in

Lagi Pandemi, Peluang Usaha Justru Semakin Banyak?

peluang usaha
MERDEKA

Tahun 2020 adalah tahun yang tidak begitu menggembirakan bagi kebanyakan orang, tak terkecuali orang-orang yang ada di Indonesia. Dan penyebab utamanya tentu sudah diketahui bersama, yaitu pandemi COVID-19 di mana pandemi ini membuat beberapa sektor yang ada mengalami keguncangan.

Salah satu sektor yang terdampak luar biasa akibat pandemi adalah sektor perekonomian. Bagaimana tidak, akibat pandemi ini ada banyak pebisnis yang harus menutup usahanya, dan para karyawan pun terpaksa di rumahkan lantaran perusahaan-perusahaan yang menaungi mereka tidak lagi sanggup membayar gajinya.

Pandemi, Peluang Usaha Makin Banyak?

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang frustasi. Namun, kita tidak boleh menyerah terhadap keadaan, karena semua itu pasti ada solusinya. Ada banyak contoh individu yang ketika pandemi menyerang, mereka jatuh. Namun, saat ini mereka sudah mulai bangkit dan membuka harapan baru.

Ya, pandemi telah membuka banyak mata orang di mana hidup selalu mengalami naik dan turun. Dan sebagian orang tersadar, bahwasanya solusi dalam perekonomian adalah dengan membuka usaha, meskipun itu kecil-kecilan. Dengan membuka usaha, maka kita tidak bergantung pada orang lain.

Dan di masa pandemi seperti sekarang ini, peluang usaha masih terbuka lebar. Jika kita melakukan survei di beberapa tempat, maka akan selalu ada peluang usaha yang bisa dimasuki. Dan berikut ini akan disampaikan beberapa peluang usaha yang bisa Anda coba selama masa pandemi ini berlangsung.

1. Usaha Kuliner

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sebuah pernyataannya seperti yang dikutip dari Detik (10/12/2020), menyampaikan bahwasanya usaha kuliner tidak mati. Menurutnya, usaha kuliner hanya mengalami penurunan lantaran masyarakat yang mengalami perubahan dalam membeli. Saat ini, masyarakat cenderung berhati-hati ketika membeli makanan.

Jadi, bisnis kuliner masih tetap menjadi primadona, baik itu di masa pandemi maupun tidak di masa pandemi. Adapun untuk memulai berbisnis kuliner di saat ini, kita bisa memadupadankan dengan ide kreatif yang dimiliki. Contoh, kita menamakan makanan kita dengan sesuatu yang identik dengan COVID-19 atau mungkin membuat makanan yang berbentuk seperti COVID-19.

2. Event Organizer

Selain menjalankan usaha kuliner, Anda juga bisa menjalankan usaha EO (event organizer). Usaha yang satu ini sangat berpeluang besar untuk meraup untung, khususnya setelah pandemi berakhir karena akan ada banyak pasangan yang menikah. Saat ini saja, beberapa EO sudah mendapatkan untung besar karena pemerintah sudah memperbolehkan menggelar acara pernikahan.

Terkait EO ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga memberikan masukan kepada para EO agar mereka mengkombinasikannya dengan platform video konferensi seperti Zoom sehingga acara pernikahan terselenggara secara offline dan juga online.

“Event Organizer itu sekarang harus bisa mengkombinasi suasana baru, misalnya ada fisik dan Zoom, sehingga yang tadinya diundang 100 orang, yang Zoom 500 orang, jadi banyak hal baru,” ungkapnya seperti yang dikutip dari Detik (10/12/2020).

3. Usaha Mainan

Di masa pandemi seperti sekarang ini, proses belajar-mengajar masih dilakukan via online guna menghindari penyebaran virus COVID-19 yang lebih besar. Karena pemerintah menerapkan kebijakan belajar di rumah, maka waktu anak-anak untuk bermain di rumah pun juga lebih banyak.

Banyaknya waktu anak-anak di rumah ini juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha di mana kita bisa memproduksi mainan atau membuat wahana mainan seperti kitiran lampu hingga odong-odong. Seperti yang sudah diketahui, proses pembelajaran di rumah juga menimbulkan rasa jenuh bagi anak-anak sehingga mereka membutuhkan hiburan.

4. Usaha Bahan Pokok

Usaha bahan pokok adalah usaha yang tidak akan pernah mati karena bahan pokok seperti beras dan lain-lain akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi ketika di masa pandemi usaha kuliner bisa mengalami keguncangan, maka lain halnya dengan usaha bahan pokok.

Yang menjadi catatan adalah untuk memulai usaha ini memang membutuhkan modal yang cukup besar. Namun yang harus diketahui adalah ketika usaha sudah berjalan dan mendapatkan banyak pembeli, maka usaha bahan pokok akan bisa stabil, bahkan bisa berkembang menjadi besar.

Usaha Tetap Bisa Berlanjut Usai Pandemi

Keempat usaha yang sudah disebutkan tetap bisa dilanjutkan setelah pandemi berakhir. Masih ada banyak peluang usaha lain yang bisa kita temukan dan juga geluti, baik itu usaha di bidang offline maupun online. Intinya, kita harus pintar-pintar dalam melihat celah, karena sejatinya peluang usaha ada banyak sekali.

Pandemi COVID-19 memang mengubah segalanya, di mana yang tadinya merasa tenang menjadi gamang. Namun yakinlah, pandemi akan segera cepat berakhir, dan kemudian kondisi akan menjadi lebih baik. Yang harus diingat adalah dibalik kesulitan akan selalu ada kemudahan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0