lebih baik gunakan gambar yang berlisensi gratis.

Baca : Daftar situs penyedia gambar gratis

  • Akan lebih bagus jika mengunakan gambar sendiri, bisa buat ilustrasi gambar menggunakan Photoshop atau perangkat lunak sejenis.

5. Jika Anda menggunakan konten video:

  • Tempatkan 1 video saja dengan ukuran embed yang sesuai dengan template yang Anda gunakan.
  • Panjang durasi video yang ideal adalah maksimal 9 menit, jangan menempatkan konten video yang dengan durasi sangat panjang karena blog dalam masa review Adsense.

Penting

  • Sebaiknya jangan pasang embed video jika konten keseluruhan dalam blog Anda belum memadai secara keseluruhan, dalam arti jumlah konten dalam blog kurang dari 40 artikel.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa blog anda ditolak dengan alasan konten tidak memadai. Tapi jangan putus asa, masih banyak kesempatan untuk mengajukan pendaftaran lagi walaupun ditolak berkali-kali.

Saya sendiri dulu pernah mengalami penolakan sebanyak 4 kali, salah satu alasannya adalah konten tidak memadai. Jadi tetap semangat sampai benar-benar mendapatkan Full Approved dari pihak Adsense.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

108 Comments

  1. Kak saya mau tanya blog saya sudah di tolak adsense 2x atau 3x
    Kira-kira apa ada yang salah dengan blog saya?
    Dulu sebelum pakai domain masih bisa di beri ads, sekarang pakai domain sendiri ditolak ads.
    Dengan alasan tidak ada konten.
    Blog saya www(dot)banieun(dot)com

  2. Tulisan artikelnya keren banget mas, enak dibacanya dan mudah di pahami dan wajib di terapkan nih biar nggak ditolak lagi sama adsense.

    Terimakasih banyak mas tipsnya

  3. sama saya juga kena seperti ini , awalnya diterima , terus ganti domain tdl , eh ajuin lagi titolak karna alasannya tidak memadia , pusing jadinya

  4. Mohon bantuanya . Untuk meningkat kan sebuah trafik di blog.
    Atau memperbaik situs agar cepat di indek bagi mna solusi nya gan.
    Trimaksih

  5. mohon bantuannya gan.
    Pengajuan adsense saya sudah berulang kali ditolak.
    Pada email penolakan dikatakan KONTEN TIDAK MEMADAI
    Sementara pada halaman Dashboar GA disebutkan sebagai berikut ini
    Kami menemukan beberapa pelanggaran kebijakan di situs Anda, http://sahlit.blogspot.com. Kami tidak dapat menayangkan iklan di situs hingga masalah tersebut diperbaiki. Lihat Kebijakan Konten atau kunjungi Pusat Bantuan untuk informasi selengkapnya.
    Mohon bantuannya gan. terimakasih

  6. OM bisa minta saran terkait blog peluangbisnisokedeh (dot) blogspot (dot)com, kira2 kalau mau didaftarkan adsense kurangnya apa ya? Mksh

  7. OM bisa minta saran terkait blog peluangbisnisokedeh.blogspot.com, kira2 kalau mau didaftarkan adsense kurangnya apa ya? Mksh

  8. Minta saran untuk blog saya mas, blog saya ini tipe gado2. Untuk kontennya sendiri saya banyak mengisi ttg pelajaran karena saya buat blognya ketika masih sekolah.
    Oiya mas untuk tld yg gratisan bisa masuk non hosted mas? Terima kasih

  9. Saya sudah baca artikel mas gani, dan dari komentar teman-teman juga banyak mengalami hal yang sama. Saya sudah 3 kali ditolak oleh google.
    Kalau mas Gani berkenan, saya minta tolong review blog saya ya mas, umur blog sudah hampir 1 tahun.
    terimakasih
    arisponang(dot)blogspot(dot)com

  10. Udah lebih dari 5 kali daftar adsense alesannya konten tidak memadai aja.
    Minimal untuk daftar adsense blog harusnya umur brapa

    terimakasih

  11. Saya udah membuat lebih dari 1000 karakter, tapi tetap aja alesaannya konten tidak memadai. Minimal umur brapa blog untuk daftar adsense?

  12. mantap gan. jadi tercerahkan hahaha
    kalo bisa cek juga blog pnya saya ya. thanks

  13. Thx Kang Gani, Coba dicek dulu blog aku situs tidak memadai apanya yang kurang ya,,??, Mohon bantuannya ya kang,, Makasih sblumnya

  14. Halo mas Gani, blog ane udh di tolak 5x, kemarem saya liat di grup ada yg diterima cuma 6 artikel, ditolak dengan alasan yg sama “Konten Tidak Memadai”

    Coba mas tolong di cek apa kurangnya

  15. Mas Gani, Ini mungkin bukan pertanyaan, tapi permohonan..

    Bisa kah mas gani Mereview Blog Saya WWW(DOT)SUNTIKTUTORIAL(DOT)NET

    Saya sangat berterimakasih kepada mas gani bila mas mengirim hasil reviewnya ( apa yang kurang dan apa yang terlalu berlebihan) ke email saya.

  16. Mas gani saya sudah 5 kali ditolak, mohon sekiranya bisa mengunjungi blog saya mas biar saya tahu apa yang kurang. jadditahu(dot)blogspot(dot)com

  17. Ikut nimbrung mas gani saya udah sampai 12 kali ditolak adsense karena konten tidak memadai ,jika berkenan mohon diriview biar ada masukan mas gani