Internet

Serba-Serbi Kota Padang Panjang, Serambi Mekkah di Ranah Minang

Serba-Serbi Kota Padang Panjang – Sumatera Barat memang terkenal dengan keindahan alam dan potensi wisata nya. Masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan Kota Padang atau pun Bukittinggi. Kedua kota tersebut memang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Namun Sumatera Barat tidak hanya tentang kota tersebut. Masih banyak daerah lain yang layak untuk didatangi dan ditelusuri potensi daerahnya. Salah satunya adalah Kota Padang Panjang.

Kota yang dijuluki Serambi Mekkah ini memiliki udara yang sejuk karena berada di daerah ketinggian yang dikelilingi oleh 3 gunung yaitu Tandikek, Marapi dan Singgalang.

Goa Batu Batirai

kota Padang Panjang
Goa Batu Batirai

Di kota Padang Panjang terdapat sebuah goa yang unik yang dinamakan Goa Batu Batirai. Di namakan demikian karena didalam goa terlihat seperti tirai. Goa ini terdapat di Kelurahan Manggis. Disini terdapat stalaktit dan stalakmit yang menambah keindahan goa ini.

Goa ini dapat dinikmati sembari menikmati sejuknya kota Padang Panjang. Jalur yang ditempuh sangat menantang dan cocok untuk kalian yang memiliki jiwa traveller dan semangat anak  muda.

Lubuak Mato Kuciang

kota Padang Panjang
Lubuak Mato Kuciang

Bagi wisatawan yang datang berkunjung ke kota Padang Panjang dan berkeinginan untuk menikmati kesegaran air dari pegunungan dapat datang ke objek wisata Lubuak Mato Kuciang.

Wisata pemandian yang berada di Pasar Usang ini menawarkan kesegaran air dari Gunung Singgalang dan juga menyuguhkan keindahan perbukitan dan hamparan sawah yang membentang luas. Pemandian ini ramai dikunjungi pengunjung ketika weekend.

Sate Mak Syukur

kota Padang Panjang
Sate mak syukur

Untuk kuliner disini juga terdapat makanan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Sumatera Barat. Bahkan presiden Jokowi dan wakil presiden Jusuf Kalla pernah datang kesini untuk menikmati kelezatan sate Mak Syukur ini.

Restoran ini terdapat di jalan Padang-Bukittinggi dan juga di Pasar Padang Panjang. Satu piring sate berisi ketupat dan ditambah tusukan daging, jeroan dan lidah. Lalu disiram dengan kuah kuning. Dijamin akan membuat konsumennya ketagihan.

Buat kalian yang berkunjung ke kota Padang Panjang, jangan lewatkan  ketiga hal unik di Padang Panjang ini. Dijamin kalian tidak akan menyesal dan ketagihan untuk datang lagi ke Kota Padang Panjang.


Loading...
Baca selengkapnya

Selalu belajar dan terus belajar

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close