Kursus Teknik Gratis

Kursus Teknik Gratis di 7 Universitas Top Dunia, Termasuk MIT dan Harvard

Ingin meningkatkan skill teknologi tapi terkendala biaya dan waktu? Ikut kursus teknik gratis saja. Materi kursus di bidang teknologi ini disediakan oleh universitas terkemuka yang kualitasnya sudah diakui dunia, seperti MIT dan Harvard.

Universitas-universitas ini membuat open courseware (sumber pembelajaran terbuka) berbasis website yang disediakan gratis untuk umum. Materi kursus mulai dari computer programming level beginner hingga engineering and quantum electronics level advance.

Tapi anda harus mahir bahasa Inggris untuk ikut kursus teknik di universitas level dunia seperti ini. Karena bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris.

Sebagian besar universitas ini menyediakan video rekaman kuliah, catatan kuliah, aktifitas interaktif, kuis dan ujian.

Bahkan sertifikat gratis pun disediakan untuk peserta kursus yang sudah lulus. Cek website dari masing-masing universitas untuk tahu infonya.

Baca jugaMencari Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah? Pahamilah Beberapa Hal Penting Berikut ini

7 Universitas Top Dunia Penyedia Kursus Teknik Gratis Secara Online

Menemukan tempat kursus terpercaya dengan materi kursus berkualitas memang tidak mudah, karena itu saya berbagi daftar ini untuk membantu anda mendapatkan sumber kursus teknik gratis terbaik yang tersedia di internet.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Website MIT OpenCourseWare (MIT OCW) menyediakan sekitar 2.400 materi kursus gratis. Bahan pelajarannya dibagikan dalam bentuk online textbooks, audio dan video, hingga bahan kursus yang sudah diterjemahkan.

Loading...

Materi kursus teknik meliputi hampir semua disiplin ilmu, dari aeronautika dan astronautika hingga teknik mesin dan ilmu nuklir. Materi kursus komputer sains, bisa ditemukan pada bagian bagian Electrical Engineering and Computer Science.

Ada banyak materi kursus untuk tingkat pendidikan sarjana dan pascasarjana. Mulai dari Pengantar Ilmu Komputer dan Pemrograman, hingga bahasa pemrograman tertentu seperti Java dan C++.

Kursus level advance meliputi quantum electronics hingga nonlinear programming and organic optoelectronics. Sedangkan materi kursus lain terdiri dari health sciences and technology, hingga hard science courses in chemistry and physics.

2. Stanford University

Website Stanford Online menyediakan lebih dari 100 materi kursus online gratis yang unik atau disebut MOOCs (Massive Open Online Courses) untuk semua orang di seluruh dunia.

Materi kursus meliputi topik Computer Science, Management Science and Engineering, Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Bioengineering, Biosciences, Design, dan masih banyak lagi.

3. Harvard University

Seperti halnya universitas yang lain, Harvard juga menyediakan berbagai materi kursus online gratis melalui website Harvard Extension School mereka. Pilihan topik kursusnya beragam, mulai dari programming hingga data science, dan masih banyak lagi.

Mereka juga menyediakan materi kursus tak biasa, seperti Bits: The Computer Science of Digital Information, yang mungkin tidak akan anda temukan di universitas lain.

Sebagian materi kursus gratis, sebagian lagi dikenai biaya tapi tetap jauh lebih murah dibanding biaya kuliah reguler.

4. University of Michigan

Universitas Michigan menciptakan Open Michigan yang menampilkan koleksi besar dari materi kursus, lengkap dengan silabus dan kuliah.

Satu kursus desain web yang menekankan pada software dan coding tersedia melalui website UM-Flint.

Pada laman web Open Michigan, klik Find › Open Educational Resources untuk menemukan kursus yang anda inginkan, seperti educational technology, engineering, dan masih banyak lagi.

5. University of Notre Dame

University of Notre Dame membuka Office of Digital Learning yang melengkapi fakultas untuk mengembangkan materi kursus online gratis bagi kalangan umum.

Office of Digital Learning mengadakan Summer Online Courses untuk jumlah peserta terbatas, jadi anda harus daftar awal kalau tidak mau kehabisan tempat. Materi kursus meliputi data science, linear models, calculus 3, dan masih banyak lagi.

6. University of California, Berkeley (UC Berkeley)

UC Berkeley menyediakan materi kursus online gratis meliputi berbagai subjek. Anda bisa memilih kursus gratis tanpa sertifikat, atau membayar fee murah kalau ingin mendapatkan sertifikat terverifikasi.

Materi kursus online dari UC Berkeley bisa diakses via website www.edx.org. Topik materi kursus meliputi bidang teknik, jurnalisme, hingga sastra juga ada.

7. Carnegie Mellon University

Universitas Carnegie Mellon membuka program Open Learning Initiative (OLI) yang menyediakan kursus dalam berbagai disiplin ilmu atau jurusan. Dari komputer sains, teknik, matematika, bahasa, dan lainnya.

Sebagian kursus tersedia gratis untuk umum, ada pula yang berbayar. Anda bisa melihat daftar pilihan kategorinya di laman Independent Learner course atau di laman OLI Course Catalog.

Kursus gratis dari OLI Carnegie Mellon tidak menyediakan ruang bagi peserta kursus untuk berinteraksi dengan instrukturnya, juga tidak menyediakan program kredit ataupun sertifikat kursus.

FYI: Sekarang sedang ada kursus bahasa Mandarin Chinese tingkat dasar gratis, kalau tertarik klik laman Elementary Chinese (Open + Free) ini. Materi kursus teknik juga banyak sih, tapi saya pribadi lebih tertarik pada bahasa, hehe..

Kesimpulan:

Open courseware (OCW) dan Open Online Course (OOC) telah dianggap sebagai metode pendidikan masa depan. Karena OCW dan OOC mudah diakses, terjangkau dari segi biaya, dan umumnya memiliki kualitas yang sama baik dengan kualitas kuliah reguler.

Jadi, tunggu apa lagi?

Kesempatan untuk belajar sudah terbuka makin lebar, yang anda butuhkan hanya laptop atau tablet dengan koneksi internet stabil. Karena tak pernah ada kata terlambat untuk mulai belajar keahlian baru.


Loading...

Bagikan

Penulis

Reha Wijaya
Reha Wijaya
Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.
Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *