Kunci Belajar Efektif

Jadilah Generasi Cerdas Dengan Kunci Belajar Efektif

Kunci belajar efektif, yang dapat diterapkan oleh seseorang. Setiap orang pasti memiliki keinginan, untuk menjadi generasi yang cerdas dengan prestasi yang membanggakan.

Dan bahkan banyak diantara sahabat baca yang sudah berusaha belajar dengan giat, namun masih belum menemukan hasil yang memuaskan.

Pada akhirnya membuat sebagian dari sahabat baca memutuskan untuk berhenti dan menyerah, namun kini keputusan tersebut sudah seharusnya anda ubah.

Baca jugaIngin Belajar Lebih Praktis dan Efektif?, 5 Situs Berikut Dapat Menjadi Solusi

Kali ini akan dibahas menenai kunci belajar efektif yang akan membantu anda, untuk melengkapi cara belajar yang sebelumnya tidak berhasil karena kurang efektif.

10 Rahasia Kunci Belajar Efektif

1. Buatlah ringkasan pelajaran kedalam catatan kecil

Coba untuk membuat ringkasan pelajaran ke dalam catatan kecil, yang sahabat baca buat sendiri. Kreasikan sebuah buku berukuran kecil, dengan rapih dan menarik.

Dan coba untuk membuat tulisan tersebut, menjadi sebuah kode yang anda ciptakan untuk dimengerti oleh diri sendiri. Khususnya untuk mata pelajaran yang berhubungan dengan materi hitungan, rumus dan simbol.

Loading...

Contohnya kunci belajar efektif dalam catatan kecil matematika, kimia ataupun fisika.

Jangan lupa untuk terus membawanya ketika anda belajar disekolah, tempat les ataupun belajar kelompok dirumah teman. Agar nanti dapat terus dapat mengingat materi pelajaran tersebut.

2. Tanamkan sistem belajar dengan membaca dan berlatih

Apabila sebelumnya anda hanya terbiasa belajar dengan cukup membaca saja, cobalah dengan membiasakan untuk berlatih setelah membaca.

Cobalah dengan mengisi latihan soal atau mencoba berlatih, dengan menggunakan contoh soal terlebih dahulu.

Ambil kertas dan pensil, kemudian catat kembali contoh soal sambil diperhatikan dan dipahami. Apabila sudah mengerti, cobalah mengisi latihan soal dan temukan jawabannya.

3. Pecahkan sendiri baru bertanya

Apabila anda menemukan sebuah pertanyaan ( soal ) yang kurang dimengerti, maka sebenarnya bertanya bisa saja menjadi sebuah jawaban.

Seperti halnya sebuah ungkapan ” malu bertanya sesat dijalan “.

Tetapi alangkah lebih baik jika anda mencoba untuk memecahkan sendiri terlebih dahulu, sebab hal ini dapat melatih agar berani untuk mencoba kunci belajar efektif untuk diri sendiri.

4. Coba untuk berkonsentrasi

Agar materi dapat masuk dan juga terserap dengan baik kedalam otak, maka konsentrasi adalah salah satu faktor yang sangat diperlukan saat belajar. Baik saat belajar disekolah, tempat les ataupun dirumah.

Untuk bisa mencoba berkosentrasi caranya yaitu, anda tidak boleh banyak bergerak.

5. Coba putar lagu slow

Memutar lagu slow dengan volume pelan saat belajar, akan dapat menjadi media relaksasi yang dapat mengusir kejenuhan.

Apabila anda berhasil berkonsentrasi bersamaan dengan mendengarkan musik, anda bisa disebut hebat. Sebab berarti otak kanan dan kiri dapat berjalan secara bersamaan.

6. Coba untuk memperhatikan ekspresi guru

Apabila anda memperhatika ekspresi dan intonasi suara yang diucapkan oleh guru ketika sedang menerangkan materi yang diajarkan, maka ucapan tersebut terkadang dapat selalu teringat.

7. Dekati teman yang berprestasi

Ketika anda dekat dengan teman yang berprestasi dan pandai, maka anda bisa melihat dan mencontoh bagaiman cara dari kunci belajar efektif yang diterapkan.

Atau ketika anda menemukan soal yang sulit untuk anda pecahkan sendiri, teman tersebut bisa menjadi orang pertama yang anda tanya.

Dan jika perlu buatlah kelompok belajar bersama, dengan begitu anda akan terbawa dan terbiasa dengan rutinitas belajarnya.

8. Dekati guru bukan menjauhinya

Apakah anda termasuk siswa yang sering remedial pada suatu pelajaran yang dianggap sulit ?.

Tetapi menghindar dari guru tersebut, justru  merasa tidak suka dan selalu dipersulit.

Ingatlah bahwa untuk mendapatkan hasil yang positif diperlukan juga sikap positif yang harus dilakukan, dan caranya adalah dengan mendekati guru tersebut.

9. Tanamkan dan yakinkan diri bahwa anda bisa

Jangan takut untuk mencoba dan terus yakinkan diri bahwa anda bisa, pasti dan juga harus bisa.

Ingatlah kata Henry Ford yang satu ini

“Bila anda berpikir anda bisa, maka anda benar. Bila anda berpikir anda tidak bisa, andapun benar karena itu ketika seseorang berpikir tidak bisa, maka sesungguhnya dia telah membuang kesempatan untuk menjadi bisa “.

10. Jika perlu luangkanlah tambahan waktu belajar untuk mengikuti les

Dengan mengikuti les biasanya pelajaran ataupun tugas – tugas, yang kurang dimengerti akan dibantu dan dibimbing kembali.

Dan biasanya dengan metode belajar yang lebih menyenangkan juga lebih mudah, untuk dipahami. Itulah kunci belajar efektif yang terakhir.

Referensi :
ST, Carwanto. 2009. Aku Bisa Jadi Juara. Jakarta : Gama Exact.


Loading...

Bagikan

Ayuni Sena

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *