Dunia Internet

Beragam Keseruan Kuliah Online di BiNUS Semarang

Kuliah online di BINUS Semarang kuliah flexible lulusan berkualitas. Dengan pengalaman lebih dari 35 tahun sebagai kampus yang berbasis teknologi, University BINUS mengembangkan dan menyelenggarakan BINUS Online Learning (BOL). Melalui program ini, dalam proses pembelajarannya, mahasiswa tidak lagi harus hadir ke kelas. Namun bisa kuliah melalui Learning Management System (LMS) dengan website ol.binus.ac.id sebagai media online-nya.

Program ini menawarkan jenjang pendidikan diploma (D3), s1 dan S2. Mahasiswa bisa mengembangkan diri tanpa perlu lagi terikat dengan jadwal dan tempat tertentu. Metode kuliah online BINUS  ini sangat cocok diperuntukkan para pekerja yang ingin melanjutkan studinya dengan lebih fleksibel yang tidak mengganggu waktu bekerja.

Metode ini sangat cocok untuk para pekerja seperti karyawan, pekerja profesional, wiraswasta, bahkan para ibu rumah tangga.

Baca : Bingung Menentukan Tujuan Setelah Lulus Sekolah?

Keunggulan Sistem Kuliah Online di BINUS University Semarang

kuliah online di BINUS
Gambar bulc.binus.ac.id

Perkuliahan ini sudah dirancang menggunakan sistem periode dalam semester. Satu semester di bagi menjadi dua periode, tiap periode ada 11 minggu atau sekitar tiga bulan. Tiap minggu ada interaksi antar mahasiswa dengan dosen atau pengajar, akademisi atau praktisi melalui LMS.

Kegiatan ini dapat dilakukan tanpa batasan waktu dan tempat. jadi ini sangat fleksibel sekali. Selain itu, Kuliah online di BINUS memiliki keunggulan. Diantaranya, pembelajarannya bersifat global.

Metode pembelajaran ini memberikan pengalaman belajar tanpa batas bagi mahasiswa, selain diajar oleh dosen-dosen yang berkualitas, interaksi secara global bisa dilakukan antar mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah di indonesia bahkan di luar negeri dengan latar belakang dan profesi yang berbeda-beda.

Hal ini tentu akan memperkaya pengetahuan serta wawasan serta relasi mahasiswa yang pada akhirnya nanti akan memberi keuntungan baik dalam karir maupun akademik. Untuk menjaga kualitas dari pembelajaran ini, pada saat ujian, mahasiswa harus hadir di BULC atau BINUS University Learning Community untuk melaksanakan ujian di kelas.

Setelah satu periode selama tiga bulan mahasiswa berkuliah secara online, pihak BINUS menyelenggarakan ujian. Para mahasiswa harus hadir ke BINUS dimana setiap mahasiswa terdaftar untuk mengikuti ujian.

Namun jika karena pekerjaan mahasiswa tidak dapat hadir, yang bersangkutan bisa pindah lokasi ujian di kampus BINUS terdekat yang diselenggarakan ujian. Harus mengajukan ijin ke BULC semarang dua minggu sebelum ujian dengan melampirkan surat tugas. Dengan ijin tersebut mahasiswa dapat ujian dan tetap bisa menjalankan tugas atau pekerjaannya.

Fitur Kuliah Online di BINUS University

Metode pembelajaran di BINUS University menyediakan fitur LMS (Learning Management System) yang lengkap yang dibutuhkan mahasiswa untuk ,mengikuti perkuliahan. Diantaranya sudah tersedianya materi lengkap, catatan dosen, video pendukung dan sumber-sumber digital yang menunjang perkuliahan yang dapat diunduh. Melalui LMS ini mahasiswa dapat mengunggah tugas individu maupun kelompok dan mengerjakan kuis.

Interaksi dosen dan mahasiswa dilakukan tiap minggu melalui forum yang tersedia. Hal ini bertujuan untuk keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan. Program yang sekarang ini ditawarkan kuliah online BINUS adalah strata satu (S1) yaitu jurusan akuntansi, manajemen bisnis, sistem informatika, teknik informatika.

Sedangkan pada tingkat diploma tiga (D3), hanya ada satu yaitu komputerisasi akuntansi. Program paska sarjana juga ada, Magister Teknik Informatika, Magister Manajemen Sistem Informatika, dan magister manajemen.

Interaksi Dosen dan Mahasiswa Pada Kuliah Online di BINUS University

Pembelajaran online di BINUS university berlangsung intensif dan interaktif. Materi perkuliahan berupa presentasi menggunakan power point, catatan dosen, serta multimedia semua dibuat dalam format digital. Di dalam perkuliahan disediakan juga forum diskusi yang dilakukan secara online melalui learning management system yang dirancang khusus untuk interaksi mahasiswa dengan dosen atau mahasiswa dengan kelompok kerja.

Forum diskusi dalam LMS meliputi classroom, yakni tempat diskusi bagi dosen dan seluruh anggota kelas. Forum ini dilakukan setiap minggu dalam topik bahasan yang berbeda oleh dosen. Mahasiswa harus menanggapinya dengan ide, bahasan atau pertanyaan.

Forum lainnya yaitu Team Room yaitu tempat diskusi yang disediakan bagi tiap kelompok kerja. Dosen bisa juga terlibat dalam diskusi kelompok ini. Satu lagi adalah Personal Room yaitu tempat tiap mahasiswa bisa berdiskusi langsung dengan dosen atau temannya.

Dengan adanya video conference (vicon) memungkinkan dosen dan mahasiswa berinteraksi secara virtual layaknya dalam ruang kelas. Vicon ini akan diberikan antara 2 sampai 4 kali tiap mata kuliah dalam satu periode, dan mahasiswa wajib mengikutinya.

Vicon ini selain digunakan untuk mendiskusikan materi juga untuk mereview materi dan mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa tentang materi yang disampaikan atau yang mereka pelajari. Berbeda dengan forum diskusi yang dapat dilakukan kapan saja dalam seminggu. Demikianlah ulasan tentang Kuliah Online di BINUS university, semarang.


Loading...
Baca selengkapnya

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close