Traveling

Labuhan Haji, Pantai Indah di Lombok yang Terlupakan

Wisata Pantai Labuhan Haji di Lombok Timur

Pantai Labuhan Haji  – Siapa yang tidak mengenal Lombok? Salah satu pulau yang kini sedang menjadi icon pariwisata Indonesia memang sudah sangat terkenal sampai seluruh penjuru dunia.

Tak heran banyak sekali wisatawan baik domestic maupun mancanegara mengunjungi pulau yang ada di timur Pulau Bali ini. Tentu saja yang begitu memikat adalah pesona alam dan juga budayanya yang masih dipertahankan.

Namun, di tengah para wisatawan yang mengunjungi berbagai macam pantai di Lombok bagian utara, bagian barat dan bagian selatan. Pantai-pantai di bagian timur sepertinya tidak pernah mendapatkan tempat di hati para wisatawan.

Entah dengan alasan karena memang promosi dari daerahnya yang kurang atau memang destinasi yang kurang menarik. Lombok Timur menjadi daerah yang agak teracuhkan.

Akan tetapi asumsi itu langsung hilang tenggelam ke samudera ketakjuban, saat penulis melihat langsung betapa indahnya salah satu pantai yang ada di Lombok Timur yang dikenal dengan nama daerah Labuhan Haji.

Pantai ini memang masih tergolong sepi dari kedatangan wisatawan mancanegara. Namun, jika dilihat dari potensi, bisa saja pantai Labuhan Haji ini akan menjadi destinasi unggulan.

Baca juga10 Tempat Wisata Di Lombok Paling Populer dan Menakjubkan

Lokasi Pantai Labuhan Haji

Pantai Labuhan Haji
Gambar : suarantb.com

Sangat mudah untuk mencapai pantai labuhan haji dari Kota Selong, ibu kota Lombok Timur. Hanya menumpuh perjalanan sekitar 7 kilometer dengan estimasi waktu 15 sampai 20 menit.

Namun, jika ditempuh dari Lombok International Airport  bisa menempuh waktu perjalanan 1,5 sampai 2 jam jika perjalanan lancar. Jika ditempuh dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Pantai ini memiliki banyak sekali keunggulan. Kita bisa menemukan dengan mudah seafood dengan harga yang sangat terjangkau dan dengan porsi yang cukup untuk 2 atau 3 orang.

Di pinggir-pinggir jalanan Labuhan Haji, berjejer penjuan-penjual seafood yang siap melayani Anda dengan ramah. Anda tinggal pilih dan tunggu kemudian makanan akan diantar dan siap untuk disantap.

Atau mungkin Anda adalah tipe orang yang ingin berusaha? Tidak suka memakan yang tinggal beli dan langsung jadi? Tenang, pantai Labuhan Haji sejak dahulu digunakan oleh para nelayan untuk memancing dan menembak ikan.

Jadi, jika Anda ingin memancing, bisa langsung membawa alat perlengkapan pancing dan menuju Dermaga Labuhan Haji. Di sana Anda akan menemukan banyak sekali pemancing dari pagi hingga malam.

Apakah aman? Tentu! Karena Anda harus membel tiket yang sudah termasuk biaya keamanan, hanya Rp.2.000 untuk masuk dan sepuasnya memancing tanpa ada yang melarang.

Untuk yang suka menembak ikan atau spearfishing, Labuhan Haji memiliki banyak spot yang bisa diselami untuk berburu ikan atau untuk hanya menikmati terumbu karangnya yang masih sehat dan alami.

Tempat Surfing

Ada lagi keunggulan dari pantai ini, yaitu mulai dibukanya tempat-tempat penyewaan papan surfing untuk pemula maupun professional.

Jika Anda sudah bisa surfing, bisa langsung menuju pantai paling ujung utara Labuhan Haji. Tapi jangan lupa untuk berhati-hati karena dasar pantainya adalah bebatuan dan ombaknya bisa setinggi 3 sampai 4 meter.

Lalu bagaimana untuk yang masih pemula? Tenang, ada tempat khusus yang ombaknya tidak terlalu besar dan dasar pantainya adalah pasir. Tepat di sebelah kiri dermaga Labuhan Haji. Anda akan menemukan banyak yang menyewakan papan surfing dan Anda bisa langsung menikmati ombaknya.

Untuk yang belum bisa juga tidak masalah, tinggal siapkan diri Anda dan minta untuk diajari. Dijamin akan diajari sampai bisa oleh para surfer yang tentunya sudah berpengalaman.

Menarik, bukan? Masih sangat banyak atraksi-atraksi yang akan Anda temukan di pantai ini. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera pesan tiket menuju Lombok dan masukkan Labuhan Haji di list destinasi yang akan Anda tuju!


Loading...
Baca selengkapnya

Suka membaca dan menyelam.

Artikel terkait

Back to top button
Close