Internet

Lakukan Akuisisi Lagi, Kali Ini Facebook Caplok Giphy

Facebook adalah salah satu perusahaan yang gemar melakukan akuisisi. Untuk akuisisi ini sendiri, Facebook terbilang sukses di mana perusahaan-perusahaan yang mereka caplok juga berhasil mendatangkan keuntungan bagi mereka. Dalam hal ini, Facebook cukup pandai dalam melihat peluang bisnis atau melihat prospek ke depan perusahaan yang mereka caplok.

Bukti kepandaian Facebook dalam hal akuisisi ini terbukti dari proses pencaplokan Instagram dan juga WhatsApp. Instagram dicaplok pada tahun 2012, sedangkan WhatsApp dicaplok pada tahun 2014. Pencaplokan Instagram dan WhatsApp sendiri akhirnya berhasil mendatangkan keuntungan bagi mereka.

Baca juga: Diperbaiki, Facebook Tarik Instagram Lite di Toko Aplikasi Google

Facebook Caplok Giphy untuk Perkuat Bisnisnya

Dilansir dari The Verge, (17/5/2020), Facebook telah membeli Giphy, situs pembuat dan berbagi GIF dengan nilai USD400 juta. Rencananya, Giphy akan diintegrasikan ke platform Instagram dan juga aplikasi Facebook lainnya. Kabar akuisisi Giphy oleh Facebook sendiri pertama kali diungkap oleh Axios.

Giphy adalah salah satu situs GIF terbesar di internet, menawarkan alat untuk membuat, dan berbagi GIF. Facebook sendiri sudah mengandalkan API Giphy untuk mendapatkan sumber GIF dalam aplikasi mereka selama bertahun-tahun seperti di Instagram, aplikasi Facebook utama, Facebook Messenger, dan WhatsApp, semua aplikasi Facebook itu sudah menjalin kerja sama dengan Giphy dalam waktu yang sangat lama.

Pihak Facebook juga mengungkapkan bahwasanya 50 persen dari semua lalu lintas Giphy berasal dari aplikasinya, baik itu dari Instagram, aplikasi Facebook utama, Facebook Messenger, dan WhatsApp. Namun, Instagram menjadi penyumbang terbesar, bahkan Instagram menyumbang setengah lalu lintas di Giphy.

Di bawah kepemilikan barunya, Giphy akan tetap hidup sebagai bagian dari tim Instagram, dengan tujuan membuatnya lebih mudah untuk mengirim GIF dan stiker dalam cerita-cerita Instagram dan pesan-pesan langsung. Untuk saat ini, Facebook mengatakan bahwa Giphy akan tetap sama. Artinya, pihak perusahaan belum akan mengambil kendali lebih jauh.

“Orang-orang masih dapat mengunggah GIF. Pengembang dan mitra API akan terus memiliki akses yang sama ke API Giphy, dan komunitas kreatif Giphy masih dapat membuat konten yang hebat,” ucap Vishal Shah selaku VP produk Instagram dalam sebuah posting blog yang mengumumkan berita tersebut.

Baca juga: Latah Saingi Zoom, Facebook Luncurkan Messenger Rooms

Ada banyak layanan yang bergantung pada API Giphy untuk memasok GIF, di antaranya adalah Twitter, Pinterest, Slack, dan juga Reddit. Untuk saat ini, perusahaan-perusahaan tersebut masih bisa untuk menggunakan API Giphy. Namun, itu hanya sementara saja.

Ketika pihak Facebook sudah mulai mengendalikan Giphy secara penuh, tentu perusahaan-perusahaan yang sudah disebutkan itu harus meninggalkan Giphy mengingat beberapa dari mereka merupakan pesaing dari perusahaan induk, yaitu Facebook.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close