Internet

Lagi, TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh

Bulan Oktober 2019 lalu, percakapan Mark Zuckerberg dengan para karyawan ketika sedang rapat bocor ke publik. Dalam rapat tersebut, Zuck meminta para karyawan bekerja secara ekstra untuk melawan para pesaing Facebook, dan pesaing yang dimaksud adalah TikTok.

Alasan Zuckerberg meminta para karyawan untuk melawan TikTok dikarenakan media sosial besutan ByteDance itu mampu merebut pangsa pasar mereka di India di mana India merupakan basis terbesar dari pengguna Instagram.

Kehadiran TikTok di negara tersebut mampu menggerus jumlah pengguna Instagram yang diketahui beralih menggunakan TikTok. Selain di India, Zuckerberg juga meminta para karyawannya untuk melawan TikTok di Meksiko.

Baca juga: TikTok Semakin Besar, Zuckerberg Pun Takut Kehilangan Pasar

TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh

Di tahun 2019, perjalanan TikTok cukup manis. Namun, di awal tahun 2020 ini, perjalanan mereka juga tak kalah manis di mana TikTok berhasil menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh dalam periode satu bulan ini, yaitu pada bulan Januari 2020.

Jumlah unduhan TikTok berdasarkan laporan Sensor Tower telah mencapai 104 juta kali, baik itu di Google Play Store maupun di Apple App Store sebagaimana yang dikutip dari Gizmochina, (28/2/2020). Dengan jumlah tersebut, TikTok sukses mengalahkan jumlah unduhan WhatsApp.

Angka 104 juta kali sendiri merupakan prestasi bagi TikTok. Pasalnya, angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 46 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Berdasarkan laporan Sensor Tower, ada tiga negara yang menyumbangkan jumlah unduhan terbanyak.

Tiga negara yang dimaksud adalah India dengan 34,4 persen, Brasil dengan 10,4 persen, dan juga Amerika Serikat dengan 7,3 persen. Yang unik di sini adalah ketiga negara yang menyumbangkan jumlah unduhan terbanyak merupakan negara yang menjadi pasar dari Facebook Cs.

Baca juga: Saingi TikTok, Instagram Tambahkan Fitur Reels di Stories

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, India merupakan salah satu negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia. Adapun untuk Amerika Serikat, tentu mereka menjadi salah satu negara yang banyak menggunakan aplikasi dari Facebook Cs karena Facebook memang berdomisili di AS.

Sedangkan untuk Brasil, negara ini juga merupakan salah satu negara dengan pengguna Instagram terbanyak. Bahkan, negara asal Neymar itu berasal dijadikan Facebook sebagai tempat uji coba fitur Reels di mana fitur tersebut dihadirkan pihak Facebook untuk menyaingi TikTok, dan apabila Reels laku keras di Brasil, pihak Facebook akan membawanya ke pasar global.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close